5 Tanda Muslimah Cerdas

Majelis Taklim Blogger Muslimah Kabupaten Randu Merindu menyelenggarakan acara Kopdar dan Bukber. Acara yang diselenggarakan pada bulan Ramadan ini bertemakan Menjadi Muslimah Cerdas Menuju Hidup Berkualitas. Kopdar diselenggarakan di rumah Maryam Salim seorang blogger produktif, dermawan, namun sederhana. Berdasarkan catatan di buku tamu sekitar 85 orang blogger wanita menghadiri acara tersebut. Tak heran jika pada kesempatan ini acara foto selfie ikut mewarnai suasananya.

Setelah Maryam menyampaikan sambutan selamat datang kepada para blogger acara dilanjutkan dengan ceramah agama.

“Acara selanjutnya adalah ceramah agama oleh Mbah Muslim. Kepada Mbah Muslim dengan hormat kami silahkan,” kata Raimurni si pembawa acara.

Mbah Muslim mengangguk sambil tersenyum lalu menuju mimbar. Setelah menyampaikan salam dan kata pengantar Mbah Muslim yang juga seorang blogger ini langsung masuk ke inti ceramahnya.

.

Kultum

Mbah Muslim diperankan oleh model

.

“Adik-adik anggota Majelis Taklim Blogger Muslimah yang berbahagia. Terus terang saya tertarik dengan tema acara kopdar dan berbuka puasa sore hari ini yaitu Menjadi Muslimah Cerdas. Menurut saya seorang muslimah seyogyanya memiliki kecerdasan di semua lini. Mengapa demikian? Yup, muslimah, dan juga setiap manusia diciptakan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan satu tujuan yaitu agar kita beribadah kepada-Nya. Hal ini sesuai firman Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam Al Qur’an surah Adz Dzariyat ayat 56 ‘wa maa kholaqtul-jinna wal- insa illaa liya’ buduun  yang artinya Aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku.

Ibadah dimensinya sangat luas. Yang pertama ibadah yang murni berhubungan dengan Allah Subhanahu wa Ta’ala yang disebut ibadah mahdah misalnya sholat, puasa, naik haji dan lain-lainnya. Yang kedua ibadah yang selain berhubungan dengan Allah juga ada kaitannya dengan manusia atau habluminannas. Namun mengingat waktu yang dialokasikan kepada saya hanya sekitar 30 menit maka pada kesempatan ini hanya akan saya sampaikan 5 tanda muslimah yang cerdas.

Yang pertama, seorang muslimah yang cerdas pasti berilmu. Dengan ilmu yang dimiliki maka Insya Allah dia akan dapat menjalankan ibadah dengan ikhlas dan benar. Dua hal ini memang merupakan unsur yang penting dalam amalan yang dilakukan. Beribadah harus ikhlas, semata-mata karena Allah Subhanahu wa Ta’ala. Bukan dengan tujuan untuk mendapat pujian dari orang lain, agar kaya, agar dijadikan menantu oleh atasan, dan lain sebagainya. Selain ikhlas, beribadah juga harus benar yaitu sesuai dengan syariat. Walaupun niatnya sudah lurus dan hatinya ikhlas, namun jika seorang muslimah dengan sengaja melaksanakan shalat Subuh sebanyak tiga rakaat maka shalatnya tidak sah karena tidak sesuai tuntunan agama. Jadi ilmu itu sangat penting baik untuk urusan dunia maupun akhirat. Itulah sebabnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan setiap muslim dan muslimat mencari ilmu. Beliau bersaabda: ”Menuntut ilmu adalah fardhu bagi tiap-tiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan.”  (HR. Ibn Abdul Barr)

.

Menambah ilmu

Jangan berhenti belajar

.

Yang kedua, menutup aurat.

Saya senang melihat busana muslim yang dikenakan oleh para blogger muslimah ini. Selain model dan warnanya bagus juga sudah memenuhi syariat. Ini sudah sesuai dengan perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala agar wanita menutup auratnya dengan baik dan benar. Dalam surah Al Ahzaab ayat 59 Allah berfirman yang artinya: ”Wahai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang Mukmin, “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka !” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. dan Allâh adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Menutup aurat itu penting, apalagi di jaman sekarang. Jangan sampai muslimah mengenakan pakaian yang dapat menggoyangkan iman kaum pria. Busana dengan bahan tipis dan sempit menyebabkan apa yang ada di balik pakaian itu mengintip dan lekuk-lekuk tubuhnya tergambar dengan jelas. Wanita yang memakai pakaian seperti ini bisa mengundang laki-laki jahat melampiaskan nafsu jahatnya.

Oleh karena itu busana muslimah sebaiknya berbahan agak tebal dan modelnya tidak terlalu ketat. Yang lebih penting lagi adalah menutup aurat dengan benar.

