Fun Blogging 7: Menyulap Hobi Menjadi Profesi

Sudah lama saya tidak turun gunung. Ini di luar kebiasaan saya. Sebagai seorang blogger saya sangat antusias mengadakan atau mengikuti kopdar. Termasuk di dalamnya acara kumpul blogger yang bernuansa sharing ilmu dan pengalaman. Bagi saya ini termasuk ngecas baterei otak agar lembek strumnya.

 .
Apakah ada pengaruhnya dengan faktor umur? Ataukah saya sedang dihinggapi kejenuhan dan rasa malas? Tidak, Kawan. Salah satu penyebabnya adalah karena saya harus hijrah ke Jombang untuk menjaga Emak. Beliau menyuruh saya untuk pulang ke Jombang. Selain mengurus rumah saya juga berperan sebagai Anak Siaga. Maklum kondisi kesehatan Emak sedang kurang bagus.
 .
Itulah sebabnya acara BloggerCamp2015 di Jawa Timur juga tidak bisa saya ikuti. Saya juga tidak bisa hadir pada acara Cangkrukan bersama Kapolda Jatim dan temu blogger dengan Walikota Surabaya. Sunday Sharing yang biasanya saya ikuti terpaksa saya hindari. Kebetulan anak saya Enny juga sering meninggalkan Emak karena harus mengikuti kegiatan Bhayangkari di Magetan. Sebagai anak tunggal maka saya berkewajiban untuk menjaga Emak.
 .
Sebagai seorang blogger saya menyadari benar bahwa tugas seorang blogger bukan hanya menulis dan menerbitkan artikel. Harus ada waktu untuk mengupgrade diri dengan menyerap ilmu dari siapapun dan dari mana pun. Itulah sebabnya saya menyambut antusias ketika 3 dara blogger, Haya Aliya Zaki, Shinta Ries, dan Ani Berta mengundang blogger Jawa Timur untuk mengikuti FUN BLOGGING 7 di Surabaya.
 .
Image saya pinjam dari Facebook Ani Berta
.
Saya segera mendaftarkan diri melalui email yang ditunjuk dan saya ikuti dengan memenuhi persyaratan lainnya. Tak pakai lama, seat untuk saya langsung disiapkan. Saya koordinasi dengan anak saya agar dia standby di rumah pada tanggal 6-7 November 2015.
.
Bergeser ke DP Aju (Daerah Persiapan yang Diajukan)
DP Aju adalah istilah dalam militer. Jika suatu pasukan akan melakukan pertempuran biasanya mereka bergerak menuju daerah persiapan yang diajukan. Di tempat ini segala persiapan dilakukan sebelum operasi dilaksanakan. Saya pun demikian. Untuk mengikuti FUN BLOGGING 7 ini saya bergeser ke DP Aju yaitu rumah saya di Komplek Galaxy Bumi Permai Surabaya.
 .
Meskipun perjalanan ke Surabaya merupakan kegiatan sederhana saya tetap menyiapkan checklist barang yang akan saya bawa.  Saya tahu benar manfaat checklist ini yaitu agar tak ada barang penting yang ketinggalan. “Yang perlu dibawa saat workshopsmartphone atau tablet. Terima kasih, Pakde,” begitu pesan panitia. Oleh karena itu di antara alutsista (alat senjata utama-ini juga istilah militer) yang saya bawa adalah tablet dan power bank. Saya memang belum mempunyai smartfren#GoForIt. Maklum waktu ikut lomba smartfren dulu saya nggak berhasil. Rapopo.
.
Selain menyiapkan alat-peralatan saya juga mencoba mencari tahu di mana letak Intiland Tower. Meskipun rumah saya di Surabaya saya harus tetap memastikan bahwa saya bisa mencapai lokasi acara tepat pada waktunya. Tak elok jika saya ngos-ngosan, tergesa-gesa, dan keringat bercucuran karena nyasar ke mana-mana. Saya membiasakan memiliki waktu cadangan minimal 15 menit di lokasi acara sebelum kegiatan di mulai. Tanggal 6 November 2015 siang saya sudah berada di rumah Galaxy.
 .
Lesehan Juga Oke
.
Saya tiba di lokasi acara setengah jam sebelum jam-J. Saya lihat 3 nara sumber juga sudah siap di ruang QWords.com. Sebelumnya saya membayangkan bahwa ruangan yang disebut Suite 10B ini luas dengan tempat duduk seperti ruang rapat. Ternyata kami harus duduk melantai alias lesehan. Bagi saya yang sudah sering lesehan di kampung nggak begitu masalah. Mungkin teman-teman yang berbodi aduhai atau sedang hamil besar agak kurang nyaman. Ngganjel nich ye perutnya.
.
.
Si kecil juga ikut menuntut ilmu
.
Beberapa teman yang hadir sudah saya kenal dengan baik, di dunia maya maupun dunia nyata. Tampak Mbak Tatit Ujiani, Eda Akbar, Nurul Rahmawati, Liany Hendrawati, Rachmah, Dwi, dan Reffi Dinar. Wajah baru juga cukup banyak.
.
Teman lama
Courtesy Eda Akbar
.
Seperti biasa saya pun duduk lesehan dan bersandar ke dinding agar nyaman. Maklum acara ini akan berlangsung selama 7 jam. Lansia kalau nggak duduk bersandar bisa roboh bho. Semula saya heran kok yang ganteng hanya saya saja. Untung kemudian datang mas Didik dan tambah satu cowok lagi.
.
.
Duduk bersandar memang jos banget
Courtesy Mbak Heni Prasetyorini
.
. .
Selembar Kertas Biru
Chemistry antara peserta dengan nara sumber diawali Haya Aliya Zaki dengan membagi kertas kecil berwarna biru.”Tulis 2 hal yang diinginkan dengan menggunakan tangan yang tidak biasa digunakan untuk menulis sehari-hari. Bagi yang kidal, gunakan tangan kanan, bagi yang tidak kidal gunakan tangan kiri ya. Mulai!”
Sata dan para peserta segera menulis keinginannya pada kertas biru tersebut. Ternyata agak kikuk menulis dengan memakai tangan kiri. Setelah selesai lembaran kertas tersebut diserahkan kepada Haya Aliya Zaki. Wanita cantik berbodi pemain basket itu membaca satu-persatu tulisan peserta. “Pakde Cholik…Umrah, Membeli Mobil. Semoga tercapai.” Saya mengamini.
“Tempelkan tulisan berisi keinginan itu di tempat yang mudah dilihat agar termotivasi untuk mengupayakannya,” tuturnya lebih lanjut. Para peserta selanjutnya diminta memperkenalkan diri mulai dari nama, nama blog, akun media sosial, dan lain sebagainya.
Setibanya di rumah kertas biru saya tempelkan di laptop.
.
.
Semoga keinginan saya terwujud
.
.
Great Content
 .
Haya Aliya Zaki sebagai pembicara pertama menyampaikan topik Writing Great Content. Kiat menulis artikel yang baik dituturkan secara rinci disertai contoh-contoh aplikasinya. Pemakaian tanda baca, huruf besar, EYD, dan panjang kalimat memang perlu mendapat perhatian serius para blogger. Self editing merupakan suatu keharusan agar salah ketik bisa diperbaiki.
Mbak Haya juga menyinggung masalah unsur dalam sebuah tulisan yang disngkat menjadi 5W+1H. Saya mengenal istilah ini tahun 1975 ketika saya mengikuti kursus Kecabangan Polisi Militer.
Selain menyampaikan tehnik menulis juga dijelaskan etika seorang blogger. “Kejujuran seorang penulis itu penting,” ujar Haya. Ini memang etika yang harus dijunjung tinggi oleh penulis termasuk blogger.
.
.
 
