Teks

Ngeri-ngeri Sedap Doa Dua Malaikat

.

Keaiaiban Sedekah

.

“Tidak satu hari pun di mana pada pagi harinya seorang hamba ada padanya melainkan dua Malaikat turun kepadanya, salah satu di antara keduanya berkata: ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak.’ Dan yang lainnya berkata: ‘Ya Allah, hancurkanlah (harta) orang yang kikir.” [HR. Bukhari dan Muslim]

.

Ngeri-ngeri sedap bukan doa dari dua malaikat di pagi hari itu? Kepada orang yang kikir malaikat mendoakan agar Allah menghancurkan hartanya. Bayangkan bagaimana perasaan orang yang pelit, pada pagi hari ada malaikat yang mendoakan kehancuran hartanya. Sementara itu kita mengetahui bahwa malaikat  tak pernah berbuat dosa. Oleh karena itu doanya pasti akan diijabah oleh Subhanahu Wa Ta’ala.

Bagaimana, masih mau bertahan dengan kekikiran?

Pada sisi lain ada malaikat yang berdoa agar Allah mengganti harta yang diinfakkan oleh hambaNya. Tentu Allah Subhanahu wa Ta’ala mempunyai hak prerogatif tentang kapan, dengan apa, dan bagaimana cara mengganti harta orang yang berinfak tersebut. Bahwa Allah akan mengganti harta yang diinfakkan tercantum dalam firmanNya: “Katakanlah: “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)”. Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” [QS. Saba: 39]

Secara jelas Allah menggambarkan apa balasan bagi orang yang gemar bersedekah. Dalam surat Al Baqarah ayat 261 Allah berfirman: Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” 

Betapa dahsyatnya pahala sedekah. Masih berat untuk bersedekah? Rugi.

.

Sumpah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam

Salah satu alasan mengapa orang enggan bersedekah adalah munculnya  ketakutan atau kekhawatiran jika hartanya akan berkurang. Jika kita mengalami hal ini maka perlu menyimak sumpah  Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berikut ini:

“Aku bersumpah demi tiga perkara: harta tidak akan berkurang karena sedekah, maka bersedekahlah kamu. Seseorang yang memaafkan orang lain karena suatu perbuatan zalim, maka Allah pasti memuliakannya. Maka maafkanlah (orang yang berbuat zalim), maka Allah pasti menambahkan kemuliaan. Seseorang yang meminta-minta kepada orang lain, maka Allah pasti akan membukakan pintu kefakiran kepadanya”. (HR. Ahmad dan al-Bazzar)

Fokus terkait dengan pembahasan dalam artikel ini: harta tidak akan berkurang karena sedekah, maka bersedekahlah kamu.

Namanya manusia, mungkin ada saja yang kurang percaya. Bagaimana mungkin harta yang dikeluarkan tidak berkurang jumlahnya. Kekurangtidak percayaan itu bisa dipatahkan dengan janji Allah yang akan mengganti berlipatganda harta yang telah dikeluarkan oleh hambaNya sebagaimana di uraikan di muka. Penggantian itu bisa di dunia atau kelak di akhirat. Wujudnya juga beraneka-ragam. Secara kasat mata memang harta akan berkurang tetapi di balik itu ada penggantian-penggantian yang mungkin tak pernah kita duga.

.

Inti Sedekah adalah Berbagi

Menurut saya inti sedekah adalah berbagi kepada sesama makhluk ciptaan Allah, terutama adalah berbagi dengan sesama manusia. Bukan hanya berbagai uang atau barang tetapi juga berbagi perasaan, tenaga, dan pikiran. Menyingkirkan barang berbahaya dari jalan adalah sedekah, berkata baik, memberi nasihat, mengajari ilmu yang bermanfaat, bahkan senyuman kepada saudara adalah sedekah.

Sedekah merupakan ibadah yang bukan hanya berhubungan dengan Allah (hablumminallah) tetapi juga hablumminannas yakni dalam hubungan antara manusia yang satu dengan manusia yang lainnya. Sedekah juga merupakan wujud kasih sayang manusia kepada makhluk ciptaan Allah yang lainnya. Itulah sebabnya sedekah merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Dalam sebuah hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ”Orang-orang yang penyayang niscaya akan disayangi pula oleh ar-Rahman (Allah). Maka sayangilah penduduk bumi niscaya Yang di atas langit pun akan menyayangi kalian.” (HR. Abu Dawud, dinyatakan sahih oleh al-Albani)

Al-Mubarakfuri rahimahullah menjelaskan: “Yang dimaksud dengan penduduk langit adalah para malaikat. Makna kasih sayang mereka kepada penduduk bumi adalah berupa doa yang mereka panjatkan demi kebaikan mereka -penduduk bumi- berupa curahan rahmat dan ampunan…”

Dengan saya berbagi maka saya merasa bahagia.

