Kado Istimewa Untuk Blogger Lansia

Pertambahan umur saya masih lama. Secara de jure tanggal kelahiran saya tercatat 23 Agustus 1950. Tanggal ini tercantum di ijazah SD, SMP, STM, dan di dokumen lainnya. Termasuk di KTP tentunya. Sedangkan secara de facto, tanggal dan tahun kelahiran saya termasuk debatable karena masih ada dissenting opinion. Yang pasti saya dilahirkan pada hari Rabu Kliwon. Nenek bilang saya dilahirkan bersamaan dengan pernikahan seorang putri cantik. “Kamu lahir bersamaan dengan pernikahan Ratu Ilmina,” kata beliau. Hwuiiik…Ratu Wilhelmina kaleeee, Mbah.

Tidak seperti putra-putrinya orang modern yang untuk acara ulangtahunnya saja memerlukan biaya puluhan bahkan ratusan juta. Rapat umum digelar, event organizer ternama di serahi tugas dan tanggung jawab merencanakan, mengatur, dan melaksanakan perhelatan berlabel akbar. Pada hari Rabu Kliwon Emak cukup menggelar kenduri mini, hidangannya bubur merah. Yang hadir dalam bancakan ini juga teman sebaya tanpa aturan dress code segala. Celana pendek dengan kaos singlet yang memerlihatlan ketek juga oke.

Bagaimana dengan kado? Hualaaah…kado dari Hongkong. Ulang tahun pada zaman susah cukup minta didoakan saja. Doa anak kecil yang diucapkan sambil cengengesan juga nggak apa-apa. Namanya juga anak-anak. Terkabul atau tidaknya juga diserahkan sepenuhnya kepada Allah azza wa jalla.

Zaman berganti, musimpun bertukar. Terus terang saya pernah menyelenggarakan acara syukuran pada hari pertambahan umur. Kadang tidak. Tetapi ada teman atau staf saya yang tiba-tiba membawa roti ban berhias, yang di atasnya ada lilin yang menyala. Lilinnya kadang batangan, kadang berbentuk angka sesuai umur saya yang baru.

Bagaimana dengan kado? Wah, saya tak pernah minta apalagi mengharapkan. Dengan anak-anak saya kadang bercanda. Menjelang pertambahan umur saya ganggu mereka dengan ucapan: “Kapan nich ngasih kado mobil?” Namanya juga bercanda, nggak usah dimasukkan ke dalam hati. Syokur kalau memang dibelikan mobil beneran.

Saya memang tidak pernah minta kado. Tetapi untuk tanggal 23 Agustus 2016 nanti beda donk. Mengapa? Karena mas Dani Rachmat ngasih tantangan. Tantangannya adalah bikin postingan dengan tema:

“Apa sih kado yang paling pas dikasih ke cowok menurut manteman? Ato kalo lu cowok, kira-kira pengen dapet kado apa waktu ulang tahun?”

Menurut saya kado untuk cowok itu tergantung banyak hal misalnya usia, hobi, aktivitas, domisili, sifat, dan lain sebagainya. Cowok yang baru berumur 10 tahun tak pantas jika dikasih hadiah mobil. Nanti bukan membuatnya senang tapi malah membuat masalah misalnya nabrak pejalan kaki.

Pemuda yang minderan jangan dikasih hadiah kacamata berwarna pinky. Pasti akan dibuang. Jika akan memberi kado kepada sahabat atau kerabat yang ulang tahun pilih barang yang tepat guna, tepat sasaran, dan tepat dompetmu.

Kalau di kantong tak ada koin atau lembaran uang ya jangan memaksakan diri. Nggak elok ngasih kado dari uang hasil ngutang apalagi ngemplang. Ngomong saja terus terang:” Maaf bukannya saya pelit, bukannya saya cuek bebek, bukannya saya tak punya perasaan. Tapi kali ini saya hanya bisa ngasih kado berupa jasa. Saya akan make over wajahmu agar mirip Hulk. Istilahnya makeup karakter.Piye?” Kalau dia oke ya monggo dimake up karakter.