.

Penutup aurat wanita

Menutup aurat di manapun berada

.

Yang ketiga, muslimah yang cerdas pasti shalat. Dengan ilmu yang dimiliki, muslimah tahu bahwa shalat adalah amalan yang kelak akan dihisab pertama kali. Jika shalatnya bagus maka Insya Allah amal ibadah yang lainnya juga bagus. Blogger muslimah sekalian pasti sudah hafal hadits yang diriwayatkan oleh Ath-Thabarani rahimahullahu dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Amalan hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat nanti adalah shalat. Apabila shalatnya baik tentu seluruh amalannya yang lain pun baik. Tetapi bila shalatnya jelek maka seluruh amalannya pun tentu jelek.”  Hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani dalam Ash-Shahihah 3/343.

Muslimah juga mengetahui bahwa sholat merupakan salah satu wujud penghambaan kita kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Selain itu shalat dapat mencegah perbuatan keji dan munkar. Oleh karena itu sahabat blogger muslimah jangan mengabaikan atau melalaikan shalat wajib.

.

Sholat wajib

Sholat adalah perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala

.

Tanda muslimah cerdas yang keempat adalah menikah. Saya bukan menyindir blogger wanita yang masih jomblo ya. Pasti ada wanita yang belum ingin terburu-buru menikah karena masih ingin meneruskan pendidikan, berkarir dulu baru menikah, atau masih ingin membantu adik-adiknya kuliah. Alasan seperti itu bisa dimaklumi. Namun demikian jika sudah waktunya maka keputusan untuk mengakhiri masa lajangnya adalah pilihan yang cerdas.

Harap diingat bahwa menikah itu merupakan sunnah. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Nikah itu sunnahku, barangsiapa yang tidak suka, bukan golonganku.” (HR. Ibnu Majah, dari Aisyah radhiyallahu anha) Blogger Muslimah tentu ingin dimasukkan dalam golongan Rasulullah, bukan?

Menikah bukan hanya untuk mendapatkan teman hidup, mendapatkan keturunan, memuaskan sahwat, atau untuk menghindari cibiran tetangga, sahabat, atau kerabat. Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu,  ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika seseorang menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh agamanya. Karenanya, bertakwalah pada Allah pada separuh yang lainnya”. Hadits ini diriwayatkan oleh Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman dan dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam As Silsilah Ash Shahihah no. 625. Nah, bukankah menikah itu sebuah ibadah yang mengandung manfaat luar biasa. Oleh karena blogger muslimah yang punya niat menjombllo sampai tua lebih baik mempertimbangkan niatnya itu.

.

Resepsi Pernikahan

Menikah, menyempurnakan agama

.

Yang kelima, muslimah yang cerdas bukan hanya memiliki keshalihan individual tetapi juga keshalihan sosial. Ini perlu mendapat perhatian dari muslimah yang hadir di acara ini.

Perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak membatasi hamba-Nya untuk hanya sholat, berpuasa, naik haji, dan ibadah mahdah lainnya. Allah Subhanahu wa Ta’ala juga memerintahkan manusia untuk berbuat baik kepada sesama manusia. Silakan simak firman Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam al Qur’an surat An-Nisa’ ayat 36 yang artinya, “Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah terhadap kedua orang tuamu, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil, dan hamba sahaya. Sesungguhnnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.”

Perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala sudah jelas. Muslimah yang cerdas tentu tak akan selalu menyepi sendiri untuk menyembah Ilahi. Dia juga tak setiap hari hanya mengaji dari pagi sampai pagi lagi. Di sekelilingnya ada manusia dan makhluk lainnya. Keshalihan individu diwujudkan tanpa mengenyampingkan keshalihan sosial. Manusia juga ditugaskan sebagai khalifah di muka bumi. Di dalamnya ada anak yatim, kaum duafa, orangtua, tetangga, kerabat, sahabat, dan orang-orang lainnya yang juga perlu mendapat perhatian.

.

Keshalihan sosial

Membantu tetangga merupakan salah satu bentuk keshalihan sosial

.

Ketua dan anggota Majelis Taklim Blogger Muslimah yang berbahagia,

Itulah 5 tanda muslimah cerdas yang perlu diperhatikan. Saya yakin para muslimah yang hadir di sini sudah memiliki beberapa tanda yang saya sebutkan di atas. Mungkin ada yang belum memiliki tanda keempat yaitu menikah ya. Saya lihat beberapa di antara blogger ini ada yang masih muda sekali.

Jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan saya persilakan. Namun karena waktunya tinggal sedikit saya batasi hanya satu atau dua pertanyaan saja. Silakan.”