Haya Aliya Zaki
(Mom Blogger dan Editor)
.
Usai presentasi dilanjutkan dengan tanya jawab. Cukup banyak pertanyaan yang diajukan oleh peserta. Nara sumber juga menjawab setiap pertanyaan sampai tuntas. Pada kesempatan ini juga dibagikan hadiah bagi penanya terbaik.
.
.
Asyiknya dapat hadiah
;
 .
Kesan Pertama Harus Menggoda
.
“Bagaimana komentar Anda ketika melihat tampilan blog seperi ini?” tanya Shinta Ries sambil menunjukkan tampilan blog. Warna gelap sebagai latar belakang dengan tulisan warna kuning memang membuat mata sepet dan kurang nyaman.
Blogger yang juga web &blog designer ini menjelaskan secara gamblang aneka platform blog dan model layoutnya. Setiap platform memang ada kelebihan dan kekurangannya. Selain itu enak atau tidaknya dan sulit atau mudahnya tergantung kebiasaan masing-masing.
Ketika nara sumber menanyakan platform mana yang lebih banyak digunakan oleh blogger, saya pun nyletuk. “Blogger yang baik umumnya menggunakan Blogspot. Hanya blogger terbaiklah yang memakai platform WordPress.”
.
Shinta Ries
Blogger dan Web Desgner
.
.
Pemakaian gambar atau foto pada header juga disentuh oleh Shinta. “Jika akan menggunakan foto pada header usahakan tidak melebihi 200px agar tampilan isi blog segera tampak.” Selain konten yang bagus, blog sebagai faktor wadah memang harus tampil prima agar menarik perhatian pengunjung. Itulah sebabnya Shinta Ries juga menganjurkan agar blogger memanfaatkan Google Analytic agar perkembangan blognya dapat diketahui.
Sama halnya dengan sesi pertama, setelah acara tanya jawab diakhiri dengan pembagian cinderamata bagi penanya terbaik.
.
Acara diselingi dengan istirahat, sholat, dan makan siang. Kami menikmati sajian dari Hoka Hoka Bento yang lezat.
Setelah Ishoma, kami mendapat penjelasan dari sponsor yaitu tentang seluk portal Mobil123.com dan QWords.com. Materinya saya sajikan belakangan ya.
.
.
Monetize Blog Secara Elegan
 .
Diakui atau tidak sesi ketiga ini pasti ditunggu-tunggu oleh peserta, termasuk saya tentunya. Monetize blog memang asyik dan mengasyikkan. Apalagi Ani Berta, blogger yang juga seorang Digital Media Activist ini piawai ngiming-imingi peserta dalam hal menjemput rezeki.
“Saya pernah menjadi pengisi konten sebuah situs. Saya tak mendapakan apa-apa. Namun belakangan ternyata Tuhan memberikan saya rezeki lebih,” ujarnya.
.
Ani Berta
Blogger dan Digital Media Activist
.
Ani juga memberikan kiat agar blogger dilirik oleh pemberi job review. Konten yang baik, tampilan blog yang cihui, dan promosi gencar di media sosial bisa mendatangkan rezeki. Yang tak kalah penting adalah sikap elegan dari blogger. “Jika ada publisher yang menjanjikan fee sedikit dan Anda kurang sreg ya jawablah secara baik. Nggak usah dibuat status di media sosial. Kemampuan setiap perusahaan tidak sama.” Mendengar nasihat tersebut ada yang langsung merespon: “Pakde tuh pernah,” katanya sambil menengok ke arah saya. Ih, you are pointing your finger too me deh.  Saya langsung mlengos sambil mengasah kumis.
.
Ngasah kumis biar tajam
Courtesy Mbak Widyanti Yuliandari
.
“Kita pun juga harus tahu diri. Jika blog masih baru, artikel belum banyak, dan pagerank serta trafik belum bagus ya jangan mematok fee terlalu tinggi.”
Rasa penasaran dan keinginan peserta semakin bertambah ketika Ani Berta menceritakan fee yang pernah diterimanya sebagai seorang blogger. “Semoga setelah acara ini saya ketularan rezekinya,” begitu mungkin pikirnya.
