Teks

Bulsit di Grup WA

Di lingkungan militer ada istilah bulsit yang merupakan singkatan dari kata penimbul situasi. Kata ini muncul utamanya pada saat mereka melakukan latihan lapangan. Bulsit adalah seseorang atau sekelompok orang yang ditugasi untuk melakukan aktivitas tertentu agar pelaku latihan melakukan kegiatan yang diharapkan sesuai skenario latihan.

Sebagai contoh, satu peleton militer sedang melakukan latihan patroli berjalan kaki. Saat peleton ini akan memasuki perkampungan tiba-tiba terdengar suara tembakan dari arah bukit. Peleton latihan segera bertiarap. Komandan peleton memerintahkan anakbuahnya untuk mengambil posisi dan bersiap melakukan penyerangan.

Lalu apa hubungannya dengan judul di atas?

Di grup WA kadang ada anggota grup yang (seolah-olah) menjadi bulsit (penimbul situasi)  Contohnya seperti postingan di bawah ini.

08231850 Kromo Dingklik.

“Selamat hari ulang tahun Mas Raymoe. Semoga panjang umur, sehat, sejahtera, dan bahagia. Aamiin.”

Spontan postingan ucapan selamat hari ulang tahun itu diikuti oleh teman-teman anggota grup. Ucapan selamat dari teman-teman tadi baru berhenti setelah muncul postingan dari anggota grup yang menjadi sasaran ulang tahun.

“Maaf teman-teman, hari ulang tahun saya bukan hari ini tetapi nanti pada tanggal 23 Agustus. Terima kasih.”

Tentu saja ada anggota grup yang ngeles dot com. “Ya nggak apa-apa, mendoakan kan bisa kapan saja.”  Tapi ada juga yang berkomentar lain terhadap Kromo Dingklik, orang yang pertama kali menulis postingan ulang tahun tersebut: “Cak Kromo Dingklik memang bulsit kok.”

Selesaikah ucap-ucapan tersebut? Ternyata belum sodara-sodara. Seorang teman yang tidak membaca postingan pemberitahuan pemilik ulang tahun menulis postingan ulang tahun lagi. “HBD mas Raymoe, GBU.” Uniknya postingan ini diikuti lagi oleh teman-teman yang rupanya juga tidak membaca postingan yang berulang tahun tadi.

Postingan ulang tahun yang belakangan ini langsung direply oleh teman-teman lainnya. Bunyinya beraneka ragam. Ada yang bilang :“Hlo!” Ada pula yang menulis dengan santun: “Ultah Mas Raymoe nanti tanggal 23 Agustus, Cak, bukan hari ini.”

Bagaimana dengan saya? Tentu saya ikut meramaikan grup dengan menurunkan postingan bergambar. Dengan meme ini grup menjadi semakin seru tapi tidak saru.

.

 

Cara membuat meme lucu

.

Anggota grup yang dianggap bulsit boleh jadi tidak mengetahui dengan pasti kapan sahabatnya berulang tahun. Apalagi jika dia mengambil referensi yang tidak valid. Antara tanggal ulang tahun asli seseorang dan yang tertulis di media sosial kadang tidak sama loch. Tapi bisa juga dia memang ingin mencairkan suasana grup yang dianggapnya garing.

Saya pernah mengalami kesalahan seperti itu. Ketika saya posting ucapan ulang tahun seorang sahabat langsung reply: “Ulang tahun saya bukan sekarang, Pakde.” Saya dengan enteng menjawab: “Saya kan mengikuti notifikasi di FB. Nek inputnya nggak bener ya outputnya jadi salah. Garbage in garbage out”

Bagaimana situasi di grup WA sahabat? Garing, formal, atau memikat?