 .

Pengalaman Bersedekah

Jika saya bercerita tentang sedekah yang saya lakukan tentu tak bermaksud pamer atau riya tetapi hanya sekedar berbagi pengalaman belaka.

.

1. Pengalaman pertama, terjadi pada tahun 1998. Kala itu saya mendapat tugas untuk mengikuti Kursus Dasar Para bertempat di Pusdik Kopassus Batu Jajar, Jawa Barat. Inti kursus ini adalah latihan terjun payung.

Bagi yang sudah terlatih, terjun payung merupakan kegiatan yang biasa-biasa saja. Tapi bagi saya dan teman-teman yang sudah senior (berumur juga) latihan ini cukup mendebarkan. “Jangan-jangan nanti begini begitu, payung tidak mengembang, mendarat di pohon, kejebur sungai, jatuh di jalan raya..” berkecamuk dalam pikiran kami.

Untuk menenteramkan hati, selain berdoa ndremimil, saya juga beberapa kali bersedekah secara sederhana. Pada malam hari saya ajak beberapa teman makan sate di sebuah warung yang letaknya persis di depan ksatrian. “Wah, Kolonel Cholik nraktir terus nih, Terima kasih ya,” kata seorang senior yang juga ikut latihan terjun.

Hasilnya memang luar biasa. Allah bukan membalas saya dengan mengganti uang yang saya belanjakan untuk mentraktir tetapi diwujudkan dalam bentuk lain. Saya diberi kemudahan dalam melaksanakan latihan ini. Proses penerjunan saya berjalan dengan baik sejak melangkah keluar dari tubuh pesawat. Payung mengembang dengan sempurna. Begitu kaki saya menjejak bumi persis di dekat saya ada seorang dokter yang menunggu. “Selamat Kolonel, mendarat dengan mulus,” kata Pak Dokter. Tak lama kemudian anak-anak kecil berlarian ke tempat saya dan dengan cepat melipat payung saya dengan rapi. Dengan demikian saya tak perlu repot-repot melipat payung. Tentu ada sedikit bonus untuk anak-anak yang telah membantu melipat payung tadi.

.

.

Cara Terjun Payung yang baik dan benar

Tolak pinggang tapi hati dag dig dug tak karuan

.

2. Pengalaman kedua, nggak pakai lama gantinya. Suatu pagi Emak bilang jika ada yang mau membeli kurungan ayam. Saya membolehkannya. Tak lama kemudian Emak kembali mendatangi saya. “Ini uang hasil jualan kurungan,” kata Emak sambil menyorongkan uang sebesar Rp.1.500.000. “Uangnya untuk Emak saja,” sahut saya sambil tersenyum.

Apa yang terjadi?  Dua hari kemudian seorang Jenderal sahabat saya kirim SMS yang mengabarkan bahwa beliau baru saja transfer  Rp.5.000.000. “Sekeder tombo kangen, Mas.” Alhamdulillah, tombo kangen (obat rindu) saja sebegitu banyaknya ya. Apalagi THR (ngarep.com)  Sedekah kepada orangtua memang luar biasa. Makanya jangan ragu-ragu membahagiakan orangtua.

.

3. Pengalaman ketiga, sedekah saya diganti berlipat. Tanggal 26 Maret 2019 yang lalu saya akan pulang ke Jombang usai mengunjungi adik ipar di Cimahi. Kepada seorang keponakan saya selipkan Rp.200.000 di tangannya. “Untuk traktir temanmu,” kata saya. Begitu tiba di rumah Jombang, seorang sahabat kirim pesan melalui WhatsApp dilampiri tanda bukti transfer uang sebesar Rp.1.000.000. Alhamdulillah, Allah membalas sedekah saya 5x lipat dari sedekah yang saya keluarkan. Seorang pensiunan mendapat transferan Rp.1.000.000 saat tanggal tua  rasanya seperti menerima donor darah loch.

