Manfaat Ganda si Belimbing Wuluh

Manfaat belimbing wuluhDi pekarangan rumah saya terdapat tanaman belimbing wuluh. Lokasinya berpindah-pindah. Waktu saya kecil Emak menanam belimbing yang rasanya asam ini di kebun belakang. Sayangnya ketika saya membuat kolam renang tanaman ini ikut menjadi korban. Bukan hanya itu, aneka pepohonan seperti kelapa, bambu, pepaya, mangga, pisang, jambu, kedondong, dan cermai rata dengan tanah. Untungnya Emak rajin tanam-menanam. Kini kami masih memiliki sebatang pohon belimbing wuluh di samping rumah timur.

Daun dan buah belimbing wuluh ternyata banyak manfaatnya. Emak atau isteri, bahkan tetangga memanfaatkan buah belimbing wuluh untuk memasak sayur asam. Buah ini memang sebagai pengganti buah asam. Selain dipakai sendiri, buah belimbing wuluh ternyata juga dijual kepada orang yang membutuhkan. Tampaknya ada orang yang kerjanya mencari buah untuk kemudian di jual lagi di pasar. Kadang mereka memberi uang Rp.10 ribu kepada Emak untuk buah belimbing wuluh yang diambil langsung dari pohonnya. Nggak pakai ukuran atau tawar menawar. “Asal nggak ditebang pohonnya ya sudah berapa saja dikasih ya saya terima,” begitu kata Emak. Kalau untuk tetangga memang gratis, boleh ambil sendiri, minta ijin atau tidak hahahaha. Karena buah ini bisa dimanfaatkan untuk bumbu masak maka ada juga yang menyebutnya Belimbing Sayur.

.

Manfaat Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh di pekarangan Emak. Buahnya selalu lebat

.

Selain untuk bumbu dapur, belimbing wuluh juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati atau mencegah penyakit darah tinggi. Ini saya ketahui dari beberapa teman waktu bersama-sama mengikuti test masuk taruna Akabri. Kami yang kala itu berkumpul di Lembang (1970) saling bercerita tentang hal-hal apa saja yang perlu dilakukan agar lulus dalam test kesehatan. Untuk menormalkan tekanan darah disarankan mengonsumsi belimbing wuluh. Rasanya memang asam sekali sampai bibir njeber-njeber dan mata merem-merem. Itulah sebabnya kami menyebut belimbing wuluh rasanya ‘berem’ (njeber-njeber dan merem-merem) Waktu itu kami memang makan begitu saja belimbing wuluh itu. Kami belum mengetahui apakah boleh diolesi kecap atau gula untuk menetralisir atau mengurangi rasa kecutnya. Ilmu pengobatan tradisional dari teman-teman saya puluhan tahun yang lalu itu juga masih saya praktikkan untuk menormalkan tekanan darah saya hingga sekarang.

Buah dari tanaman perdu bernama latin Averrhoa bilimbiΒ ini juga sering dimanfaatkan oleh isteri saya untuk mengobati batuk. Bukan hanya batuknya sendiri saja tetapi juga untuk obat batuk anak dan cucu.

Menurut id.wikipidea.org, selain untuk mengobati penyakit darah tinggi dan batuk, belimbing wuluh juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit diabetes, sakit gigi, jerawat, panu, dan sariawan. Sayangnya saya belum pernah mencobanya sehingga tidak bisa menjelaskan secara rinci.

Berdasarkan manfaat yang saya sebutkan di atas maka belimbing wuluh dapat dimasukkan dalam grup tanaman yang berfungsi sebagai Apotik Hidup dan Warung Hidup.

Apakah hanya itu manfaat belimbing? Ternyata tidak sodara-sodara. Dalam lirik sebuah tembang Jawa berjudul Lir-ilir ada kata belimbing di dalamnya. Tembang apik ini diciptakan dan digunakan oleh Sunan Kalijaga untuk berdakwah menyebarkan agama Islam di pulau Jawa. Silakan nikmati tembangnya dan resapi maknanya dalam video di bawah ini.

Selain belimbing wuluh di pekarangan rumah saya juga ada tanaman jeruk purut, belimbing biasa, dan kemangi dan lain sebagainya. Daun kemangi biasanya dipakai untuk lalapan pendamping lauk penyetan (tahu,tempe, ayam goreng, atau lele penyetan)

.

Kemangi untuk lalapan

Daun kemangi untuk lalapan pendamping lauk penyetan

.

Apakah sahabat juga mengoleksi tanaman yang difungsikan sebagai warung hidup dan apotik hidup? Silakan share.

~Artikel hari ke-2 ( 29 Maret 2016) One Day One Post~


Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

21 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Okti Li says:

    Kalo mau nanam belimbing wuluh gimana Pak? Saya adanya buah belimbing (star fruit) saja ☺

    kalau mau cepat ya beli pohon kecil di kebun bibit

  2. Ani Berta says:

    Buah ini kecutnya minta ampun, kalau makan langsung ngilu gigi hihihi.
    Lihat manfaatnya, suatu hari saya akan susah payah nyari buah ini. Mau nanam ah kalau ada bibitnya, buahnya banyak ya, Pak de? Sampai bergerombol begitu πŸ˜€

    Iya, kayaknya berbuah terus tuh

  3. Sulis says:

    Sewaktu kecil, saya suka ngrujak belimbing wuluh pakdhe. Asem2 seger! Sekarang pohon blimbing wuluh semakin jarang. Sekampung, mngkn hanya 1-2 yang punya.

