39 Tip Dari Member Fun Blogging Community

Internet seolah menjadi universitas terbuka dengan banyak fakultas dan jurusan. Mau mencari ilmu apa saja ada loch. Artikel yang berkaitan dengan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan, dan keamanan pun tersedia. Tentu saja termasuk ilmu pengetahuan turunannya. Tak heran jika para pelajar, mahasiswa, karyawan/pegawai, pedagang, anggota TNI/Polri, dan masyarakat awam menjadikan internet sebagai tempat untuk ‘ngangsu kaweruh’ alias mencari ilmu.

Fun Blogging Community

,

Blogger juga tak mau ketinggalan. Ilmu dan pengalaman yang dimiliki ditularkan kepada orang lain melalui postingan yang diterbitkan di blognya. Artikel ‘how to’ yang mengajarkan atau memberi tahu tentang suatu hal memang menjadi incaran pengunjung. Mesin pencari juga menyukai konten yang menarik dan bermanfaat jenis ini. Di bawah ini saya rangkumkan beragam tip yang ditulis oleh member Fun Blogging Community.

.

Tips menulis

1. Tip Menulis untuk Rubrik “Gado-Gado” di Majalah Femina

Seorang blogger yang sudah terbiasa menulis artikel di blog selayaknya sekali waktu keluar kandang misalnya mengirimkan artikel karyanya ke media. Haya Aliya Zaki memberikan tip cara menulis artikel untuk rubrik Gado-Gado Majalah Femina. Anda bisa mempelajari tip praktis ini dan mempraktikkannya. Pengalaman sahabat akan bertambah dan honornya juga bisa membuat weekend semakin cerah.

2. 7 Cara Menemukan Ide Menulis Dari Kegiatan Sehari-Hari

Jika blogger jarang update artikel di blognya biasanya mengatakan:”Lagi kekeringan ide nih.” Sebenarnya ide itu banyak dan tak jauh-jauh amat tempat kita berada. Di belakang, depan, kiri, dan kanan kita ide bertaburan. Kemampuan menangkap ide dan menempanya menjadi tulisan itulah yang perlu dilatih. Juliana Dewi menyampaikan tip untuk menemukan ide menulis.

3. Cara Menulis Esai Yang Menarik

Untuk membuat sebuah esai yang berkualitas, diperlukan kemampuan dasar menulis dan latihan yang terus menerus. Pada dasarnya, sebuah esai terbagi dalam tiga bagian: pendahuluan, tubuh esai, dan penutup. Dian Nafi mengelaborasi tiga bagian tersebut.

.

Tip blogging

4. Punya Resolusi Tahun Depan Jadi Blogger Yang Dikenal?

Setiap blogger pasti ingin blognya bagus, menarik, banyak trafik, dan dikenal orang banyak. Tak heran jika mereka melakukan berbagai usaha untuk meningkatkan kualitas blognya, baik tampilan maupun kinerjanya. Blog yang bagus tentu bisa mendongkrak popularitas pemiliknya. Shinta Ries telah menyiapkan tip untuk kita semua.

5. Travel Blog yang Komplit Lebih Disukai

Dalam blogosphere dikenal blog berniche (blog yang kontennya membahas topik tertentu) misalnya blog yang hanya membahas traveling. Konon blog jenis ini banyak yang menyukainya. Tentu saja artikelnya harus menarik dan bermanfaat. Myra Anastasia memberikan tip seputar travel blog.

6. Cara Memanjakan Pengunjung Blog dan Mesin Pencari

Tujuan utama membangun sebuah blog adalah untuk menyebarkan artikel agar dibaca oleh orang lain. Itulah sebabnya para blogger berusaha agar blognya mudah diakses, isinya menarik, dan bermanfaat. Abdul Cholik membeberkan tip agar blog bukan hanya disukai manusia tetapi juga oleh search engine (mesin pencari)

.

Tip media sosial

7. Bincang Blogging dan Sosial Media Bersama Swastika Nohara

Blogging dan sosial media berhubungan erat. Blogger yang tak lincah mempromosikan blognya di media sosial ibarat  toko tanpa etalase. Apalagi jika kegiatan blogging sudah mulai diarahkan untuk fun dan profit. Ani Berta bertutur tentang masalah ini dalam perbincangannya dengan Swastika Nohara.