.

4. Pengalaman keempat, akhir-akhir ini saya mencoba sedekah dengan cara berbeda. Usai sholat Subuh saya ajak jamaah wanita berbelanja bahan makanan berupa sayuran, ikan, dan apa saja untuk dimasak hari itu. Kebetulan pemilik lapak sayuran adalah seorang janda cerai mati. Suaminya adalah teman saya waktu SD. ”Kita baru saja selesai memakmurkan musala. Yuk kita sekarang memakmurkan isteri sahabat saya,” begitu ajakan saya kepada jamaah wanita.

Setibanya di lapak yang letaknya tak jauh dari mushola saya persilakan jamaah wanita untuk berbelanja kebutuhan masak hari itu. Mereka dengan senang hati berbelanja aneka kebutuhan. Dari hasil pengamatan, tampaknya mereka masih malu-malu untuk mengambil belanjaan. Salah seorang jamaah mengaku: “Malu kepada Abah ach, nanti dikira memanfaatkan situasi,” begitu alasannya. Namun pada hari yang lain mereka sudah agak santai dalam berbelanja.

Lain jamaah wanita lain pula jamaah pria. Ketika saya ajak berbelanja ternyata hampir semuanya hanya cengar-cengir.”Bingung Bah mau belanja apa,” kata salah seorang jamaah. Mungkin mereka tidak terbiasa menemani isteri atau ibunya berbelanja.

Jika lapak sahabat saya sedang tutup maka kami bergeser ke lapak tetangga yang lain. Letaknya juga tidak terlalu jauh dari mushola. Cukup berjalan kaki 5 menit sudah sampai. Biasanya jamaah wanita melepaskan dulu mukenanya dan disimpan di mushola. Mungkin takut kotor, terkena najis, atau ribet ya.

.

Menjadi kaya karena sedekah

Sedekah bahan makanan

.

5. Pengalaman kelima, setiap Subuh saya menabung uang kertas dalam tabungan berbentuk kaleng. Kaleng yang satu saya sebut Kaleng Sedekah Subuh dan yang satunya lagi saya namakan Kaleng Sedekah Dosa. Kegiatan ini saya lakukan setelah mendengar anjuran Ustadz Syekh Ali Jaber dalam tausiahnya berjudul Dahsyatnya Sedekah Subuh. Jumlah uang yang saya masukkan ke kaleng tidak tetap. Kadang 2 ribu rupiah, 20 ribu rupiah, atau 50 ribu rupiah. Tergantung kondisi keuangan tentunya.

Mengapa di sebut Kaleng Sedekah Dosa? Yup, kaleng ini saya isi uang setiap saya usai melakukan dosa. Sebagai contoh usai saya mengucapkan kalimat yang kurang baik, menunjukkan kejengkelan, atau membicarakan kekurangan orang lain maka saya langsung mendenda diri saya sendiri dengan memasukkan uang ke dalam Kaleng Sedekah Dosa tersebut. Saya berdoa singkat agar dosa saya diampuni. Ini berguna agar kemaksiatan dan dosa saya semakin lama semakin berkurang.

Dari dua tabungan ini setelah terkumpul selama seminggu atau sebulan lalu saya sedekahkan kepada orang lain. Salah satu di antaranya adalah untuk mengajak belanja ramai-ramai sebagaimana saya sebutkan di atas.

.

Cara bersedekah kreatif

Kaleng Sedekah Subuh dan Kaleng Sedekah Dosa

.

Itulah pengalaman saya dalam bersedekah di antara beberapa pengalaman yang lainnya. Semoga ini bukan dicatat sebagai perbuatan riya atau pamer tetapi sekedar berbagi pengalaman.

.

Sedekah Secara Online

Sedekah yang dilakukan secara terang-terangan itu baik sepanjang kita bisa menjaga keikhlasan. Tetapi jika dilakukan secara sembunyi-sembunyi tentu lebih baik lagi. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Surat Al Baqarah ayat 271. ”Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

.
Untuk menjaga keikhlasan kita kini sudah ada sedekah secara online. Cukup banyak situs yang menyediakan fitur sedekah online. Salah satu di antaranya adalah Dompet Dhuafa.

