7 Jurus Ampuh Melawan Rasa Jenuh

Rasa jenuh bisa melanda siapa, kapan saja, di mana saja, karena apa saja. Silakan simak apa yang dikatakan oleh Rio Febrian.
Maaf, aku jenuh padamu
Lama sudah kupendam
Tertahan di bibirku
Mauku tak menyakiti
Meski begitu indah
Ku masih tetap saja….
Jenuh ….

.

Wheeelhadalah, urusan cinta yang katanya sesuatu yang indah ternyata bisa membuat jenuh manusia. Apalagi karyawan atau pegawai yang terjebak dalam kegiatan rutin di kantor atau perusahaannya. Bayangkan, seorang penjaga pintu tol yang kerjanya seolah-olah hanya itu-itu saja. Menerima uang, ngasih uang kembalian, dan menyerahkan karcis tol. Entah berapa jam sehari dan berapa hari seminggu mereka melakukan pekerjaan yang sama. Itulah sebabnya pimpinan dan staf perusahaan senantiasa berusaha menghilangkan atau minimal mengurangi rasa jenuh tersebut. Olahraga, rekreasi bersama, social gathering, libur, dan pemberian cuti secara berkala bisa menghilangkan kejenuhan.

Bagaimana halnya dengan saya yang sudah pensiun dari dinas militer? Dulu aneka tugas saya kerjakan. Menjadi staf, komandan, dan guru militer merupakan pekerjaan yang asyik. Ada kegiatan dalam ruangan dan ada pula kegiatan di lapangan. Apalagi diselingi mengikuti pendidikan di dalam maupun di luar negeri. Kini saya tidak melakukan aktivitas sebanyak itu. Saya juga tidak mau bekerja lagi karena ingin menikmati pensiun sambil melihat kiprah anak-cucu.

Tentu saya tidak mau menjadi pensiunan yang kerjanya menunggu nasi matang lalu makan dan tidur saja. Nggak elok donk jika ada teman atau kerabat bertanya kepada isteri saya: “Pak Cholik ada, Bu?” lalu isteri saya menjawab dengan fasih: “Ada tuh lagi mlungker. Biasaaaa kekenyangan habis makan.” Mosok pensiunan jenderal disamakan dengan ular. Beda jika pendamping setia saya itu menjawab: “Ada, Pak. Lagi online kayaknya.” Keren habiz kan.

Selain meningkatkan kualitas ibadah, untuk mengisi waktu yang begitu banyak maka saya meneruskan hobi menulis. Saya memilih ngeblog karena blog adalah medan latihan menulis yang sangat bagus. Begitu artikel saya terbitkan maka akan datang pengunjung yang membaca dan memberikan komentarnya. Kegiatan ngeblog ini saya mulai bulan Juli 2009. Jadi sudah cukup lama ya.

.

Blogger Terngehitz

Ngeblog agar otak terus bekerja

.

Karena otak masih jernih pada pagi hari maka saya mulai buka laptop setelah shalat Subuh. Diselingi ishoma (istrahat, sholat, dan makan) saya baru menutup laptop sekitar pukul 21.00. Tentu saja ada juga selingan lain misalnya membuka pintu dan jendela, menyapu lantai, olahraga ringan, dan jalan-jalan cari angin. Padahal di rumah banyak angin loch ya.

Dengan ngeblog maka otak saya masih akan terus bekerja. Ngeblog bukan hanya menulis huruf, angka, karakter, dan insert media saja tetapi di dahulu dengan proses berpikir untuk mencari ide dan menempanya menjadi tulisan. Ngeblog juga bisa mencegah pikun dini loch. Bermula dari ngeblog juga saya akhirnya bisa menerbitkan buku. Dari kegiatan tulis-menulis ini pula saya mendapat banyak kawan dan juga keuntungan materi, uang maupun barang. Itulah sebabnya saya juga rajin mengikuti kopdar blogger dan lomba blog.

Dengan pengalaman ngeblog selama lebih dari 5 tahun itu apakah saya juga pernah dihinggapi rasa jenuh selama ngeblog. Pernah donk ach, namanya juga manusia, apalagi sudah berlabel lansia. Tetapi kejenuhan itu tak berlangsung lama atau sering. Saya mempunyai tip jitu untuk mengusir atau mengurangi rasa jenuh ngeblog tersebut. Ini dia beberapa di antaranya.

.