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

15 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. informasi nya menarik gan, emang bener sih, kadang suka gk nyambung.tapi ya gitulah dunia maya dan dunia sosmed.dan kadang kalo saya emang suka ngasal naro TTL, dan efek nya seperti itu lah gan.btw..numpang ijin nitip link ya gan. agan juga boleh nitip link balik di situs saya.berita maluku,berita ambon makasi ya gan.klik aja link nya, nanti agan boleh naro link di web nya saya.makasi banyak ya gan.oh iya, mohon di approve ya 😀 😀

  2. Hahahaaa Artikelnya menghibur mas, saya suka..
    Di grub wa saya juga sangat sering ada yang aneh2…

    goo.gl/qaYcUy

  3. opickaza says:

    pakde dipanggil mas rek, tambah muda inggih pakde…
    Nek grup WA sih banyak yang share informasi yng manfaat pakde

  4. Ila Rizky says:

    Grup wa ku rame guyonan pakdhe. Apalagi grup reuni pada ketemuan yang satu kota. Hehe. Tapi klo ga ada bahasan jadi sepi nyeyep. Kaya lagi liburan grupnya

  5. Aldy Razor says:

    assalamu alaikum mas, tadi saya email mas di email yang ada di kontak tapi ternyata katanya emailnya bermasalah. nah, saya bermaksud menawarkan artikel saya untuk guest post di blog mas ini. Tolong dibalas yah mas di aldy.renaldi.902@gmail.com

  6. Grup alumni kampus rame kalo ada yg share kuliner daerah. Lha bikin ngiler tho Pakdhe, makanya yang share diminta kirim makanan beneran. Eh yang terakhir bercanda sih, meski kalo ada yang kirim beneran, kami jadi senang

  7. Helena says:

    Ho ho ho…
    ternyata bulsit itu penimbul situasi buat memancing kegaduhan grup WA.
    Saking banyaknya WAG sampai keliru chat, kurang nyimak, dsb.

    Salam kangen dari yang udah lama enggak mampir ke sini,
    Helenamantra

  8. hahahahah bener juga tuh saya alamin juga di grouf wa yang paling saya takutkan adalah capan kematian karena terlalu sering heheheh

  9. azar al says:

    Penting banget sebenarnya, soalnya grup misalnya grup kampus suka sepi hening hihi

  10. NAD says:

    Saya juga punya teman yang begitu Pakde. wkwk. Dia sengaja mengucapkan selamat ulang tahun asal2an di grup, biar menimbulkan situasi, biar grup enggak sepi.

    Btw, saya terinspirasi dari meme-nya Pakde. he he he

  11. Kalau ada yang mengucapkan selamat ulang tahun di grup WA sih biasanya langsung di-copy paste aja sama yang turut mengucapkan berikutnya. Syukur-syukur kalau benar tanggalnya, kalau salah ya salah semua.

    Terus kalau ucapannya dicopas gitu kok ya kesannya yang penting ngucapin aja. Lebih senang bacanya kalau ada yang ngucapin ketik sendiri, dengan bahasa sendiri.

  12. ryan says:

    wah semakin banyak yang manggil mas, pak de malah semakin awet muda 😀

  13. Saya punya banyak grup WA. Jadi nggak bisa nyimak semuanya. Bacanta suka loncat-loncat. Soalnya pusing juga. Satu grup tapi pesan di dalamnya ada ratusan. Jd pusing yg bacanya hehehe

    Postingan yang panjang2 di WA biasanya saya baca judulnya saja hahaha

  14. Dedew says:

    Hahaha baru tahu istilah itu pakde, kirain bullshit..

    Iya, itu istilah di kalangan militer/kepolian, utamanya saat latihan.
    Kalau ada latihan penganggulangan huru-hara bulsitnya biasanya anggota sendiri atau ngajak masyarakat. Asyik tuh jadi bulsit, bisa nglemparkan telur kepada pelaku latihan hahaha

  15. hahaha.. ini pernah terjadi juga di WAG ku, pakde 😀

    Pokoke lucu2 deh di WA grup ya Mas

Leave a comment