Ulang Tahun ke 65: Lahirnya Bintang Untuk Emak

Doa ulang tahun23 Agustus 2015.

Secara de jure, pada tanggal, bulan, dan tahun itulah umur saya 65 tahun. Jauh-jauh hari saya sudah merencanakan untuk menandai bertambahnya umur dengan sesuatu yang agak istimewa. Bukan untuk wah-wahan, gagah-gagahan, atau keren-kerenan tetapi sebagai wujud rasa syukur karena Allah Subhanahu wa Ta’ala sudah memberikan umur begitu banyak. Al-Khaaliq juga memberikan kesehatan, kesempatan, dan kelapangan rezeki kepada saya. Nikmat Tuhan yang tiada tara itu selayaknya juga saya cipratkan kepada orang lain.

Kebetulan pada tahun 2015 itu saya sedang membuat Program Satu Bulan Satu Buku. Ini memang program ambisius yang dilakukan oleh blogger lansia dan kementhus. Agar program ini bukan sesuatu yang abal-abal, asal jadi, maka setiap hari saya harus bekerja ekstra keras menulis naskah buku. Buku pertama dari program ini saya beri judul Neo Blogger yang terbit pada bulan Januari 2015. Demikian seterusnya setiap bulan lahir satu buku dengan topik beraneka ragam.

Ketika buku ke-4 terbit (Judulnya Dari Blog Menjadi Buku) saya mulai berpikir buku apa yang sebaiknya saya terbitkan pada bulan Agustus 2015. Ide yang muncul pertama kali adalah buku tentang saya. Ada beberapa pilihan antara lain buku kisah perjalanan saya ke 21 negara, buku foto keluarga atau foto-foto kedinasan saya, dan semacam buku memoar kedinasan saya. Setelah menimbang dan memperhatikan referensi yang ada di file saya maka pilihan jatuh kepada buku memoar perjalanan dinas. Buku memoar saya anggap paling mudah untuk saya garap karena ingatan saya masih cukup tajam. Apa yang saya lihat, dengar, rasa, dan alami sepanjang pengabdian kepada negara selama 30 tahun lebih akan saya tuangkan dalam buku itu.

.

Tari Jawa di tengah Tari Kecak

Menari ditonton anggota pasukan PBB (UNTAG) di Nambia tu sesuatu banget

.

Sambil menulis naskah buku yang lain saya juga menulis naskah buku yang akan saya terbitkan pada bulan Agustus 2015. Saya tak ingin buku ini terlalu serius. Oleh karena itu model dan gaya tulisan ringan, sederhana, dengan sentuhan joke di sana-sana tetap menjadi pilihan saya. Buku memoar ini saya awali saat saya dilantik menjadi perwira oleh Presiden Soeharto pada tahun 1974. Seharusnya buku memoar ini berhenti ketika saya menyerahkan tugas dan tanggung jawab saya sebagai Direktur Kerjasama Internasional Dephan. Namun saya ingin melewati batas dengan beberapa kisah setelah saya berstatus purnawirawan.

Bagaimana dengan judul buku? Menurut teori, judul sebaiknya menggambarkan isi buku. Namun ada juga alternatif lain, judul bisa diambil dari salah satu judul-judul artikel yang ada. Yup, saya ingin mengabadikan perjuangan saya meraih pangkat Brigadir Jenderal. Oleh karena itu buku memoar ini saya beri judul Bintang Untuk Emak. Ini juga sebagai wujud bakti saya kepada Emak yang telah bekerja keras untuk anaknya yang ganteng banget ini.

.

Brigjen TNI Abdul Cholik, M.Sc

Nikmat Allah Swt, doa Emak,

dan disiplin serta kerja keras membuat saya bisa menjadi Jenderal

.

