Hobi Itu Sexy

Manusia yang memiliki hobi positif biasanya memiliki kegairahan hidup lebih baik. Kegiatan perintang waktu yang dilakukan setelah bekerja keras mencari nafkah merupakan vitamin yang menyehatkan jiwa-raga. Lihat saja si Ali. Hobi membuat bonsai sangat dinikmatinya. Kepuasan lahir batin sangat terasa manakala dia bisa membuat bonsai pohon beringin yang meliuk-liuk menawan.

Lain halnya dengan Prasojo yang piawai memainkan organ. Sahabat dan atasannya terkagum-kagum menyaksikan penampilannya. Senyum cerianya saat mengiringi atasannya menyanyikan lagu membuat orang tak menyangka bahwa office boy itu mempunyai begitu banyak koleksi lagu-lagu barat ngehits. “Insha Allah bisa, Pak,” begitu jawabannya setiap atasan menanyakan sebuah lagu. Tak heran jika karyawan itu lebih terkenal sebagai pemain organ daripada pekerjaannya sebagai penyaji makanan dan minuman untuk pimpinan dan staf di kantornya. Ini membuat jiwa-raganya terpuaskan. Prasojo terus mengupgrade diri dengan mempelajari aneka lagu dan irama. Dangdut bisa, pop oke, apalagi lagu berirama cha cha cha sangat dikuasai karena banyak yang menyukainya.

.

Pelihara dan tingkatkan hobimu

.

Lihat pula si Markun. Hobi internetnya menjadikan dirinya juga ngetop di kantornya. Pengemudi kendaraan antar jemput karyawan ini lebih banyak bermain laptop di sela-sela istirahatnya daripada main kartu seperti yang dilakukan teman-temannya. Hobi internet ini juga menyehatkan jiwa-raganya. Kecerdasan dan wawasannya meningkat. Bukan hanya itu, dompetnya juga sering terisi dari uang lelah yang diberikan oleh atasan dan rekan kerjanya. Walaupun Markun ikhlas membantu atasan atau sahabatnya mereka tak sayang memberi uang tanda terimakasih karena dibuatkan slide atau video untuk presentasi.

.

Dari hobi menjadi profesi

.

Hobi melakukan olah raga tentu juga bagus untuk meningkatkan kebugaran fisik. Joging, bersepeda, berenang, fitness, atau olahraga permainan tentu menyenangkan dan menyehatkan. Olahraga sambil rekreasi bersama keluarga semakin asyik, bukan. Hobi olahraga tak perlu yang berbiaya tinggi yang penting tujuan untuk memelihara dan meningkatkan kebugaran tubuh tercapai. Melakukan olahraga permainan bersama sahabat selain menyehatkan juga mempererat silaturahmi, melatih kekompakan, dan memupuk kerjasama tim.

Kaum wanita biasanya mempunyai hobi yang berdekatan dengan kodratnya. Membuat kue atau memasak, misalnya. Hobi ini jika ditekuni dapat berubah menjadi profesi misalnya menjalankan usaha rumahan jasa katering. Pada mulanya hanya untuk memenuhi pesanan dari tetangga kiri-kanan. Bentuknya masih makanan rantangan atau nasi kotak. Dengan berjalannya waktu usahanya semakin terkenal karena promosi dari mulut ke mulut. Dia juga sudah berani menyiapkan makanan untuk acara pernikahan. Tak jarang dia juga menerima pesanan dari instansi yang mengadakan peringatan hari ulang tahun perusahaan. Dia tak perlu lagi harus memasak sendiri karena dia sudah bisa merekrut karyawan kateringnya dalam jumlah yang cukup banyak.

