Burung dan Laba-Laba di Gua Bukit Tsur

Pak Achmadi, guru agama waktu saya masih duduk di bangku Sekolah Rakyat (sekarang Sekolah Dasar) pernah bercerita tentang adanya orang-orang Quraisy yang ingin membunuh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa Sallam. Pencarian mereka sampai ke sebuah gua yang terletak di Bukit Tsur. Usaha mereka gagal karena Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan pertolongan dengan menghadirkan laba-laba dan burung di gua tersebut. Laba-laba membuat sarang yang menutup mulut gua, sementara si burung membuat sarang. Alhasil orang Quraisy tidak yakin bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam berada dalam gua.

Cerita Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam tersebut juga diangkat dalam sebuah buku untuk anak-anak berjudul Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW dan Kisah Ajaib Lainnya. Kisah Laba-laba Penyelamat ditempatkan di bagian akhir dari buku ini (halaman 260)

Astri Damayanti, penulisnya, mengawali buku ini dengan kisah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam yang bercanda dengan seorang nenek. Wanita tua ini minta didoakan agar dirinya bisa masuk surga. Permintaan nenek disanggupi oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa Sallam. Namun beliau menambahkan bahwa di surga tidak ada seorang nenek. Ucapan Rasulullah Shallallhu ‘alaihi wa Sallam tersebut membuat nenek sedih dan bingung. Si nenek kembali senang dan tersenyum setelah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam mengatakan bahwa di surga memang tidak ada seorang nenek karena semua nenek akan kembali menjadi muda lagi. Kisah ini memberikan pelajaran bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam juga memiliki selera humor yang apik dan suka bercanda secara proporsional.

.

Buku Kisah Islami

.

Sesuai judulnya, Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW dan Kisah Ajaib Lainnya memang bukan hanya tentang Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa Sallam saja. Di dalamnya ada kisah beberapa nabi antara lain Nabi Musa As, Nabi Idris As, Nabi Ayub As, Nabi Ibrahim As, Nabi Yusuf As, Nabi Ismail As, Nabi Yakub As, Nabi Daud As, Nabi Sulaiman As, Nabi Yunus As. Juga ada kisah salah seorang khalifah yaitu Umar bin Khattab. Tak hanya itu, kisah orang tak dikenal pun ada di dalamnya karena memang ada pelajaran berharga di dalamnya.

Buku ini memang pas untuk anak-anak. Selain dilengkapi dengan gambar berwarna sebagai pendukung, tehnis penulisannya juga oke. Kisahnya pendek-pendek sehingga tidak membuat anak-anak bosan atau sulit menerima pesannya. Paragrafnya juga pendek dengan jenis font yang cukup besar sehingga memudahkan anak-anak membacanya.

Dimunculkannya aneka binatang menjadikan buku ini semakin menarik. Bukankah anak-anak sangat menyukai kisah-kisah binatang. Di dalamnya ada perilaku-perilaku binatang yang mencerminkan kasih-sayang, perlindungan, dan perlawanan. Simak saja kisah pasukan gajah yang dikerahkan oleh Raja Abrahah yang berniat menghancurkan Ka’bah. Binatang yang tinggi besar itu porak-poranda dan mati akibat diserang oleh burung Ababil dalam jumlah banyak. Mereka menghujani kawanan gajah dengan sijjil yaitu batu kerikil yang mengandung api dan beracun (Gajah dan Burung Ababil, halaman 257)

Buku ini juga mengajarkan bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala bisa melapangkan dan menyempitkan rezeki siapapun. Ini dicontohkan dalam kisah seorang miskin bernama Tsa’labah (halaman 101) Laki-laki miskin ini menjadi kaya raya setelah didoakan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam. Doa beliau diijabah oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sayangnya setelah menjadi orang kaya Tsa’labah malah terlena, menjadi sombong, dan kufur. Akhirnya hartanya ludes dan Tsa’labah menjadi miskin lagi.

.

Kisah Tsa'labah

.

