Piknik Itu Penting: Dari Istana ke Istana

Piknik itu penting. Ketika mengikuti kursus bahasa Inggris di Balikpapan, pada sebuah buku bahasa Inggris 900 tertulis kalimat apik berbunyi:All work and no play makes Jack a dull boy. Kerja terus tanpa bermain (rekreasi, piknik, santai) membuat orang menjadi bosan dan membosankan. Itulah sebabnya instansi atau perusahaan secara berkala memberikan hak cuti atau libur kepada karyawannya. Pelajar, mahasiswa, guru, dan dosen juga mendapat jatah liburan,bukan.

Piknik itu penting. Inilah beberapa manfaat yang kita dapatkan dari kegiatan rekreasi.

1. Menghilangkan kejenuhan, keletihan, atau stress setelah bekerja keras mencari nafkah atau menuntut ilmu di lembaga pendidikan.

2. Jiwa dan raga menjadi fresh karena melihat suasana lain di luar rumah atau tempat bekerja.

3. Menambah ilmu pengetahuan dan meningkatkan wawasan.

4. Menyukuri alam ciptaan Tuhan.

5. Lebih menyintai tanah air Indonesia.

6. Ikut mempromosikan pariwisata yang tergelar di seluruh Nusantara.

7. Jika wisata di luar negeri berarti mengetahui aneka ragam budaya negara lain.

.

Waktu dinas di Jakarta saya sering mendapat tugas ke luar negeri karena saya menjabat sebagai Direktur Kerjasama Internasional. Tentu saja saya juga menggunakan waktu luang untuk rekreasi. Lha kan mumpung di negeri orang. Ini yang disebut piknik abidin (atas biaya dinas) Jangan curiga dulu. Saya baru piknik setelah tugas pokok selesai. Itulah sebabnya pekerjaan dikebut agar segera selesai. Tak jarang penyelenggara acara menyiapkan waktu khusus bagi tamu dari mancanegara untuk rekreasi bersama.

Alhamdulillah saya sudah pernah mengunjungi obyek wisata mancanegara yang termasuk dalam Keajaiban Dunia yaitu Grand Canyon of Colorado di Amerika Serikat, Great Wall di Tiongkok, Piramida di Mesir, dan Taj Mahal di India. Jika tidak karena dinas mungkin belum sampai ke sana.

.

.

Salah satu tempat wisata yang pernah saya kunjungi di Eropa adalah Istana Buckingham di London. Piknik ini saya lakukan ketika sedang melaksanakan kunjungan keja ke kantor Atase Pertahanan RI di ibukota Inggris. Ternyata istana ini memang boleh dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Selain melihat bangunan yang indah dan megah juga bisa menyaksikan acara menarik antara lain parade pasukan pengawal istana dan acara serah terimanya. Ditempat itu pengunjung juga bisa membeli sovenir berciri khas istana.

Kurang afdhol jika selama kunjungan tidak berfoto ria. Salah satu obyek yang saya pilih adalah foto bersama dengan personil pengawal Istana yang sedang bertugas di rumah jaga. Ketika saya minta ijin untuk berfoto bersama si penjaga hanya mengangguk sedikit. Setelah itu saya minta foto lagi dengan polisi untuk nambah koleksi.

.

.

.

Piknik ke London belum lengkap dan puas juga jika tak punya foto bersama keluarga Istana.

.

.

Foto di atas bukan diambil di Istana Buckingham tetapi di Madame Tussauds. Di dalam museum yang sangat terkenal itu ada patung-patung lilin para selebritis termasuk patung lilin keluarga istana. Pengunjung bisa memilih foto dengan siapa.

.

Selain piknik di luar negeri saya juga sering piknik di Indonesia. Apalagi saya sudah pernah bertugas di propinsi Kalimantan Timur, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jakarta. Juga pernah mengunjungi Bali, Medan, Padang, Manado, Makassar, Jambi, Lampung, Bengkulu, Yogyakarta, Solo, Magelang, dan Semarang.

Saya sependapat bahwa piknik atau rekreasi tak selalu harus berbiaya mahal. Sebagai seorang pensiunan saya sudah merasa rekreasi hanya dengan menengok kolam renang yang ada di belakang rumah. Melihat lagak-lagu anak-anak dengan segala celotehnya sangat menyenangkan dan hati terasa terhibur. Demikian pula nonton pasar malam yang digelar di kampung cukup menjadi hiburan segar. Bahkan melihat kaum wanita berjalan mundur ketika menanam padi di sawah pada pagi hari ternyata asyik juga.

.

.

Jika ada kesehatan, kesempatan, dan kelapangan rezeki saya ingin piknik napak tilas ke kota tempat saya pernah bertugas atau mengikuti pendidikan. Salah satunya adalah liburan di Bogor. Maklum pada tahun 1979 saya mengikuti pendidikan perwira intelijen di Pusdik Zeni selama 10 Minggu. Saya bersama isteri juga sudah pernah jalan-jalan di Kebun Raya.