Tanya jawab dilakukan setelah presentasi selesai. Sambil menikmati snack sore para peserta mengajukan berbagai pertanyaan seputar monetize blog. Hadiah juga meluncur kepada peserta yang beruntung, termasuk saya.
.
Peserta tertua juga dapat hadiah
Courtesy Mbak Liany Hendarwati
.
Sekilas Info Dari Sponsor
.
Selain presentasi dari nara sumber utama juga disampaikan penjelasan tentang produk para sponsor. Mas Rangga, perwakilan dari Mobil123.com menjelaskan portal, manfaat, dan cara bekerjanya. Demikian pula dengan Qwords.com. Penyedia domain dan hosting ini menjanjikan akan membantu para blogger sesuai kemampuannya. Sebagai pelanggan Qwords saya menyarankan agar perhatian kepada pelanggan lebih ditingkatkan. Mas Frenavit menyanggupinya.
.
Perwakilan sponsor Mobil123.com
.
.
Mengapa?
.
Jika ada sahabat yang bertanya mengapa sih blogger setua saya masih blusukan mengikuti workshop bersama blogger anak muda yang kece-kece ini. Jawabnya mudah saja. Sebagai seorang blogger saya tidak berpretensi mengetahui semua hal tentang blogosphere. Ilmu berkembang dengan pesat. Saya akan terus mengupgrade diri. Salah satu caranya ya ikut acara Fun Blogging ini. Ternyata banyak hal baru yang saya ketahui dan bisa saya terapkan.
.
Dengan bertambahnya ilmu saya juga berharap setelah menyelesaikan profesi pertama di dunia militer saya bisa mencoba pofesi baru. Blogger jika ditekuni tentu juga akan menghasilkan sesuatu sambil berbagi sesuatu. Siapa tahu nanti saya bisa sejajar dengan blogger yang merambah ke dunia lain seperti Raditya Dika? Main film atau jadi bintang iklan misalnya [Hayalan Lansia.com]
.
Kesimpulan
.
Dari uraian diatas dapat saya simpulkan bahwa Acara Fun Blogging 7 yang dilaksanakan di Gedung Intiland Surabaya berlangsung dengan lancar dan tertib. Selain mendapatkan ilmu peserta juga bertemu dan berkenalan dengan teman-teman baru.
Para nara sumber mentransfer ilmunya dengan sangat baik, profesional namun tetap rendah hati. Ini menunjukkan bahwa mereka memang menyukai dan menguasai materinya.
.
Kesan dan Pesan
Setelah 7 jam mengikuti Fun Blogging 7 maka saya ingin menyampaikan kesan saya sebagai berikut.
 .
1. Umum
Acara ini direncanakan dengan baik, dipersiapkan dengan baik, dilaksanakan dengan baik, dan diakhiri dengan baik pula.
a. Pengumuman tentang Fun Blogging 7 di Surabaya disampaikan secara terbuka di Facebook. Pendaftaran dan syaratnya dilakukan melalui email agar tiap peserta mendapatkan informasi yang jelas. Siabidiba (siapa, apa, bilamana, di mana, dan bagaimana) disebutkan secara rinci)
b. Persiapan tempat, alat-peralatan, registrasi ulang di TKP, dan kehadiran panitia serta nara sumber oke banget. Walaupun peserta duduk lesehan namun tidak mengurangi semangat untuk menyerap ilmu.
c. Mayoritas peserta telah hadir tepat waktu sesuai jadwal. Demikian pula para nara sumber.
d.  Rangkaian acara disusun dengan logis dan teratur.
e. Ishoma (istirahat, sholat, dan makan) diberikan waktu yang cukup.
 .
2.   Penyajian Materi
Materi workshop disajikan dengan baik oleh para nara sumber.
a. Kondisi mental, fisik, dan intelijensia Haya Aliya Zaki, Shinta Ries, dan Ani Berta bagus. Walaupun telah menempuh perjalanan yang cukup melelahkan namun antusias mereka tetap oke. Ini ditunjukkan dengan suara yang cukup keras, wajah segar, dan murah senyum.
