Kerjakan Sesuatu Agar Liburan Tetap Seru

Cara memanfaatkan hari libur bermacam-macam. Ada yang jalan-jalan ke luar kota, ada pula yang menghabiskannya dengan tetap tinggal di rumah. Semuanya tergantung kebiasaan, hobi, kesibukan, kesehatan, keuangan, medan dan cuaca, serta faktor lainnya. Pada intinya sepakat bahwa liburan itu perlu agar esok hari muncul semangat dan kegairahan baru.

Proverb berbunyiย All work and no play makes Jack a dull boyย patut dicermati karena mengandung kebenaran. Bekerja terus tanpa diselingi istirahat dan atau rekreasi bisa menjadikan seseorang bosan dan membosankan. “Kalau tiap hari dihajar pekerjaan kayak gini saya bisa suntuk dan stress,” tutur karyawan yang tenaganya terlalu banyak dimanfaatkan oleh bos. Untuk mengatasi kejenuhan kerja maka pimpinan perusahaan atau instansi memberikan hari libur pada hari Sabtu atau Minggu, hari besar, dan cuti secara berkala. Ini untuk menjaga kejenuhan, kelelahan, dan tetap memelihara kegairahan kerja.

Hari libur yang berdekatan dengan tanggal muda biasanya dimanfaatkan untuk rekreasi ke luar rumah. Maklum di dompet tersedia cukup uang. Mereka ada yang rajin menyisihkan gajinya untuk pos rekreasi. Namun demikian ada juga yang tak bisa menabung, baik tanggal muda maupun tanggal tua. Hasil kerjanya pas-pasan untuk makan hari itu, kadang kurang juga. Toh mereka masih bisa ‘rekreasi’ dengan caranya sendiri.

Menjelang tanggal tua, cukup banyak yang alim dan lebih khusu tinggal di rumah. Itu juga tak menghalangi mereka untuk menikmati hari liburnya. Apapun bentuknya, yang penting hepi dan ada manfaatnya.

Sekarang saya sendiri terus terang lebih banyak tinggal di rumah. Apalagi saya sudah hijrah dari kota besar ke kampung halaman. Orang kampung yang seumuran saya tampaknya juga tak banyak yang keluyuran, kecuali ada keperluan yang cukup penting. Orang kampung yang tidak bekerja secara formal di kantor atau perusahaan tak mengenal hari libur secara formal. termasuk saya yang sudah berlabel purnawirawan. Lha wong dari Minggu sampai hari Sabtu sudah libur je.

Berikut ini saya sampaikan tip memanfaatkan hari libur di rumah.

Tip memanfaatkan hari libur di rumah

.

1. Beres-beres rumah

Bagi pasangan keluarga yang keduanya bekerja di luar rumah mungkin agak sulit mencari waktu untuk beres-beres rumah. Kelelahan bekerja juga menyebabkan mereka enggan melakukan kegiatan lain selain melepaskan lelah dan bersantai ria. Jika ada pembantu rumah tangga mungkin beres-beres rumah bisa dikerjakan oleh mereka. Jika tidak maka mau atau tidak mau beres-beres rumah harus dikerjakan pada hari libur. Menyapu, mengepel lantai, mencuci, setrika dan membersihkan aneka debu dan sarang laba-laba adalah beberapa bentuk kegiatan di antaranya. Stel lagu-lagu selama melakukan aktivitas ini agar ada sedikit hiburan yang bisa dinikmati.

2. Mengatur ulang perabot rumah

Sudah lima tahun letak perabot rumah tangga seperti itu-itu saja. Barangkali perlu reposisi agar muncul pemandangan baru yang lebih menyenangkan. Sudut ruangan yang biasanya kosong bisa diisi guci atau alat musik antik-unik. Vas bunga bisa dipasang di sekitar ruang makan agar menambah selera.

