Mengikuti Blogger Gathering Agar Hidup Tidak Garing

Blogosphere semakin semarak. Kegiatan para blogger bukan hanya menulis, mempublikasikan, dan mempromosikan artikelnya tetapi ada kegiatan lain yang tak kalah seru. Mereka yang terlanjur akrab di dunia maya mengejawantahkan persahabatannya di dunia nyata. Salah satu bentuknya adalah acara kopi darat yang lazim disingkat kopdar. Saya sudah mengenal istilah ini ketika menjadi anggota Organisasi Amatir radio Republik Indonesia (Orari) sekitar tahun 1980an di Balikpapan.

Bentuk dan skala kopdar blogger beraneka ragam. Yang paling sering diselenggarakan adalah kopdar mini dan medium. Penyelenggaranya bisa berorangan maupun komunitas kecil. Sedangkan kopdar berskala besar umumnya diselenggarakan 1-2 tahun sekali. Saya sering menyelenggarakan acara kopdar mini dan beberapa kali kopdar berskala sedang. Sebaliknya saya juga sering menghadiri kopdar yang diselenggarakan oleh sahabat blogger atau komunitas blogger.

Dalam perkembangannya acara kumpul blogger bukan hanya sekedar temu wajah-temu hati, ngobrol ngiras ngopi, makan snack plus nasi kebuli. Para blogger sudah meningkatkan acara blogger gathering dengan hal-hal yang lebih bermanfaat. Beberapa kegiatan kopdar plus yang pernah saya ikuti antara lain sebagai berikut.

1. Kopdar berskala besar di Yogyakarta. Ini kopdar yang diikuti blogger dari beberapa kota yang ada di Indonesia. Kopdar Blogger Nusantara ini diisi berbagai kegiatan termasuk ceramah dari instansi atau perusahaan. Ada lomba dan hiburan berupa kesenian daerah setempat. Ini moment tahunan, jadi harus saya manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

.

Kopdar Blogger Nusantara Yogyakarta

Temu wajah-temu hati di  KBN Yogyakarta

Courtesy Susindra

.

Kopdar Blogger Nusantara

Joged? Siapa takut

Courtesy:  Om Nh18

.

2. Penganugerahan Srikandi Blogger di Jakarta. Saya menghadiri acara ini atas undangan dari panitia. Acara berlangsung meriah sekali. Saya terkesima melihat tampilan para blogger perempuan nan cantik dan anggun. Blogger yang menerima award Srikandi Blogger juga tampak tampil all out. Sebelum masuk final para peserta telah mengikuti serangkaian kegiatan yang ditetapkan oleh panitia antara lain menulis beberapa artikel di blognya.

.

Srikandi Blogger Award

Penganugerahan Srikandi Blogger

.

3. Sunday Sharing di Surabaya. Kegiatan temu blogger ini digelar untuk sharing aneka ilmu pengetahuan yang bermanfaat. Topiknya selalu berganti pada setiap pertemuan dengan nara sumber yang berbeda. Topik yang pernah saya ikuti antara lain tehnik menulis buku, blogging, fotografi.

.

Sunday Sharing

Sunday Sharing Surabaya

.

4. Workshop Fun Blogger 7 di Surabaya. Kegiatan ini juga merupakan ajang menuntut ilmu perbloggeran. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas para blogger. Haya Aliya Zaki, Shinta Ries, dan Ani Berta yang mumpuni di bidangnya menjadi nara sumber. Mereka selanjutnya kami sebut sebagai CikGu. Ketiga blogger perempuan ini secara bergantian menstranfer ilmu menulis great content, web design, dan monetize blog.

.

Web design is important

Fun Blogging 7 Surabaya

Silaturahmi sambil menyerap ilmu

.

Fun Blogging 7 Surabaya

Sesi yang tak boleh ketinggalan: foto bersama

.

5. Berbagi Ilmu dan Pengalaman di Radio

Saya dan dua orang sahabat blogger mendapat kesempatan untuk berbincang-bincang tentang blogging di Radio Suara Muslim Surabaya. Kegiatan ini merupakan pengalaman yang menarik dan berharga bagi kami. Sebelumnya saya juga sempat diwawancarai jarak jauh oleh RRI Jember tentang kegiatan ngeblog.

.

Wawancara radio

Bincang pagi di Suara Muslim Surabaya

.

6. Citizen Journalist Indonesia Talk

Acara Citizen Journalist Indonesia Talk yang dilaksanakan di Rumah Makan Bu Cokro Surabaya ini diprakarsai oleh Dompet Duafa. Pesertanya adalah para blogger dan non blogger. Saya diminta berbagi pengalaman tentang ngeblog sedangkan rekan sukarelawan Dompet Duafa berbagi kisah kegiatan mereka dalam membantu para korban bencana alam.