b. Penyajian materi sesuai dengan CMI (Cara Memberikan Instruksi-ini juga istilah militer). 3 Dara itu tampak menguasai benar materi yang disajikan. Materi yang disajikan sesuai tema workshop yaitu ‘Dari Hobi Menjadi Profesi.’
c. Alongins (Alat Penolong Instruksi-istilah militer lagi) berupa slide jelas dan terbaca oleh peserta. Uraian dan contoh-contoh aplikasinya disampaikan dengan baik dan mudah difahami.
d. Respons nara sumber terhadap pertanyaan peserta juga baik. Mereka juga menghargai masukan yang diberikan oleh peserta.
e. Nara sumber mampu membangkitkan minat peserta untuk mengikuti acara ini dengan sungguh-sungguh hingga akhir acara.
.
 3.  Bukan Hanya Janji Tetapi Bukti
Mirip kampanye pilkada ya.
Janji adalah hutang oleh karena itu setiap janji harus ditepati. Panitia dan nara sumber telah memenuhi janji yang telah disampaikan dalam pengumuman melalui email.
a.   Peserta bukan hanya mendapat ilmu yang bermanfaat tetapi juga mendapat goody bag, makan siang, snack, door prize. Sertifikat juga diberikan setelah acara selesai.
b. Dalam perkembangan berikutnya nara sumber juga mengundang peserta untuk masuk grup khusus Fun Blogging.
c. Lomba blog yang sekarang digelar juga merupakan bentuk pemenuhan janji tersebut. Termasuk lomba menulis review mobil123.com yang juga telah saya ikuti.
Semoga dalam waktu dekat para nara sumber juga menyipratkan rezeki kepada para peserta melalui job review (mupeng heheheh)
 .
 4.  Pernak-pernik Workshop
a. Bukan blogger jika tak memanfaatkan setiap event untuk berfoto ria.Selfie, wefie, dan candit snapshot bertaburan. Para pembaca bisa melihat aneka lagak-lagu foto yang dihasilkan para peserta dengan memanfaatkan aneka kamera.
.
.
.
.
.
Jadi atau nggak jadi yang penting hepi
.
.
b. Selama acara berlangsung hingga artikel ini ditulis di Facebook,Twitter, Instagram, dan situs lain bermunculan artikel dan foto dari medan Fun Blogging 7 Surabaya. Ini merupakan salah satu bentuk praktek lapangan atas teori yang telah diserap oleh peserta. Tentu saja smartfren sangat besar perannya.
.
.
NgeTweet ach
.
.
.
.
 Emak..aku Fun-Funan wekw wk wk wk
.
 .
5. Pesan
Mengakhiri reportase ini saya ingin berpesan kepada diri saya dan teman-teman blogger peserta Fun Blogging 7.
a. Mari kita untuk baca ulang materi yang diberikan oleh para nara sumber. Hal-hal yang masih kurang jelas bisa ditanyakan di grup.
b. Mengaplikasikan ilmu pengetahuan tersebut dalam kegiatan ngeblog atau kegiatan lain yang terkait. Tak elok jika seorang blogger hanya pandai berteori namun miskin dalam aplikasinya. Ilmu tentang penulisan great content tentu juga bisa diaplikasikan saat kita menulis buku atau menulis artikel untuk media. Demikian pula ilmu tentang personal branding, networking, dan lain-lainnya bisa diaplikasikan di lapangan profesi kita masing-masing.
c. Kepada penyelenggara dan nara sumber kiranya bisa menyelenggarakan acara serupa untuk tingkat advance agar pengetahuan peserta semakin meningkat.
3. Jika ingin menyulap hobi menjadi profesi mari kita ngeblog dengan enak tetapi tidak seenaknya.
.
.
.
Acara Fun Blogging 7 Surabaya yang diselenggarakan dengan kerjasama QWords.com, mobil123.com, dan Smartfren.com ini ditutup dengan sesi foto bersama.
.
Dapat ilmu dan dapat teman baru
.
Di bawah ini adalah suasana saat acara workshop berlangsung.
.

