Teks

E KTP Seumur Hidup

Alhamdulillah saya dan isteri telah memiliki E KTP seumur hidup. Itu berarti saya tak lagi harus memperpanjang kartu tanda penduduk tersebut setiap 5 tahun sekali. Ini keistimewaan manusia berlabel manula (manusia usia lanjut) atau lansia dibandingkan dengan mereka yang masih remaja atau dewasa. Tetapi belakangan dinyatakan bahwa semua E KTP berlaku seumur hidup walaupun dalam kartu tersebut dinyatakan kapan masa berlakunya. Hal itu dinjatakan dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 24 tahun 2013 pasal 64 ayat 7 huruf a. 

Proses pembuatan E KTP terbilang lancar. Dimulai dari pengisian data, pemotretan, sidik jari, dan tandatangan. Walaupun saya dan isteri sudah berumur 60 tahun lebih tetapi kami masih ikut antri bersama dengan penduduk yang masih remaja dan dewasa. E KTP tersebut memang tidak selesai dalam waktu seminggu atau sebulan. Namun demikian tidak sampai setahun benda mungil dan tipis serta bermanfaat itu sudah kami terima.

Akhir-akhir ini E KTP mencuat kembali. Dalam pemberitaan di media elektronik, aroma korupsi diketengahkan. Bahkan beberapa nama orang penting ini disebut-sebut dalam persidangan. Tentu saja berita tersebut bisa membuat merah telinga banyak pihak. Ada yang langsung membantah dan ada pula pimpinan partai yang akan mengklarifikasi kepada mereka yang namanya disebut-sebut. Tentu sangat bijak jika semua pihak memedomani asas praduga tidak bersalah.

Ramainya pemberitaan tentang E KTP membuat saya dan isteri menjadi termangu-mangu dan ragu-ragu untuk mutasi E KTP. Kami yang semula tinggal di Surabaya kini menetap di Jombang. Isu blangko E KTP kosong atau habis membuat kamu galau. Jika kami sudah mengajukan permohonan pindah alamat lalu proses penerbitan E KTP baru lama kan malah merepotkan. Walaupun disebutkan bahwa surat tanda mutasi bisa berfungsi sebagai pengganti KTP tetapi keraguan masih ada.

Kepindahan sebuah KTP berpengaruh kepada aneka administrasi dan instansi. Pada instansi bank KTP diperlukan antara lain untuk mengurus tabungan, deposito, dan produk lainnya. Untuk urusan SIM dan STNK pun idem dito. Belum lagi yang berkaitan dengan perpajakan lainnya, termasuk NPWP.

Kami memutuskan untuk menunda dulu mutasi E KTP ke Jombang sampai situasinya benar-benar rapi. Jika proses perpindahan kartu identitas ini sudah lancar dan penerbitannya juga dalam kecepatan normal barulah kami akan melaksanakan pindah kartu tanda penduduk.

Berapa lama E KTP sahabat terbit?

 

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

6 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. alhamdulillah saya dan istri juga sama pakdhe,

    Sip, aman dan kondusif

  2. inayah says:

    akupun sudah e-kTp. tapi fotonya kok jelek ya,,hemm..padahal EKTP selalu nampang kemana-mana

    Yang penting hatimu cantik

  3. Dulu saya bikin ketika E-KTP masih bener-bener baru ada. Termasuk generasi pertama kayaknya. Tapi dari mulai proses hingga jadinya pun cepat dan kualitasnya pun bagus. Gak seperti heboh-heboh sekarang yang katanya untuk minta blanko aja lama banget. Trus setelah jadi kualitasnya gak bagus

  4. Saya juga sudah punya e ktp, katanya berlaku seumur hidup walau di e ktpnya masa berlaku sampai tahu 2017

  5. D I J A says:

    dulu katanya mau ada KTP khusus anak
    tapi sampai sekarang, tak kunjung ada
    padahal kan Dija juga pingin punya KTP

    Yang untuk orang dewasa saja muyek gitu

  6. bros cantik says:

    Alhamdulillah E KTP saya dan istri juga sudah seumur hidup

    Sip

Leave a comment