3. Merapikan buku

Hobi membaca tapi kurang suka menempatkan kembali buku pada tempatnya sering dijumpai. Hari libur saat yang pas untuk merapikan rak buku. Jika ingin menambah label topik buku juga bisa agar mudah dan cepat menemukan buku yang dicari. Labeling tak harus meniru di perpustakaan, kita bisa membuat kreasi sendiri. Kegiatan ini tak harus selesai dalam satu hari kok.

.

Rak buku saya

Rak buku buatan sendiri juga oke

.

4. Memasak bersama

Jika suami tercinta bilang:”Ma, mbok saya dibuatkan bubur Manado yang suka disantap Pakde Cholik,” tegakah sahabat menjawab dengan fasih:”Ya sana minta Pakde. Papa kan tahu saya nggak bisa masak. Bubur merah saja saya nggak pernah masak, apalagi bubur berisi aneka sayuran dan ceker ayam segala. Ogah, ah.” Kalau suami sampeyan terus berangkat ke rumah saya dan minta bubur Manado kan repot sayanya.

Cobalah memenuhi permintaan suami dan sekaligus libatkan dia. “Great, bagaimana jika kita mencoba masak bersama, Pa.” Nah, dengan cara itu maka sahabat berdua akan mencoba sesuatu yang baru. Soal bentuk, warna, dan rasa bisa di atur, asal ada cinta. Ceileeeee.

Suatu waktu mungkin ganti isteri yang ingin dibuatkan makanan tertentu. “Pa, pengin makan barbecue nich. Papa dulu kan katanya suka diundang ke acara BBQ party waktu sekolah di Amerika dan bertugas di Namibia.” Tak perlu sedu-sedan itu. Jawab saja dengan pede. “Siapa takut. Tapi bukan sekarang, malam Minggu nanti ya. Yuk kita buat bersama agar Mama juga mempunyai koleksi makanan lain selain nasi goreng dan sayur asam.”

.

Cara membuat BBQ

Belajar masak barbecue di Namibia

.

5. Menanam

Menanam bunga, tanaman obat, tanaman sayur oke juga dicoba. Jika tak punya lahan bisa memanfaatkan tas kresek hitam, atau pot gantung. Rakit saja hidroponik yang diajarkan oleh Evrina. Hobi menanam ini bagus untuk perintang waktu dan bermanfaat untuk keperluan sendiri atau dijual.

6. Memotret dan atau membuat video

Blogger harus bisa memotret dan membuat video untuk meningkatkan kualitas blognya. Kehadiran media di blog bisa meningkatkan daya tarik dan trafik blog. Blog masakan, traveling, parenting, hobi dan lain-lainnya akan lebih sip jika dilengkapi dengan image, info grafis, dan video. Tutorial tentang fotografi juga sudah banyak ditulis oleh blogger lain. Silakan dipelajari dan dilatih agar semakin trampil. Jika belum punya handycam ya manfaatkan saja perangkat yang ada di handphone seperti yang saya lakukan.

7. Belajar menyanyi

Jika kita ditunjuk untuk mengisi acara spontanitas dalam acara sekolah, keluarga, atau komunitas tentu tak elok jika kita selalu bilang tidak bisa. Menyanyi tak harus seperti artis ngetop. Suara fals sedikit-sedikit juga nggak apa-apa. Bukankah di kolom About suka ada yang menulis hobi: menyanyi. Kalau nggak pede tampil sendiri bisa mengajak teman yang lain untuk naik panggung. Saya kalau disuruh maju menyanyi ya maju saja. Soal di panggung nggeblak itu urusan nanti. Di internet juga sudah banyak lagu karaoke yang bisa dipakai untuk latihan.

.

Belajar menyanyi

Tancap saja, nggeblak di depan itu urusan panitia

;

8. Membuat kerajinan tangan

Merenda, melukis, membuat handcraft juga bisa dilakukan untuk mengisi liburan. Beberapa teman bisa mendapatkan penghasilan tambahan berkat rajin berkreasi ria dengan keahliannya. Membuat bros dari bahan flanel bukan hal yang mustahil untuk dipelajari. Jaman dulu emak-emak kan juga suka membuat taplak meja model bordir atau sulam ya.

