Cara Memberi Nama Makanan

Ketika menggelar giveaway bertajuk Sepotong Kue Untuk Pakde saya menganjurkan kepada para peserta untuk memberi nama yang unik kepada kue buatannya. Tak ada maksud apapun kecuali hanya fun saja. Tak pelak aneka ragam nama kue muncul.

Dari deretan nama kue yang ada muncul 3 nama yang saya anggap paling berkesan bagi saya. Ini dia nama-namanya.

1. De Cholicious Cheese Cake

Kue ini buatan Elsa. Kebetulan saya dikasih kuenya sehingga saya langsung bisa merasakan betapa lezat cake ini. Lembut dan manis dengan warna kuning cerah. Di atasnya diberi sebuah strawberry mungil. Saya katakan unik karena ada unsur nama saya dipasang pada nama kue ini.

Cara Memberi Nama Makanan

.

2. Kue Kolak Bintang Satu

Kue ini karya Diah Dwi Arti. Blogger berdomisili di Madiun ini tahu benar bahwa pangkat terakhir yang saya sandang adalah bintang satu (Brigadir Jenderal TNI) Data itu mungkin dibaca dari profil di buku saya atau di blog. Bintang itu terpasang dengan manis,bukan.

Cara Memberi Nama Makanan

.

.

3. Choco Cornflakes d’SabulsabukĀ 

Sahabat saya Hardi Vizon adalah satu-satunya peserta giveaway yang berpedang. Sabulsabuk adalah program saya tahun 2015 yang merupakan kepanjangan dari kata Satu Bulan Satu Buku. Program ambisius ini untuk menguji kemampuan saya dalam bidang tulis menulis. Saat artikel ini sahabat baca sudah 9 buku yang saya terbitkan. Buku ke-10 berjudul Makeover Blog WordPress Inshaa Allah akan terbit bulan Oktober ini.

.

Cara Memberi Nama Kue

.

Nama unik untuk makanan cukup banyak, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Ingat kan nama Hot Dog. Nama makanan berbahan roti dan sosis itu jika diterjemahkan menjadi anjing panas. Saya pernah makan di sebuah rumah makan di daerah Ngawi. Tertarik dengan nama Ayam Goreng Mercon maka saya memesannya. Rasanya….mantap…puedes pwol bho. Entah pada level berapa pedasnya itu.

Nama makanan juga banyak yang mengikutsertakan nama kota atau daerahnya. Misalnya Bika Ambon, Jenang Kudus, Dodol Garut, Soto Lamongan, Ayam Goreng Jakarta, Sate Padang, Selat Solo, Sate Madura, Dawet Bumi Ayu, dan lain sebagainya.

Nggak usah tanya bagaimana rasa kue khas bernama K***** Kambing. Yang jelas, enak juga. Dulu di kampung saya sering dijual, entah sekarang saya kok nggak pernah lihat lagi. Demikian pula kue Ndog Gluduk dan Rondo Royal. Jajanan tradisional itu tampaknya bakalan tergusur oleh jajanan bungkusan semacam kripik kentang dan sejenisnya.

Jika sahabat membuat kue dan akan dipasarkan nggak ada salahnya membuat nama baru yang unik dan menarik. Misalnya: Onde-Onde Tiga Dara, Lumpia PedangSakti, dan lain sebagainya.

Apakah sahabat mempunyai koleksi nama makanan unik? Silakan di share untuk pengetahuan kita bersama.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

8 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Lidya says:

    saya harus belajar buat judulnih, kadang judul postingan aja gak kreatif šŸ™‚

    Banyak teori membuat judul.
    Ada yang dimulai dengan kata : Cara, 3 Langkah…., Rahasia, Manfaat, Mengapa….dan lain sebagainya.

  2. weeeeh mantap juga tuh namanya unik unik kadang suka bikin ngakak contohnya es doger kasurupan, ayam goreng sambal setan, ada juga baso setan yg gedenya gak ketulungan kayak pelor meriam jaman dulu jadi satu mangkok bisa makan berempat , bener bener jooooooooshhhhhhhh.

    Akibat persaingan ketat Mas hahahaha

  3. Febriyan says:

    Wah pakdhe mantap nih. GA jadi bagian satu bulan satu buku juga ya.

    Nama2nya itu kreatif banget. Masih harus banyak belajar kreatif nih saya buat judul. Hehehe.

    Nggak Mas. Saya nulis buku sendiri. Buku resep kue bukan masuk program buku saya

  4. Pantesan mereka menjadi salah satu pemenang GA-nya Pakde… mereka memang kreatif memberikan nama kuenya yang notabene ada kaitannya dgn Pakde..

    Mereka menerima penghargaan khusus

  5. echaimutenan says:

    pakde mau dong beli bukunya lewat apaaa yang resep masakan?

    Silakan kontak mas Belalang Cerewet via Facebooknya ya.

  6. Hehehe lucu tuh yang De Cholicious Cheese Cake, jadi kepengen cobain rasanya pakde.

    Enak banget loch

  7. Elsa says:

    Pakde
    maturnuwun sanget, bukunya sudah tiba dengan selamat beberapa hari yang lalu
    maaf, baru ngabarin sekarang, jarang onlen ….

    trus maturnuwun sanget yang kedua buat semangka nya yang kuning
    muuuaniiiisss puuooooollll…..

    Sama2 Jeng.
    Iya, saya baru sekali itu merasakan semangka Inul

Leave a comment