Manfaat Koran Bekas Untuk Mendapatkan Ide Menulis

Buntu. itulah status yang sering ditulis oleh blogger di media sosial. Kata ini untuk menggambarkan sulitnya mendapatkan ide guna mengisi artikel di blognya. Saya juga pernah mengalami hal serupa. Walaupun saya sering mengatakan bahwa ide ada di sekitar kita namun dalam prakteknya kebuntuan tetap saja terjadi.

Kepekaan dan kejelian kita melihat atau mendengar sesuatu sebenarnya bisa mendatangkan ide. Ketika kita melihat upacara memperingati hari ulang tahun kemerdekaan kita terpesona dengan kegiatan pengibaran bendera. Gerak dan pakaian Paskibraka begitu apik, kompak, dan seragam. Seorang blogger yang peka mungkin bisa menulis artikel dengan judul 3 Alasan Mengapa Anak Sekolah Memakai Pakaian Seragam.

Saat berada di kamar mandi terlihatlah pasta gigi, sikat gigi, sabun mandi, gayung, dan peralatan mandi lainnya. Ide tiba-tiba muncul dari aneka benda tersebut. Cara Menggosok Gigi Yang Baik dan Benar, merupakan salah satu artikel tip yang bisa dipilih. Demikian pula jika sedang berada di toilet. Susahnya buang air besar yang dialami bisa mendatangkan ide juga. Setelah mengonsumsi makanan tertentu tiba-tiba kita mengalami kesulitan dalam menuntaskan hajat besar tersebut. Bukankah itu juga sebuah ide yang bagus. Tulis artikel dengan judul Beberapa Jenis Makanan yang Menyebabkan Sembelit. Pengalaman sahabat atau orang lain dalam mengatasi sembelit bisa dijadikan tambahan isi artikel.

Bagi blogger yang sering naik pesawat terbang tentu mengamati bagaimana polah tingkah penumpang ketika berada dalam pesawat. Ada yang sudah duduk tetapi tidak segera memasang sabuk pengaman. Ada yang langsung tidur ketika pramugari sedang memperagakan cara memakai pelampung. Tak sedikit pula yang masih asyik-masyuk memainkan gadget walau sudah diingatkan. Keadaan itu bisa menjadi sebuah artikel yang menarik, bukan. ‘Hal-hal yang Harus Dihindari Ketika Berada Dalam Pesawat Terbang tentu akan bermanfaat bagi orang lain.

Pernah melihat baner atau spanduk yang dipasang oleh instansi kepolisian? Salah satu di antaranya berbunyi ‘Jika mengemudi jangan mengantuk, jika mengantuk jangan mengemudi.’ Ada juga papan peringatan berbunyi ‘Jangan Menilpun atau SMS-an saat mengemudikan kendaraan.’ Ingat-ingat kalimat di atas. Tulis artikel yang menarik dengan memodifikasi kalimat pada baner tersebut. Judulnya? Buat semenarik mungkin agar dilirik pengunjung blog. ‘5 Perilaku Buruk Pengguna Jalan Raya,’ bisa menjadi judul alternatif.

Bagaimana dengan polah tingkah anak-anak? Wow, buah hati kita adalah sumber ide yang tak ada habis-habisnya. Kelucuan, kenakalan, kepandaian, celoteh, pakaian, dan makanan mereka banyak yang layak kita jadikan artikel. Tak sedikit blogger yang menceritakan perkembangan anak sejak dalam kandungan, masa balita, sekolah, hingga remaja. Mereka bahkan membuat blog khusus bagi para krucil kesayangannya.

.

Adakah ide yang muncul dari gambar ini?

.

Suasana saat makan bersama keluarga juga layak dicermati. Makan sebelum berdoa, menggunakan tangan kiri saat menyantap makanan, mulut riuh-rendah saat mengecap makanan, dan makanan berantakan bisa menjadi artikel tip. ‘Cara Melatih Adab di Meja Makan Kepada Anak.’ Artikel parenting seperti ini sangat bermanfaat bagi pengunjung blog.

Dengan beberapa contoh di atas masihkah sahabat mengalami kebuntuan? Oke mari kita sekarang melihat tumpukan koran bekas yang ada di gudang. Coba cari surat kabar yang terbit pada hari Sabtu atau Minggu. Mengapa? Karena koran yang terbit pada waktu weekend pada umumnya berisi aneka artikel human interest, life style, feature, traveling, dan lain sebagainya. Puisi dan cerita pendek pun mungkin juga ada di sana.

Mulailah membaca headline atau judul artikel. Pilah dan pilih judul artikel yang berbeda dengan topik blog. Misalnya blog sahabat tentang parenting maka pilihlah headline tentang life style atau gaya hidup. Misalnya sahabat menemukan artikel berjudul ‘5 Kesalahan Saat Menjalankan Program Penurunan Berat Badan.’ Bingo, sahabat bisa memodifikasi judul tersebut sesuai dengan niche blog. Karena blog sahabat topiknya adalah parenting maka sahabat bisa menulis artikel berjudul ‘5 Kesalahan Saat Membeli Mainan Bagi Anak. Artikel berjudul ‘3 Kesalahan Saat Mengajari Anak Berbahasa Inggris,’ juga bisa menjadi artikel How To yang menarik dan bermanfaat.