    Toss pak dhe, saya juga punya kemangi. Kenikir, dan juga bbrp pohon buah di blkng rmh. Lmyn, buat invest cemilan dan lalapan sehat πŸ™‚

    Betul itu
    Nggak usah beli,cukup nanam sendiri di polibag

  4. Lestarie says:

    Dulu waktu kecil suka banget kalau manjat belimbing wuluh. Apalagi bisa makan di pohonnya. Kecut2 sambil merem2. Dibuat wedang juga enak loh, Pakdhe. Tinggal dikasih air anget dan gula πŸ™‚

    Mirip lemon tea ya

  5. liza says:

    kalau di aceh dikeringkan dan dijadikan asam sunti dhe, jadi bisa tahan bertahun-tahun. dan asam sunti itu menjadi icon bumbu masak dari aceh

    Betul, jadi awet ya

  6. Ada pohon belimbing wuluh juga di depan rumah saya, Pakde.
    Dulu pas jaman SMA pernah iseng ngerujak pake belimbing wuluh di rumah teman yang juga punya pohon ini. Aseeeeem banget rasanyaaaa!!!
    Huwahhhhh….

    hahahaha..ya jelas donk. Harusnya belimbing buah itu

  7. wylvera says:

    Belimbing ini pas banget untuk pelengkap bumbu asam padeh. Yummyyy …. πŸ™‚

    Nasinya panas pasti jos

  8. Cindy says:

    Saya bacanya jadi ikutan merem-merem nelen ludah πŸ˜€
    Dulu dirumah depok juga punya belimbing wuluh ini Pakde,dan saya suka banget nyemilin,hehehe.

    Kriyus…kriyussss hiiiiiiiii

  9. Rosa says:

    kecut kecut segeeerrrrr pakdhe πŸ˜€

    Yes, bikin nambah nasih

  10. Tatit Ujiani says:

    Sama Pakdhe, belimbig wuluhku juga lebat. Ada juga daun salam. Sayang dau salamku diserang ulat ulu. Akhirnya aku tebang

    Kalau salam nggak ada ya Ngaderi

  11. Wah belimbing wuluh ini enak sekali dibuat masak sayur asem. Segeerrrr.
    Kemangi enak buat temen sambal terasi, buat pecek tempe, pecek terong, buat dimasak pepes tongkol juga sedaap. Haduh ngomongin makanan jadi laper nih pakdhe πŸ˜€

    Bener, isteri saya juga suka nambahi irisan belimbing di atas ikan

  12. Inayah says:

    Ya Allah…baca tulisan ini liurku berleleran hahahah. Maap maap otak langsung terstimulasi
    Biarkan meleleh panjang…terus..terus..panjangkan lagi….yak sedot dengan cepaat! sulrpppppppp ach.

  13. Saya suka belimbing wuluh ini di masakan2 berbumbu santan, jadi buat segar.

    Mungkin bisa menetralisir bau amis ikan juga ya

  14. Nunu Halimi says:

    Assalamualaikum pakde…itu gimana caranya ya pohon belimbing wesi sampai rimbun begitu? Saya ada pohon ini di halaman bisa di hitung jari buahnya, benalunya susah sekali di hilangkan.

    Itu juga dibiarkan begitu saja. Benalu dihilangkan agar tak menydot makanan belimbing

  15. Ria Rochma says:

    Di samping rumah, ada tanaman boimbing wuluh juga, pakdhe. Dulu ditanam bapak untuk iyup-iyupan. Tapi lama-lama, malah dijadikan pelengkap masakan. Malah akhir-akhir ini, karena tomat mahal, bapak minta dibuatkan sambal blimbing wuluh πŸ™‚

    Wah sedap tuh sambal belimbing wuluh

  16. Iman Lukman says:

    Wah saya baru tahu tuh kalo belimbing wuluh itu banyak sekali manfaatnya πŸ™‚ soalnya belimbing wuluh itu rasanya sangat asem bangettt.

    Bener sekali, kecuuuuut bukan main

  17. HARGA says:

    Iya je, kalau bimbing wuluh biasanya buat asem asem pakde, tapi gak taw manfaatnya

    Cukup banyak manfaatnya ternyata ya

  18. Seru ya Pak De bisa berkebun di rumah. Aku belum pernah masak pakai belimbing wuluh, mesti nyoba nih πŸ™‚

    Iya, lumayan ngirit

  19. Ibu biasanya pakai blimbing wuluh, buat sayur asem Pakde. Saya suka karena rasa asamnya semakin jadi. Lebih segerrrr

    Hmmmm…ngiyer2 aku mbayangin kecutnya

  20. archabella says:

    baru nyadar postingan hari kedua kita sama pakde.
    Memang belimbing wuluh biar asem, banyak manfaatnya..terutama kalo saya buat masak..hehe

    Iya, banyak tetangga yang ikut menikmati juga

Leave a comment