9 Alasan Mengapa Blogger Mengikuti Lomba Blog

Salah satu kegiatan di dunia perbloggingan yang banyak menarik minat para blogger adalah lomba blog dan atau giveaway. Penyelenggaranya bukan hanya blogger tetapi juga instansi pemerintah maupun swasta serta pemilik produk atau jasa. Tersurat atau tersirat tujuan penyelenggaraan lomba blog adalah untuk berpromosi. Maklum blogger itu ibarat kancil yang banyak akalnya. Blogger bukan hanya menguasai dunia maya tetapi juga banyak berkiprah di dunia nyata. Tak heran jika banyak perusahaan yang menggandeng blogger untuk mempromosikan produknya.

Para blogger juga sangat antusias untuk mengikuti lomba blog. Termasuk saya tentunya. Berikut saya sampaikan 9 alasan mengapa blogger mengikuti lomba blog atau giveaway.

.

1. Update blog

Meskipun ide untuk menulis artikel bertebaran di mana-mana namun jika ada pancingan tentu sangat membantu. Topik yang dilemparkan oleh penyelenggara lomba merupakan salah satu bentuk pancingan untuk mengupdate blog. Daripada bingung mencari ide kan lebih baik menangkap topik yang tersedia lalu menempanya menjadi artikel.

2. Melatih ketrampilan menulis artikel berbagai topik

Tergantung siapa penyelenggaranya, lomba blog memberikan kesempatan kepada blogger untuk menulis aneka topik atau tema. Topik tersebut bisa berupa life style, lingkungan hidup, parenting, pariwisata, otomotif, gadget, kesehatan, dan lain sebagainya. Para blogger bisa memilh topik yang dikuasai dan disukai. Namun demikian, blogger bonek (bondo nekat) bisa saja mengikuti segala macam lomba blog walaupun dia tidak menyukai topiknya.

3. Melatih menulis artikel review produk atau jasa

Menulis review produk dan atau jasa sebenarnya tak jauh berbeda dengan menulis artikel biasa. Namun demikian ada hal yang harus diperhatikan. Pemilik produk dan jasa yang menyelenggarakan lomba blog tentu bertujuan agar produk dan jasanya menjadi lebih dikenal oleh calon konsumen. Oleh karena itu tone yang diminta pada umumnya yang positif sehingga produk atau jasanya menjadi laris manis. Kadang bertentangan dengan hati nurani terutama jika blogger belum pernah menggunakan atau memakai produknya. Dalam keadaan seperti ini blogger dapat menentukan posisinya, ikut atau tidak ikut lomba. Sah-sah saja blogger wanita menulis tentang keampuhan obat kumis. Yang penting cara nguleknya, bukan.

4. Melatih penulis artikel pilar

Jika panjang artikel tidak dibatasi oleh penyelenggara lomba maka blogger berkesempatan untuk menulis artikel pilar. Artikel terdiri dari minimal 750 kata dengan uraian yang mendalam termasuk kategori ini. Secara berkala blogger memang sebaiknya menerbitkan artikel pilar yang sangat disukai oleh mesin pencari.

5. Meningkatkan ketrampilan memasang aksesoris blog

Dalam lomba blog seringkali blogger diminta untuk memasang baner di sidebar atau pada artikelnya lengkap dengan link hidup. Blogger pemula kadang mengalami kesulitan melakukannya. Link yang dipasang tidak mengarah kesasaran, baner atau gambar tidak muncul pada artikel masih sering dijumpai. Semakin sering mengikuti lomba blog maka ketrampilannya akan semakin bagus.

.

Jika pemasangan link gambar benar maka jika gambar di klik

dia akan menuju sasaran yang tepat

.

6. Mempromosikan blog

Mengikuti lomba blog merupakan salah satu bentuk promosi blog secara online. Seperti biasanya, peserta lomba saling mengunjungi blog-blog peserta yang lainnya. Demikian pula penyelenggara blog dan juri juga akan melakukan pengecekan blog peserta untuk membaca artikel dan kepatuhan terhadap syarat dan ketentuan yang berlaku. Ini bisa meningkatkan trafik blog. Terlebih lagi jika ada syarat mengenai jumlah like dan follower blog tentu peserta akan berlomba-lomba untuk mendapatkan like dan follower sebanyak-banyaknya.