Situs ini menerima dan menyalurkan sedekah, zakat, dan wakaf dari para donatur. Caranya juga sangat mudah dan cepat. Donatur tinggal membuka halaman Donasi yang terletak pada halaman depan. Setelah halaman donasi terbuka pihak donatur tinggal mengisi kolom-kolom yang tersedia yang meliputi profil donatur, jenis donasi, dan jumlah donasi. Pengiriman uang dilakukan dengan cara transfer ke bank yang dipilih oleh donatur. Setelah transfer uang donatur diminta untuk menyampaikan konfirmasi dengan klik tombol konfirmasi yang tersedia. Jika konfirmasi selesai maka pihak Dompet Dhuafa akan menyampaikan berita disertai ucapan terima kasih melalui email.

.

Cara sedekah online

Format Penyerahan Donasi

.

Pada hari berikutnya akan ada email lagi dari Dompet Dhuafa tentang kiriman Kuitansi Donasi – Dompet Dhuafa. Email ini dilampiri Formulir Setoran Donasi. Kuitansi donasi ini berfungsi sebagai lampiran SPT Tahunan Pajak Penghasilan, untuk pengurang Penghasilan Kena Pajak (PKP)  Hal ini sesuai dengan Peraturan Direktur Jendral Pajak Nomor PER-6/PJ/2011 dan Nomor PER-15/PJ/2012. Ini tentu sangat bermanfaat bagi para wajib pajak.

.

Cara sedekah online

Email pengiriman kuitansi donasi

.

Cara sedekah melalui Dompet Dhuafa

Form ini bisa sebagai lampiran ketika membayar SPT

.

Dengan sedekah online maka kegiatan sedekah kita tidak banyak diketahui orang. Hanya petugas Dompet Dhuafa yang berkaitan dengan urusan donasi yang mengetahui siapa bersedekah apa dan berapa jumlahnya.

Nah, jika sahabat ingin melakukan sedekah secara praktis, cepat, dan tanpa diketahui banyak orang yuk ikuti langkah saya dengan sedekah secara online melalui Dompet Dhuafa. Apalagi jika sahabat mempunyai m-banking maka di rumah sambil nonton televisipun sahabat dapat bersedekah dengan mudah. Selain itu sedekah kita bisa tepat sasaran dan tersebar di segenap penjuru tanah air.

.

Hilangnya Pahala Sedekah.

Kita selayaknya berhati-hati dalam bersedekah jangan sampai kita bersedekah tetapi pahalanya hangus atau hilang. Ini bisa terjadi jika kita melakukan 3 hal di bawah ini ketika bersedekah.

Dalam surat Al Baqarah ayat 264 Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir.”

Menurut ayat di atas ada 3 hal yang dapat menghilangkan pahala sedekah.

1. Menyebut-nyebut sedekahnya di depan si penerima sedekah atau menceriterakan kepada orang lain. Misalnya dengan mengatakan: “Kamu jangan belagu deh. Kamu tidak akan menjadi seperti ini jika dulu uang SPP sekolahmu tidak saya bayar selama tiga tahun.”

2.  Menyakiti perasaan penerima sedekah. “Badanmu saja yang gede, setiap bulan kerjamu hanya datang minta bantuan. Dasar bodoh dan pemalas. Memangnya saya Departemen Sosial?” Ucapan seperti dapat menyakiti perasaan si penerima sedekah.

3.  Sedekah bukan untuk mengharap ridho Allah tetapi karena alasan keduniaan. Misalnya ingin dipuji orang lain bahwa dirinya dermawan, semata-mata karena ingin dipilih sebagai caleg, ingin diambil menantu Pak Lurah, dan motif-motif lainnya.
.

Semoga kita dapat melakukan sedekah dengan ikhlas sehingga tak menghapus pahala dan keutamaan lainnya.

.

Bersedekah Sebelum Ajal Tiba

Sebagai penutup saya sampaikan sebuah hadits Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wa sallam tentang betapa pentingnya menyegerakan sedekah.

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa ada seseorang yang menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu ia berkata,

 “Wahai Rasulullah, sedekah yang mana yang lebih besar pahalanya?” Beliau menjawab, “Engkau bersedekah pada saat kamu masih sehat, saat kamu takut menjadi fakir, dan saat kamu berangan-angan menjadi kaya. Dan janganlah engkau menunda-nunda sedekah itu, hingga apabila nyawamu telah sampai di tenggorokan, kamu baru berkata, “Untuk si fulan sekian dan untuk fulan sekian, dan harta itu sudah menjadi hak si fulan” (Muttafaqun ‘alaih. HR. Bukhari no. 1419 dan Muslim no. 1032)

.