Pada beberapa kisah, Astri Damayanti juga menyebutkan sumbernya. Misalnya pada kisah berjudul Nabi Sulaiman As dan Semut (halaman 245) Pada suatu saat Nabi Sulaiman AS dan pasukannya yang terdiri dari manusia, burung, dan jin melintas di depan rombongan semut. Beliau segera menghentikan pasukannya dan turun dari kuda. Nabi Sulaiman AS yang memahami omongan binatang meminta agar pimpinan rombongan semut segera mengajak anak buahnya masuk ke dalam sarang agar tak terinjak oleh pasukan Nabi Sulaiman As.

Pada akhir kisah disebutkan sumbernya yaitu QS. An-Naml (27):18-19. Dengan cara ini jika anak-anak ingin mengetahui firman Allah Subhanahu wa Ta’ala yang berkaitan dengan kisah tersebut maka dia bisa membacanya di mushaf Al Qur’an. Apalagi sekarang sudah ada Al Qur’an versi digital di komputer, tablet, atau handphone miliknya. Jika mereka belum bisa membaca Al Qur’an maka anak-anak bisa minta tolong kepada orangtua, saudara, tetangga, atau sahabatnya. Lebih bagus lagi jika mereka juga memahami artinya.

.

Kisah Nabi Sulaiman As dan Semut

.

Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW dan Kisah Ajaib Lainnya yang berisi 87 kisah yang benar-benar terjadi pada zamannya sangat berguna bagi anak-anak untuk meningkatkan kecintaan mereka kepada kisah-kisah Islami. Pelajaran tentang keimanan, ketaqwaan, kejujuran, kesabaran, keberanian, kecintaan kepada Allah dan RasulNya, serta kecintaan kepada makhluk Tuhan ada di dalamnya.

Buku memikat ini juga saya anggap penting untuk meningkatkan akhlak anak-anak. Kebaikan-kebaikan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa Sallam dan para nabi yang lainnya kiranya perlu diteladani. Sebaliknya ucapan, sikap, dan tingkah laku buruk yang diperlihatkan oleh orang-orang kafir tidak ditiru oleh anak-anak.

Last but not least, buku ini juga bisa digunakan oleh orangtua untuk mendongeng kepada anak-anak yang belum bisa membaca. Dai atau ustadz pun dapat memanfaatkan kisah-kisah yang ada dalam buku ini untuk melengkapi tausiahnya. Tak berlebihan jika saya mengatakan bahwa para komandan satuan militer dan kepolisian juga bisa memanfaatkan kisah dalam buku ini untuk mengisi jam komandan. Agar anakbuahnya tidak mengeluh dan selalu bersyukur misalnya, para atasan dapat memberi contoh kisah berjudul Karena Syukur (halaman 137)

Ahaaa, sepertinya saya juga bisa memanfaatkan kisah dalam buku ini untuk disampaikan pada beberapa pertemuan. Kisah Seseorang Laki-laki di Dalam Gua tampaknya pas untuk saya ceriterakan saat kopdar blogger (halaman 104) Allah Subhanahu wa Ta’ala akan memberikan rezeki kepada hambaNya bahkan bagi mereka yang sedang berada dalam gua sekalipun merupakan pelajaran dari kisah ini. Sedangkan kisah Karena Syukur (halaman 137) cocok untuk saya sampaikan pada acara reuni keluarga. Di sana di contohkan seorang pengemis yang semakin miskin karena selalu mengeluh. Sementara si kaya yang selalu bersyukur kekayaannya semakin bertambah. Untuk acara pertemuan rutin dengan teman-teman purnawirawan saya memilih kisah Laki-laki yang Terbelenggu (halaman 10) Artikel ini mengisahkan seorang pedagang yang dirampok dan dibelenggu di padang pasir. Tak ada makanan dan minuman di sana. Ternyata ada burung yang berhari-hari datang membawa makanan dan menyuapinya. Seorang raja yang mengikuti si burung yakin bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala yang mengutus burung itu untuk menyelamatkan si pedagang. Raja sadar jika selama ini dirinya kurang beribadah. Setelah itu sang raja mengundurkan diri dari jabatannya dan banyak beribadah.