8. Tips Menjadi Ibu (Sosmed) yang Bahagia

Hadirnya media sosial menarik perhatian kaum ibu. Tempat yang sering disingkat medsos atau sosmed ini memang asyik dijadikan ajang kangen-kangenan sambil melepas lelah dan mencari hiburan ini. Windah Saputro mengungkap rahasianya dengan apik agar media sosial bermanfaat.

9. Bergaul Cantik Agar Tetap Eksis di Media Sosial

Media sosial bukan sekedar tempat bercanda dan bertegur sapa. Banyak peluang yang dapat dimanfaatkan untuk berbagi kebaikan, ilmu, dan pengalaman. Di sana berkumpul manusia berbagai jenis karakter dan mempunyai tujuan yang beraneka ragam pula. Nchie Hanie memberikan tip bagaimana memanfaatkan media sosial agar kehadiran kita dapat diterima.

.

Tip Fotografi

10. Pengin Jago Motret? Pakai Kamera Ponsel Saja

Blogger mana yang tidak punya ponsel? Pasti tidak ada yang mengangkat tangan. Blogger dan ponsel selalu seiring sejalan. Gadget ini bukan hanya untuk alat berkomunikasi dengan orang lain tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk memotret. Hasilnya? Tak mengecewakan dan tak akan kalah dengan kamera yang berharga mahal asalkan memahami caranya. Simak tips yang disajikan oleh Sari Novita.

11. Photography 101 for Mama Bloggers

Polah tingkah laku anak memang menyenangkan. Mereka sering menampilkan lagak-lagu dan ekpresi di luar dugaan kita. Momen yang bagus itu tentu sayang jika tak diabadikan. Zata menyajikan artikel ‘how to’ memotret anak agar hasilnya yang ciamik.

12. Memotret Makanan Dengan Kamera Ponsel

Jika sahabat suka menulis resep masakan dan melakukan wisata kuliner maka sebaiknya melengkapinya dengan gambar makanan yang santap. Sajian foto yang menarik akan memberikan nilai tambah terhadap artikel yang sahabat tulis. Untuk menyajikan foto makanan yang bagus sehingga menggugah selera silakan ikuti tip yang diberikan oleh Dyah Prameswari.

.

Tip traveling

13. Yuk Bikin Itinerarymu Sendiri

Bepergian ke keluar kota atau ke luar negeri memerlukan perencanaan yang rapi agar traveling bisa nyaman, aman, hemat, dan mengesankan. Kesalahan atau kekurangan dalam perencanaan dan persiapan bisa mengacaukan segalanya. Muna Sungkar menjelaskan cara membuat itinerary yang mencakup berbagai aspek yang mudah difahami dan diaplikasikan.

14. Memilih Pakaian Yang Tepat Untuk Traveling

Traveling bisa menjadi masalah dan menyebabkan salah tingkah jika kita salah kostum.  Adakalanya dress code ditentukan oleh pengelola suatu tempat wisata. Misalnya wanita tidak boleh memakai short jika akan masuk ke bangunan atau komplek A. Tidak membawa pakaian hangat waktu ke traveling ke negara 4 musim juga bisa membuat kita kelabakan. Nurulnoe telah menulis tentang pemilihan pakaian yang tepat untuk traveling.

15. We Go Travelling With Kids

Traveling sendiri atau berdua saja bisa menguras waktu dan tenaga untuk merencanakan dan mempersiapkannya. Apalagi jika piknik bersama buah hati tercinta. Banyak hal yang harus dipertimbangkan agar acara jalan-jalan itu nyaman, aman, menyenangkan, dan menimbulkan kesan yang mendalam. Ruth Ninajanty mememberikan tip jitu bagi keluarga yang akan melancong bersama anak-anak.