Yuk kita sedekah sebelum ajal tiba dengan ikhlas, benar, istiqomah walau sedikit, harta yang baik/halal, dan untuk kebaikan~bukan untuk membantu kemaksiatan. Setelah sedekah segera lupakan..lupakan…lupakan ~ biarlah Allah Subhanahu wa Ta’ala yang menyelesaikan sisanya.

.

.Manfaat Sedekah

.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Jangan Takut Berbagi yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

32 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Inda Chakim says:

    Pak De, adem banget baca tulisan pak de dan makin bikin yakin kalau sedekah atau berbagi nggak bikin rugi, malah ada balasan yg dahsyat setelah bersedekah. Matur nuwun sudah berbagi pengalaman pak de. Semoga pak de makin dimurahkan rejeki sama Allah dan sehat selalu pak de aamiin

    Aamiin. Sedekah sedikit tak apa-apa. Yang penting istiqomah ya.

  2. Rizka Alyna says:

    Saya juga punya pengalaman ketika berbagi, maka ALLAH akan mengganti. Padahal saat itu hanya masalah yang sederhana banget. Makasih atas ceritanya pakde.

    Kebaikan yang dilakukan dengan ikhlas akan selalu dibalas Allah.

  3. Lubena Ali says:

    Terimakasih Pak De sudah diingatkan tentang sedekah ini, hal yang kadang kita khilaf kalau diharta kita ada hak orang lain.

    Iya, Allah hanya memerintahkan kita membagikan “sebagian” dari harta kita kepada orang lain yang berhak menerimanya.

  4. zunif says:

    memperbanyak sedekah akan bikin hidup lebih tentram ya pak, kita bisa ingat ternyata masih banyak orang yang hidup susah, dan kita perlu bersyukur masih diberi nikmat dan hidup kecukupan, sehingga sedekah penting sekali agar kita hidup bersyukur 🙂

    Betul sekali. Jika soal di dunia kita selayaknya melihat ke bawah agar selalu bersyukur

  5. Anisa says:

    Wah bener banget tuh ya, dengan bersedekah hidup kita akan lebih terasa damai.
    Nggak takut harta berkurang kan karena rezeki sudah ditakar oleh Allah

  6. Leyla Hana says:

    Masya Allah, barokallah Pakde yang tak pernah takut berbagi. Kisahnya menginspirasi saya nih.
    Hatur nuhun Mbak. Yuk rajin bersedekah dengan istiqomah.

  7. samsul says:

    nice artikel , baru mau blajar dunia blogging , ngeh bgt liat tulisan pak de hehe 🙂

    Sip, terus belajar dan berlatih

  8. anazkia says:

    Mugi senantiasa berkah, Pak Dhe. Maturnuwun sampun cerita

    Aamiin, matur nuwun

  9. Pak de saya mau berbagi artikel, termasuk berbagi yang semoga bernilai pahala.. Aamiin
    Cara Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo Putih yang Membandel

    https://www.caramenghilangkankomedo.web.id/

    Komedo menganggu ya..bagi wanita hahahaha

  10. zunif says:

    bagus sekali dompet dhuafa ini ya pak, untuk mempermudah kita dalam bersedekah, lebih cepat dan praktis dan yang pasti sedekah akan disalurkan kepada orang yang sangat membutuhkan 🙂

    Iya Mas. Penyebaran sedekah bisa lebih luas

  11. Rita Dewi says:

    Terima kasih Pakde, sudah diingatkan ttg sedekah ini.

    Ttg doa dua malaikat itu… Saya pernah melihat sepasang suami istri yg sangat berbeda sifatnya.
    Salah satu dari mereka pelit kikir tdk mau berbagi dengan sesama. Sementara pasangannya sangat murah hati dan rajin bersedekah.

    Doa malaikat yg mana yg akan dikabulkan ya..?

    Ya itu hak prerogatif Allah Subhanahu wa Ta’ala
    Nek dikalangan pegawai tertentu, kelakuan isteri yang kurang baik akan mempengaruhi karir suaminya. Tapi itu kan penilaian manusia ya. Dengan asumsi, suami kurang bisa menjadi pemimpin bagi keluarganya wal khusus kepada isteri.
    Lak ngoten se.

