Switchable Me Story: Ngeblog Dulu Baru Nulis Buku

Pensiun dari dinas militer bukanlah akhir segalanya. Sebutan ‘Purnawirawan TNI’ tak lantas membuat saya terkena post power syndrome (sindrom kekuasaan). Saya yang anak desa tetap melenggang dengan gembira dan penuh gaya. Tunjangan pensiun yang saya terima dari pemerintah setiap bulan sungguh sangat saya syukuri.

“Jenderal Cholik, pengabdian di lingkungan militer memang sudah selesai. Namun harap diingat bahwa masih ada pengabdian tahap berikutnya yang tak kalah penting yaitu pengabdian di lingkungan masyarakat.” Begitu pesan atasan ketika saya melaporkan diri untuk pensiun.

Dengan didukung oleh isteri dan anak cucu saya memutuskan untuk tidak bekerja di instansi atau perusahaan apapun. Tawaran dari beberapa teman untuk menjabat ini-itu di perusahaan saya tolak dengan halus. Demikian pula tawaran untuk menjabat sebagai ketua oleh partai politik. Saya ingin pensiun dengan tenang, meningkatkan kualitas ibadah, dan bercengkerama dengan keluarga.

Ketika dinas di lingkungan militer pekerjaan tulis-menulis dan kegiatan fisik cukup banyak. Tak elok jika momen seperti itu langsung berhenti secara drastis. Oleh karena itu kegiatan olah otak dan olahraga sesuai umur dan kemampuan masih saya laksanakan.

Kurang gaya jika waktu yang begitu banyak hanya saya manfaatkan untuk nonton televisi sambil menunggu matangnya nasi. Malu jika ada kerabat atau sahabat bertanya tentang keberadaan saya lantas dijawab oleh isteri: “Ada tuh lagi tidur habis makan siang.” Saya ingin tetap eksis, tidak pergi ke mana-mana tetapi ada di mana-mana.

.

Ngeblog Itu Sexy

Menulis akhirnya menjadi kegiatan pilihan saya setelah pensiun. Wadah yang paling tepat adalah blog. Menurut saya, blog adalah medan latihan menulis yang sangat efektif karena tulisan saya akan dibaca orang lain dan langsung dikomentari.

Agar saya tidak terseret oleh arus negatif dari internet maka saya meluruskan niat yaitu ngeblog sebagai ibadah. Dengan cara ini maka saya berusaha menerbitkan artikel yang menarik dan bermanfaat. Berbagi ilmu dan pengalaman jika dilakukan dengan ikhlas dan benar insya Allah akan bernilai ibadah. Selain itu hasilnya akan lebih barokah dan saya tetap on the right track, tetap berada pada jalur yang benar.

Saya memiliki dua blog utama yaitu Neo BlogCamp dan Blog Apik. Ada juga beberapa dummy blog untuk membackup blog utama.

Selain bisa meneruskan hobi menulis maka dengan ngeblog saya akan tetap eksis dan menjadikan hidup saya berwarna-warni. Sahabat saya di dunia nyata maupun dunia nyata semakin banyak walaupun saya sudah pensiun.

Ngeblog itu sexy karena mempunyai daya pikat tersendiri. Kegiatan yang juga bisa menghasilkan penghasilan tambahan ini menjadi hobi yang akan terus saya tekuni.

Ngeblog Itu Sexy

Ngeblog untuk berbagi ilmu dan pengalaman

.

Menulis Buku Untuk Kenangan Anak-cucu

Setelah lancar menulis di blog saya pun mengembangkan sayap. Atas saran dari beberapa blogger saya meningkatkan kegiatan ngeblog dengan menulis buku. Ilmu dan pengalaman yang cukup banyak saya abadikan dalam buku. Saya mulai dengan menerbitkan buku secara indie lalu meningkat dengan menerbitkan naskah buku saya di penerbit mayor (major publisher)

Beberapa buku yang telah saya terbitkan antara lain : Rahasia Menjadi Manusia Kaya Arti , Blog Mini Penghasilan MaksimalPuisi Enam Tiga, 63 CerminDari 63 Menjadi 1Indonesia Dari Balik JendelakuEs Blogger, Rujak Blogger, Blogger Flamboyan, Manusia Dua Jempol, Dahsyatnya Ibadah Haji, dan Menulis Gaya Pakde.

