Nonton Kuda Berkhitan di Surabaya

Pagi umun-umun Mbah Kromo Dingklik sudah kena pajak. Kromy, cucu laki satu-satunya datang menghampiri dan minta sangu. Bocak kelas 5 SD ini berpakaian rapi. Tas punggung yang disandang tampak menggelembung. Sepertinya full muatan. Mbah Kromo Dingklik  membetulkan letak leher baju cucunya.

“Memangnya mau ke mana kok minta sangu?” tanya Mbah Kromo Dingklik.

“Mau ke Surabaya nonton kapal selam, Mbah,” ujar Kromy sambil menyisir rambutnya dengan tangan.

Mbah Kromo Dingklik kaget lalu tertawa terbahak-bahak. “Kalau minta sangu ya minta sangu saja nggak usah ngibul, ngarang cerita.” Mbah Kromo Dinglik memasukkan selembar uang seratus ribu ke dalam saku cucunya,

“Kok ngarang cerita sih, Mbah. Benar kok, nggak ngibul. Saya dan teman-teman sekolah diajak piknik oleh Pak Guru ke Surabaya, naik bis.” Kromy berusaha meyakinkan kakeknya.

“Iya ya, Mbah percaya kalian mau piknik. Tapi yang Mbah tidak percaya acara nonton kapal selam itu loch. Mana ada kuda berkhitan. Kromy ada-ada saja.”

“Hla, kok sampai kuda berkhitan segala sih, Mbah.”

“Hlo, katanya Kromy mau nonton kapal selam. Kapal itu artinya kan kuda, selam artinya berkhitan. Jadi, kapal selam artinya kuda berkhitan.” Kromi tampak belum mengerti arah pembicaraan kakeknya. Untung neneknya segera menghampiri cucunya.

“Dalam bahasa Jawa, kuda itu bahasa kromonya kapal, Nak. Sedangkan selam artinya berkhitan atau sunat. Jadi kapal selam artinya kuda berkhitan.” Kromy geleng-geleng kepala. Setelah sungkem kakek dan nenek Kromy langsung lari sambil berteriak:” Asyik, nonton kuda sunat.”

Mbah Kromo Dingklik dan isterinya tertawa ngakak.

.

Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam Surabaya

.

April Mop, dikenal dengan April Fools’ Day dalam bahasa Inggris, diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahun. Pada hari itu, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Hari ini ditandai dengan tipu-menipu dan lelucon lainnya terhadap keluarga, musuh, teman bahkan tetangga dengan tujuan mempermalukan orang-orang yang mudah ditipu. Di beberapa negara seperti Inggris dan Australia serta Afrika Selatan, lelucon hanya boleh dilakukan sampai siang atau sebelum siang hari. Seseorang yang memainkan trik setelah tengah hari disebut sebagai “April Mop.” Namun di tempat lain seperti Kanada, Perancis, Irlandia, Italia, Rusia, Belanda, dan Amerika Serikat lelucon bebas dimainkan sepanjang hari. Hari itu juga banyak diperingati di Internet.

.

 ~Artikel hari ke-5 ( 1 April 2016) One Day One Post~



Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

6 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Haya Nufus says:

    Yang penting Kromy tetap dapat sangu ya pak dhe.. 😀

    Iya, saya juga begitu waktu kecil

  2. Baru tahu kalo bahasa kromonya kuda itu kapal dan selam itu sunat..wkwkwk 😀

    “Bade nyelamaken putra wayah kula ingkang nomer setunggal.”

  3. Asep says:

    Wkwk, ngga kebayang dah kalo anunya kuda di khitan beneran 😀

    Wow….mantep tuh jadinya

  4. zata says:

    ish kirain beneran, hihihi..

    ada2 aja pakde…

    Hahaha…bisa kuwalahan

  5. archabella says:

    kalo gitu, saya mau dong sangunya..pakde,,,buat liat kuda lagi nyelam…hihii

    Nanti dikasih kalau di Surabaya

  6. Baru tahu kromo inggilnya kuda sama sunat. Tapi asli ini cerita kreatif banget.

    Iya, itu bahasa kromo kita

Leave a comment