Pentingnya Dukungan Moril Bagi Breast Cancer Fighter

Paling tidak saya mengetahui ada 3 orang sahabat blogger yang kini sedang berjuang untuk melawan penyakit kanker. Dari tulisan-tulisan mereka saya juga mengetahui bahwa mereka bukanlah wanita-wanita yang lemah dan pasrah. Dua di antaranya bahkan berhasil menerbitkan buku yang berkaitan dengan perjuangan panjang tersebut yaitu Mbak Lily Suhana dan Mbak Tri Wahyuni Zuhri.

.

Saya tidak berpretensi mengetahui seluk-beluk penyakit yang oleh sementara orang disebut-sebut sebagai hal yang menakutkan. Apalagi yang dinamakan kanker payu dara atau breast cancer. Yang saya ketahui hanyalah istilah SaRaRi (Sekarang SaDaRi ya) dan kemo saja. Oleh karena itulah saya tidak akan menjelaskan apalagi memberikan tips tentang Breast Cancer tersebut.

Sebagai seorang sahabat saya ingin memberikan dukungan moril kepada Jeng Indah Nuria Savitri dan teman-teman lain yang saat ini sedang menjalani Long War melawan penyakit kanker, apapun jenisnya.

.

Foto wajah pink koleksi Jeng Indah Nuria Savitri

.

Tak ada seorangpun manusia di dunia ini yang mengharapkan datangnya penyakit apalagi yang menimpa dirinya, sahabat, kerabat, dan tetangganya. Kita semua mengharapkan dikaruniai Tuhan kesehatan jasmani dan ruhani. Dengan kesehatan yang baik maka kita dapat menjalankan aneka aktivitas untuk kepentingan dunia maupun akhirat. Itulah sebabnya Allah sangat menyukai doa hamba-Nya yang meminta kesehatan. “Tidak ada doa yang lebih disukai Allah selain memohon kesehatan” [HR. Tirmidzi]

Sebuah penyakit datangnya dari Allah dengan berbagai cara dan sebab. Harus diyakini bahwa Allah suka banget menguji hambaNya. Tujuannya adalah untuk mengetahui kadar keimanan kita. Manusia boleh saja berkata:“Jelas donk saya beriman kepada Allah.” Itu harus dibuktikan, bukan sekedar omdo (omong doank) Aneka ujian atau cobaan itulah medianya. Ujian atau cobaan juga merupakan wujud kecintaan Allah kepada hambaNya.

“Sesungguhnya Allah ta’ala jika mencintai suatu kaum, maka Dia akan memberi mereka cobaan.” (HR. Tirmidzi, shohih)

Ketika memberikan ujian berupa penyakit kepada hamba-Nya maka Allah juga tetap ikut campur di dalamnya.

1. Allah akan menyembuhkan.

“Dan apabila aku sakit, Dialah yang menyembuhkanku.” [QS Asy Syu’ara: 80]

2. Menyiapkan obatnya.

“Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia juga menurunkan penawarnya.” (HR Bukhari).

Imam Muslim ‘merekam’ sebuah hadits dari Jabir bin ‘Abdullah radhiyallahu ‘anhu, dari Rasulullah bahwasanya beliau bersabda, “Setiap penyakit ada obatnya. Apabila obat itu tepat untuk suatu penyakit, penyakit itu akan sembuh dengan seizin Allah ‘Azza wa Jalla.”

3. Merontokkan semua dosanya.

“Tidaklah menimpa seorang mukmin rasa sakit yang terus menerus, kepayahan, penyakit, dan juga kesedihan, bahkan sampai kesusahan yang menyusahkannya, melainkan akan dihapuskan dengannya dosa-dosanya.” (HR. Muslim)

Saya percaya bahwa para sahabat yang sedang memerangi kanker sudah berikhtiar dengan berobat ke dokter dan langkah-langkah lainnya. Saya hanya ingin menyarankan agar para sahabat juga mengiringi ikhtiar tersebut dengan kegiatan lain untuk memperkuatnya.

