Kapporlap Blogger

Perlengkapan ngeblogUntuk mendukung dan menyukseskan tugasnya seorang blogger pada umumnya memiliki kapporlap (Perlengkapan Perorangan Lapangan) Tak jarang blogger menjadi senewen manakala salah satu atau salah dua kapporlapnya mendadak tidak ada atau tak berfungsi dengan baik. Apalagi jika kapporlap tersebut ngadat atau ketlisut di tengah-tengah pekerjaan yang harus segera diselesaikan dalam hitungan menit atau detik. Maklum, beberapa blogger suka banget ngos-ngosan menuntaskan tugasnya ‘mepet dead line.’

Sebagai seorang blogger yang sudah ngeblog sejak tahun 2009 saya tentu memiliki perlengkapan yang cukup memadai. Perlengkapan tersebut ada yang saya beli dan ada pula yang diberi orang lain. Juga ada yang saya dapatkan melalui lomba atau giveaway. Berikut daftar perlengkapan ngeblog saya.

.

1. Laptop

Benda ini jelas merupakan kapporlap utama saya. Dengan benda ini saya bisa menulis artikel di blog dan juga menulis naskah buku. Jika dihubungkan dengan internet maka saya bisa memanfaatkan benda ini untuk mencari informasi apapun. Jika bepergian ke luar kota saya selalu membawa benda pintar ini.

Jaman memang sudah berubah. Menulis tanpa menggunakan komputer sudah jarang saya lakukan. Untuk membuat naskah khutbah juga saya gunakan komputer. Lebih cepat dan naskahnya lebih mudah dibaca daripada ditulis tangan. Apalagi tulisan tangan saya sudah agak sukar dibaca.

.Peralatan Blogger

Jika sudah di depan laptop saya suka lupa berdiri

.

2. Modem

Karena saya belum memasang internet dengan hubungan kabel maka saya masih memakai modem. Laptop dan modem inilah yang sering saya bawa jika saya traveling ke luar kota. Yang harus dijaga adalah jangan sampai modem ketinggalan. Saya juga menyiapkan modem cadangan jika ingin mendapatkan konenksi dengan kecepatan tinggi.

.

Modem internet

Modem untuk koneksi internet di kampung dan saat traveling

.

Mifi Andromax

Mifi yang hwussssssss….

.

3. Flash Disk Penyimpan Data

Saya membeli flash disk untuk menyimpan data. Ini sebagai cadangan jika sewaktu-waktu saya harus membuat artikel di warung internet. Flash disk juga sebagai alat pengaman jika data di komputer atau laptop musnah. Selain flash disk saya juga mempunyai external hard disk dengan kapasitas yang cukup besar.

.

Flash disk

Alat penyimpan data (flash disk dan external harddisk)

.

4. Kamera

Walaupun di handphone dan tab juga ada kamera tetapi saya tetap memerlukan kamera digital. Selain kamera DSLR saya juga mempunyai kamera saku. Kamera ini saya gunakan jika bepergian dan ingin mengambil gambar yang lebih bagus. Padahal belum tentu juga ya hasilnya. Pengambil gambarlah yang akan menentukan bagus dan tidaknya hasil jepretan. Pokoke, yang penting punya dulu hehehe.

.

Kamera DSLR untuk belajar memotret yang benar

.
5. Printer

Walaupun tidak berhubungan langsung dengan dunia ngeblog tetapi printer juga cukup banyak manfaatnya. Daftar alamat dan label alamat teman-teman blogger yang akan saya kirimi buku atau tali asih saya cetak dengan memanfaatkan printer. Ini lebih praktis daripada ngeprin di warnet atau tukang printer yang ada. Kadang printer di kampung ngadat sehingga saya harus pergi ke desa lain untuk ngeprin.

Saya membeli printer yang dilengkapi alat scanner. Foto bisa saya scan di rumah sehingga lebih cepat. Setelah itu hasilnya saya simpan di laptop. Printer ini juga untuk membantu Dita yang suka mendapat tugas sekolah dan harus diprin. Praktis, bukan.

.

Printer dan scanner

Printer dan scanner

.