Ulang tahun yang membahagiakan

Kerja keras selama 4 bulan akhirnya membuahkan hasil. Setelah naskah buku diedit oleh Mas Akhmad Muhaimin Azzet langsung saya kirim ke Penerbit Sixmidad untuk diterbitkan secara mandiri. Saya minta kepada Mas Rudy G. Aswan agar foto saya yang berpakaian dinas dijadikan gambar utama cover buku. Saya juga berpesan agar buku tersebut sudah sampai di Jombang paling lambat tanggal 17 Agustus 2015.

Sambil menunggu pencetakan buku maka saya membuat persiapan untuk peluncurannya. Tentu saja saya pilih tanggal 23 Agustus 2015 bertepatan dengan tanggal kelahiran saya. Tempatnya di kampung saya, di Jombang. Saya ingin sahabat blogger menghadiri acara ini. Beberapa kegiatan pra launching antara lain:

1. Memesan baliho untuk dibentangkan di lokasi acara.

2. Memesan hidangan untuk tamu undangan. Isteri, anak, dan famili saya libatkan dalam urusan konsumsi ini.

3. Membuat undangan di halaman Event Facebook yang saya beri judul Bakso Party & Peluncuran buku BINTANG UNTUK EMAK. Dari teman yang saya undang beberapa di antaranya menyatakan tidak bisa hadir karena ada kegiatan lain. Saya memakluminya karena hari Minggu biasanya memang ada kegiatan bersamaan.

.

Bakso Party invitation

Mengundang teman melalui Facebook lebih efektif

.

Tanggal 23 Agustus 2015 sekitar pukul 09.00 para sahabat blogger dari Jombang, Surabaya, Sidoarjo, dan Yogyakarta mulai berdatangan. Sambil menunggu tamu yang belum hadir maka kami mulai dengan menikmati snack rebusan plus bakso yang panas mongah-mongah.

Setelah jumlah yang hadir sudah cukup banyak maka acara saya mulai dengan sambutan singkat yang dilanjutkan dengan tausiah dan doa oleh ustadz Mas Akhmad Muhaimin Azzet. Beliau menyinggung tentang buku yang juga dikaitkan dengan birrul walidain.

.

Kuliah tujuh menit

Kultum oleh ustadz Akhmad Muhaimin Azzet

.

Saya kemudian maju untuk meluncurkan buku. Nggak saya sangka, di tengah sambutan, Niar Ningrum maju sambil membawa kue tart yang ada lilin dengan angka 65 di atasnya yang sedang menyala. Ini sebuah kejutan karena saya tak mengagendakan acara ini. Saya tiup lilin yang diiringi nyanyian oleh teman-teman.

.

Birthday cake

Kejutan dari Niar Ningrum dan kawan-kawan

.

Seperti biasanya, tak seru jika acara kopdar tak dilengkapi dengan sesi foto bersama. Oleh karena itu saya ajak teman-teman untuk berfoto bersama sambil membawa buku Bintang Untuk Emak yang sudah saya bagikan.

.

Buku Bintang Untuk Emak

Semua dapat buku Bintang Untuk Emak

.

Nggak pakai lama wal basa-basi, saya lalu menggiring teman-teman ke ruang tengah untuk menikmati tumpeng nasi kuning dan lontong kikil. Supaya nuansa peringatan hari lahir lebih terasa maka acara happy hour didahului dengan potong birthday cake dan potong tumpeng

.

Potong kue ulang tahun

Acara potong tart dan tumpeng ulang tahun

Tumpeng nasim kuning

.

Kami menikmati hidangan sambil ngobrol dan bercanda. Beberapa sahabat menyerahkan tali asih. Wah, senang dan terharu rasanya. Apalagi juga hadir Dija yang sekarang sudah besar dan cantik.

.

Tali asih dari Dija dan Elsa

Masih ingat Dija dan Elsa?

Hadiah ulang tahun

Tali asih dari para sahabat. Terima kasih

.

Ulang tahun ke-65 memberikan kesan yang mendalam dan membahagiakan bagi saya. Saya diberi kesehatan, banyak teman, masih bisa berkarya menulis buku dan juga ngeblog. Terima kasih, ya Rabb atas karuniaMu yang tiada tara.

