Mobil123.com: Portal Otomotif No.1

Sebagai seorang blogger yang sering melakukan blogwalking saya merasa puas jika blog atau situs yang saya kunjungi menyenangkan. Bagi saya, ciri sebuah blog atau situs yang menyenangkan adalah sebagai berikut.
1.   Mudah diakses baik menggunakan komputer maupun gadget.

2. Tampilannya bagus, enak dipandang, tidak terlalu ramai, dan sebaliknya juga tidak terlalu sepi. “Yang sedang-sedang saja,” kata Veti Vera penyanyi dangdut asal Tasikmalaya.
3. Navigasinya tertata dengan baik sehingga memudahkan saya menemukan apa yang saya butuhkan.
4.   Readability (tingkat keterbacaan) baik
5.   Profilnya jelas.
Ciri-ciri di atas ternyata saya temukan ketika saya mengunjungi portal otomotif Mobil123.com.
.
“Kesan pertama begitu menggoda.” Kalimat inilah yang saya ucapkan dalam hati begitu situs itu terbuka di laptop saya. Dari judul situs dan tampilan homepagenya saya sudah bisa menebak bahwa situs ini berkaitan dengan otomotif. Selain itu gambar mobil, logo perusahaan otomotif, dan beberapa portal terkait juga menyatakannya.
.
.
 Tampilan yang menarik
.
.
Saya mencoba menelanjangi situs ini dari ujung kepala sampai ujung kaki. Ini saya lakukan untuk menguji apakah tagline berbunyi ‘Portal Otomotif No.1’ benar-benar terbukti.
.
Tampilan
.
1. Kompartementasi
Portal ini menggunakan tema tiga kolom dengan sidebar di sisi kanan dan di bagian bawah. Sebagaimana lazimnya suatu situs, kompartementasi portal ini juga terdiri dari header, body, dan footer.
Pada bagian header selain terdapat judul situs juga terdapat tab berisi aneka menu jual-beli mobil. Termasuk di dalamnya menu untuk mendaftar dan atau login.
Body portal ini sebagian besar diisi informasi beragam kebutuhan pengunjung baik mobil, motor, maupun aksesoris. Sidebar diletakkan di sisi kanan dan bawah yang diisi bermacam-macam widget. Menu media sosial dan situs tetangga juga terdapat pada sidebar.
Footer diisi dengan hak cipta dan menu dari ICarAsia.com
 .
2. Navigasi
Navigasi sebagai alat penuntun agar pengunjung mudah menemukan apa yang dicari tersebar di header dan bodi portal. Ini memang membuat tampilan situs agak ramai namun tidak sampai menyulitkan atau menggangu pengunjung. Tampaknya pemilik portal benar-benar ingin memanjakan para calon pembeli dan penjual mobil.
 .
3. Back ground (Latar belakang)
Background portal ini berwarna cerah yang didominasi warna putih. Dengan fonts warna hitam dan kelabu tua tidak menyebabkan mata pengunjung cepat lelah. Selain itu pengunjung mudah membaca artikel dan judul/subjudul widget yang ada di dalamnya. Terus terang saya kurang suka terhadap blog atau situs berlatar belakang hitam dengan tulisan warna merah atau kuning menyala. Silau, Man.
 .
4. Font
Jenis, warna, dan ukuran font bagus sehingga membuat pengunjung merasa nyaman. Judul menu dengan ukuran font agak besar yang dibold (dipertebal) sangat tepat. Sementara font untuk subjudul lebih kecil dan tanpa dibold. Pembeda ini tidak akan membingungkan pengunjung.
5. Dukungan gambar
Tampilan gambar mobil, motor, dan aksesoris bagus sehingga memperjelas uraian. Pada uraian yang lebih rinci gambar juga semakin besar dan ditambah gambar detailnya. Ini sangat membantu pengunjung dalam memilah dan memilih kendaraan bermotor yang diinginkan.
 .
6. Tampilan versi mobile
Selain menampilkan homepage versi komputer portal ini juga menyediakan tampilan versi mobile. Ini sangat membantu pengunjung ketika mereka bermain internet dengan menggunakan gadgetnya. Tampilan versi mobile lebih sederhana tanpa mengurangi kebutuhan pengunjungnya. Menunya juga clickable.
.
.
tampilan portal versi mobile
.
.
Data dan Performance Blog
,
1. Umur blog
Situs ini dibangun pada tahun 2006 sehingga sudah berumur 9 tahun lebih. Terakhir diupdate pada bulan Mei 2015. Data ini saya dapatkan dari Small SEO Tools.  Jika situs dipelihara dengan baik tentu kualitas kinerjanya juga akan tambah meningkat.
.
.
2. Profil

Profil portal ini secara singkat diuraikan pada menu Bantuan yang terletak pada sidebar baah (Submenu Tentang Kami) Di sana antara dikatakan bahwa portal ini memiliki jumlah listing terbesar di Indonesia dengan lebih dari 200.000 listing kendaraan tersedia dalam database. Tersedianya Profil sangat penting untuk menarik minat pengunjung dan menaruh kepercayaan kepada portal ini.