.1

Tip kuliner

16. Nugget Ayam Sehat dan Bergizi Bikinan Sendiri

Daging sapi mahal? No problem at all. Kaum wanita bisa menyiasatinya dengan baik misalnya dengan meminimalisir daging merah. Daging ayam yang berwarna putih juga bisa disulap menjadi makanan sehat dan bergisi kok. Nugget dengan tampilan dan rasa baru misalnya, bukan hanya disukai oleh anak-anak tetapi seluruh penghuni rumah ikut menyerbunya. Archa Bella menuliskan resepnya untuk kita semua.

17. Resep Omelet Mie Sederhana

Pernah kedatangan tamu dari jauh secara tiba-tiba dan sahabat tidak mempunyai persediaan makanan? Nggak usah panik. Jika di dapur masih ada persediaan telur dan mi instan maka itu sudah cukup untuk membuat makanan yang siap santap. Lianny Hendrawati telah menyiapkan resep masakan yang mudah dibuat oleh pengantin baru sekalipun.

18. Sate Ayam Teriyaki

Sate termasuk makanan khas Indonesia yang bisa dinikmati dalam segala medan dan cuaca. Orang asing juga banyak yang menyukai makanan bertusuk bambu ini. Dilihat dari bahannya sate bisa terbuat dari daging kambing, sapi, ayam, kelinci, bahkan ada juga sate telur puyuh. Untuk menambah koleksi masakan sahabat maka Inna Riana menyajikan sate ayam teriyaki yang nyusss.

 .

Tip Parenting

19. Perlukah Anak Kita di Test Type Kecerdasannya ?

Pernah sahabat menguji tingkat kecerdasan si buah hati? Dan apa manfaat test semacam itu? Ida Tahmidah mengisahkan pengalamannya.

20. Tips Mencegah Kecanduan Gadget Pada Anak

Jika anak jaman dulu suka bermain layang-layang atau mobil-mobilan yang terbuat dari kulit jeruk bali kini mainan itu sudah termasuk langka. Saat ini di berbagai tempat terlihat anak-anak asyik main games atau nonton film melalui gadgetnya. Sah-sah saja sepanjang kegemaran baru itu tidak sampai mengganggu waktu tidur, belajar, dan mengganggu kesehatannya. Ety Abdoel menulis artikel tentang cara mencegah buah hati kecanduan gadget.

21. Gagal Mendidik Anak, Fatal Akibatnya

Siapa yang paling dulu disalahkan jika seorang anak berkata, bersikap, dan bertingkah laku tidak baik? Biasanya orangtua yang dijadikan tersangkanya. Setelah itu baru sekolah, dan lingkungannya. Hal ini bisa dimaklumi karena tugas orangtua bukan hanya memberi makan dan pakaian saja tetapi juga mendidik mereka agar menjadi manusia yang berguna.  Wylvera Windayana menyampaikan pandangannya apa kewajiban orangtua terhadap anak yang merupakan amanah Tuhan itu.

.

Tip keuangan

22. Cara Mudah Mempunyai Kecerdasan Finansial

Jika ada uang di kantong kita biasanya lebih mudah tergoda untuk membelanjakan daripada menyisihkan. Berbagai kiat mengelola uang seakan tak kuasa menyetop keinginan untuk membeli ini-itu. Hal ini terjadi karena kita kurang memiliki kecerdasan finansial. Suzie Icus memberikan tip yang berkaitan dengan pengelolaan uang.

23. Yang Harus Dingat Kalau PIN ATM Terblokir

Karena lupa atau tergesa-gesa PIN ATM terblokir. Ini terjadi setelah kita 3 kali memasukkan nomor PIN yang salah. Akibatnya kita tak bisa menarik uang tunai padahal kita sedang memerlukannya. Bagaimana cara mengatasinya? Febriyanto Lukito memberikan solusinya langkah demi langkah.

24. 6 Cara Paling Mudah Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga

Penghasilan bulanan 15 koma. Olok-olok beberapa kaum ibu dalam acara arisan sering muncul. Itu artinya pada tanggal 15 persediaan uang sudah koma alias sudah menipis. Peribahasa berbunyi besar pasak daripada tiang memang ada benarnya. Karena berbagai keadaan uang di dompet begitu mudah meluncur keluar. Liswanti Pertiwi memberikan tip cara menghemat uang tanpa menjadi pelit.