1. Istighfar sebanyak mungkin secara rutin dan bersungguh-sungguh untuk memohon ampun atas segala dosa.

Allah Subhaanu wa Ta’ala berfirman yang artinya: “Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia Maha Pengampun.” [QS.71 : 10]

Dari sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Ahmad, Abu Daud, An-Nasa’i, Ibnu Majah dan Al-Hakim dari Abdullah bin Abbas Radhiyallahu ‘anhuma ia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.“Barangsiapa memperbanyak istighfar (mohon ampun kepada Allah) niscaya Allah menjadikan untuk setiap kesedihannya jalan keluar dan untuk setiap kesempitannya kelapangan dan Allah akan memberinya rizki (yang halal) dari arah yang tidak disangka-sangka.”

2. Memohon kesembuhan kepada Allah atas penyakit yang di derita, antara lain membaca doa: Allahuma rabbannas, adz-hibil ba’sa isyfi, antasy-syafi la syifa’a illa syifa’uka, syifa’an la yughadiru saqaman.

Bisa juga berdoa dengan bahasa Indonesia.

Wahai Allah Tuhan manusia. Hilangkanlah rasa sakit ini.Sembuhkanlah. Engkaulah Yang Maha Penyembuh.Tidak ada kesembuhan yang sejati kecuali kesembuhan yang datang dari-Mu Yaitu kesembuhan yang tidak meninggalkan komplikasi rasa sakit dan penyakit lain.

3. Memperbanyak sholat tahajud dan sholat hajat serta dzikir kapan saja dan di mana saja untuk mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Menyembuhkan

4. Bersedekah sesuai kemampuan.

5. Mohon doa orangtua, kerabat, sahabat, dan tetangga.

6. Membackup pengobatan medis dengan pengobatan alternatif sesuai ajaran agama Islam antara lain:

a. Mengonsumsi jinten hitam atau habbatu sauda’. Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya di dalam habbatu sauda’ terdapat obat untuk semua penyakit kecuali kematian.” (HR. Bukhari dan Muslim). Di toko sudah banyak dalam bentuk kapsul atau cairan.

b. Mengonsumsi madu. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.” (QS. An Nahl: 69)

c. Pengobatan dengan cara mengeluarkan darah kotor dengan alat tertentu yang biasa dikenal dengan bekam (hijamah). Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, “Sesungguhnya sebaik-baik apa yang kalian perbuat untuk mengobati penyakit adalah dengan berbekam.” (HR Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan lainnya)

.

7. Tetap tersenyum, gembira, optimis, dan bersabar dalam menghadapi ujian Allah sambil terus berikhtiar. Jika semua usaha dan doa telah dilaksanakan maka apapun hasilnya harus tawakal.

.

Terima kasih untuk Jeng Indah Nuria Savitri

fotonya saya pakai untuk baliho

.

Itulah dukungan moril yang bisa saya berikan kepada para pejuang melawan kanker utamanya kepada para Breast Cancer Fighter. Saya ikut mendoakan semoga perjuangan panjang dan gigih Jeng Indah Nuria Savitri dan kawan-kawan tersebut mendapat ridho Allah. Amiin ya Rabbal ‘alamin.

Kepada para sahabat yang lain saya mengajak untuk menjaga kesehatan masing-masing dengan cara yang benar. Terapkan pola makan yang baik dan teratur serta imbangi dengan olahraga sesuai usia dan kemampuan. Last but not least jangan lupa memohon kepada Tuhan agar diberi kesehatan lahir batin.

.
.
.

.