Pada tahun 2015 saya meluncurkan Program SabulSabuk 2015.Program ambisius ini berupa menerbitkan satu buku setiap bulan sepanjang tahun 2015. Buku yang telah terbit tersebut yaitu Neo Blogger, Jangan Panggil Aku GAN, Dari Blog Menjadi Buku, Enakan Jadi Juragan, Permak Blog Seminggu Tanpa Pegal Linu, Berburu Pahala di Luar Musala,Yuk Ibadah di Dumay, Bintang Untuk Emak, Begal Asmara, Makeover Blog WordPress, Setelah Kata Sah Berkumandang, dan Menang Dengan Elegan.

Dengan karya saya yang cukup banyak itu apakah saya layak mengatakan bahwa menulis buku adalah profesi saya setelah pensiun dari dinas militer? Ach, tak tahulah saya. Yang penting bagi saya adalah membagikan ilmu dan pengalaman agar lebih banyak yang mengetahui dan bisa memanfaatkan tulisan-tulisan saya. Buku-buku itu juga merupakan kenangan bagi anak-cucu.

Cara menerbitkan buku

Sebagian buku yang telah saya terbitkan

.

Peralatan Utama Untuk Blogger dan Penulis Buku

Peralatan utama yang saya gunakan untuk ngeblog dan menulis buku adalah laptop. Sayangnya laptop ini usianya sudah banyak dan kinerjanya juga sudah lambat sehingga kurang mendukung kegiatan saya. Selain cepat panas, laptop ini mengeluarkan suara mendengung dan kadang diikuti suara berdesis. Mungkin laptop ini sudah lelah.

Sepupu saya yang ‘melek komputer’ menyarankan agar saya segera mengganti laptop tersebut dengan perangkat yang lebih bagus. “Ambil saja Acer yang sudah sangat terkenal,” ujarnya. Saya menyetujui sarannya.

Setelah menjelajah situs www.acerid.com dan memilah-milah aneka produk, maka saya akhirnya tertarik kepada sebuah notebook Acer Switch Alpha 12.

Keunggulan notebook Acer Switch Alpha 12

Nikmati keunggulan notebook Acer Switch Alpha 12

.

Berikut beberapa keunggulan notebook 2-in 1 Acer Switch Alpha yang powerful dan fanless

.

1. Ramping dan ringan

Mengapa bobot dan model notebook ini saya letakkan diawal. Yup, walaupun saya termasuk blogger lansia tetapi saya benar-benar menikmati hobi ini. Selain di meja kerja saya juga ngeblog di kamar tidur. Jika saya traveling ke luar kota saya pasti membawa peralatan ngeblog. Pendek kata, notebook merupakan isteri kedua bagi saya.

Dengan kegiatan ngeblog dan menulis buku yang begitu padat maka Switch Alpha 12 saya anggap notebook yang paling tepat. Notebook 2-in-1 ini memiliki ukuran tipis dan bobot yang ringan sehingga bisa saya bawa secara bebas.

Notebook yang ringan dan tipis

Bentuknya ramping, bobotnya ringan

2. Performa tinggi namun sunyi

Sebagai seorang penulis saya tentu membutuhkan suasana yang tenang dan tidak berisik. Ini menjaga dan memelihara konsentrasi dalam menempa ide menjadi tulisan yang menarik. Untuk itulah saya ingin bekerja dengan menggunakan notebook yang memiliki performa tinggi namun tetap sunyi.

Switch Alpha 12 adalah jawabannya. Notebook ini tidak menggunakan kipas konvensional sehingga tidak menimbulkan suara berisik. Sebagai penggantinya Acer mengusung teknologi Acer LiquidLoop™. Acer jenis ini mengandalkan pipa berisikan cairan  pendingin untuk menstabilkan suhu prosesor Intel Core i Series di dalamnya secara optimal. Karena biasanya, sistem pendingin tanpa kipas hanya digunakan untuk perangkat dengan prosesor Intel Core M.

Alhasil, Switch Alpha 12 dapat beroperasi secara senyap dan tidak mengganggu konsentrasi kerja saya dan isteri serta anak-cucu.

2. Tahan lama

Sebagai blogger dan penulis buku saya mampu bekerja berjam-jam secara terus-menerus. Tentu saya memerlukan notebook yang daya pakainya lama. Sistem pendingin tanpa kipas atau fanless yang ada pada Acer Switch Alpha 12 juga membuat perangkat bebas debu. Harap diketahui debu yang menempel pada kipas sangat berpotensi membuat suhu overheat yang merusak motherboard.

