Teks

Cara Memasak Oseng-Oseng Pare Agar Tidak Pahit

Buah pare yang kulitnya kasar dan rasanya agak pahit itu ternyata berguna bagi manusia untuk menjaga kesehatan. Manfaat buah pare pahit bagi kesehatan antara lain untuk untuk penyakit jantung, mengobati diabetes, serta mencegah sel kanker berkembang biak.

Bagi yang kurang menyukai rasa pahit, buah pare dapat dikurangi rasa pahitnya dengan mencampurkan sedikit garam sebelum memasaknya. Berikut cara memasak oseng-oseng pare agar tidak terasa pahit.

Cara memasak buah pare agar tidak pahit

Buah pare dari kebun mini saya yang bermanfaat bagi kesehatan

.

Bahan

– Sebuah pare ukuran besar.

– Ebi/udang kecil secukupnya yang sudah dicuci dengan air hangat hingga bersih.

.

Bumbu

–  3 siung bawang putih. Iris/rajang tipis-tipis.

–  5 butir bawang merah.Iris/rajang tipis-tipis.

– 2 buah cabe merah besar. Iris/rajang tipis-tipis.

–  3 buah cabe rawit. Iris/rajang tipis-tips.

–  Garam secukupnya.

–  Gula putih secukupnya.

.

Cara Mengurangi Rasa Pahit Buah Pare

– Buah pare dibelah, diambil bijinya lalu diiris tipis-tipis.

– Taburi garam secukupnya dan dicampur. Aduk  sambil diremas-remas sampai merata hingga irisan pare terlihat layu dan tidak keras lagi.

– Cuci bersih irisan pare lalu tiriskan.

.

Penyiapan Bumbu

– Tumis bawang putih hingga harum baunya dan layu.

–  Masukkan irisan bawang merah, tunggu sampai bau harum dan layu.

–  Masukkan cabe merah dan cabe rawit yang sudah diiris tipis-tipis.

–  Setelah setengah layu masukkan ebi/udang kecil, campurkan hingga merata.

–  Masukkan irisan pare sampai airnya habis. Jangan ditambah garam lagi karena sudah ada ebi dan sisa garam untuk mengurangi rasa pahit tadi masih melekat pada pare.

–  Cicipi, jika perlu tambahkan gula putih sedikit untuk penyedapnya.

–  Hidangkan.

Selamat mencoba.

Catatan

Resep ini dibuat oleh adik saya Diah Ayu Purwita dan sudah saya nikmati hasil masakannya yang memang sedap dan pare tidak pahit lagi.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

17 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Saya suka banget dengan pare ini, tiap kali masak langkah langkah diatas selalu dilakukan,tapi kalau dicampur ebi belum pernah nyoba

    Enak dicampur ebi atau udang

  2. Ella says:

    Adeku tu seneng banget sama pare ini, bolehlah ku kasih resepnya ke ibuku ah.. Thanks yaa

    Silakan,enak loch

  3. monda says:

    pak de alhamdulillah pare hasil kebun sudah berbuah dan bisa dinikmati sekeluarga
    ada tanaman apa lagi di kebun mininya?

    Ada kacang panjang, buncis, mint, tomat, cabai, sereh, kunyit, jahe, pohon salam, kemangi, dll

  4. juni says:

    emang bisa ya??
    lagian saya kurang suka yg namanya sayuran, meskipun tidak pahit..^^

  5. animeterbaik says:

    Daridulu Saya kurang begitu suka makan pare karena rasanya yang pahit, tapi sepertinya resep ini harus dicoba.

  6. imron says:

    makasih tipsnya, jadi bisa dicoba dirumah

  7. Al-Bantani says:

    Terima kasih pak dhe untuk tulisannya, sangat bermanfaat tentunya.
    Klo saya suka makan pare kalo lagi makan siomay, diluar itu nggak kayaknya.
    Oia pak dhe manfaat pare apa aja ya?

  8. Haffid says:

    ibu saya juga sering banget masak pare tapi pait banget, sampek saya sendiri kadang nggak doyan,,hehe,,tapi sepertinya tips di atas patut untuk dicoba

  9. Saya termasuk yang suka makan pare, pakde. Di Bogor dikenal dengan sebutan “paria” bukan pare karena kata pare artinya “padi” kalau dalam bahasa Sunda.

    Caranya sama pakde untuk menghilangkan rasa pahit. Biasanya saya suka yang ditumis dan diberi cabe jadi agak pedas. Kadang diremasnya juga pakai garam sedikit.

    Bisa juga dimasak ditambah dengan parutan kelapa.. wuihh.. mantap itu pakde. Apalagi kalau ditambah ikan sepat asin, sambal, dan… jaah jadi bicara makanan nih, jadi lapar euyy

  10. Kerupuk says:

    Wah enak banget tuh oseng pare, apalagi makannya disambi sama kerupuk kulit

  11. Saya suka makan pare, tapi biasanya dicampur dengan siomay. Saya belum pernah makan pare yang tidak pahit, nampaknya perlu dicoba nih tutorialnya, thanks pakdhe.

  12. sama mbak, aku kalo masak pare juga aku uleni dulu pakek garem supaya lemes dan berkurang paitnya

  13. Ria Rochma says:

    Aku suka pare, tapi suami dan anak-anakku ngga suka. Padahal pare itu enak, pare itu menyehatkan dan paling enak dinikmati dengan campuran irisan lombok

  14. wah ini cara masak yang saya cari,terimakasih kak infonya

  15. damarojat says:

    Jadi laper nih pakde baca ini malam-malam. *kruyuk*

  16. […] mengapa saya lakukan tindakan nekat tersebut. Yang pertama lahan itu akan saya tanami sayuran yaitu pare. Alasan yang kedua karena buah belimbing yang cukup lebat itu selalu berjatuhan sebelum ukurannya […]

  17. Ubi Mozu says:

    Tips yang layak coba nih, kalo tukang somay apa begini juga ya caranya? Soalnya pare somay ga terasa pahit

Leave a comment