.

Citizen Journalist Talk

CJI Talk Surabaya

.

7. Kopdar antar kota antar propinsi

Selain menghadiri kegiatan blogger saya juga sering menyelenggarakan kegiatan kopdar. Tempatnya lebih banyak di Surabaya dan Jombang. Namun demikian saya juga sempat menyempatkan kopdar jika kebetulan sedang berada di kota lain. Medan, Jakarta, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Salatiga, Kendal, dan Jember pernah saya jadikan tempat kumpul-kumpul dengan blogger yang berada di kota tersebut.

.

Kopdar Peluncuran Buku

Kopdar plus peluncuran buku Bintang Untuk Emak di Jombang

.

Dalam mengikuti kegiatan blogger sebagaimana saya sebutkan di atas tentu saya mengeluarkan biaya, utamanya kegiatan di luar kota Surabaya. Walaupun panitia telah menyiapkan beberapa item namun saya juga tetap merogoh dompet. Biaya transportasi dari Surabaya ke kota ke tempat acara (pulang-pergi) tentu saya sendiri yang menanggung. Demikian pula transportasi lokal yang tidak disiapkan oleh panitia. Untuk urusan akomodasi idem dito. Panitia memang ada yang menyiapkan akomodasi secara gratis tetapi saya lebih senang memilih tempat menginap sendiri. Bukan sok kaya atau banyak uang tapi ada pertimbangan lain. Sssst….jika tidur ramai-ramai saya takut paginya harus antri panjang untuk menyerbu toilet. Penyebutan biaya ini bukan untuk menghitung untung rugi loch.

Lalu apa yang saya dapatkan dengan mengikuti kegiatan blogger di atas? Sebandingkah dengan biaya yang telah saya keluarkan? Secara jujur saya harus mengatakan: TIDAK. Saya justeru mendapatkan berbagai keuntungan yang nilainya lebih besar daripada biaya yang saya keluarkan. Ini dia beberapa di antaranya.

1. Saya bisa bersilaturahmi secara langsung dengan teman-teman blogger. Ini saya anggap penting agar persahabatan kami tidak hanya di dunia maya tetapi juga dengan tatap muka langsung. Bukankah silaturahmi bisa memperpanjang umur dan memperluas rezeki. Jika di dunia maya saya sering menulis kata “ha ha ha ha ha” manakala ada kalimat sahabat yang lucu maka saat kopdar saya langsung bisa tertawa ngakak.

2. Menyerap ilmu secara langsung dari nara sumber sehingga saya bisa merespons dengan komentar atau pertanyaan. Tanya-jawab di lapangan biasanya lebih memperjelas apa-apa yang belum saya ketahui. Bahkan bisa langsung mempraktekannya. Ilmu ini bukan hanya berasal dari blogger tetapi juga dari narasumber non blogger.

3. Bepergian ke kota lain berarti piknik atau rekreasi. Saya bisa mengunjungi tempat wisata sekaligus menyantap makanan khas daerah setempat. Tak lupa pula membeli sovenir di sana.

4. Mendapat aneka ide untuk bahan postingan. Sepanjang jalan dan di tempat tujuan banyak sekali keadaan dan kejadian yang saya lihat, dengar, rasa , dan alami. Selain itu bisa juga bisa menambah koleksi foto, baik selfie, wefie, maupun foto rame-rame.

5. Last but not least, dalam kegiatan blogger adakalanya mendapat hadiah lomba, goodybag, dan sovenir.

Berdasarkan pengalaman selama mengikuti kegiatan blogger berikut saya sampaikan beberapa tip agar dalam kegiatan kopdar memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya.

1. Pilih moda angkutan yang nyaman, aman, dan murah. Manfaatkan diskon, jika ada.

2. Jika akomodasi tidak disiapkan panitia pilih penginapan yang murah meriah tanpa mengabaikan kenyamanan dan keamanan. Gaya backpacker sajalah.

3. Makan juga pilih warung yang murah-meriah dengan tetap memperhatikan kebersihan, kesehatan, dan makanannya halalan thoyiban.

4. Jaga kesehatan selama dalam perjalanan dan selama di tempat tujuan. Jangan sampai terlalu lelah atau sakit sehingga mengganggu kegiatan.

5. Jika dalam kegiatan ada acara bagi-bagi ilmu manfaatkan dengan baik. Jangan terlena dan menyibukkan diri untuk selfie, jalan-jalan, atau berbelanja.

6. Ikuti lomba jika panitia menyelenggarakannya misalnya livetweet. Siapa tahu kocek sahabat bisa gembung dari lomba tersebut.