  12. Afin Yulia says:

    Betul Pakde, dari sedekah kita suka dapat balasan tak terduga. Mungkin agak susah dipercaya, tapi demikian adanya. Saya ngerasain sendiri sih …

    Yang jelas, Allah Swt tak pernah mengingkari janjiNya.

  13. Rahmi Aziza says:

    MasyaAlloh pakde ceritanya inspiratif sekali. Sedekah yang kita keluarkan diganti oleh Alloh berkali-kali lipat jumlahnya yaa.
    Betul. Kapan dan dengan cara apa Allah membalas terserah Allah Swt.

  14. Reffi Dhinar says:

    Banyak sekali pengalaman menarik setelah saya berusaha mulai rutin sedekah,,,dan benar Allah memberi ganti berlipat 🙂

    Allah tak pernah mengingkari janjinya, kadang tak sesuai permintaan kita tetapi pasti lebih baik bagi kita.

  15. Susindra says:

    Ahai… ini kali ketiga saya datang, baca ini setengah, tapi tak berkomentar karena Gi keburu minta diperhatikan. Artikel Pakde tak oleh difast reading karena memberi pelajaran berharga tentang sedekah.
    Saya setuju, Pakde, ada banyak cara sedekah. Kaleng dosa itu, asyik banget diterapkan untuk komitmen diri menjadi manusia terbaik versi kita. Terbayang deh, kalau saya pasti cepat habis.
    teman saya memberi nama ‘korban qurban’ untuk versi Pakde. Ternyata hasilnya lumayan besar, bisa tuk beli kambing kurban. Tentu versi dosa ini balik ke masing-masing orang. Ada yang baru berpikir negatif tentang orang lain langsung buru-buru cemplungin uang ke kalengnya. Nominal juga ngaruh ke jumlah akhir ya.

    Betul. Coba sedekah esktrim yang jumlahnya belum pernah disedekahkan. Misalnya 10 juta

    • Susindra says:

      cepat habis = cepat penuh.

      Leres. Kata Ustadz Khalid Basalamah, nabung agar kaya itu budaya kapitalis. Muslim, sedekah agar kaya.

  16. Dedew says:

    Terharu bacanya pakde, disaat sedang sedih gagal seleksi, mampir di blog ini Alhamdulillah jadi semangat lagi, Insya Allah dengan berbagi maka kita bahagia ya aamiin, keep inspiring!

    Jangan pernah putus asa dari rahmad Allah. Terus ikhtiar dengan semangat dan dibackup dengan istighfar, sholawat,aneka dzikir, dan berdoa dengan menyebut asmaul husna yang pas dengan hajat kita.

  17. hani says:

    Unik juga ada kaleng sedekah subuh dan sedekah dosa.
    Sedekah engga boleh diundat-undat ke orang yg diberi sedekah. Makasih remindernya pakDhe. Sedekah yawda…lupakan…

    Itu adpis dari Syekh Ali Jaber. Ya saya ikuti saja.

  18. Bermanfaat banget, Mas. Emang sedekah itu nggak akan mengurangi harta, malah dibalikin sama Allah dengan berkali lipat. Saya juga punya beberapa pengalaman demikian

    Betul, itu sudah janji Allah.

  19. Yati Rachmat says:

    Waaah, untung banget bunda minta alamat pakde tuh, kalo gak, mana sampai bunda ke sini. Alhamdulillah, ternyata Neo-Blog masih berdiri dengan kokoh dengan konten yang semakin berbobot. Bunda juga beberapa kali mengalami dan menjalani yang hampir sama dengan langkah Pakde itu, tapi gak pernah bunda muat dalam blog, takut katanya “Pameeer” Nah dengan ketemunya bunda sama pakde di sini, bunda mau coba ah, bikin corat-coret dan diikutsertakan dalam lomba ini. Walaupun gak menang, sekedar merasakan sensasinya ikutan lomba menulis, hehe…

    Makasih pakde…

    Iya Mbak, saya juga bilang kepada sahabat apakah kalau kita bercerita ttg keajaiban sedekah bukan malah riya’. Ternyata semua tergantung niat kita. Marikita ikut lomba ini untuk syiar yang mungkin bisa menggerakkan orang lain untuk gemar bersedekah dengan ikhlas.