Artikel ini diikutsertakan dalam Kampanye

#finishthefight #gopink #breastcancerawareness

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

16 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Support memang jadi penguat bagi mereka yg diberi ujian cancer y pakde,…
    kampanye kyk gini memang bermanfaat bgt, setidaknya mereka tidak sendirian

    Betul Jeng
    Dukungan bisa menguatkan

  2. Ety Abdoel says:

    Betul Pakde, karena perjuangan melawan kanker butuh energi yang besar. Dukungan moril membuat penderita memiliki energi tambahan

    Mirip vitamin yang menguatkan

  3. Diah indri says:

    Stay strong cancer survivor

    Semoga mereka menang

  4. Tips untuk semua orang. Terima kasih, saya ikut menimba ilmu di sini.

    Saya jadi ingat belum pernah bekam, padahal sudah disarankan. Agak takut. Sukses untuk GA-nya ya, Pakdhe. Saya baru mau foto-foto besok. Hehe.

    Saya beberapa kali bekam di sepupu saya

  5. Mechta says:

    Ikut men-support Bunda Lily. mbak Indah & mbak Tri.. semoga Allah memberi kekuatan dan kesembuhan buat beliau-beliau…
    Bicara ttg kanker payudara ini..masih terasa berat bagi saya yg kehilangan kakak tercinta pada Maret lalu..hiks..

    Amiin, mari kita selalu berdoa agar Allah swt memberikan kesehatan yang baik bagi kita

  6. ade anita says:

    Sebelum baca ini aku liat usaha pakde bikin baliho..ngeprint lalu laminating lalu nempelin satu2…dan baru kemudian selfi… luar biasa banget usaha dukungan pakde.

    Beli cat dan kuas segala je hahahahaha

  7. terima kasih banyak yaaa Pakdheee….dukungan moril memang tidak ternilai harganya. Sesederhana apapun bentuknya akan sangat membantu, apalagi yang niaaat banget seperti ini hehehe…Saya terus semangat Pakdhe, seraya selalu meminta pada-Nya untuk diberi kesembuhan. Insya Allah kekuatan-Nya juga yang akan membuat kita semua selalu semangat :). Thanks for joining my #giveaway #campaign #finishthefight #gopink #breastcancerawarenessmonth #mypurpleworld

    Jangan berputus asa dari rahmad Allah Swt

  8. Keke Naima says:

    setuju banget, Pakde. Dukungan keluarga dan orang terdekat itu sangat membantu. Saya tau persis karena saya pun pernah merasakan seperti yang mbak Indah Nuria alami saat ini 🙂

    Dukungan moril juga perlu kita berikan kepada anak-anak yang akan menempuh ujian, mengikuti lomba, kegiatan positif lainnya

  9. Indah Juli says:

    Tulisan Pakde selalu keren 🙂
    Salut juga buat Insav yang nggak pernah patah semangat.

    Sakit kita lebih sedikit daripada nikmat yang kita terima dari Allah Swt

  10. inda fitri says:

    wow pak de kereeenn, selalu total,
    makasih ilmunya de,
    en salut jg bwt mbk insav, 🙂

    Terima kasih aras kerennya
    Saya pun salut kepadanya

  11. opickaza says:

    moga segera cepat sembuh mbak nuria

    Amiin

  12. semoga pejuang melawan kanker sabar dan kuat ya, sukses juga buat Pakde.

    Bagus, jangan menyerah

  13. Ibrahim says:

    semoga mereka selalu diberi kesabaran dalam menghadapi cobaan itu mbak

    Amiiin

  14. Arrazi Ibrahim says:

    Dukungan saya juga untuk teman2 yang sedang diuji dengan sakit kanker
    🙁

    Terima kasih Mas

  15. adesutisna says:

    haha itu yang rambutnya pink lucu banget bang hahaha
    http://androoz.co

    Padahal lagi fighting

  16. […] penyakit itu. Saya malah melihatnya dari sisi yang lain. Alhamdulillah artikel saya berjudul Pentingnya Dukungan Moril Bagi Breast Cancer Fighter menjadi salah satu […]

Leave a comment