Seorang blogger yang memakai hijab berwarna toska berdiri. “Mbah, saya izin bertanya. Apakah menuntut ilmu itu harus selalu di sekolah atau perguruan tinggi dan apakah ada batas umur maksimal untuk menuntut ilmu? Terima kasih.”

“Pertanyaan yang bagus. Mencari atau menuntut ilmu tidak harus di sekolah atau perguruan tinggi. Mendengarkan ceramah saya ini juga sudah termasuk menuntut ilmu, bukan. Blogger muslimah bisa mendapatkan ilmu dari membaca artikel yang ada di internet, membaca buku, mengikuti pengajian, dan lain sebagainya. Memang, menuntut ilmu di lembaga pendidikan formal juga penting karena akan mendapat ijazah. Dengan ijazah itu kita bisa melamar pekerjaan di kantor atau perusahaan-perusahaan.

Mencari ilmu juga tidak ada batas maksimal usia. Kita lihat kaum manula juga ada yang masih kuliah. ” Mbah Muslim melirik jam tangan lalu menengok ke pembawa acara.

Terlihat beberapa blogger mengacungkan tangan. Namun pembawa acara sudah berdiri dan mengatakan bahwa ceramah agama oleh Mbah Muslim diakhiri karena sebentar lagi  adzan Maghrib akan berkumandang.

.

Lomba Blog Zakiah Hijab

 Artikel ini sebagai pendukung artikel berjudul

Muslim Seyogyanya Cerdas di Semua Lini

yang saya ikutsertakan dalam Lomba Blog Zakiah Hijab

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

9 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. nh18 says:

    Sesuai dengan judul buku Pak De …
    Muslimah akan menjadi ibu …
    dan Ibu adalah “Madrasah Pertama” untuk anak-anak

    Salam saya Pak De
    Semoga sukses

    Iya Om
    Jangan mendemonstrasikan hal-hal yang kurang bagus di depan anak-anak

  2. Elang W says:

    ada yang merasa cerdas, tapi menutup mata dari ilmu yang sebenarnya wajib, tapi tidak mau dilakukannya. Seperti aturan memakai hijab bagi muslimah misalnya,

    Sukses lombanya Pakde!

    Kadang ambil gampangnya saja ya Mas

  3. penuh pesan berharga seperti biasa…semoga menang lombanya Pakdhe 🙂

    Lomba sambil pasang pesan
    Thank you darling

  4. Mugniar says:

    85 blogger wanita, banyak juga …. saya belum pernah bertemu blogger wanita sebanyak itu.

    Pesan yang ini, bagus, skali Pakdhe menyampaikannya:

    Menutup aurat itu penting, apalagi di jaman sekarang. Jangan sampai muslimah mengenakan pakaian yang dapat menggoyangkan iman kaum pria. Busana dengan bahan tipis dan sempit menyebabkan apa yang ada di balik pakaian itu mengintip dan lekuk-lekuk tubuhnya tergambar dengan jelas. Wanita yang memakai pakaian seperti ini bisa mengundang laki-laki jahat melampiaskan nafsu jahatnya.
    Oleh karena itu busana muslimah sebaiknya berbahan agak tebal dan modelnya tidak terlalu ketat. Yang lebih penting lagi adalah menutup aurat dengan benar.

    ****

    Mudah2an banyak yang baca dan tergerak untuk berbusana lebih baik lagi.

    Moga menang Pakdhe

    Ada yang asal pasang saja loch
    Kayaknya nggak serius pakainya
    Semoga segera sadar

  5. vizon says:

    Nasehatnya Mbah Muslim luar biasa sekali, Pakde. Seorang muslimah memang harus cerdas agar dapat melahirkan dan mendidik generasi yg cerdas-cerdas..

    Salam hangat buat Mbah Muslim ya Pakde… 😉

    Jangan minder dan jangan keder ya Uda

  6. Makasih pencerahannya ya Pakde.. Semoga saya bisa mengikutinya dan menjadi salah satu muslimah cerdas..

    Amiin
    Makanya harus ikutan lomba ini

  7. Keren euy Pakde. Saya berasa dapat siraman rohani di bulan Ramadhan. Semoga saya tidak tergoda untuk tidak shalat dan melepas penutup aurat. Doakan istiqomah, Pakde. Makasih. Aamiin!

    Amiin. Semoga diijabah.

  8. Tanti Amelia says:

    Setuju pakde, sebaiknya seorang muslimam(ah) itu cerdas
    cerdas akal budi
    cerdas membaca situasi dan kondisi
    cerdas di segala lini

    Betul sekali agar dapat menjalankan ibadah dengan ikhlas, baik, dan benar

  9. Elkilani Kurnia says:

    InsyaALLAH setelah membaca ini semakin berbenah..

    Sip

Leave a comment