3. Nyaman dipakai

Seperti yang sudah saya jelaskan di muka bahwa saya bukan hanya menulis di meja kerja saja tetapi juga bisa pindah ke kamar tidur. Banyak yang mengatakan bahwa meletakkan notebook di atas kasur kurang baik karena ventilasi udara tertutup oleh permukaan kasur. Nah, notebook  Acer Switch Alpha 12 ini tidak memiliki ventilasi udara yang terkadang mengganggu kenyamanan saat notebook dipangku maupun diletakkan di atas kasur. Selain itu sistem fanless ini sangat membantu menghemat daya baterai sehingga Switch Alpha 12 bisa saya gunakan dalam waktu lama tanpa khawatir tidak ada colokan di dekat. Maklum di keretapi kadang ada tempat duduk yang tidak ada colokannya.

 

4. Bisa berubah bentuk

Switch Alpha 12 dapat berubah bentuk sesuai kebutuhan, dari mode tablet menjadi notebook atau sebaliknya. Perubahan ini dapat dilakukan dengan mudah. Pengguna cukup hanya melepas dan memasang kembali keyboard docking yang telah dilengkapi engsel magnet. Dengan engsel magnet ini, melepas keyboard Switch Alpha 12 dapat dilakukan dengan cepat dan aman.

.

5. Scren protection

Keyboard docking pada notebook Acer Switch Alpha 12 bukan sekadar aksesoris. Ia juga bisa berfungsi sebagai screen protection. Acer bahkan mendesainnya super tipis dan membekalinya lampu backlit agar pengguna bisa tetap mengetik meski sedang berada di ruangan dengan pencahayaan redup.

6. Sudut pandang lain

Switcher Alpha 12 dilengkapi kickstand yang bisa diatur sudutnya hingga 165 derajat. Alat ini berguna untuk memberikan sudut pandang yang diinginkan oleh pengguna. Dengan begini, spAcer bisa mengetik, mencatat, dan menggambar lebih nyaman.

7. Kinerja tinggi namun hemat energi

SpAcer yang membutuhkan notebook 2-in-1 dengan performa bertenaga tak perlu meragukan Switch Alpha 12. Hal ini disebabkan adanya prosesor Intel Core i Series generasi ke-6 yang ditanam yang memiliki kinerja kencang dan hemat energi. Inilah yang membuat Acer Switch Alpha 12 berada di level lebih tinggi dibanding produk sejenis yang biasanya masih mengandalkan prosesor Intel Core M.

Acer Swtich Alpha 12 yang ringan

Prosesor Intel Core i Series yang ditanam di Switch Alpha 12

.

8. Lebih kencang

Acer juga menyediakan fitur teknologi terdepan seperti port USB Type-C dengan USB 3.1 gen 1. Melalui port tersebut, pengguna bisa mendapatkan transfer data berkecepatan hingga 5 Gbps, alias 10 kali lipat lebih kencang dibanding USB 2.0. Menariknya, port USB Type-C juga bisa difungsikan sebagai outputvideo dan sumber daya yang dapat mengalirkan hingga 4.5W untuk  gadget pengguna.

USB 3.1 Type C

Dengan port USB 3.1 Type-C transfer data lebih kencang

.

9. Gambar lebih tajam

Notebook Switch Alpha 12 memiliki layar 12 inci yang memiliki resolusi QHD (2160 x 1440 pixel) telah dilengkapi teknologi IPS. Tak heran jika layarnya mampu menghadirkan gambar tajam dan warna yang baik dari berbagai sudut. Bahkan telah membenamkan teknologi BlueLight Shield yang membantu mengurangi emisi cahaya biru pada layar. Dengan begitu mata pengguna tidak cepat lelah walaupun menggunakan notebook dalam waktu lama.

Fitur Acer BlueLight

Fitur Acer BlueLight Shield

menjadikan mata tak cepat kering dan lelah.

.

10. Pena digital Active Pen

Acer melengkapi Switch Alpha 12 dengan pena digital Active Pen. Ini bukan sekedar stylus biasa untuk mencoret-coret layar, tetapi membantu kreativitas penggunanya pada layar semakin tidak terbatas. Stylus dengan sensitivitas hingga 256 tingkat tekanan mampu memberikan pengalaman menulis digital yang rapi dan mudah di layar Switch Alpha 12. Pena ini juga sangat membantu saat menggunakan fitur Windows Inks, seperti mengatur ketipisan dan ketebalan garis atau membuat sketsa digital lebih presisi saat layar menjadi kanvasnya. Wow, keren kan.

Manfaat digital pen

Pena digital Active Pen untuk meningkatkan kreativitas penggunanya

..