1. Luruskan niat

Bagi saya, ngeblog bukan agar dianggap ‘lansia kekinian’ tetapi untuk berbagi ilmu dan pengalaman sehingga bernilai ibadah. Ini sudah sering saya sampaikan di berbagai kesempatan. Sudah lansia kan harus memperbanyak menebar kebaikan. Jika niat saya bengkak-bengkok mungkin saya sudah lama hiatus. Jika saya tak ngeblog lagi takut kalau membayangkan Jodha Akbar terus hahahak, piz.

2. Nonton televisi

Standup comedy bisa menyegarkan otak loch. Dengan nonton tv kita juga bisa mendapatkan ide untuk menulis. Artikel berjudul 3 Kebaikan Yang Dipertontonkan oleh Kang Mus adalah ide yang saya dapatkan dari nonton sinetron Preman Pensiun. Sayangnya saya sering tertidur ketika nonton televisi sehingga televisi gantian yang nonton saya.

3. Olahraga ringan

Rasa jenuh juga bisa timbul akibat kesehatan yang kurang fit. Oleh karena itu secara berkala saya melakukan jalan cepat keliling komplek agar kesehatan dan kebugaran tetap terjaga. Kadang naik sepeda jika akan membeli keperluan rumah di toko terdekat. Naik sepeda dan blusukan ke sawah kini juga sering saya lakukan di kampung.

Olahraga ringan

Olahraga bisa menyehatkan jiwa raga

.

4. Rekreasi sehat

Jalan-jalan bersama isteri, anak, dan cucu juga bisa mengurangi rasa jenuh. Polah-tingkah si kecil sungguh menghibur. Jika jalan di mall saya paling senang ke toko buku. Kadang membeli 1-2 buku, kadang hanya melihat-lihat saja. Ini juga bagus untuk melihat judul-judul buku yang ada. Siapa tahu dari buku mereka saya bisa mendapatkan ide untuk menulis buku atau membuat artikel blog.

.

Buku Yuk Ibadah di Dumay

Rekreasi ke toko buku (sambil cek buku karya sendiri)

.

5. Memotret dan membuat video

Saya sering pergi ke sawah atau kuburan yang letaknya mepet rumah saya. Saya bawa kamera untuk memotret apa saja yang saya jumpai di sana. Kadang memotret anak-anak yang sedang berenang di kolam belakang rumah. Kini memotret juga bisa dengan memanfaatkan handphone sehingga setiap ingin motret diri sendiri bisa langsung jadi. Tak heran foto berselfie ria merajai media sosial. Membuat video juga asyik loch. Insert foto dan video juga bagus untuk mengistirahatkan mata dan menarik pengunjung sehingga meningkatkan trafik.

.

Setangkai bunga tanda cinta

Insert foto untuk mengistirahatkan mata pengunjung

.

6. Kongkow alias hangout

Untuk mengistirahatkan otak saya suka colek Kang Yayat Sudrajat sahabat kental yang rumahnya tak begitu jauh dari Galaxy. “Kang, temani saya makan steak, Yuk.” Dengan berboncengan sepeda motor kami menuju warung steak yang lokasinya juga dekat dengan rumah saya. Sambil menikmati steak atau iga bakar. Kongkow sambil makan steak ini saya abadikan dalam artikel berjudul Kang Yayat Sudrajat Bersahabat Tanpa Sekat.  Artikel ini menjadi juara I pada Giveaway bertajuk Teman Ngeblog

.

Wonderful dinner

Hangout menikmati steak lokal

,

7. Jeda ngeblog

Ini hanya kadang-kadang saya lakukan utamanya pada hari libur. Ini mengikuti saran blogger mancanegara, jangan menerbitkan artikel spektakuler saat weekend atau hari libur. Orang-orang pada umumnya tidak menyentuh komputer atau laptop karena mereka sedang rekreasi ke luar rumah. Hal ini saya kecualikan ketika saya mengikuti tantangan blogdetik.com bertajuk Tantangan 30 Hari Nonstop Ngeblog. Saya menjadi salah satu pemenang dengan label Blog Paling Menarik yang rahasianya saya tuturkan pada artikel berjudul 9 Rahasia Kemenangan Saya Pada Tantangan 30 Hari Nonstop Ngeblog. Event yang digelar oleh Mbak Ani Berta bertajuk One Day One Post juga tak memungkinkan saya jeda ngeblog. Rugi dan bisa rusak donk kredibelitas dan kapabelitas saya. Kalau tertidur di meja kerja ya lumrah apalagi jika sampai bermimpi indah, hahahaha.

.