6. Gadget

Kemana pun saya pergi saya biasanya membawa handphone plus tablet. Handphone khusus untuk berkomunikasi dengan orang lain sedangkan tablet lebih  multiguna. Bisa untuk  berinteraksi di media sosial, memotret, guyon di WA, dan lain sebagainya. Seringkali saya menengok blog dengan memanfaatkan tablet utamanya jika saya sudah meninggalkan meja kerja dan masuk kamar tidur.

Akhir-akhir ini saya bahkan memanfaat tablet untuk nebeng Wi-Fi hotspotnya. Dengan cara ini saya bisa menghemat pulsa modem.

.

Gadget

Handphone dan tablet merupakan teman yang oke banget

.

7. Power Bank

Alat ini saya bawa manakala saya saya sedang traveling. Selalu ada kemungkinan gadget kehabisan daya dan tidak terdapat tempat untuk ngecas battery. Dengan membawa power bank maka saya masih bisa membuka tablet dan handphone. Bagaimanapun juga komunikasi dengan kerabat dan sahabat masih saya perlukan saat saya sedang berada dalam perjalanan.

.

Manfaat Power bank

Alat bermanfaat agar kegiatan ngeblog tetap berjalan

.

8. Tas Blogger

Dalam rangka traveling untuk acara blogger saya biasanya membawa ransel punggung (backpack) khusus. Isinya tentu lebih banyak perlengkapan ngeblog misalnya laptop, kamera, handphone, alat-tulis, power bank, dan lain sebagainya. Ransel ini sangat praktis karena nempel di punggung sehingga enak pula jika dipakai traveling naik sepeda motor. Agar tampak kece maka ransel ini saya bubuhi tulisan BlogCamp agar tidak tertukar dengan ransel milik blogger yang lain.

.

Backpack blogger

Ransel punggung BlogCamp

.

Blogger backpacker

Ransel punggung, nyaman dipakai, pas di punggung, pas di hati

.

9. Aksesoris

Harus saya akui bahwa kehidupan blogger tak lepas dari lagak-lagu, dan gaya. Istilah narsis dan selfi seolah sudah melekat pada diri para penikmat dunia maya ini. Saya pun tak mau ketinggalan. Biar lansia harus tetap gaya donk ya. Itulah sebabnya saya mempunyai beberapa aksesoris untuk mendukung kehidupan blogger yang katanya suka ‘tebar pesona’ juga hahahaha.

Saya mempunyai koleksi beberapa benda yang bisa mendukung ‘kegilaan tampil beda’ tersebut. Benda tersebut antara lain t-shirt,topi, dan pin blogger. Saya mendapatkan barang tersebut dari teman atau membuat, dan ada yang membeli sendiri.

.

Aksesoris Blogger

Bukan peralatan utama blogger sih, hanya untuk gaya belaka

Blogger lansia

Menurut saya, lebih baik narsis proporsional daripada minder parah

.

Aksesoris lain yang saya miliki adalah tongsis. Alat unyu ini berguna untuk membuat foto diri sendiri.

.

Alat selfi ria

Tongsis, alat praktis untuk narsis

.

9. Perlengkapan Cadangan

Pernak-pernik kehidupan dunia militer masih terus melekat dalam diri saya walaupun saya sudah purnawirawan. Salah satunya adalah ‘cadangan.’

Dalam sebuah upacara akan selalu disiapkan pejabat Cadangan Komandan Upacara, Cadangan Inspektur Upacara, Cadangan Pengibar Bendera, dan pejabat penting lainnya. Ini untuk menjamin agar pelaksanaan upacara berjalan dengan lancar dan khidmat. Bayangkan jika di-tengah-tengah upacara Pengibar Bendera pingsan atau mendadak perutnya mules. Dalam urusan dalam juga ditunjuk Cadangan Perwira Piket, dan lain sebagainya.

Ketika saya diminta untuk menjadi khatib sholat Idul Adha saya menanyakan cadangan khatibnya. “Nggak ada, Mas Lik. Kan panjenengan segar-bugar.” Saya tersenyum lalu berkata: “Gusti Allah itu kalau membuat perut saya mules hanya sekejap, Rek. Saya minta disiapkan cadangan.” Takmir masjid mengalah dan akhirnya menyiapkan khatib cadangan. Saya minta disiapkan khatib cadangan bukan tanpa alasan sodara-sodara. Pasalnya saya pernah naik terdadak menjadi khatib sholat Jum’at karena khatib utama dan cadangan tidak ada yang datang. Tampaknya mereka bepergian ke luar kota tanpa memberitahu takmir masjid.