.

Tip kesehatan

25. Cara Sehat dan Langsing Dengan Food Combining

Risau dengan berat badan berlebih? Tak usah bingung dan mencari pola diet yang aneh-aneh. Jika diet kurang pas dengan kondisi badan malahan bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Coba dulu dengan food combining. Tips ini disampaikan oleh Widyanti Yuliandari.

26. Tidur Dengan Lampu Yang Menyala Terang

Tidur dengan lampu yang menyala terang ternyata merugikan. Bukan hanya menambah biaya listrik tetapi juga mengganggu kesehatan kita. Lebih bijak jika sebelum tidur kita mematikan lampu. Simak tips yang ditulis oleh Alaika Abdullah.

27. Khasiat Lemon dan Madu Sebagai Obat Batuk

Batuk, penyakit sejuta umat yang obatnya nggak selalu dengan minum obat. Batuk kadang-kadang misterius, diobati nggak sembuh, eh malah sesudah makan yang dipantang jadi sembuh. Primastuti Satrianto memberikan resep sederhana tapi cespleng untuk mengatasi batuk gatal/batuk ngikil, batuk dehem, dan batuk berdahak

.

.Tip Kecantikan

28. Cantik dan Sehat Nggak Harus Mahal, Coba 9 Tips Sederhana ini!

Jika hanya menuruti keinginan pasti uang di dompet segera menipis hanya untuk menjaga dan meningkatkan kecantikan. Padahal banyak cari untuk mempercantik diri tanpa biaya besar. Silakan simak tips sederhana tulisan Helda.

29. 10 Cara Membuat Masker Sendiri Di Rumah

Bahan untuk membuat masker sesungguhnya cukup banyak di sekitar kita. Jika bisa membuat masker sendiri mengapa harus membeli. Tatit Ujiani menulis tip cara membuat masker untuk para sahabat

30. Just Love Your Self

Banyak status di media sosial yang diawali dengan kata: bahagia itu sederhana. Ini menunjukkan bahwa kebahagiaan itu tak harus dicari sampai ke ujung dunia atau dengan cara yang dianggap’modern’ misalnya dengan mengubah bagian-bagian dari wajah. Neng Nunung menyarankan kita untuk mencintai diri kita sepenuhnya.

.

Tip Fashion

31. Cara Memakai Pashmina Gaya Lilit

Gaya busana wanita tentu bervariasi tergantung selera dan zamannya. Termasuk di dalamnya busana muslim. Nunik Utami menyampaikan tutorial tentang cara memakai pashmina gaya lilit yang mudah dan aplikatif.

32. Camkan Tips Fashion Wanita Masa Kini

Beruntunglah kaum hawa. Fashion berkembang terus dari masa ke masa. Bahan, warna, gaya, model, dan harganya juga aneka rupa. Tinggal bagaimana memanfaatkan perkembangan ini agar sahabat selalu menarik dalam penampilan. Simak tip  yang sampaikan oleh  Christanty Putri Arty.

33. Gaya Fashion yang bisa Membuat Penampilan Terlihat Lebih Gemuk dan Tua

Busana bisa mempengaruhi penampilan seseorang. Walaupun bahannya sederhana dan harganya tak terlalu mahal tetapi bisa tampak elegan bila dikenakan. Sebaliknya pakaian berharga jutaan rupiah bisa membuat yang memandang ternganga karena kurang pas dengan postur si pemakai. Ririe Khayan menjelaskan tentang gaya fashion dan pengaruhnya terhadap pemakainya. Jika tidak ingin seperti itu sahabat tinggal mengubahnya.

.

Tip Pengembangan Diri

34. 5 Jurus Penghapus Masalah Pengundang Rejeki

Semua orang percaya bahwa rezeki makhluk Tuhan sudah ditulis dan disiapkan. Tetapi karena tak ada seorangpun yang mengetahui bagaimana rezekinya itu ditulis maka wajib hukumnya bagi setiap manusia untuk berikhtiar dan berdoa agar rezekinya lancar. Arina Mabruroh membagikan jurus jitu yang berkaitan dengan masalah rezeki.

