Teks

Cara Saya Memelihara Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Our philosophy precedes from the belief that sport is an inalienable part of the educational process and a factor for promoting peace, friendship, cooperation and understanding among peoples.

Juan Antonio Samaranch

Cara saya memelihara kesehatan dan kebugaran tubuh bukan hanya makan dan istirahat cukup saja. Olahraga juga menjadi bagian dari gaya hidup saya. Kegiatan gerak badan ini sudah saya lakukan secara teratur sejak saya duduk dibangku Sekolah Rakyat hingga kini.

Olahraga yang paling sering saya lakukan ketika masih usia sekolah adalah kasti, volley ball, sepakbola, dan basket ball. Jenis olahraga itu memang sudah popular dan termasuk mata pelajaran. Pada saat SMP saya bahkan sudah menjadi tim inti untuk olahraga volley ball. Untuk olahraga beregu favorit saya ini bahkan menempatkan saya sebagai tim inti Batalyon Wasana II Taruna Akabri Darat, tim inti kesatuan saya saat dinas di Balikpapan, Pusdikpom. Bersama Mayor inf Susilo Bambang Yudhoyono saya juga menjadi tim inti volley ball saat kami mengikuti pendidikan Seskoad.

SBY Main volley ball

Tim volley bersama SBY (1989)

.

Kuantitas dan kualitas olahraga semakin baik ketika saya menjadi taruna Akabri dan setelah dinas di berbagai kesatuan. Semasa kuliah di Akabri Darat, olahraga militer sangat dominan. Lari merupakan makanan setiap hari, apalagi saat kami masih tingkat I. Maklum, perpindahan dari suatu tempat ke tempat lain harus dilakukan dengan cara berlari. Berangkat ke dan pulang dari ruang makan, ke ruang kelas, dan menuju lapangan latihan harus dilakukan dengan cara berlari.

Pada saat kuliah di Akabri Darat itulah kondisi fisik dan kesehatan saya sangat prima. Latihan cross country (lintas medan), speed mars (jalan cepat), senam militer, senam balok, push up, pull up, sit up, merangkak, merayap, jungkir, berguling, squat jump, loncat gagak, renang militer, turun tebing, merayap tambang,  dan aneka kegiatan fisik lainnya membuat tubuh saya sehat dan kuat. Belum lagi latihan militer berupa patroli dan taktik bertempur lainnya yang juga mempersyaratkan fisik yang bagus.

Kegiatan senam dan kesamaptaan jasmani masih terus berlanjut selama saya dinas di lingkungan militer. Secara berkala dilakukan test kesamaptaan jasmani, termasuk ketika mengikuti pendidikan atau akan diusulkan kenaikan pangkat.

.

Olahraga Permainan

Selain olahraga militer dan aneka latihan pembinaan fisik lainnya saya juga mengikuti olahraga permainan. Bola volley, sepakbola, badminton, tenis lapangan, tenis meja, dan bola tangan juga saya gemari sebagaimana saya sebutkan di atas. Olahraga permainan memang lebih menyenangkan.

Ketika saya sudah menjadi perwira menengah saya mulai menekuni olahraga golf. Olahraga yang biayanya agak mahal ini malahan menjadikan saya kranjingan. Hampir setiap hari, usai jam kerja, saya dan beberapa perwira langsung menuju lapangan golf. Olahraga dengan modal jalan kaki ini bukan saja menyehatkan tetapi  juga berguna untuk melatih kesabaran, ketekunan, ketelitian, dan juga kejujuran.

Manfaat main golf

Melatih kesabaran dan kejujuran

.

Secara umum saya mengetahui bahwa olahraga bisa menyehatkan badan. Dengan semakin bertambahnya umur saya semakin menyadari pentingnya olahraga untuk memelihara kesehatan dan kebugaran. Dengan olahraga secara teratur maka tulang menjadi kuat, beberapa penyakit bisa dicegah misalnya tekanan darah tinggi (hipertensi), asam urat, kolesterol, jantung, diabetes, dan lain sebagainya. Selain itu kegiatan olahraga bisa mengurangi stress, bukan.

.

Olahraga setelah pensiun

Setelah mengakhiri ikatan dinas di lingkungan militer saya tetap melanjutkan kegiatan olahraga. Tujuannya tetap sama yaitu memelihara kesehatan dan kebugaran jasmani. Namun saya tetap tahu diri dan menyadari kondisi fisik saya. Saya memilih olahraga yang tak terlalu berat agar saya tak mengalami cedera.

Jalan kaki di pagi hari menjadi pilihan saya. Olahraga murah-meriah namun banyak manfaatnya ini saya lakukan sebanyak 5 kali dalam seminggu. Ketika saya dinas di Jakarta olahraga jalan kaki saya lakukan di lapangan Monumen Nasional (Monas) yang letaknya di sebelah Kementerian Pertahanan, kantor saya saat itu. Dengan jalan kaki mengelilingi pinggir Monas selama 1 jam sudah cukup untuk menyegarkan tubuh. Kini saya jalan kaki keliling kampung.

Olahraga jalan kaki

Jalan kaki menyehatkan

.

Selain jalan kaki, saya juga menikmati olahraga bersepeda. Kegiatan ini utamanya saya lakukan pada hari Sabtu dan Minggu. Rutenya juga sama yaitu keliling kampung tetapi jaraknya saya tambah. Mungkin suatu saat saya akan bergabung dengan klub gowes. Kayaknya seru banget acaranya.

Manfaat olahraga sepeda

Bersepeda keliling kampung juga menyehatkan

.

Berbicara tentang sepeda ternyata ada perkembangan baru yang tak kalah menarik yaitu munculnya sepeda listrik. Saya berpendapat bahwa selain bebas polusi, sepeda jenis ini pas banget untuk mengurangi kebisingan. Mengunjungi kerabat dan sahabat, berbelanja di sekitar kampung, menengok sawah atau ladang juga oke kan jika naik sepeda keren ini. Selain itu jarak tempuhnya tentu lebih jauh tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti.

Itulah cara memelihara kesehatan dan kebugaran tubuh yang saya lakukan dari masa ke masa. Prinsipnya tubuh harus selalu bergerak.

Bagaimana cara sahabat memelihara kesehatan dan kebugaran tubuh? Silakan share agar bermanfaat bagi kita semua.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

4 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. olahraga membuat tubuh tetep sehat dan panjang umur ya pakde hehe

    Betul. Kebanyakan duduk malah bisa letoi

  2. Inayah says:

    salam olahraga, biar selalu waras lahir batin

    Yoi, jangan goler mulu

  3. Kopiah Putih says:

    Wah.. Ini referensi buat saya Pak Dhe. Jadi bisa antisipasi sejak sekarang. Biar bisa terus sehat dan bugar. 😀

    Salam hangat dari Bondowoso, Pakdhe..

    Iya Mas. Jangan terlalu banyak duduk atau rebahan. Bodi harus bergerak

  4. […] Cara Saya Memelihara Kesehatan dan Kebugaran Tubuh merupakan salah satu bentuk backlink placement. Dalam artikel biasa yang bertutur tentang kegiatan saya sehari-hari ini ada sebuah keyword yang mengandung link ke sebuah produk tertentu. Agar tak menimbulkan kesan promosi keyword saya letakkan di paragraf bagian bawah. […]

Leave a comment