My COD: Bagian Dari Revolusi JNE

Tanpa tedeng aling-aling saya adalah pelanggan JNE. Dalam mengirimkan tali asih kepada pemenang lomba yang saya adakan saya memanfaatkan perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman barang ini. Maklum saya selalu berusaha agar pengiriman tali asih bisa tepat waktu, tepat sasaran, dan tepat jumlah. Jawabannya tentu saja JNE. Karena saya pelanggan setia maka pimpinan JNE di kawasan menawari agar kurir saja yang mengambil barang ke rumah saya. Asyik bukan.

Dengan layanan jemput bola tersebut saya tak perlu lagi berpanas dan bermacet ria mengantar barang ke kantor JNE. Setiap akan mengirim barang maka saya tinggal tilpun ke kantor JNE. Nggak pakai lama seorang pegawai datang ke rumah untuk mengambil barang. Petugas langsung mencatat dan membuatkan tanda pengiriman barang dan saya membayar ongkosnya.
.
.
JNE Jemput bola
Petugas JNE jemput bola mengambil barang di rumah saya
.
Kini JNE mengembangkan sayapnya dengan memunculkan aplikasi My JNE Express. Aplikasi ini berbasis android yang menghubungkan nomor telepon pelanggan dengan aneka kirimannya.
 .
 Ada 4 fitur pada aplikasi My JNE Express yaitu :
1. My TARIFF, yang digunakan untuk mengecek tarif pengiriman JNE seluruh Indonesia
2. My SHIPMENT, untuk mengecek status pengiriman barang pelanggan dan kiriman orang lain dengan lebih cepat
3. My LOCATION/JNE Nearby, berguna untuk mengetahui lokasi pengiriman JNE yang terdekat.
4. My COD, untuk membuat order dari toko online mu dan menggunakan JNE sebagai mediasi pembayaran.
.
.
My JNE Express
Cobalah Aplikasi My JNE EXpress dan rasakan sensasinya
.
Seiring dengan semakin maraknya hobi masyarakat untuk berbelanja secara online maka fitur My COD diharapkan memudahkan proses jual-beli barang. Fitur ini untuk memanjakan pelanggan dan calon pelanggan yang sudah gadget mindedness. Dengan memanfaatkan handphone atau tab konsumen sudah bisa membeli barang secara online. Ini merupakan langkah jitu karena masyarakat bisa berbelanja tanpa meninggalkan rumah.
.
Agar bisa menggunakan fitur My COD maka pelanggan terlebih dahulu wajib download aplikasi My JNE Express. Setelah itu pelanggan bisa mendaftarkan (signup) di fitur My COD. Caranya sangat mudah yaitu mengisi kolom nama lengkap, email, nomor telepon dan password. Setelah menekan tombol Sign Up maka pelanggan bisa cek email untuk mengikuti langkah berikutnya yaitu konfirmasi keanggotaannya. Kini pelanggan siap menggunakan fitur My COD.
.
Fitur My COD mempunyai menu My SHOP dan My ORDER. Jika kita mempunyai toko online maka menu My SHOP yang akan dimainkan. Sebaliknya menu My ORDER digunakan jika pelanggan akan memesan barang dari toko online orang lain.
Selain itu masih ada lagi menu My COD Wallet. Pada menu ini terdapat data/profil pelanggan. Selain itu juga terdapat submenu Transfer, Top Up, Cash Out, dan sejarah penggunaan menu ini. Jika pelanggan ini menambah dana dapat dilakukan dengan menekan tombol Top Up.
.

