Teks

Kompetisi WMM 2016: Program Ngetop Bank Mandiri

Kompetisi WMM 2016 saya anggap sebagai program ngetop Bank Mandiri. Betapa tidak. Ajang Kompetisi Wirausaha Muda Mandiri ini akan bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas para wira usaha muda di tanah air. Kegiatan yang dimulai tahun 2007 ini telah mampu mencetak   ribuan wirausaha muda. Jumlah itu akan bertambah lagi setelah WMM 2016 digelar.

Sebagaimana kita ketahui perkembangan global mengindikasikan bahwa wirausaha muda akan memainkan peran penting dalam meningkatkan ekonomi negara sekaligus kesejahteraan masyarakat.  Mereka diyakini mampu berperan sebagai innovator, pendorong pertumbuhan ekonomi, dan pembuat perubahan positif dalam masyarakat.

Wirausaha muda sebagai alat untuk menuju kehidupan ekonomi dan sosial yang lebih baik masih menghadapi berbagai tantangan dalam mengawali bisnisnya. Termasuk di dalamnya untuk mengakses keuangan, pendidikan, latihan, infrastutruktur yang lebih baik serta jaringan kerja. Oleh karena itu komitmen serius dari pemerintah, pihak swasta, dan sektor keuangan merupakan suatu keharusan

Salah satu syarat untuk menjadi negara maju adalah memiliki entrepreneur minimal 2 % dari total populasi. Sementara Indonesia, sebagai negara berkembang baru memiliki 1,65% entrepreneur pada tahun 2013.

Wirausaha harus dianggap sebagai aset nasional yang perlu ditumbuh-kembangkan, dimotivasi, dididik, dan dilatih. Jika usaha ini berhasil mereka dapat meningkatkan standar hidup, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan jumlah masyarakat yang sejahtera.

Berkembangnya wirausaha Indonesia akan memperkuat domestic demand sehingga dalam jangka panjang dapat mengurangi ketergantungan terhadap pasar luar negeri. Masih diperlukan usaha keras untuk meningkatkan jumlah wirausaha tersebut. Sekali  peran pemerintah dan pihak swasta sangat diperlukan.

Ajang Kompetisi Wirausaha Muda Mandiri WMM)

Adalah Bank Mandiri yang terpanggil untuk memberikan pembinaan dan pengembangan bisnis kepada wirausaha muda dari seluruh Indonesia melalui kegiatan workshop, coaching, promosi dan pemasaran serta pembiayaan. Terkait hal itu, Bank Mandiri telah menjalin sinergi dengan seluruh stakeholder terkait, seperti pemerintah, lembaga pendidikan, lembaga keagamaan dan LSM, praktisi bisnis, korporasi serta investor dalam rangka pengembangan ajang ini.

Harap diketahui bahwa sejak kegiatan ini digelar tahun 2007, perhelatan WMM telah memberikan pembinaan dan pengembangan bisnis kepada lebih dari 25.000 wirausaha muda dari seluruh Indonesia. Cukup banyak di antara mereka yang berprestasi dan bisa menginspirasi para wirausaha muda lainnya.

Ajang Kompetisi Wirausaha Muda Mandiri

Perhelatan WMM 2016

Tema pelaksanaan WMM 2016 yaitu “Muda, Inovatif, Peduli,” Dengan mengusung tema ini Bank Mandiri ingin menjadikan WMM sebagai salah satu elemen penting dalam pembentukan ekosistem wirausaha yang kondusif. Tujuannya adalah untuk menumbuhkembangkan wirausaha muda yang tangguh, visioner, inovatif, serta memiliki keingingan yang kuat untuk berkontribusi positif bagi masyarakat sehingga dapat meningkatkan daya saing bangsa.”

Pada perhelatan WMM 2016 ini, Bank Mandiri menargetkan dapat menjaring 8.100 wirausaha muda baru untuk digali potensinya, dibina, dikembangkan dan selanjutnya dijadikan mitra sinergi pengembangan usaha.

Bukan hanya itu saja, perseroan ini juga berupaya mendorong para pemenang dan finalis untuk melindungi hak kekayaan intelektual terkait bisnis yang digeluti melalui berbagai program pelatihan dan pembinaan kewirausahaan sehingga dapat digunakan secara optimal sebagai aset produktif.

Hal lain yang menggembirakan adalah dalam perhelatan Wirausaha Muda Mandiri 2016 ini Bank Mandiri mengincar wirausaha muda di bidang pemanfaatan teknologi untuk layanan keuangan atau FinTech. Para wirausaha muda kategori ini berkesempatan memperoleh program pembinaan serta dukungan pembiayaan untuk pengembangan bisnis melalui Mandiri Capital Indonesia.

Menurut Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas, digital fintech merupakan kategori baru dalam bidang usaha Teknologi yang diperkenalkan dalam ajang tahunan kompetisi WMM yang mempertandingkan wirausahawan muda terbaik di Indonesia. Bidang usaha lain pada kompetisi ini adalah wirausaha Industri Perdagangan & Jasa, wirausaha Kreatif, wirausaha Boga, serta wirausaha Sosial.