Saya juga mempunyai peralatan cadangan agar kegiatan ngeblog saya lancar. Alat cadangan itu berupa laptop dan scanner. Kondisi keduanya masih bagus. Lha iyalah, bukankah ban cadangan mobil pun harus dalam keadaan bagus dan tidak gembos sehingga jika ban utama gembos maka ban cadangan bisa menggantikannya.

.

Pasukan cadangan

Peralatan cadangan

.

10. Buku Referensi

Buku memang bukan alat utama ngeblog tetapi penting untuk dimiliki oleh blogger. Saya juga mengoleksi beberapa buku tentang ngeblog. Koleksi tersebut dari ilmu dasar ngeblog sampai buku tentang monetize blog, dan lain sebagainya. Buku seperti ini penting agar kualitas ngeblog saya semakin lama semakin baik.

.

Buku bagus dan bermanfaat

Koleksi buku internet dan blogging di perpustakaan mini saya

.

Saya juga menulis dan menerbitkan buku tentang blogging yaitu Blog Mini Penghasilan Maksimal, Neo Blogger, Blogger Flamboyan, Permak Blog Seminggu Tanpa Pegal Linu, dan Makeover Blog WordPress.

.

Buku referensi ngeblog

Sebagian buku karya saya

.

Itulah kapporlap (perlengkapan perorangan lapangan) saya untuk ngeblog. Jika dipilah-pilah maka ada yang berlabel pokok, penting, dan pelengkap. Bagaimanapun juga saya masih teringat adagium berbunyi ‘It is not a gun but the man behind the gun’ yang akan mempengaruhi pertempuran. Demikian pula di blogosphere, bukan peralatan ngeblognya yang penting tetapi orang di belakang peralatan itu yang akan menentukan apakah blognya menarik dan bermanfaat atau tidak..

Kapporlap apa saja yang sahabat manfaatkan untuk ngeblog? Silakan share.

 

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

10 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Lengkap bener pakdhe, ada tongsis segala hihi.
    Kalo aku yang utama baru laptop, hp, powerbank dan modem aja. Penginnya punya hardisk external dan flash disk sendiri untuk backup data, sekarang masih dipake bareng2 berlima.
    Btw kaos merahnya keren pakdhe 🙂

    Kaos itu saya design dan beli di situs kaos

  2. Yati Rachmat says:

    Pakdeee….mau donk tasnya tuh kereeen…biar pun ninik-ninik pengen juga rada-rada gaya, qiqiqiii…. Huuuh…lengkep-kep-kep nih perlengkapan ngeblognya plus, plus plus…

    Nggak pantes blogger wanita senior pakai ransel Mbak

  3. Pak dheee,,lengkap bingits,,,blogger dan penulis profesional aku cm punya 1 alat,,hape udah itu aja bwt modal ngeblog,,

    Saya nggak bisa ngeblog pakai HP
    Kecil2 banget fontnya

  4. Tatit Ujiani says:

    Saya baru laptop, kamera pocket, hp, power bank . hard disk external belum punya.
    Ngalah dgn anak pakdhe. Flash disk pun berbagi dgn anak. 🙂
    Pakdhe selalu asoy and cihuy

    Anak harus diutamakan

  5. nining says:

    Kece benerrrr ngeliat pakde pakai topi blogcamp. Wush, wush, jobripiw langsung kesambet hihihi. Salam pakde 🙂

    Kece sejak SD sih hahahaha

  6. Keke Naima says:

    Pakde komplit banget peralatan tempurnya 🙂

    Banyak yang sumbangan hahahaha

  7. nh18 says:

    Old Blogger …
    Never Surrender …

    Asssiiiikkkk

    Keren kata-katanya Pak De

    Salam saya

    Matur nuwun Om

  8. Lengkapnyaaaa alat tempur pakdhe…. inspiring!!! Ada cadangannya pula, hehe.

    Kadang laptop yang satu hang je

  9. Inayah says:

    Waah pak de punya merchendaise sendiri…

    Banyak yang dikasih

  10. rita dewi says:

    Waah… saya malah baru punya leptop, modem, sama smartphone thok eh sama kabel data juga. Hihi… kalah jauhlah sama perlenhkapannya Pakde

    Pakde kan sudah lama ngeblog hahahaha

Leave a comment