Bagaimana jika tidak mempunyai koran bekas? Nggak masalah. Bukankah di internet juga banyak koran atau majalah online. Majalah wanita isinya juga menarik. Demikian pula majalah fashion, kecantikan, sport, komputer, atau gadget. Sahabat tinggal memilih artikel yang berbeda dengan topik blog. Mengapa harus topik yang berbeda. Ini untuk menjaga dan menghindari sahabat tergerak meniru artikel mereka.

So, tak perlu lagi sedu-sedan itu. Jangan munculkan lagi kata buntu atau tak ada ide. Banyak cara dan alat untuk mendapatkan ide. Kepekaan menangkap ide bisa dilatih atau diasah. Semakin sering mengamati kejadian atau keadaan di sekeliling kita maka kepekaan akan semakin meningkat. Membaca buku atau menonton acara televisi juga bagus untuk mendapatkan ide. Tidur pun juga mengandung ide di dalamnya. Bukankah sering muncul artikel tentang posisi tidur yang baik. Cara memilih kasur pegas atau makanan yang sebaiknya dihindari sebelum tidur juga bisa menjadi pokok bahasan. Last but not least, status sahabat di Facebook pun bisa menjadi ide untuk membuat postingan yang oke.

Semakin sering menulis makan akan semakin lentur urat menulis kita. Tak usah meniru gaya tulisan orang lain. Grip menulis (penguasaan) akan muncul dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu.

Bagaimana cara sahabat mendapatkan ide untuk menulis?

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

14 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Langsung nyari tumpukan koran bekas :D.

    Kalau saya lagi buntu dan butuh ide biasanya suka baca sih pakdhe, tapi belum pernah baca – baca koran bekas, hehe. Tak coba deh baca koran bekas, siapa tahu idenya lebih jitu.

    Makasih sharingnya pakdhe

    Koran baru juga boleh kok hahaha

  2. Aku jadi inget kenangan masa kecil.. Dulu itu aku senang sekali baca koran yang dari bekasan pembungkus.. Maklum jaman dulu itu kan koran gak sebanyak sekarang ini..

    Iya, apagi saya yang hidup di desa

  3. Een Endah says:

    Saya jadi ingat, koran bekas dibuat menjadi patung kertas, yang di celup di lem kayu. Mkasih idenya Pak Dhe, saya suka buntu mencari ide menulis.

    Kami dulu menggunakan koran bekas untuk membuat globe

  4. Jiah says:

    js inget temanku Dhe. Dia bikin cerpen ide, kata2 dar koran bekas

    Bagus tuh

  5. betul sekali, pakde. banyak sumber yang bisa menawarkan ide buat kita. ide menulis juga bisa muncul dari hasil kata kunci yang masuk ke blog kita, yg belum sesuai harapan mereka. Baca koran bekas memang joss, saya selain itu juga mengamati perilaku atau pengalaman di sekitar saja. Kadang eksekusinyalah yang tidak mudah. Jelas ide memang ada di mana-mana 🙂

    Banyak jalan menuju artikel yang bagus

  6. nova violita says:

    bener pak de… kalau aku kadang suka buntu… pengen nulis blog tapi idenya apa…, koran bekas banyak dikantor pakde..tapi males baca..he2
    males ga ada obatnya ya pak de…kecuali rajin..

    Malas jangan dipaksa ya hahahaha

  7. Mugniar says:

    PAkdhe benar .. kalo jeli sebenarnya ide itu bertebaran di sekeliling kita. Tinggal ditangkap.

    Saya pernah bilang sama blogger muda, kalo saya saja ibu rumah tangga yang banyakan di rumah bisa nulis macam2 hal terlebih kamu yang sering ke mana2.

    Betul, dari prilaku orang di luar sana kan bisa jadi bahan postingan

  8. opickaza says:

    Indah rasanya kalau punya banyak ide, dan nggak butu artikel sabtu minggu tersebut bisa menjadi How to yang bagus

    Hooh, tinggal kreasi kita

  9. Iya ya Pakde, koq gak kepikiran ya? 😀

    Suka cari di langit yang biru ya idenya

  10. Lidya says:

    masalahnya saya gak punya koran pakde 🙂

    Kasihan dikau Nak

  11. rodame says:

    bermanfaat sekali pakde artikelnya, saya juga kadang buntu mo nulis apa.. hihi tapi ternyata dari sekitar kita itu banya topik bisa diulas ya..

    Iya, polah ingkah anak-anak saja sudah merupakan ide yang buanyak sekali

  12. Yati Rachmat says:

    Wah! Memang betul, selama ini (sejak baca centilan Pakde Cholik bahwa ide itu pating sliwer, pasti aku akan puter otak nyari-nyari, hehe… padahal kata pakde gak usah dicari. Lha pating sliwer je! Postingan terbaru bunda juga karena inget centilan Pakde. Ide lagi buntu — liat rumah, liat poster Mick Jagger trus liat tanamanku Sanse…haha…jadilah postingan malam tadi Rumah ini dan Sansevieria. Pakde, gitu loh. Makasih Pakde.

    Iya Mbak
    Kadang saya dapat ide dari status FB teman2 juga

  13. Masih suka buntu ide nih pakdhe, jadi banyakan nulis masakan aja 🙂

    Yang penting update blog,apapun isinya

  14. Anne Adzkia says:

    Kalau saya malah punya idea list yang belum sempat dieksekusi. Tapi ide bagus juga nih, cari ide dari koran bekas. Daripada buat bungkusan doang ya, Pakde. Hihi

    Iya, siapa tahu ada ide cemerlang dari situ

Leave a comment