Switch Alpha 12, notebook dengan performa tinggi tanpa kipas sangat mendukung kegiatan saya khususnya untuk ngeblog dan menulis buku. Paduan desain inovatif dan teknologi canggih yang dimiliki Switch Alpha 12 memberikan kenyamanan lebih.

Kini saya ajak Anda melihat tayangan berikut ini.

.

Ingin memiliki notebook 2-in1- yang powerful dan fanless? Kunjungi Acer Store maupun toko mitra Acer terdekat di kotamu dan pilih Acer Switch Alpha 12.

.Switch Alpha 12 Story Competition

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

21 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. rita dewi says:

    Waktu yg dimanfaatkan untuk nonton televisi hanya saat jam tayang Anandhi ya Pakde. Hihi….

    Anandhi-Gopi-Thapki

  2. Rodame says:

    Asik, Pakdhe memang keren. Salut, masih belum bisa niru produktivitas Pakdhe nih.

    Kalau soal keren kan sudah banyak yang tahu
    Ganti yang lain donk hahahaha

  3. Darin says:

    Mantap pakdhe. Mungkin saya kelak meniru jejaknya nih.
    Salut!

    Lho, jangan kelak
    Sekarang donk ikuti jejak saya

  4. susanti dewi says:

    waah… keren nih laptopnya pakde, tipis ya…

    Setipis senyummu

  5. Azzura Lhi says:

    Barakallah Pakdhe! Panutan banget emang nih. Karyanya bikin melek. Selalu.

    Hahahaha..isyooo ae
    Matur nuwun

  6. damarojat says:

    “tidak pergi ke mana-mana tetapi ada di mana-mana”

    iya banget Pakde. saya juga merasakan itu setelah kenal dunia blog. walau saya belum di mana-mana banget tapi setidaknya pikiran saya ada di mana-mana. jadi ingat mb Tarry Kitty nih, beliau jg bilang seperti itu.

    Sukses lombanya, Pakde.

    Kalau gak ngeblog mungkin ditarik oleh Pasundra hahahahaha

  7. nia nastiti says:

    Produktif dan positif sekali Pak masa pensiunnya, salut. Review produknya juga komplit, mantap 🙂

    Maklum banyak waktu luang.Kalau hanya ngowoh nanti dirubung laler

  8. Pencapaian Pakde dalam dunia tulis menulis patut diacungi jempol deh.. Makin bertambah usia dan sudah pensiun bukannya kena post power syndrome malah makin kreatif beraktiftas.. Masih sehat dan berkarya.. Sangat menginspiriasi bagi yang uda2..demikian juga bagi diriku..

    Yuk ngeblog tarus akan urat menulis kita semakin lentur

  9. felyina says:

    Wah, postingannya mencubit sekali. Saya yang muda malah kadang ngowoh nggak lapa-lapa, Dhe. Hihihihi
    Stay happy and healthy, Dhe

    Sudah banyak karyanya gitu kok

  10. Bayik says:

    Baru nemu blognya pakde hari ini… jadi semangat untuk mencontoh konsistensi dan produktivitas pakde. Makasih buat sharingnya. Salam kenal.

    Mumpung masih muda hahaha

  11. sungguh produktif dan terus berkarya pak. terus membuat anak cucu bangga hehehehe

    Iya Mas

  12. Luruskan niat: ngeblog sebagai ibadah.

    Ah, sukaaaaaa deh. ^^

    Supaya nggak serong kanan-kiri Mbak

  13. Desi says:

    Ini ni yg belum ksampean Pakde, dr blog to book

    Hayoo dimulai biar sip

  14. Jadi terinspirasi saya.

    Sip

  15. keren banget ya laptop acer

  16. ima says:

    PaDhe selalu konsisten dan inspiratif.

    Terima kasih

  17. Deddy Huang says:

    Cara pakde membalas komen, seperti blogger lawas yang aku kenal dulu2nya.

    Dulu aku juga begitu cara balas komennya, diedit kembali hehe..

    Anyway, usia pakde produktif banget untuk berkarya, aku harus tiru semangatnya.

  18. indah nuria says:

    spesifikasinya oke bangeeet ya pakdhe..semoga menaang 🙂

  19. Rindang says:

    Salut Pakdhe. Malu rasanya sbg anak muda tdk bs seproduktif pakdhe.

  20. papapz says:

    saya sudah mengenal pakde cholik semenjak saya bujangan, sekitar tahun 2009an lah y.. dan pakde cholik selalu jd figure yang patut saya contoh dalam dunia blogging..sukses terus untuk pakde cholik ^^

  21. Ini laptop emang keren pak

Leave a comment