Berikut deskripsi buku Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW dan Kisah Ajaib Lainnya.

Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW dan Kisah Ajaib LainnyaPenulis : Astri Damayanti

Penyunting: Mursyidah

Penata Letak: Andi isa

Desain Cover: Aditya Ramadita

ISBN: 978-602-394-139-1

Tahun: 2016

Jumlah Halaman: 265

Penerbit: Bhuana Ilmu Populer, Jakarta.

.

Sayangnya buku ini tidak dilengkapi dengan halaman Profil Penulis. Jika ada tentu anak-anak akan mengetahui siapa kak Astri Damayanti tersebut dan bagaimana cara kontak dengan beliau. Ah, tentu Kak Astri dan Penerbit mempunyai pertimbangan lain.

Astri Damayanti termasuk penulis wanita yang cukup produktif. Beberapa buku untuk anak-anak antara lain : Fun Origami ; 100 Kreasi Origami untuk Anak, Dongeng Klasik 5 Benua, Cerita Binatang Dari 5 Benua, Kumpulan Legenda Nusantara, Kumpulan Fabel Nusantara Favorit, Kumpulan Dongeng Nusantara Favorit. Wanita pemilik blog astribukuanak.blogspot.co.id ini juga menulis buku lain seperti Kemasan Kain Catchy & Unique, Kecil-kecil Terampil, Ayo Melipat Origami Bunga, Tabulampot, dan masih banyak lagi.

.

Baner Lomba Blog Kisah Hebat Nabi Muhammad

“Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad bisa dibeli di MatahariMall.com”.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

10 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Agung Rangga says:

    ilustrasi bukunya bagus banget ya Pak Dhe. 😀

    Demikian pula isinya

  2. Kisah di dalam buku itu, banyak mengajarkan akhlak yang baik ya. Cocok untuk anak-anak saya, nih! Supaya mereka tidak banyak mengeluh dan memperbanyak bersyukur. Harus dimasukkan dalam list buku yang mau di beli.

    Iya Jeng
    Bagus bener kok bukunya

  3. Bukunya bagus banget nih, dan waktu anak-anak masih kecil dulu sering banget cerita kisah Rasulullah yang bersembunyi di Gua Tsur. Maksudnya waktu itu aku ingin mengajak mereka agar tetap ikhtiar dan berdoa dalam kondisi apapun.

    Iya, doa dan dzikir is a must

  4. Sri Wahyuni says:

    Ulasan Pakde tentang buku karangan mbak Astri Damayanti sangat lengkap membuat saya jadi tertarik ingin memiliki bukunya. Rasanya penting mengajarkan anak2 ttg akhlak mulia dan berbagai kisah Nabi Muhammad SAW, ketimbang mengajarinya terampil bermain gadget.

    Semoga Pakde menjadi pemenangnya

    Salam hormat dari Denpasar

    Iya, untuk membangun akhlak yang baik perlu ditanamkan sejak dini

  5. Ipeh Alena says:

    bukunya sesuai dengan anak-anak ya Pakde. Mulai dari penyediaan ilustrasi, panjang tulisannya sehingga gak buat anak-anak bosan.

    Iya, ciri khas buku untuk anak memang begitu

  6. Sari Novita says:

    wah sepertinya indah bukunya

    Memang indah tampilannya dan ciamik kontennya

  7. eda says:

    bukunya bagus, kayanyaa.. mendidik buat anak2 seumuran ara 😀

    Betul
    Full edukasi, contoh teladan

  8. Inayah says:

    Wah aku aja suka liatnya gimana adek adek ya. Bagus baguss

    MM, memang.
    Bagus isinya dan tampilannya

  9. ilalang says:

    penjelasan yang bagus tentang isi buku.mantap pak dhe

    Matur nuwun Mas

  10. Profilnya memang sengaja ditiadakan untuk menghindari kesan Riya pakde … *halah alesannya gak nyambung .. hehhehehhehehhee

    Bagus22

Leave a comment