Inilah rekaman lensa kopdar syukuran ulang tahun dan peluncuran buku Bintang Untuk Emak yang sangat membahagiakan. Sayangnya Emak tidak bisa bergabung karena beliau kurang sehat. Terima kasih teman-teman atas kehadiran, doa, dan tali asihnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan sahabat berlipat ganda. Amiin ya rabbal ‘alamiin.

.

,

Selamat merayakan HUT Warung Blogger yang ke-5. Semoga membernya terus berkarya.

Ultah ke-5 Warung Blogger

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog

ulang tahun ke lima Warung Blogger




Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

28 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Saya termasuk yang “dihadiahi” pakde buku antologi. Hihi..walaupun sebenernya maluuu pake banget krn kue yg saya bikin bentuknya kayak gitu..hehehe

    Bagus kok, Jeng.
    Yang penting rasanya ya

  2. Sugeng tanggap warsa nggih pakdhe, smoga dilimpahkan kesehatan dan kelancaran rizki selalu
    Sukses terus untuk buku buku yang bermanfaat
    ^_______^

    Amiin, matur nuwun perhatian dan doanya

  3. Aku punya bbrp buku karya Pakde.. Dari Blog Menjadi Buku.. Dahsyatnya Ibadah Haji.. Dan bbrp buku kolaborasi..

    Matur nuwun Jeng

  4. Aih..seru sekali syukuran ulang tahun sekaligus launching bukunya Pakdhe.. Itu ada Dija juga ^_^ Semoga kapan-kapan bisa ketemuan sama Pakdhe, setelah kemarin akhirnya sukses kopdaran sama Teh Nchie dan Teh Dey 🙂

    Sip, saya tunggu di Jombang

  5. ratusya says:

    Halllooo pak de.
    Selamat ultah ya, semoga makin produktif Dan kreatif. Maaf baru berkunjung.
    Saya salut dengan banyakan hasil karya pak de berupa buku, iri deh saya 😀
    Eh saya inget Elsa Dan Dija, udah besar y Dija sekarang 🙂

    Terima kasih perhatian dan doanya
    Ultah ke 66 Insya Allah nanti bulan Agustus

  6. Hastira says:

    wah ultah yang membahagiakan, inspiratif dan menghasilkan karya yang luar biasa. hebat!!!

    Bukan karena hebatku
    Semua karena cinta
    Semua karena cintaaaaaaaaaaaaa
    Hatur nuhun

  7. Inayah says:

    Sebentar. Aku lagi mikir. Kok kayaknya selama ini gda selebrasi yg berkesan dari ultahku.

    Coba ingat2 dulu
    Pasti ada yang nyelip

  8. zata says:

    pakdeee keren banget acaranya!. Kalo tahun ini mau bikin apa? undang2 yaaa.. ;p

    Ini lagi dicari alternatif2nya
    Diving, crafting, hunting, parachuting, hiking, atau just sleeping ya hahahaha

  9. ade anita says:

    Wah. Meriah meski sederhana. Pakde memang luar biasa sebagai blogger sepuh selalu ngemong semua

    Ngemong itu indah

  10. Alhamdulillah ya de, dikelelilingi sahabat sahabat yang sangat sayang kepada pakde. Semuanya berkat doa dan restu emak,

    Iya Mbak, bahagia rasanya

  11. Ya, jadi pengen itu bukunya. Kapana aku kebagian ya ? Tiup lilin ah.

    Habis Mas

  12. sumarno says:

    semoga sukses lombanya pakdhe… kalo dapt juara 1 jangan lupa bgai-bagi dutinya.. 😀

    Matur nuwun. Amiin

  13. Diskartes says:

    Pakde.. semoga panjang umur untuk selallu berprestasi ya…

    Terima kasih perhatian dan doanya

  14. Waaah, Pakdhe udah kirim artikel untuk ultah Warung Blogger, komplit nih foto-fotonya. Dulu saya mupeng lihat acara ultah Pakdhe, sayangnya nggak bisa ikut bergabung.