Wirausaha muda yang berminat dapat melakukan pendaftaran secara online dan tanpa biaya (gratis) melalui website www.wirausahamandiri.co.id, Calon peserta cukup memasukkan informasi dan data pendukung mengenai seluruh data pribadi hingga data usaha yang terhitung mulai 14 September 2016 – 31 Desember 2016.

Selanjutnya, peserta akan melalui 4 tahap penjurian yang ketat baik di level wilayah maupun nasional sebelum diumumkan sebagai pemenang dalam program ini.

Cara mudah mendaftar WMM

Sungguh, wirausaha yang sukses bukan hanya bermodalkan niat, tekad, semangat, dan uang belaka. Mereka juga selayaknya memiliki ilmu dan ketrampilan yang memadai untuk menjalankan usahanya.

Cara mencapai kesuksesan dalam berusaha

Nah tunggu apalagi, wirausaha muda yang memenuhi syarat seyogyanya mengikuti ajang WWM 2016 bergengsi ini. Diharapkan setelah mengikuti perhelatan WWM 2016 mereka dapat menjadi wirausaha muda yang mandiri, profesional, dan bermoral.

Cara menjadi pengusaha muda yang sukses

.

Informasi lengkap tentang persyaratan dan proses pendaftaran hingga pengumuman pemenang dapat dilihat di website resmi WMM 2016 serta twitter @wrausahamandiri.

Sungguh, kompetisi WMM 2016 merupakan program ngetop Bank Mandiri untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas wirausaha muda Indonesia.

Sumber artikel dan gambar:

1. www.wirausahamandiri.co.id

2. Slide Materi Sosialisasi WMM

3. Siaran Pers CEO.CSC/PR.92/2016

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

18 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Ila Rizky says:

    ini event keren, pakdhe. dulu waktu masih kerja di travel agen juga pihak tournya pernah menangin lomba ini, dan ada followup dari program WMM salah satunya training buat karyawan.

  2. Dulu rinda pernah daftar, Pakde, tqpi kayaknya belum dilirik. Hiks hiks.

  3. Sungguh keren bank ini yaaaa program nya. Sbg nasabah setia mereka, saya ikut bangga.

    Salam.

  4. Dian Kelana says:

    Kita hanya bisa men-support mereka yang muda-muda itu pakdhe, karena bagi kita waktunya sudah lewat.

  5. Nining says:

    Untuk masuk ke dalam daftar negara maju, angka 1,65% tsb sepertinya hampir mendekati 2%. Tapi pada kenyataannya, lumayan juga ya untuk menggenjot semangat penduduk kita untuk bisa dan mau berwirausaha.

    Semoga program WMM yang diadakan tiap tahun ini bisa konsisten dan mencapai tujuannya. aamiin

  6. Bagus sekali ya, PakDhe, WMM ini juga sangat menyoroti perlindungan hak kekayaan intelektual bisnis. Seringkali hal ini terlewat oleh pelaku bisnis lokal.

  7. Agung Rangga says:

    acara ini memang keren banget sih pakdhe, beberapa teman saya juga ada yang ikut mendaftar. sayangnya, saya sendiri kurang berminat di wirausaha~

  8. Inayah says:

    Di kampusku ini jadi event yg ditunggu tunggu

  9. Rahmah says:

    Muda dan berwirausaha adalah aktivitas produktif dalam memanfaatkan waktu. Apalagi jika bisa bermanfaat bagi orang banyak

  10. Asep Haryono says:

    Syaa baru punya akun bank Mandiri kira kira 3 bulan yang lalu. Sepertinya haru sbelajar banyak nih saya tentang fasilitas dan fitur Bank Mandiri

  11. Yulia says:

    Di twitterpun jadi trending terus ya ya tagar WMMnya, malah banyak yang dri luar negeri juga..

    Btw masih banyak yang belum tahu ajang WMM ini Dhe.. padahal UKM kita kan jumlahnya ribuan, termasuk pengusaha mudanya itu 🙂

  12. JangIpan says:

    Program Wirausaha Muda Mandiri merupakan kesempatan terbaik untuk para penggerak usaha khususnya para generasi muda yang memiliki inovasi dan karya terbaik untuk menumbuh kembangkan ekonomi masyarakat saat ini.

  13. PakDhe minta doanya ya semoga tahun depan saya bisa ikutan program ini 🙂

  14. uni dzalika says:

    pengin bisa sukses seperti mereka tapinya mungkin di jalur lain, kalau di wmm aku masih belum percaya diri haha

  15. suatu saat ingin ikut acara ini. sekarang lagi belajar bisnis

  16. Retno says:

    Sepertinya program yang perlu ditiru oleh corporate lain, anggap saja bagian dari CSR tapi efeknya jangka panjang, Salim Pakde…

    Betul.Banyak yang melakukannya

  17. Susindra says:

    Luar biasa cara bank terbesar di Indonesia ini menawarkan kesempatan bagi pemuda di negerinya untuk fokus ke hal-hal positif.
    Semoga semakin banyak pemuda kreatif dan sukses di Indonesia. Aamiin

    Juga semakin banyak pihak yang menaruh perhatian kepada para wirausaha muda ini

Leave a comment