Arti mimpi

Mimpi indah memang asoi

.

.Itulah jurus ampuh melawan rasa jenuh saat ngeblog. Bagaimana cara sahabat mengurangi rasa kejenuhan tersebut?

~Artikel hari ke-8 ( 4 April 2016) One Day One Post~




Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

17 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Yulia says:

    Cara disiplin P’de patut dicontoh nih. Saya masih keteteran sama ngasuh bocah dhe.. hehehe.

    Tapi insya Allah saya juga nggak mau terjebak dengan kejenuhan. Kerjaan bisa dicari, iya kan dhe?

    Salam dari Bandung

    Iya, utamakan tugas pokok

  2. Okti Li says:

    Masa pensiun justru masa dimana banyak waktu luang ya Pak… Tinggal pintar2nya kita dengan apa mengisinya

    Iya, kalau mikir masa lalu malah kena post power syndrom ya

  3. echaimutenan says:

    pak de gaul lagune rio febrian

    Saya suka lagu yang slow2 saja

  4. Jarwadi MJ says:

    foto foto nya ganteng ganteng pakdhe, nah seperti ini yang bikin jadi blogger paling ngehits

    Baunya juga wangi Mas hahaha

  5. Kang Mhan says:

    Pakde jurus2nya pada keren2 semua pakde 🙂

    Saya mah begitu orangnya hahahaha

  6. eda says:

    aku lek jenuh, tinggal turu pakdhe 😀
    abis tidur, pasti fresh lagi :))

    Pasti kebanyakan tidurnya daripada ngeblognya

  7. Inayah says:

    Waduuh kok kita samaan nge quote lagunya Rio wkwkwk. Ntar aku dikira nyontek Pak Dhe

    Hanya dikira kan nggak masalah

  8. Kalo pakdhe sih nggak usah ikutan one day one post juga biasanya posting tiap hari. Keren pakdhe.
    Melawan rasa jenuh enaknya nonton film komedi atau lihat stand up comedy ya pakdhe, hati jadi riang gembira lagi 😀

    Kalau nonton dialog kadang tambah puyeng apalagi jika mereka saling berebut ngomong

  9. Hehe….saya kalo sedang jenuh, bener-bener nggak bisa buka laptop, jadi saya tinggal sejenak, ngrumpi sama tukang sayur, Dhe. :p

    Sambil ngemil wortel mentah kan biar sehat

  10. Helena says:

    Kalau bosen ngeblog, saya periksa dapur mencari makanan. Heheh

    Bagus. Kalau kosong ya mbuat mi instan ya

  11. wylvera says:

    Tips halau jenuh ngeblognya Pakde asyik-asyik ya. 🙂

    Kan Pakdemu nggak asyik Nduk
    (lansia gemagus)

  12. Mantaaaaaappp pakde tipsnya, salam dari jogja.

    Matur nuwun
    Kapan2 tak sambangi ke Yogya

  13. Eko Nurhuda says:

    Kalo saya pas jenuh banget ya mending jeda, Pakde. Bagi saya itu tandanya otak minta istirahat, ya uwis dibawa istirahat aja dulu biar gak hang. Hehehehe. Tapi ya jangan lama-lama istirahatnya.

    Mudah-mudahan komentar yang ini nongol. Amin.

    Kadang tuman, ngajak jeda terus Mas

  14. Nunu Halimi says:

    Noted, di catet pakde, saya rekreasi nya nge-mall kalau lagi ada duit, kalo nggak ada yaa..nge molor aja.

    Sama, apalagi tanggal tua yang rindu-merana

  15. Haha cetar banget nih jurusnya pak de. Apalagi kalau soal ngurus cucu ya Upss
    Buku 7 Keajaiban Rizki mah, kalah ama 7 jurus ini

    Pakai baca-baca mantra

  16. Blog Anwari says:

    Tipsnya keren bang.. Menggelitik namun asyik biar ngeblog gak bikin rematik. Hehe
    Terimakasih banyak atas sharingnya… Salam kenal

    Terima kasih
    Salam kenal

  17. […] Rasa jenuh bisa menimpa blogger, baik newbie maupun blogger senior. Ini melanda blogger yang kurang bisa mencari dan menemukan kegiatan yang bervariasi. Dia terjebak dalam rutinitas menulis dan menerbitkan artikel serta mempromosikannya belaka. Padahal banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan agar kegiatan ngeblog lebih beraneka ragam. Perlu jurus ampuh untuk melawan rasa jenuh. […]

Leave a comment