Beberapa waktu yang lalu saya mengikuti sebuah workshop bertajuk Fun Blogging. Acara bertemakan Dari Hobi Menjadi Profesi ini menambah wawasan saya. Setelah pensiun dari dinas militer saya memang tidak bekerja lagi. Namun demikian saya juga tidak bermalas-malasan di rumah. Saya melanjutkan hobi menulis dengan membangun blog untuk berbagi ilmu dan pengalaman, seberapapun besarnya. Walaupun hobi ngeblog belum menjadi profesi namun keinginan untuk mengarah ke sana sudah mulai dirintis oleh beberapa blogger. Bahkan ada yang sampai berani resign dari pekerjaan utamanya karena ingin menekuni hobi ngeblognya.

Hobi itu memang sexy. Orang yang sudah benar-benar menyukai sesuatu rela mengeluarkan uang dari ratusan ribu sampai jutaan. Itu karena dia memang memiliki kemampuan. Di televisi sering ditayangkan orang yang memiliki hobi mengumpulkan dan mengoleksi miniatur aneka jenis dan merk mobil. Jika di tanah air tak dia dapatkan maka dia memesan benda tersebut ke mancanegara secara online atau berburu langsung ke negaranya.

Jangan pula heran jika ada orang yang berani merogoh uang ratusan juta hanya untuk membeli seekor burung perkutut. Bukankah dulu juga pernah ada bunga yang digandrungi orang sehingga harganya melonjak sampai puluhan juta. Ikan arowana, ikan koki, kucing Persia, dan binatang manis lainnya juga banyak dikoleksi oleh orang-orang berduit.

Bagaimana dengan hobi mengoleksi perangko? Hobi yang satu ini tergolong tua namun masih banyak penggemarnya. Mereka juga berburu aneka perangko dari berbagai belahan dunia. Semakin lama mereka menekuni hobinya akan semakin piawai dia memilah dan memilih perangko yang pas di hatinya. Tak heran jika para kolektor juga berburu ‘perangko hari pertama’ apapun eventnya.

Hobi apakah yang sahabat tekuni hingga saat ini?

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

9 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. 21inchs says:

    saya hobi miara ikan cupang dan ikan hias lainnya, khususnya ikan hias yg gampang berbiak, tapi masih belum berhasil pak..
    masih sering mati pak
    dan saat ini trend miara ikan cupang sebagai komoditi sangat ngehits pak, bahkan banyak yg sudah meng-eksport ke luar negeri pak..
    cupang hias ya pak..

    Wah perlu dicoba nich
    Di sinetron juga ada juga pengusaha ikan cupang

  2. Lidya says:

    profesi yang berawal dari hobi malah enak ya pakde enjoy & fun menjalaninya tapi harus tetap profesional

    Profesionalitas memang suatu keharusan

  3. Hobi saya sekarang udah menjadi kerjaan saya pakde, alhamdulillah. Dan saya telat nemuin hobi saya #loh

    Nggak apa telat daripada tidak sama sekali

  4. Paybill.id says:

    Wih, pakde keren!
    Pakde, jangan lupa ikutan lomba blog dari kami ya, sbentar lagi bakal ngadain lomba blog….

    Baik, terima kasih infonya

  5. Saya hobi postcrossing. kadang gaji review dipake beli perangko hehehe

    Lanjutkan Jeng

  6. ndop says:

    Aku hobiku buanyak pak dhe, Cuman sing dadi duik yo ngevector wajah kui. Sisone sih kangge seneng seneng sajaaa..

  7. susanti dewi says:

    hobi memang bisa membawa pada kenikmatan dan kebahagiaan ya Pakde
    Benar, kalau nggak punya hobi malah bisa tergoda untuk ngegozip

  8. haboku banyaaak pakdhe…termasuk fotografi, menyelam dan memasak..semuanya menjadi sumber inspirasi blogku 🙂

    Bagus tuh, bisa jadi bahan postingan dan pembuatan video post

  9. DaniPetak says:

    Hobi saya sejak dulu blogging pakdhe. Entah kenapa ngrasa nyaman di blogging. Apalagi hobi bisa dilakukan untuk bekerja. Wah joss banget. Hehe

    Berbagi dan menghasilkan juga

Leave a comment