Saya ingin ke Bogor lagi. Salah satu tempat yang sangat ingin saya kunjungi adalah Istana Bogor. Selama sekolah di Bogor saya hanya sering melihat bangunan cantik itu dari luar pagar. Nah, setelah pensiun dan mempunyai waktu luang yang cukup banyak ini saya ingin piknik ke Istana Bogor.

.

Beberapa alasan mengapa saya ingin piknik ke Istana Bogor./

1. Istana Buckingham saja sudah pernah saya kunjungi masa istana presiden R.I yang ada di tanah air malah belum. Malu donk jika cucuku bertanya tanya tentang seluk-beluk istana yang cantik itu dan saya tidak bisa menjelaskan.

2. Presiden negara-negara lain saja sudah pernah berfoto ria di Istana Bogor. Saya kan juga ingin punya foto yang mejeng di istana itu.

3. Istana Bogor menyimpan banyak kisah. Salah satu di antaranya adalah lahirnya Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar)

4. Saya ingin bermalam di Pajajaran Hotel yang megah dan mengasyikkan.

5. Setelah melihat Istana Bogor saya ingin melanjutkan ke Istana Cipanas. Mungkin pada kesempatan lagi jika ada kesehatan,kesempatan, dan kelapangan rezeki saya bisa mengunjungi istana-istana lain termasuk keraton yang ada di tanah air. Pokoknya piknik dari istana ke istana gitu deh. Inshaa Allah.

Sekali lagi, piknik itu penting. Pekerjaan tak akan ada habisnya. Mari kita manfaatkan waktu senggang untuk piknik bersama orang-orang tercinta. Agar acara piknik bisa nikmat maka perlu dipersiapkan segala sesuatunya dengan baik termasuk mengamankan rumah yang akan kita tinggal. Sebelum berangkat piknik jangan lupa cek kompor, listrik, kran air, dan kunci-mengunci pintu. Kurang elok jika kita sedang berada di daerah wisata masih memikirkan jemuran pakaian,TV yang masih menyala, dan strikaan yang menggunung.

.

.

 Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Piknik itu Penting

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

12 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Wah, pakde udah keliling dunia. Keren euuy. 😀
    Omong-omong main ke Bengkulu, tahun berapa pakde?

    Tahun 197. Waktu saya jadi Danpomdam II/Sriwijaya ke sana bersama Panglima, Pak Karyono, juga ketika Panglimanya Pak SBY kami bermalam di Bengkulu.

  2. siti latifah says:

    Pakdhe sy jg pensiunan tentara di magelang mungkin usianya sm dg pakdhe cholik. Mampir piknik ke banyumas pakdhe 🙂

    Masa? Jangan2 temanku
    Insha Allah

  3. Bai RUindra says:

    Saya ingin sekali ke istana Bogor, smg suatu saat ya Pak De 🙂

    Iya,semoga ketemu di sana

  4. junaedi says:

    wah, pakde ingin ke bogor, saya juga pakde he he he …. lama tidak ke sana. Padahal pernah indekost di dekat kebun raya, hampir tiap hari dilewati, tapi ga pernah piknik ke kebun raya ataupun istana 🙁

    Saya juga, sekolah di Bogor tapi nggak pernah ke Istana

  5. Diah indri says:

    Wow
    Subhanallah lho pakde pikniknya kereen

    Nebeng tugas negara

  6. Indah Juli says:

    Pakde memmen keren, sudah melanlangbuana ke mana-mana.
    Saya juga pengin lagi ke Istana Bogor, sama anak-anak, karena mereka belum pernah 🙂

    Yuk bareng ke Bogor

  7. wah, keren pakde, keliling dunia! Nanti kalo aku udah dewasa, kudu sukses nih biar ikutin jejak pakde keliling dunia hehehe.
    Saya juga pingin banget loh ke istana negara. Lewat sih sering, wong sekolahku deket situ. Tapi masuk kedalem gak pernah hehehehe 😀
    Entar ketemuan ya kalau aku ke Bogor

  8. ade anita says:

    waaahhh… pakde kerennn… sudah pergi nyaris ke seluruh belahan bumi.. andai sudah ada blog, pasti jadi travel blogger yang super keren nih…

    Hooh, dulu hqnya potrat-potret nggak nyatat dengan teliti je

  9. Pakde keren euy, udah mengunjungi banyak tempat 😉 Tempo hari nyaris ke Lombok ya pakde. Ayo kesini Pakde, makan pelecing kangkung 😀

    Sip, kqpan2 tak sambangi

  10. Pencerah says:

    besuk-besuk kalau tamasya mbok saia diajak Pak

    Janji jangan nakal ya

  11. Waah senengnya bisa keliling dunia pakdhe..

    Gratisan lagi hahaha

  12. murtiyarini says:

    Ceritanya seru. Terimakasih sudah berpartisipasi dalam lomba. Maaf, pengumuman ditunda tgl 20 Oktober 2015. Goodluck.

    Rapopo Jeng

Leave a comment