7. Berbagi ilmu dan pengalaman

Walaupun sedang mengikuti lomba, artikel blog sedikit-banyak juga berisi ilmu dan pengalaman. Jika penyelenggara lomba minta agar peserta memberikan saran dan kritik terhadap blognya maka akan bermunculan pendapat. Ada yang sama dan tentu saja ada yang berbeda tergantung cara pandang peserta. Demikian pula artikel yang berisi pengalaman peserta tentu akan menambah wawasan peserta yang lain.

8. Hadiah

Tak dapat dipungkuri setiap peserta ingin menjadi salah satu pemenang dari sebuah lomba. Aneka hadiah berupa barang atau uang tentu diharapkan juga oleh peserta. Siapa sih yang tidak gembira jika mendapatkan hadiah jalan-jalan ke luar negeri? Hadiah buku saja saya suka apalagi hadiah gadget atau laptop.

9. Melatih ketelitian dan kesabaran

Mengikuti lomba blog bukan hanya sekedar menulis artikel lalu mempublikasikannya. Like atau follow media sosial juga sering menjadi persyaratan lomba. Oleh karena itu peserta harus bersabar untuk mengunjungi media sosial yang dipersyaratkan lalu menekan tombol Like atau Follow. Kadang penyelenggara lomba minta agar artikel peserta di share di media sosial dengan menyebut si anu dan si ani beserta hastag tertentu. Ketelitian membaca artikel pengantar lomba sangat diperlukan agar peserta tidak melewatkan ketentuan ini. Jangan pula dilupakan ketentuan tentang panjang artikel dan DL (Deadline) lomba.




.

Itulah 9 alasan mengapa blogger mengikuti lomba blog.

.

Dalam mengikuti lomba blog saya selalu berpegangan pada prinsip dasar yaitu mengikuti lomba blog selalu sebagai operasi baru. Hal ini untuk menghindarkan diri dari sikap menganggap enteng dan melupakan kaidah yang berlaku. Saya tak mau terjun bebas dengan membuat artikel ‘apa adanya’ Soal kalah menang itu urusan juri. Saya tetap ingin menampilkan artikel yang bagus karena hal itu menjadi kepuasan tersendiri bagi saya.

Sebagai blogger yang sudah mendapat label lansia saya bisa saja melupakan hal-hal yang tampaknya kecil tetapi penting. Misalnya Like dan Follow. Oleh karena itu pernak-pernik Like dan Follow media sosial saya kerjakan terlebih dulu agar tidak terlewatkan. Kadang baner lomba juga saya pasang duluan lengkap dengan link sebelum menulis draft artikel. Termasuk di dalamnya kalimat tanda keikutsertaan berbunyi: “Artikel ini saya ikutsertakan pada lomba bla..bla..bla.” Setelah pernak-pernik itu selesai barulah saya mulai ngedraf artikel.

Oh iya, satu lagi. Saya biasanya juga mengopy artikel pengantar lomba lalu saya paste di draft blog saya. Ini untuk mencegah kelupaan dan menghindari diri dari harus bolak-balik menengok ke blog penyelenggara lomba. Ini memang gaya ndeso tetapi besar manfaatnya.




Apakah sahabat tidak ingin mengikuti Giveaway Kece: Stand Up Comedy on the Blog? Nanti menyesal loch karena GA ini full sensasi.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

21 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Jiah says:

    saya kadang lupa bagian like/follownya, Dhe

    skrg dibalik, follow dulu artikel belakangan, hehe

    Betul itu, kalau syaratnya kurang bisa keok

  2. cputriarty says:

    mungkin tips artikel ini bisa support saya untuk pede ngikut lomba ya dhe demi kemajuan positif hehee

    Ikut lomba itu bisa membuat wajah jadi sumringah lho

  3. inayah says:

    Promosiiii,apalagi kalau menang 🙂

    Langsung makan2

  4. Saya malah kadang sudah follow, sudah like..eeh…nggak jadi ikut lombanya karena lupa DL nya…*konyol banget deh :p
    Wah konyol banget itu

  5. Mr.Hade says:

    Ini bener semua yang di bilang…. Hahahaha…

    Kalau nggak bener entar diantemi blogger sak Indonesia

  6. viviyelind says:

