Checklist Keamanan Dalam Sebelum Tidur

Checklist Keamanan Dalam Sebelum Tidur dibuat untuk menjamin bahwa segala sesuatu yang ada di sekitar rumah sudah aman dan nyaman sebelum suami-isteri berangkat tidur. Ini memang agak merepotkan. Namun manfaatnya sungguh sangat besar guna menghindari peristiwa kebakaran, pencurian, perampokan, dan aneka bentuk gangguan keamanan lainnya. Bukankah kejahatan bisa timbul karena bertemunya niat dan kesempatan. Orang yang tak berniat melakukan pencurian mungkin akan tergoda jika melihat ada sepeda motor plus kunci yang masih menempel terparkir di pelataran yang pintunya tidak terkunci.

Ketika sedang berbaring di tempat tidur tiba-tiba tercium bau kurang sedap dari luar kamar tentu akan mengganggu. Daya penciuman yang tajam bisa membau sayuran yang gosong. Bau itu bisa saja menyelinap masuk kamar tidur dari celah pintu, jendela, atau angin-angin. Mau tidak mau suami atau isteri harus bangkit dari pembaringan untuk mencari tahu asal-usul bau tersebut. Ternyata betul, di atas kompor yang menyala terhadap panci yang sedang dipakai untuk menghangat sayuran.

Beruntung suami-isteri masih terjaga. Bayangkan apa yang akan terjadi jika mereka sudah tidur pulas sementara kompor di dapur masih menyala. Apapun bisa terjadi di dapur, kamar mandi, garasi, teras rumah, dan gudang. Motor yang baru dikredit lenyap karena pemilik rumah rumah lupa mengunci pintu pagar, garasi, dan motor baru tersebut.

Saya juga sering bangun setelah jam 22.00. Saya langsung turun. Ternyata korden belum ditutup, pagar garasi, pagar depan, dan pintu rumah belum dikunci. Pasukan yang tidur di bagian bawah ternyata tertidur sebelum mereka melakukan penguncian sebagai selalu saya ingatkan. Saya sering SMS bernuansa instruksi ke pasukan bawah. “Kunci pagar dan pintu, tutup korden.”

Berangkat dari pengalaman tersebut saya terpikir untuk membuat checklist keamanan dalam. Checklist tersebut bukan saya buat dalam bentuk resmi seperti Checklist Bagi Traveler. Saya membuat checklist tersebut di handphone saja. Di sana ada menu Kantor yang di dalamnya terdapat sub menu Catatan. Dengan membuat checklist di ponsel tersebut maka saya bisa membawanya keliling rumah dan melakukan pengecekan itemnya satu-persatu.

Checklist keamanan dalam berisi hal-hal sebagai berikut.

1. Kunci mengunci

a. Kunci pagar depan

b. Kunci pagar garasi

c. Kunci sepeda motor

d. Kunci mobil

e. Kunci pintu depan

f.  Kunci pintu dapur

g. Cek jendela-jendela

.

.

2. Listrik

a. Matikan lampu kamar mandi

b. Matikan lampu dapur

c. Matikan lampu ruang kerja

d. Matikan lampu gudang

e. Cabut kabel setrikaan

f.  Matikan televisi di ruang keluarga

g. Cabut kabel kipas angin di ruang keluarga, ruang makan

h. Cabut kabel komputer, printer.

3. Pengapian

a. Matikan kompor

b. Matikan obat nyamuk di ruang keluarga, ruang makan, ruang kerja

.

.

4. Pengairan

a. Cek kran kamar mandi dan toilet

b. Cek kran bak cuci piring

c. Cek kran di tempat cuci pakaian

d. Cek kran di tempat cuci motor/mobil

e. Cek kran di wastafel

Jika masih ada air yang mengalir maka pompa air biasanya akan berbunyi.

5. Lain-lain

a. Cek kucing. Kucing sebaiknya masuk kandang karena dia bisa saja naik ke atas meja makan, rak piring, atau tempat lain untuk mencari makanan. Jika ini terjadi bisa saja menimbulkan kegaduhan karena ada barang pecah belah yang terjatuh.

b. Cek perlengkapan anak sekolah (Fokus kepada PAUD,TK, dan SD) Pakaian dan pelengkapan murid PAUD, TK, dan SD sebaiknya sudah siap gerak agar tidak menimbulkan kegaduhan di pagi hari. Bayangkan jika ibu atau ayah lupa menyiapkan pakaian dan perlengkapan mereka. Bakalan heboh deh. Ibu yang harus menyiapkan makan pagi bagi suami dan anak-anak masih harus menyeterika pakaian dan mengecek perlengkapan sekolah 3 orang anak.

.

Checklist keamanan cukup sekali saja dibuat dalam dibuat sederhana, berbentuk poin-poin, dan aplikatif. Fungsinya hanya sebagai pengingat agar kehidupan lebih aman dan nyaman.

Pernahkah sahabat membuat checklist keamanan dalam sperti di atas? Silakan share agar bermanfaat bagi sahabat yang lainnya.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

9 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Salman Faris says:

    hal-hal kecil kayak gini kadang yang selalu lupa, padahal sangat sepele tapi efeknya akan fatal kalau lupa salah satunya, makasih tipsnya

    Betul Mas
    Kadang di tempat sampah masih ada bara api
    Jika kena angin bisa terbang dan menimbulkan kebakaran

  2. izandi says:

    Kalau di rumah, ibu saya yang paling sering mengingatkan hal seperti ini. Saya paling sering lupa matikan wifi dan laptop 😀

    Ketiduran ya ?

  3. Bener banget nih pakde tipsnya, gak boleh lupa sama hal-hal kecil yang sebenernya penting banget demi keamanan dirumah sebelum kita tidur.

    Lalai bisa menyebabkan celaka ya Mas

  4. adi pradana says:

    Apapun itu kalau ditulis dalam sebuah checklist jadi makin rapih manajemennya. Disiplin dalam hal sekecil apapun.

    Untuk memiminimalisir resiko

  5. motorsatria says:

    kalau dibuat checklink memang lebih terpantau dengan rapi,, apapun yang dikerjakan menjadi lebih santi dan seriuss..
    Iya, maklum kita suka lupa

  6. ara says:

    Untuk keamanan, emang perlu banget list kayak gini.

    dan terpenting itu pengapian sama listrik
    harus itu

    Betul, itu bisa membahayakan seisi rumah

  7. Miftah says:

    Sudah seharusnya mas kita mengecek semua karena kadang pencuri itu masuk ngak direncanakan tapi ada kesempatan yang terbuka lebar. Dengan ceklis kayak gini sangat membantu sekali.. 😀

    Betul, kadang kita nonton TV tertidur
    Padahal pintu2 belum dikunci

  8. rhay says:

    Matursembah nuwun pakdhe, checklist memang te o pe be ge te. Sebagai pengingat sang manusia yg kaya dengan alpa dan lupa.

    Iya, apalagi lansia kayak saya. Belanja ke toko saja harus saya catat dulu je

  9. sofyan hadi says:

    makasih mas tipsnya..siap sudah ceklis sudah dibuat semua nih,jadi tingal tidur ajantar, hehe

    Dilaksanakan tho

Leave a comment