7. Taati dan hormati ketentuan hukum, etika, norma, adat-istiadat di daerah setempat.

Kegiatan blogger memang menyenangkan karena kita bisa bersilaturahmi sekaligus rekreasi. Untuk sementara tinggalkanlah kedudukan, jabatan, dan pangkat agar bisa membaur bersama blogger yang lainnya. Jika ada kesehatan, kesempatan, dan kelapangan rezeki ikuti terus blogger gathering agar hidup kita tak garing.

 ~Artikel hari ke-6 ( 4 April 2016) One Day One Post~




Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

16 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Pakde kapan rawuh ke Bogor nengokin Asinan Blogger

    Nanti diplan dulu kalau sudah nggak banyak hujan

  2. archabella says:

    wah, sudah malang melintang didunia perbloggeran ya pakde.
    Ikut senang lihatnya. Kelihatan sehat karena hati senang.
    Makasih tipsnya buat pemula seperti saya yang baru 2x ikut even kumpul blogger, semoga tertular semangatnya.

    Salam bahagia.. 🙂

    Sering kok kopdar blogger

  3. Lestarie says:

    Pakdhe, dulu kita pernah bertemu di BN loh. Hehehe ngobrol juga sebentar. Semoga bisa ketemu lain waktu nggih, Pakdhe. Sehat dan bahagia selalu. Ditunggu di Semarang 🙂

    Insya Allah akan ke Semarang

  4. Ety Abdoel says:

    Hahaha, ngakak dulu ya Pakde.
    Itu yang momen joged, saya saksinya.
    Kapan kita kopdar lagi Pakde.

    Pengin ke Solo nich
    Nunggu kemarau dulu biar khusu’

  5. Waah…ternyata Pakdhe sudah melanglang buana kopdaran sampai kemana-mana…trus kapan dong Pakdhe rawuh ke Semarang? 😀

    Sedang saya susun nich blusukan keliling Jawa

  6. Pakde Cholik itu mirip banget sama Babe saya, terutama kumisnya. Hihihi. Sehat selalu ya, Pakde. Kita pernah ketemu waktu BN di Jogja. Sukses dan happy2 selalu ya Pakde… ^_^ SUkses juga buat buku-buku terbarunya

    Kumis mantep kan
    Matur nuwun
    Amiin. Dinda juga ya

  7. Hanan M says:

    Seru, menambah pengalaman dan menambah relasi.. hebat pakde semangat terus..
    pingin banget ikut gathering / launching / kopdar dan pingin punya banyak temen blogger kayak gitu tapi belum tercapai. Belum ada yang ngajak soalnya *Kode.. hehehe 😀

    Kapan2 sya ajak

  8. Gia Ghaliyah says:

    Semoga pakde selalu diberi kesehatan oleh Allah agar terus bisa bersilahturahmi dan berbagai ide/ilmu kepada teman-teman blogger. Aamiin

    Amiin, Gia juga ya

  9. aaah Pakdheeee..aku jadi kangeeen kopdar inii..ayo tanggung jawab hehehehe 🙂

    Tunggu Srikandi Blogger maning ya

  10. Inayah says:

    Pak Dhe kalau ke Bekasi atau Pekalongan kabarin yak..aku mau ngajak selfi heheheh

    Sip, nanti tak kontak deh

  11. Diskartes says:

    Pakde,, wah saya jadi kepengen ikutan di dunia real..ngopi kongkow dan bercanda ria…
    keliatan menyenangkan.. Salam

    Iya Mas
    Bisa berjam-jam

  12. echaimutenan says:

    aku jadi inget pas ketemu pakde, ditanya iki lapo nganggo klambi bali iki ngapain :v :v
    wkwkwk

    Ayu tur dapat juara ya

  13. wah luar biasa Pakde masih aktif menghadiri acara gathering seperti ini.

    Biar awet muda Mas

  14. Liswanti says:

    Ikut kopdar memang menyenangkan ya pakdhe, dan suka menemukan ilmu dan pengalaman baru

    Apalagi suguhannya hahaha

  15. hidup seorang blogger memang menyenangkan. di balik menghasilkan uang untuk para blogger, tapi juga bikin hidup kita tidak garing dan sesekali harus berkumpul sama sesama blogger untuk tukar fikiran dan berkonsultasi. 🙂 pengen rasanya jadi seorang blogger yang sukses.

    Lha ini sudah sukses gitu Mas

  16. Acara kopdaran memang selalu seru pakde. Tempo hari akhirnya saya bisa kopdaran dengan Teh Nchie yang sudah kenal sejak 2010. Baru ketemu langsung di tahun 2016 😀

    Pasti seru ya
    Banyak selfienya atau banyak ngemilnya?

Leave a comment