9. Olahraga

Olahraga tak harus yang berat-berat. Senam, jalan kaki, atau olahraga permainan misalnya pingpong atau bulu tangkis bisa dikerjakan di rumah dan sekitarnya. Gerak badan penting loch untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Jika perlu ajak anak-anak atau saudara agar tambah meriah.

10. Undang teman

Sekali waktu tak ada salahnya mengundang teman ke rumah. Tak perlu berbiaya tinggi untuk menyiapkannya. Undang 3-5 orang untuk acara ‘Rujak Party,’ misalnya. Beli buah yang murah-meriah untuk bahan rujak. Jangan lupa beli beberapa timun, serutlah dan sajikan ‘Es Timun’ kreasi sahabat. Undangan yang antusia mungkin akan membawa pula tempe goreng, atau kacang rebus. Liburan murah, wajahpun jadi cerah. Bagaimana dengan goodibag? Sssst….nggak usahlah.

.

Bakso party di Jombang

Enaknya rame-rame

.

Bagaimana cara sahabat memanfaatkan waktu libur di rumah? Silakan share.

~Artikel hari ke-14 ( 10 April 2016) One Day One Post~




Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

13 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Keren pakdhe tipsnya! Salam dari Semarang ๐Ÿ™‚

    Tulisan Adinda ada di situ kan

    • Iya pakdhe… terima kasiiih ๐Ÿ™‚ Pantesan kapan hari tiba2 traffic blog saya melonjak naik, sepertinya karena di link-an di postingan pakdhe nih ๐Ÿ™‚

      Syokur kalau begitu

  2. Memang banyak cara ya Pakde utk mengisi hari libur.. Kalo pas lagi tanggal muda biasanya Sabtu Minggu saya pasti jalan ke mall.. Pas minggu ketiga dan keempat mulai deh ngerem ke mall secara keuangan mulai menipis..haha.. Biasanya Sabtu Minggu biar betah di rumah aku isi dengan ngeblog aja..

    Saya juga di rumah saja kalau nggak punya doku

  3. Ida Tahmidah says:

    Yup betul… kerjakan sesuatu dan yang penting juga bermanfaat… terima kasih Pakde ๐Ÿ™‚

    Sama2 Jeng

  4. wylvera says:

    Wow!
    Kapan-kapan kita bisa duet ini nyanyinya, Pakde. ^_^

  5. Nunu Halimi says:

    waahh, benar banget ini…beraktivitas biar tetap fit, daripada libur di rumah di habiskan untuk tidur seharian, malah bikin sakit kepala

    Iya, badan sakit semua jika kebanyakan tidur

  6. Ety Abdoel says:

    Wah, ini to rahasianya Pakde tetap bugar. Tetap aktif meskipun hari libur.

    Biar ada gerakan badan dan otak

  7. academic IND says:

    setuju banget point yang terakhir, rasa berbagi memang sungguhindah ๐Ÿ™‚

    Berbagai apa saja asal bermanfaat dan untuk kebaikan

  8. Akhdan Baihaqi says:

    wah sangat etuju saya. lebih baik pada liburan mencari ide-ide untuk berkarya. atau bikin sesuatu yang bermanfaat. sangat membantu tips-tips di atas. terima kasih.

    Banyak yang bisa dikerjakan jika tak ada tujuan ke luar rumah

  9. Inayah says:

    Undang temaaann…

    Saweraaaaan

  10. Memez says:

    paling suka di bagian undang teman. Saya paling bersedia diundang teman untuk makan ๐Ÿ™‚

    Saya juga suka kalau diundang hahahaha

  11. evrinasp says:

    jadi inget kan belum rapihin buku, padahal sudah masuk dalam list

    Saya juga serng teledor merapikan kembali setelah bongkar2 buku

  12. Rizky says:

    Pada dasarnya manusia itu akan merasa bahagia kalau punya banyak kegiatan, tapi kebanyakan orang lebih memilih bermalas-malasn.

    Betul, enakan rebah-rebahan sambil membayangkan uang berpeti-peti datang kepangkuannya hahaha

Leave a comment