    Wah mencerahkan banget tulisannya Pak De. Kebetulan baru aja ngeh tentang lomba lomba blog jadi masih amatir jadi terbantu dengan pemaparan ini. Tips tentang menyalin artikel pengantar lombanya setuju banget hihi kemarin ikutan giveawy jd bolak balik buka artikelnya. 😀

    Maka dari itu mari ikutan GAku ini

  7. sulis says:

    Lebih sering untuk update blog plus ngincer hadiah pak dhe.. Tips terakhir, bener juga. Saya yang sering bolak-balik mbaca ke blog penyelenggara

    Manusiawi kok kalau ngincer hadiahnya
    Apalagi kalau hadiahnya mobil ya

  8. Nchie Hanie says:

    setujuuu banget sama.alasannya Dhe…
    cumaaaa aku ga bisa ikotan kontes stand up comedy ora isooo….

    Nggak mungkin kalau nggak iso
    Jago mejeng gitu kok

  9. nh18 says:

    Kalau saya …
    ada satu lagi …
    Saya ikut lomba … (kadang kala) … karena saya menghormati sohibul kontesnya …

    Salam saya Pak De

    Saya juga begitu Om

  10. evrinasp says:

    saya sukaaaa ikut lombablog pak dhe, menang kalah belakangan yang penting rasa penasaran terbayarkan

    Berarti sekarang ikut GA ku donk ya

  11. Ardi Bryan says:

    Enggak gan, itumah gak ndeso kok.. Hehehe..

    Syokur deh kalau begitu

  12. Susindra says:

    Yg no 9 itu Pakde, nyess banget, krn saya kadang kurang teliti. Ada saja edy yg lolos sensor.
    Makasih tipisnya Pakde. Terutama yg trik ndeso itu, saya pakai juga, bedanya di word. Saya takut lupa. Yg suda saya lakukan saya bold. Maklum, sudah tua juga. Hihihi

    Tua2 keladi makin tua makin sexy

  13. Lahiya says:

    Saya setuju soal artikel pilar, malah sy juga pakai tidka hanya skadar untuk lomba..

    Sebaiknya memang berkala

  14. Jarwadi MJ says:

    saya saat ini sudah mengurangi ikut lomba. salah satu lomba yang kemungkinan saya ikuti adalah yang penyelenggaranya akrab dengan saya dan meminta saya agar ikut meramaikan 🙂

    Saya nggak akan minta, takut merepotkan

  15. Fajar ro'is says:

    setuju pakdhe…
    dan yang paling dinantikan adalah hadiah jika kita menang kontes 😀

    Iya, manusiawi dan berwibawa

  16. susanti dewi says:

    kadang kala berkat adanya GA, saya bisa ngisi blog hehe

    Bener, kalau buntu ikut saja GA hahahaha

  17. […] Dengan ngeblog maka otak saya masih akan terus bekerja. Ngeblog bukan hanya menulis huruf, angka, karakter, dan insert media saja tetapi di dahulu dengan proses berpikir untuk mencari ide dan menempanya menjadi tulisan. Ngeblog juga bisa mencegah pikun dini loch. Bermula dari ngeblog juga saya akhirnya bisa menerbitkan buku. Dari kegiatan tulis-menulis ini pula saya mendapat banyak kawan dan juga keuntungan materi, uang maupun barang. Itulah sebabnya saya juga rajin mengikuti kopdar blogger dan lomba blog. […]

  18. […] pernah menerbitkan artikel berjudul 9 Alasan Mengapa Blogger Mengikuti Lomba Blog. Saya ulangi poin-poinnya […]

  19. gulalives says:

    ikut lomba blog itu biasanya bisa nambah teman e mas. asik ada kenalan baru. dan bahkan bisa jadi teman beneran juga di dunia nyata, gak cuma maya. hehe

    Keuntungan tangible and intangible

  20. opickaza says:

    biasanya aku milih lomba yang pernah saya alami, jadi mudah untuk ditulis di blog pak de

    Betul, karena mengalir tak terasa

  21. […] dengan lomba blog atau giveaway, Pakde? Ahaa, ini event yang saya sukai. Selain ada iming-iming hadiah berupa uang […]

Leave a comment