Nasi Pecel: Makanan Legendaris

Begitu lonceng yang terbuat dari potongan rel keretapi itu berbunyi kami segera menghambur ke luar kelas. Saya dan beberapa teman se kelas langsung ngacir ke koridor. Tujuan kami sama yaitu menyegat Yu Sum yang berjualan nasi pecel. Saya tidak tahu pasti mengapa wanita paruh baya itu bisa melenggang sepanjang koridor depan kelas kami. Mungkin telah mendapat ijin dari pihak SMP.Begitu melihat kami berlarian Yu Sum langsung berhenti dan menurunkan bakul dagangannya di lantai. Satu persatu kami dilayani dengan sabar. Yu Sum juga cuek-bebek manakala di antara kami ada yang ngambil protolan peyek kacang atau peyek terinya. Nasi pecel pincuk Yu Sum enak banget. Selain itu harganya juga terjangkau. Tak heran jika kami selalu menunggu Yu Sum.

Resep nasi pecel

Nasi pecel sederhana

.

Nasi pecel merupakan makanan tradisional Indonesia yang melegenda. Boleh saja jika ada yang mengatakan bahwa nasi putih yang ditemani lalapan berbumbu kacang tanah dan rempeyek kacang atau teri ini adalah makanan orang prihatin. Tapi saya menyukainya karena harganya murah untuk ukuran saat itu maupun saat ini.

Nasi pecel ada di mana-mana, di kampung maupun di kota, di Jawa maupun luar Jawa. Makanan ini bukan hanya disajikan di emperan toko, warung kecil, sedang saja tetapi juga tersedia di hotel berbintang sekalipun. Penggemarnya bukan hanya prajurit yang paling rendah pangkatnya, pak Jenderal juga tak sedikit yang menikmatinya.

Silakan lihat di warung-warung tenda. Nasi pecel pada umumnya tertulis di tendanya. Pendampingnya bisa nasi rawon, sop, soto, ayam goreng, atau ikan bakar. Makanan merakyat ini mirip lagu dangdut. Untuk sarapan cocok, dinikmati saat siang hari oke, diganyang pada malam hari juga tak mengecewakan.

Jika tahun 1964 Yu Sum menempatkan nasi pecel di dalam pincuk maka kini makanan gurih-gurih agak pedas ini mulai ditempatkan di piring maupun di dalam kotak. Sambal pecelnya ada yang langsung dituangkan di atas lalapan ada pula yang dipisahkan.

Zaman berganti, musimpun bertukar.

Nasi pecel yang semula hanya berlaukkan lapapan, peyek kacang atau peyek teri kini sudah banyak dimodifikasi. Untuk sayurannya dulu hanya kangkung, bayam, toge, dan atau daun turi. Kini sudah ada yang menambahkan lodeh segala loch.

.

Nasi pecel legendaris

Nasi pecel dimodif lauk empal dan paru goreng

.

Selain peyek kacang atau peyek teri sebagai primadona, kini sudah ada yang menambahkan dadar telur, dadar jagung, telur asin, empal, dan jeroan. Kadang masih ada yang nambahi krupuk uyel yang murah renyah itu. Nasi pecel yang lauknya sudah dimodif tentu harganya berbeda dengan nasi pecel standar. Pembeli bisa menyesuaikan seleranya dengan isi dompetnya.

.

Nasi pecel orkes keroncong

Menikmati nasi pecel sambil mendengarkan musik keroncong

.

Untuk menarik pembeli, ada pula pedagang nasi pecel yang bekerjasama dengan grup musik. Salah satunya ada di Jl. Dharmahusada Surabaya. Sambil menikmati nasi pecel yang enak di sebuah warung tenda pengunjung juga bisa menikmati orkes keroncong. Selain lauk standar pembeli bisa memilih lauk tambahan misalnya sate telur puyuh, tempe-tahu bacem, dan lain sebagainya.

Nasi pecel, makanan legendaris yang murah-meriah dan mudah di dapatkan di kota maupun di desa.

Jika  makan nasi pecel, lauk apakah yang sahabat sukai?

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

5 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Inayah says:

    wah pake empal…
    sego pecel baru kukenal saat kerja, trenyata pas…praktis, murah, dan sehat

  2. Sulis says:

    Aku juga suka pakdhe..murah, sehat, bergizi
    Di jogja ada warung pecel legendaris, SGPC.. Pangsa pasarnya dulu anak2 kuliah, wong warungnya deket kampus.

    Ngomongin pecel, pernah nyoba pecel di gua jatijajar…eh rasanya aneh…ternyata karena ada kecombrang..

  3. felyina says:

    Saya seneng nasi pecel yang pake lauk telor balado. duh, enak

  4. Modelina says:

    Makanan favorit saya itu 😀

  5. Bunda Aisyah says:

    waktu pertama diajakin makan pecel, dikirain sama kayak pecel lele gitu. hahha

Leave a comment