Kalau teman-teman ingin ngasih kado kepada saya jangan berbentuk barang ya. Soalnya saya hampir sudah memiliki segalanya. Mau ngasih gadget? Yaaa….HP saya saja ada yang masih nggletak di laci. Laptop juga sudah punya dua buah. Modem, flash disk, kamera, card reader, dan sebangsanya sudah punya dobel-dobel. Maaf saya bukan riya atau pamer. Hanya memberitahu saja.

.

Blogger Lansia nan jaya

Blogger lansia nan jaya

.

Yaelaaaaaa, Pakde. Minta kado saja mutar-muter seperti perawan dipinang saja. Okelah kalau begitu. Sebagai seorang cowok berlabel manula, hobi ngeblog, dan menulis buku saya minta kado berupa tutorial membuat infografis. Konon, kemampuan membuat infografis sedang digandrungi oleh penikmat dunia maya. Nah saya ingin mempunyai kemampuan itu. Oke, deal? Good. Ingat loch, tutorial yang lengkap dan aplikatif. Jangan tips yang geje dan asal-asalan belaka. Jangan pula kalian bilang:” Baiklah, akan saya coba membuat tutorial infografis, Pakde.” Masyaaaaa untuk Pakde kok coba-coba.

Jika permintaan saya terpenuhi maka itu merupakan kado istimewa untuk blogger lansia. Terima kasih.



Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

10 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. wylvera says:

    Suegeeer tenan kalau baca postingan model begini. Pakde emang jagonya lah. 🙂

    Ngikuti irama anak muda hahahaha
    Matur nuwun

  2. Helena says:

    Pakde..saya ikut belajar infografis ya.
    Semoga menang GA-nya

    Beres
    Amiin
    Terima kasih

  3. Hihi…kira-kira ada yang ngado seperti yang Pakdhe inginkan nggak ya? 😀

    Hayooo..mau ngasih kado aku kan

  4. ndop says:

    kalau aku dihadiahi ulang tahun, kayaknya aku minta doa supaya sehat walafiat saja deh. Urusan dunia biarlah aku cari sendiri aja. hahaha.

    Aku ya minta doa ya minta hadiah hahahaha

  5. Dani says:

    Huehehehe… Njih Pak Dhe, kado tutorial lengkap infografis bakalan sangat bermanfaat, mboten cuma buat njenengan. Jadi pengen juga sayahnya 😀
    Maturnuwun nggih PakDhe. 🙂

    Iya Mas. Saya pengin bisa agar nggak ketinggalan ilmu
    Sama2

  6. vizon says:

    Ilmu adalah hadiah yang tak ternilai, Pakde.. Dengannya akan membuat orang yang memberi dan yang diberi menjadi bernilai..

    Semoga berhasil dapat kado ilmu tersebut, Pakde.. 🙂

    Betul sekali Uda
    Ilmu akan bermanfaat selamanya
    Terima kasih

  7. Eko Nurhuda says:

    Wah, permintaannya praktis sekali. Kemampuan bikin infografis sangat membantu kalo pas ada lomba blog ya, Pakde? Btw, belum lama Teh Langit Amaravanti bikin kelas infografis untuk kawan-kawan FB Jakarta. Kita yang di luar Jakarta harusnya bisa ya minta dibuatin kelas khusus juga? Hehehe…

    Mudah-mudahan komentar ini muncul. Amin.

    Kalau ke Jakarta kejauhan mas
    Berat diongkos

  8. Vita says:

    Salam kenal pakde 😀
    Meluncur ke sini dari blog pak Dani. Kayaknya bakal sering mampir nih saya :D. Oya, trik-trik membuat infografis di google masih kurang sip kah?

    Belum pernah nyoba nich karena pakai corel draw belum bisa hahahah

  9. susanti dewi says:

    nanti kalo infografisnya udah bisa, ajarin saya ya pakde… 🙂

    Boleeeeeh, private di kantin atau warteg?

  10. Inayah says:

    Waduh perlu seminar nasional blogger nih pak Dhe..

    Hahahah…layak dicoba

Leave a comment