.

Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya saya sampaikan kepada Mbak Haya Aliya Zaki, Mbak Shinta Ries, dan Mbak Ani Berta. Ilmu dan pengalaman yang Anda transfer sangat bermanfaat. Ucapan yang sama juga saya sampaikan kepada QWords.com, Mobil123.com, dan Smarfren.com selaku sponsor.

Last but not least kepada teman-teman peserta juga saya sampaikan ucapan terima kasih.

Sungguh, bersahabat dengan kalian menjadikan hidup saya

semakin berwarna-warni

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

34 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Asyik kalo bisa kumpul dan berbagi ilmu dengan orang-orang yang memiliki passion yang sama ya, Dhe. Semakin mantap dan semangat ngeblognya… 😉

    Iya, nara sumbernya ciamik banget

  2. Rahmah says:

    Joss banget ini artikelnya, Pakde
    Makin nyesek rasanya nggak bisa ketemu Pakde di acar keren seperti ini

    Sukses terus ya, Pakde…!

    Kesehatanmu lebih penting Jeng
    Matur nuwun

  3. Salut sama spiritnya pakde. Seneng deh bisa ketemu.

    Banyak waktu soalnya Nduk

  4. @nurulrahma says:

    Pakdeee, lengkap niaaaan ini postingannya! Kereeen!