.
 .
Keuntungan dan Kerugian
Dengan aplikasi My JNE Express yang di dalamnya terdapat fitur My OCD konsumen tercegah kemungkinan ditipu/tertipu oleh pemilik online store yang nakal dan tidak bertanggung jawab. Uang sudah ditransfer tetapi barang tidak dikirim bisa saja terjadi. Maklum bisnis melalui online store sekarang bak cendawan di musim hujan. Keuntungan lain adalah adanya fitur My Wallet yang memungkinkan konsumen menambah dananya. Dengan cara ini maka konsumen sewaktu-waktu dapat memanfaatkan dana yang tersimpan untuk melakukan pembelian lagi.
.
Sementara kerugian yang mungkin timbul bisa disebabkan oleh faktor tehnis. Sebagaimana lazimnya hubungan/komunikasi nirkabel rawan terhadap gangguan akibat pengaruh keadaan medan dan cuaca. Konsumen yang tinggal di remote area akan merasakannya. JNE selayaknya juga mengantisipasi hal ini agar dapat terus meningkatkan sarana dan kinerjanya.
.
Mengingat konsumen tidak berbelanja secara fisik di dunia nyata maka JNE perlu memerhatikan hal-hal sebagai berikut.
.
1. Keandalan koneksi internet.
Koneksi internet menjadi sangat penting. Bukan hanya penting bagi calon pembeli dan penjual tetapi juga penting bagi JNE. Bayangkan bagaimana dongkolnya konsumen jika proses jual beli menjadi terhambat karena koneksi yang letoi.
.
2. Kemudahan akses.
Konsumen harus mudah mengakses aneka fitur JNE khususnya My COD. Pihak JNE disarankan selalu melakukan kontrol secara berkala dan berlanjut guna menjamin konsumen bisa menggunakan fitur ini dengan mudah dan cepat.
.
3. Kelancaran alur.
Aplikasi harus menjamin kelancaran alur yang telah ditentukan yang meliputi: pemrosesan order, pengiriman invoice orderan kepada pembeli, verifikasi pembayaran, notifikasi kepada penjual tentang pengiriman barang, penerimaan paket, serah-terima resi, dan pengiriman barang kepada pembeli. Kegagalan pada suatu titik akan mengganggu proses secara keseluruhan.
.
4. Ketanggap kesegeraan CS (Customer Service)
Rujak Bandung, berani buka berani menanggung. Begitu ucapan bernuansa motivasi yang pernah saya dengar. Diadakannya aplikasi ini mengharuskan Customer Service, Costumer Care, atau apapun namanya harus memiliki ketanggapsegeraan terhadap pertanyaan, keluhaan, permintaan, klaim, dan atau komplen penggunanya. Ketika konsumen mendaftar sudah diharuskan mengisi nama, email, dan nomor HP. Oleh karena itu CS harus sesering mungkin memeriksa inbox email dan berita yang masuk melalui HPnya. Jika CS kurang tanggap, apalagi lambat respon terhadap email, SMS, dan telepon yang masuk maka konsumen akan dongkol atau marah. Jika hal ini berlangsung terus menerus maka aplikasi ini akan ditinggalkan oleh konsumen
.
5. Koordinasi yang mulus.
Koordinasi mudah diucapkan tetapi kadang sulit dalam pelaksanaannya. Untuk itu koordinasi antara pemhbeli-JNE-Penjual harus mulus melalui sarana komunikasi yang ada.
.
 .
My COD merupakan salah satu bagian dari revolusi  JNE. Aplikasi berbasis Andriod ini diharapkan bisa membantu konsumen melakukan transaksi jual beli secara online dengan mudah, lancar, cepat, aman, dan nyaman.
.

 

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

12 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. windah says:

    Hmmm, saya setuju sama mbahdhe, beberapa kali koneksi tidak stabil membuat harus ngulang terus

    Karena ini menyangkut harta benda maka JNE harus yahud.

  2. eda says:

    pakdhee… ini langganan aku juga kalo kirim2 paket.. skrg makin enak ada aplikasinya yaa

    Hooh, walau di Kenjeran kita bisa cek perjalanan barang atau cek harga tarif ya

  3. Nia/Mama Ina says:

    JNE memang yahuud….apalagi setelah ada aplikasi My JNE….bisnis makin lancar hehehe….

    Eee Mbak Nia muncul lagi
    Gitu donk, pemilik online store harus rajin nongol

  4. Lidya says:

    wah asyik ya bisa jemput bola gitu pakde, dibeberapa lokasi melayani jemput bola. Di Jne tempat saya belum bisa karena kurang tenaganya. Terima kasih sudah ikutan ya pakde

    Surabaya banyak kantor JNE. Jadi layanan harus ditingkatkan
    Sama-sama

  5. ade anita says:

    Calon calon menang nih tulisan. Lengkap n detil.

    Amiin
    Semoga review model pros dan cons ini bisa diterima oleh pemilik produk/jasa

  6. Wulan K. says:

    Tertolong banget ada My JNE jadi gampang ceki2 kiriman.

    Yoi, nggak usah buka laptop

  7. Dengan aplikasi ini ngirim barang melalui JNE jadi lebih OKE nggih, Pakde 🙂

    Iya,juga bisa kita ikut perjalanan barang kita

  8. evrinasp says:

    di tempat saya juga petugas JNE nya mau jemput bola ngebawain paket pak dhe, asik banget ya ada layanan yang memudahkan pelanggan

    Iya, kadang malas juga ke luar rumah walau dekat sekalipun

  9. Nunu Halimi says:

    Saya juga pelanggan JNE, tapi belum pasang aplikasi seperti ini, karena jarang-jarang kirim barang, kalau punya onlineshop, saya pasang aplikasinya.

    Setidaknya untuk cek biaya kirim barang

  10. Yan Pieter says:

    Setuju sekali Pakde …. setuju sekali dengan 5 hal dsb. Berani berbuat, berani bertanggung jawab, Konsumen / user pasti maunya lancar jaya dari A – Z.

    Salam kenal dari suami pemilik kios108

    Iya Mas, kalau nggak lancar pasti akan ditinggal
    Salam kenal Mas

  11. Anne Adzkia says:

    Baca keuntungan-keuntungannya, kelihatannya memang memudahkan sekali ya Pakde

    Iya, makin canggih dan banyak membantu

  12. adi says:

    makin meraja lah jne kalau bisa sediain cod

    Betul

Leave a comment