    Semoga sukses lombanya, artikelnya bisa menginspirasi dan bermanfaat juga untuk pembaca ^_^

    Cepat daftar kan cepat istirahat Jeng

  15. Lidya says:

    Selamat ya pakde, sukses selalu

    Hatur nuhun Jeng

  16. ninda says:

    pakdhe keren dan produktif, salut 😀
    ohya sekarang tinggal di jombang kah pakdhe?

    Terima kasih
    Iya, saya nemani Emak

  17. arihanda says:

    Waaah, acaranya meriah ya Pak Dhe
    Tulisannya sangat menggambarkan keceriaan acaranya

    Semoga Pakdhe sehat selalu dan terus berkarya

    Matur nuwun
    Amiin

  18. Pakdhe, seru banget acara ulangtahunnya.
    Semoga sehat selalu, produktif dan menginspirasi yaa 😀

    Amiin
    Terima kasih

  19. Elsa says:

    looh kok ada fotoku dan dija… kaget aku pakdhe…
    kapan kapan tak main kesana lagi ya

    Silakan.

  20. Eko Nurhuda says:

    Aih, pasti keren tuh acaranya. Sayang di saat-saat itu saya lagi nggak aktif di blogger personal dan medsos personal, jadi nggak ikut hadir di Jombang deh. Tahun ini ada acara serupa nggak, Pakde? *ngarep*:D

  21. sungguh ambisius…namun bisa mewujudkan itu yang patut diacungi empat jempol..
    selamat berlomba yaa pakde…smoga menjadi salah satu yang terbaik..
    keep happy blogging always
    salam dari makassar – banjarbaru

  22. Wah, Pakdhe memang selalu menginspirasi. Saya harus banyak mecontoh semangatnya ni

    Terima kasih atas semangatnya

  23. Hassan Mohamad says:

    Assalamu’alaikum, Pak Cholik. Selamat Hari lahir ke 65.Semoga sejahtera . Kalau bapak masih ingat, saya rakan bapak semasa di DSSC Wellington. Saya sudah retire dari Tentera Udara Diraja Malaysia.

    Waalaikum salam warahmatullahi wabarakatuh.
    Alhamdulillah, wah senang sekali mendengar kabar dari Pak Hasan.
    Tentu saya masih ingat donk Pak.
    Bagaimana kabarnya Pak. Semoga selalu sehat, sejahtera, dan bahagia. Amiin
    Sekarang tinggal di mana? Di KL atau di mana, pak?
    Salam takzm kepada Ibu Maimun dan anak-anak ya.

  24. subhanallahh…
    senang rasanya jika perayaann bisa dirayakan oleh sahabat sesama blogger dan juga lahirnya sebuah karya..
    barakah sellau yaa pak de… ^_^

    Iya Jeng
    Mensyukuri nikmat Tuhan bersama kerabat dan sahabat

  25. Pak De, baca ini saya terharu sangat. Saya selalu kagum sama semangat berkarya Pak De. Terharu sangat lihat Pak De pakai kaos WB. Terima kasih Pak De. Semoga Pak De selalu bahagia *peluk jauh dari Bandung*

    Hatur nuhun
    Walau peluk dari jauh getarannya sampai kok di Jombang hahahahaha..haiiii

  26. uni dzalika says:

    Pakde keren bangeeeeeeet, seneng bacanya. Pengin ih suatu hari nanti bisa ketemu dan ngobrol banyak. Salut dan saya banyak belajar sama Pakde..

    Ammin, semoga bisa kopdar ya

  27. Bapaaak kenapa dirimu keren sekali. Salam hormat saya.

    Terima kasih Cah Ayu

  28. Pakde jadi panutan bagi saya ingin mencontoh membuat hal yang berarti bagi orang lain

    Agawe guyune wong cilik

Leave a comment