    Sampai malam nglembuuur hahaha
    Matur nuwun

  5. Kopiah Putih says:

    Lengkap sekali ulasannya Pak Dhe.
    Sayang kemaren gak bisa ikutan, soalnya istri sudah hamil tua. Jadi harus jadi suami siaga. 🙂

    Salam hangat dari Bondowoso..

    Itu yang lebih penting Mas

  6. Aah nggak bisa foto bareng pakdhe.
    Tapi seneng ketemu pakdhe, masih sempet salaman saat baru keluar lift.

    Iya, saya ditunggu anak cucu je

  7. @kakdidik13 says:

    Spirit ngeblognya pak dhe perlu dicontoh dan ditularkan kepada blogger-blogger yang muda kayak aku pak dhe hehehe…. Fotoku nggak nongol hehehehe !!!! Soale peserta cowok e cuma 3 doang.

    Kemana tuh kok nggak ada

  8. Jiah says:

    saling berbagi ilmu, asiknyaaaa

    Iya, asyik nambah ilmu

  9. 21inchs says:

    wah menarik sekali,
    kalau ada acara di jakarta atau depok boleh dong saya dikasih tau..

    Sering2 cek Facebook atau Twitter Mas

  10. Intinya akan selalu ada cerita di setiap kita berbagi dan kumpul2 (kopdar/gathering). Sippp Pak Dhe!

    Iya Jeng
    Silaturahmi sambil ngangsu ilmu

  11. Kang Andre says:

    Waduh …. sayang sekali nggak datang, karena memang tidak tahu. Namun melalui tulisan ini saya bisa merangkum isi workshop-nya. Benar, lebih dari 3 tahun ngeblog akhirnya ada sedikit pemasukkan. Minimal bisa bayar 15 domain, hosting dan bayar internet. 😀
    Sip Mas

  12. Ada yang asah kumis. :))))) Makasih udah dateng jauh-jauh ya, Pakde. Setuju banget sama quote Pakde yang terakhir itu. 😉

    Nggak terlalu jauh sih sebenarnya hanya 80km kok
    Sama2, terima kasih kunjungannya

  13. suciana says:

    lengkap pakde seperti hadir dalam acara tersebut

    Biar ngos-ngosan yang baca

  14. Maftuhah M. says:

    Wah, saya beruntung bisa ketemu langsung dan salaman dengan Pakdhe Cholik. Jadi malu juga, masak kalah semangatnya sama Pakdhe hehe

    Sip, jangan kalah sama lansia hahaha

  15. Widya Ross says:

    Hai, salam kenal, Pak Dhe :D.

    Alo, terima kasih sudah berkunjung

  16. dWi (nining) says:

    Momennya banyaaaak banget ya PAk Dhe, apalagi momen pertama kali berjumpa Pak Dhe 😉

    Hahaha..banyak yang belum sayaa kenal kemarin

  17. HeniPR says:

    pakde, foto eike kok pas mencureng ngunu ???….
    baca postingan ini, beberapa kali ngikik sendiri, kik kik kik…

    semoga bisa bertemh lagi ya pakde di Surabaya. kapan kapan saya dolan ke Galaxy, biar anak saya kenalan sama jendral blogger 🙂

    Nggak apa-apa mencureng
    Entar kita kopdar lagi

  18. Vanda Arie says:

    Laporannya lengkap banget Pak Dhe. Di sela-sela baca break beberapa kali untuk ngikik hihi.

    Nglembur je mbuatnya
    Matur nuwun

  19. opickaza says:

    wuih,, banyak masyarakat kita sekarang ini kegiatan blogging sudah seperti pekerjaan dan profesi namun jangan ditinggalkan menyebarkan informasi yang bermanfaat jangan sampai menyebar gosip atau yang dapat menyinggung orang lain ya pakde moga aja sebuah hobi dapat menylap menjadi profesi

    Betul. Niatnya harus diluruskan yaitu untuk berbagi ilmu dan pengalaman yang menarik dan bermanfaat.
    Yang lain2 bonusnya

  20. Omali says:

    Seru banget keliatannya pakdhe, salam kenal dari depok

    Iya Mas
    Full ilmu dan kehangatan

  21. Ani Berta says:

    Ulasan Pakdhe lengkap banget 😀
    Terima kasih banyak Pakdhe salam hormat juga untuk Pakdhe yang bersedia hadir di acara ini 🙂
    Semoga ada manfaatnya …. 🙂

    Saya hadir karena ingin menyerap ilmu dan silaturahmi Mbak
    Alhamdulillah banyak pengetahuan baru yang saya dapatkan
    Terima kasih

  22. Gina Hayana says:

    Ingin meniru gaya blogger-blogger yang elegan. Belum bisa.

