Teks

Menikmati Musik Semakin Asyik Dengan Speaker Portable

Aku mau bicara soal musik

Tentu bagi penggemar musik
Di mana-mana di atas dunia

Banyak orang bermain musik

Bermacam-macam itu jenis musik

Dari yang pop sampai klasik

Itulah penggalan syair lagu berjudul Musik yang dipopulerkan oleh Bang Haji Rhoma Irama.

Sebagai seorang blogger dan penulis buku saya memerlukan tempat dan suasana yang nyaman. Ini untuk menjamin agar proses pencarian ide dan penempaannya menjadi artikel dapat berjalan dengan lancar sekaligus menyenangkan. Itulah sebabnya saat menulis saya hampir selalu memutar musik kesukaan saya. Lagu-lagu easy listening menjadi pilihan saya. Maklum sebagai penulis berlabel lansia saya merasa kurang pas jika mendengarkan musik cadas.

Pada mulanya untuk mendengarkan musik melalui laptop dan handphone saya menggunakan earphone atau headset. Ini lebih menguntungkan dibandingkan dengan mendengarkannya langsung dari komputer atau gadget. Bagi saya, mendengarkan musik sambil memegang handphone juga kurang nyaman. Terlebih lagi jika saya dalam posisi bergerak, berjalan, atau berlari. Dengan menggunakan earphone atau headset maka tangan saya bisa bebas melakukan aktivitas lainnya misalnya menulis, browsing, dan lain sebagainya. Selain itu kualitas suara yang keluar dari headset juga lebih bagus. Last but not least, mendengarkan musik dengan headset jika dipotret sangat keren, bukan.

Sayangnya dibalik keuntungannya, penggunaan earphone atau headset juka mengandung kelemahan. Konon, memakai alat bantu ini terlalu sering dalam durasi yang cukup lama bisa menyebabkan penggunanya kurang atau bahkan bisa kehilangan pendengaran. Apalagi jika volumenya terlalu besar. Bukan hanya itu, jika earphone atau headset ini sering dipinjam oleh orang lain juga rawan terhadap ketularan bakteri yang bisa menyebabkan gangguan pada telinga.

Berangkat dari bahaya yang mungkin timbul tersebut maka untuk mendengarkan musik saya lebih suka menggunakan speaker portable. Ini saya lakukan terutama jika saya sedang tidak pada posisi bergerak misalnya berjalan kaki atau jogging.

Penggunaan earphone atau headset memang tidak mengganggu orang lain tetapi untuk mendapatkan kualitas suara musik maka dukungan eksternal speaker memang diperlukan. Suara bas dan gendang akan lebih mantap terdengar jika saya mendengarkan musik dangdut atau lagu-lagu campursari.

Sebagai seorang blogger lansia saya kurang suka dengan hal-hal yang menimbulkan kerepotan dan keribetan. Oleh karena itu saya lebih suka menggunakan bluetooth speaker portable daripada yang menggunakan kabel. Ini memang salah satu keuntungan penting dari speaker portable yang koneksinya menggunakan bluetooth. Dengan menggunakan perangkat tanpa kabel ini memudahkan saya untuk menghubungkannya dengan telepon pintar atau laptop. Selain lebih rapi karena tak ada kabel yang malang-melintang juga lebih praktis karena saya tak harus terus menerus menginstalasi dengan memasang dan melepas kabel.

Sesuai dengan namanya, speaker portable model bluetooth juga menawarkan aneka jenis ukuran, model, dan warna yang trendy. Jika ponsel kita berwarna biru maka kita bisa memilih speaker yang warnanya senada. Demikian pula bagi para remaja yang lebih suka warna menyala misalnya hijau, ungu, atau kuning. Ponsel dan eksternal speaker bisa dipadu-padankan. Tak usah heran jika pada Hari Valentine akan ada remaja yang memberi hadiah ponsel plus speaker portable dengan warna pink kepada kekasihnya.

Manfaat speaker portable

Salah satu model speaker portable

 

 

Tentang kualitas suara tak usah diragukan lagi. Walaupun berukuran kecil namun kualitas suaranya sangat bagus. Oleh karena itu perangkat ini bisa juga dimanfaatkan saat melaksanakan piknik di ruang terbuka (outdoor recreation) Bahkan ketika kita berada dalam bis atau kereta api bersama rombongan kita bisa memanfaatkan untuk menghibur mereka dengan musik yang menggembirakan dari ponsel kita. Namun demikian saat traveling bersama orang lain harus tetap dijaga agar suara musik tersebut tidak sampai mengganggu penumpang yang lain.

Bagaimana dengan energi? Walaupun mutu suaranya bagus speaker portable tak terlalu menguras daya. Oleh karena itu kita tak perlu terlalu khawatir kehabisan baterei. Tentu akan lebih bagus jika kita tetap menyiapkan baterai cadangan agar kenyamanan kegiatan tak terganggu.

Speaker portable mudah didapatkan di toko. Namun harap diingat bahwa adagium ‘ada harga ada rupa’ tetap berlaku. Speaker portable yang bagus kualitas suara, model, ukuran, kekuatan, trendy, aksesoris, dan warnanya menawan tentu harganya lebih mahal dibandingkan dengan yang kelas biasa. Oleh karena itu pemilihannya disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan penggunanya masing-masing. Satu hal yang tak boleh dilupakan bahwa saat membeli speaker portable harus tetap dicek kompatibelnya dengan gadget yang dimiliki.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

1 Comment

Skip to Comment Form ↓
  1. Indah Nuria says:

    Speaker portable memang handy ya pakdhe.. bisa dibawa ke mana-mana dan praktis!

    Tapi saya belum punyaaa

Leave a comment