  20. Setuju sama Pakdhe, kalo sedekah itu tidak bakal mengurangi harta kita. Karena ada janji Allah Swt. Nah setuju juga kalo kadang bukan dikembalikan lagi oleh Allah dalam bentuk harta, namun bisa juga keselamatan.

    Saya jadi ingat dengan ibu mertua yang memberikan duitnya sejumlah 2,5% dari harga mobilnya suami untuk sedekah. Kata ibu mertua, sedekah itu untuk mobil baru agar anak laki-lakinya dijaga selama di jalan. Alhamdulillah, bukannya di jalan raya, tapi dijaga di tempat parkir lokasi kerjanya. Mobil suami terhindar dari tabrakan, suami biasanya parkir di sisi timur dan duduk nungguin tukangnya kerja di dalam mobil. Eh ini baru aja memindahkan tempat parkir di sisi barat. Masya Allah, janji Allah itu akan datang sesuai yang ada di Al Quran

    Betul sekali Mbak. Sedekah juga dibalas Allah dengan cara yang kita duga-duga. Kadang kita merasa kok nggak dibalas-balas ya.Padahal balasannya sudah kita peroleh dengan aneka kenikmatan yang kita terima walau tak selalu harta.

  21. zunif says:

    biar nggak lupa dan selalu ingat update terbaru di blog sobat, ijinkan saya untuk follow blog sobat 😉

    Silakan

  22. Tak terhitung keajaiban berbagi bagi kita ya pakde. Bahkan sedekah adalah salah satu cara untuk terhindar dari musibah.

    Leres. Berbagi memang oke kok.

  23. anies says:

    saya terkesan dengan pengalaman2 yang dialami pak de. moga ia memberi sedikit manfaat untuk saya contohi kelak

    Matur nuwun
    Semoga pengalaman sederhana ini memotivasi banyak pihak

  24. iidYanie says:

    Masyaallah pak de ceritanya inspiratif, menyentil buat saya yang untuk sedekah kadang sekedarnya, niat harus terpatri dengan baik dan ikhlas agar malaikat juga baik mencatat doa kita melalui sedekah 🙂

    Nggih, luruskan niat.

  25. Dengan bersedekah kita ikut membina rasa kepedulian pada sesama manusia terutama mereka yang benar-benar tidak mampu.

    Kesalihan sosial nggih

  26. Sedekah yg paling mudah & murah adlh tersenyum & ramah kpd orglain (itupun kdg msh sulit hehe..). Sedekah jg blm hny perkara uang, tp bisa juga ilmu, membantu menyeberangkan seorang kakek, menyingkirkan duri di jln, menolong hewan yg sakit, dsb. Tiap org pny caranya sendiri utk bersedekah, bisa dgn uang, ilmu, tenaga, dsb. Inspiratif lihat artikel mas bdsk kehidupan nyata. Semoga artikel tsb dpt menumbuhkan semangat berbagi, apalagi bentar lg Ramadan

    Nggih, Allah Swt membuka banyak kesempatan hambaNya untuk berbagi sambil meraup pahala

  27. Sedekah yg paling mudah adlh tersenyum & ramah kpd orglain (itupun kdg msh sulit hehe..). Tiap org pny caranya sendiri utk bersedekah, bisa dgn uang, ilmu, tenaga, dsb. Inspiratif lihat artikel mas bdsk kehidupan nyata. Semoga artikel tsb dpt menumbuhkan semangat berbagi, apalagi bentar lg Ramadan

    Betul. Banyak ladang untuk bersedekah

  28. batasketik says:

    Waaah, inspirasi buat saya. apalagi yang celengan dosa. Terima kasih telah berbagi pengalamannya. Sukses selalu.

    Sama2, terima kasih kunjungannya

  29. Uwien Budi says:

    MasyaAllah… Ternyata Allah “menyuruh” saya mampir ke blognya PakDhe tenyata subhanallaah saya dapat nasehat yang luar biasa. Matur suwun PakDhe, semoga dibalas dengan kebaikan yang melimpah oleh Allah

    Aamiin, semoga bermanfaat

  30. mawardi says:

    alhamdulillah ketemu lagi dengan Pak De salam hangat nggih

    Lama nggak basuo ya Mas. Matur nuwun

Leave a comment