    Mungkin dan memang harus banyak belajar. Saya baru satu tahun blogging. Sering iri juga melihat blog-blog keren!

    Mudah-mudahan tahun depan sudah bisa mulai menulis seperti teman-teman.

    Saya juga begitu dulunya
    Lalu saya belajar dan berlatih

  23. Waaahhh serunya kumpul-kumpul dan dapat ilmu.. Salam kenal pakde..

    Iya, menyerap ilmu sambil silaturahmi

  24. Aaah seru banget pakdeee.. Dan niat serius memang selalu berbuah manis ya.. Pasti banyak ilmu dan teman baru dari acara ini. Semoga aku dapat kesempatan untuk bisa ikut juga nantinya..

    Iya Jeng
    Nambah ilmu dan nambah teman baru

  25. Mang Yono says:

    Ulasanya banyaaaak banget ya PAk Dhe, sampai – sampai saya bacanya 2 kali kunjungan kemari

    Untuk memenuhi anjuran bu guru agar membuat artikel andalan

  26. Tanti Amelia says:

    Saya termasuk blogger yang beruntung, bisa kenal Pakde dan Tiga Dara secara personal. Peluuuuk semuaaaa…..

    Akika belum pernah dipeluk

  27. Seneng banget bisa ngumpul bareng teman blogger ya Pakdhe. Apalagi banyak pengetahuan penting ttg blogging gini. Semarang kapaaan, udah kangen sama sharing mba Shinta yang baik hati 🙂

    Bisa diusulkan agar ada acara di Semarang

  28. […] workshop Fun Blogging 7 Dari Hobi Menjadi Profesi para nara sumber telah menjelaskan bagaimana kita bermain di dunia maya. Selain untuk berbagi ilmu […]

  29. […] sementara saya belum suka makanan itu. Ini juga yang dikatakan oleh Haya Aliya Zaki dalam workshop Fun Blogging 7: Dari Hobi Menjadi Profesi. Haya antara lain mengatakan pentingnya kejujuran. “Orang yang takut dengan kucing kok bisa […]

  30. […] Kalimat di atas saya kutip dari artikel berjudul How Do I Improve My Klout Score. Dari artikel ini saya dapat menyimpulkan bahwa ada hubungan yang baik antara content dan Klout Score. Ini juga merupakan sinyal agar pengguna Klout selalu berusaha menerbitkan konten yang apik. Konten tidak harus selalu berupa artikel tetapi bisa juga gambar atau foto plus aneka atributnya. Tentang menulis great content telah dijelaskan oleh Mbak Haya Aliya Zaki pada Workshop Fun Blogging 7. […]

  31. […] Dengan program Satu Bulan Satu Buku apakah saya lantas ndekem saja di kamar dan nggethu menulis naskah buku? Ah tidak kawan. Saya masih ngeblog seperti biasa, mengikuti dan menyelengarakan lomba blog atau giveaway. Saya juga menikmati tayangan televisi, dan jalan-jalan pula. Ishoma berjalan seperti biasa. Saya juga masih bisa menggelar acara kopi darat bersama sahabat blogger dan mengikuti acara Workshop Fun Blogging 7 di Surabaya. […]

  32. […] saya semakin meningkat.Saya juga tak segan-segan ikut workshop online dan offline termasuk ikut Fun Blogging 7 di […]

  33. […] atau kursus tentang blogging. Saya, walaupun sudah lansia masih menyempatkan mengikuti workshop Fun Blogging loch. Namun harap diingat bahwa materi yang sudah didapatkan hendaknya langsung diaplikasikan agar […]

  34. […] Workshop Fun Blogger 7 di Surabaya. Kegiatan ini juga merupakan ajang menuntut ilmu perbloggeran. Tujuannya untuk meningkatkan […]

Leave a comment