.
3.Loading
Dengan menggunakan alat pengukur kecepatan PageSpeed Insight didapatkan data kecepatan loading portal ini.
.
Loading speed pada mobile adalah 57/100
.
Loading pada desktop : 74/100
.
.
Hasil analisis dan cara memperbaiki kecepatan dapat dilihat pada situs yang saya gunakan untuk mengukur portal ini. Di sana diuraikan secara rinci apa kasusnya, penyebabnya, dan cara mengatasinya.
Sebagai pembanding saya tampilkan page speed blog saya yaitu Neo BlogCamp.
.
.
.
Mengapa blog saya lebih cepat loadingnya dibandingkan dengan mobil123.com? Salah satu penyebabnya adalah jumlah artikel dan gambar pada blog saya baru sedikit. Sedangkan portal mobil ini menggunakan banyak gambar.
.
4. Pagerank dan Alexa Traffic Rank. Walaupun Google pagerank sekarang sudah jarang diupdate tetapi PR 3/10 sudah lumayan bagus. Yang sangat jempolan adalah Alexa Traffic Rank yang hanya 18,535. Ini menunjukkan bahwa jumlah pengunjung (Visitor) dan lama kunjungan pada halaman (Pageview) sangat besar.
.
.
.
.
5. Domain Authority dan Page Authority
Data dibawah ini mengindikasikan bahwa portal ini cukup bagus namun masih perlu ditingkatkan lagi. DAnya 4e1.60 dan PAnya 39.00
Terus terang saya agak heran mengapa pada kolom Status tertulis Not Found. Sementara pada kolom yang sama di blog saya tertulis OKE.
.
.
.
Uji Petik
.
Tentu kurang lengkap rasanya jika saya tidak melakukan uji petik terhadap apa yang telah disajikan dalam portal ini. Saya simulasikan bahwa saya seorang pensiunan yang akan membeli mobil bekas yang pas di hati dan pas di dompet. Karena saya tinggal di kota kecil maka saya ingin membeli mobil yang agak ramping. Maklum kondisi lalu lintas juga sudah padat dan mencari tempat parkir juga agak susah. Merk yang saya sukai adalah Toyota.
.
Saya klik menu Mobil Bekas pada tab yang terletak di bagian kiri atas header. Dalam hitungan detik muncullah tampilan baru dengan judul Mobil Bekas. Di bawah ini adalah tampilan halaman 1 dari 5613 halaman.
.
Tampilan halaman depan Mobil Bekas
Pada halaman ini terdapat data mobil yang meliputi merk, lokasi, kondisi, tahun, harga, dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Pengunjung tinggal menajamkan kriteria sehingga mendapatkan mobil yang diinginkan.
.
.
Kesimpulan
.
Dari hasil pengamatan, pendataan, dan pengukuran yang telah saya lakukan maka dapat saya simpulkan bahwa:
1. Tampilan portal mobil123.com baik. Penataan widget/gadget, background pada bodi blog, jenis serta font yang tepat tepat membuat rasa nyaman. Demikian juga menu dan gambar yang clickable memudahkan pengunjung dapat menemukan informasi secara cepat. Uji petik yang saya lakukan telah membuktikannya.
2.  Situs ini mudah diakses karena loadingnya cepat.
3. Tersedianya aneka menu Bantuan di bagian bawah blog memberikan nilai lebih. Pengunjung merasa dimanjakan dan terlayani dengan baik.
4. Tag line yang tercantum di bawah judul portal berbunyi: Portal Otomotif No.1 memang benar adanya.
 ,
Saran
.
1. Menu Pencarian yang terletak pada bidang artikel sebaiknya dibuat secara berurutan. Dimulai dari menu Cari lebih dari 204.215 Kendaraan Dijual yang berbentuk kolom-kolom. Di bawahnya diikuti  Cari dari merk-merk mobil berikut. Urutan berikutnya menu Cari Berdasarkan Tipe Body. Menu Berita Mobil Terbaru dan Terbaru Mobil Baru diletakkan di bawah menu pencarian di atas.
2. Saran perbaikan yang diutarakan oleh Google PageSpeed Insight sebaiknya diikuti agar kecepatan loading semakin membaik.
.
,
Artikel ini diikutsertakan dalam lomba menulis review
yang diselenggarakan oleh admin Grup Fun Blogging Facebook
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

9 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Walidin says:

    Global rank 18 ribu dan lokal rank 200 an memang hebat sekali.
    Saya komen pakai hp, jadi ga sempet siapa pemiliknya. Jangan jangan ini saudaranya Rumah123.com ya pak. Itu loh blogger yang sangat terkenal dari segala penjuru, saya lupa namanya.

    Saya juga belum menemukan pemiliknya Mas.
    Dalam halaman Tentang Kami tidak disebutkan. Hanya uraian siangkat tentang portal ini.

  2. Ulasannya lengkap PakDhe 🙂
    Saya doakan semoga menang ya Pakdhe.

    Biar puas yang membaca
    Amiin, matur nuwun Jeng

  3. inda fitri says:

    wow..jos bgd sih pak de, kumplit,
    sukses ya de amiinn 🙂

    Amiin
    Matur nuwun Jeng

  4. opickaza says:

    mengapa semua website sekrang dikasih tambahan satu dua dan tiga, apakah biar mereka mulai dari angka pertama dan berakhir dengan 3

    Mungkin karena gampang diiingat atau ada rahasia lainnya

  5. Monika says:

    Keren Pakdhe.. jadi mau ngutak-ngutik blog ah…

    Semoga menang Pakdhe 🙂

    Amiin. terima kasih

  6. Keren bener ulasannya pakdhe ini. Komplit!
    Smoga menang ya pakdhe 🙂

    Terima kasih Jeng
    Tulisanmu juga ciamik

  7. Noe says:

    Waah review pakde udah kayak paket Internet nih… Indomie telor kornet. Lengkap dan maknyus!

    Iso ae
    Matur nuwun Jeng

  8. Rahmah says:

    Aseeekkk, lengkap bingitsss!
    Juara insya Allah ya, Pakde…

    Amiin
    Terima kasih

Leave a comment