35. Maaf, Tolong, dan Terima Kasih

Sebagai makhluk sosial kita selalu berhubungan dengan orang lain. Dalam berhubungan dengan keluarga, sahabat, kerabat, tetangga, atau orang lain adakalanya kita melakukan kesalahan. Di sisi lain ada orang-orang yang telah membantu kita spontan atau atas permintaan kita. Pada situasi itu haruskah kita cuek-bebek?  Ada 3 ucapan baik yang dianjurkan oleh Winny Widyawaty manakala kita berinteraksi dengan orang lain.

36. Tak Semua Harus Menunggu Sukses

Benarkah kita harus menunggu sukses agar bisa membahagiakan orang-orang yang kita cintai. Haruskah kita berbagi rejeki setelah uang kita berpeti-peti?Ternyata tidak. Marita Surya Ningtyas mengupasnya dengan apik.

.

Tip Seputar Rumah

37. Merakit Hidroponik Sistem Terapung Sederhana di Rumah

Harga cabe mahal? Tak usah galau. Tanam cabe sendiri saja di sekitar rumah. Bagaimana jika tak ada lahan yang tersisa? Tak usah khawatir, ada jalan keluarnya kok. Evrina memberikan tip yang aplikatif tentang merakit hidroponik.

38. Tips Membuat Photo Wall

Koleksi foto sudah menumpuk dan sayang jika dibuang begitu saja. Barangkali himpunan foto tersebut bisa disulap menjadi hiasan dinding yang menarik. Buat saja frame foto sepanjang dinding lalu isi dengan foto yang menarik. Ratna Amalia memberikan tip cara membuat photo wall yang menarik.

39. Perlengkapan Rumah Yang Harus Diawasi Agar Aman Bagi Balita dan ABK

Di lingkungan rumah kita terdapat cukup banyak barang yang bisa membahayakan anak-anak, utamanya bagi balita. Oleh karena itu para orangtua selayaknya memperhatikan faktor keamanan dalam meletakkan dan mengoperasikan benda-benda berbahaya tersebut. Ade Anita menyampaikan tip yang patut kita perhatikan bersama.

.

Tip dari para sahabat tersebut di atas saya anggap bermanfaat baik dalam rangka blogging maupun dalam kehidupan sehari-hari. Untuk memilih topik dan mengumpulkan bahannya saya harus bersabar karena ada beberapa blog yang tidak mencantumkan label atau kategori. Otomatis saya harus menyusuri satu-persatu artikel mereka.

Dalam kesempatan ini saya ingin menyarankan agar gadget atau widget kategori atau label dipasang di sidebar. Lebih bagus lagi jika pada setiap blog halaman Sitemap. Halaman ini bisa membantu robot mesin pencari menggerayangi artikel sahabat.

Kepada para sahabat blogger yang artikelnya saya pinjam mohon jangan nyubiti saya ya. Tip sahabat sangat bermanfaat bagi pengunjung blog, termasuk saya tentunya

Terima kasih.

Courtesy : Cooltext, situs yang saya manfaatkan untuk membuat logo judul topik.

~Artikel hari ke-12 (8 April 2016) One Day One Post~




Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

57 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Inayah says:

    Nice idea pak Dhe..reshared good article

    This article is called a Pillar Article

  2. Zata Ligouw says:

    Whoaaaa ini beneran keren banget pakde!. Sekumpulan tips keren dalam satu artikel. Langsung aku bookmark nih buat dibaca satu2 🙂 makasih yaaa…

    Ini juga bermanfaat bagi saya
    Terima kasih

  3. Donna Imelda says:

    Artikelnya bagus pakde…. aku dpt notif kalay ada link di pasang di sini, thx pakde. *btw aku nyari2 di bagian mana ya? Ndak nemu Hehehe

    Ada kesalahan tehnis dalam pemasangan link
    Sudah saya perbaiki
    Mohon maaf

  4. momtraveler says:

    Wuihh…. semua deh ada disini. Beruntung ada internet ya dhe apalagi byk temen blogger berbagai tips betebaran tinggal pilih sesuai kebutuhan

    Iya
    Artikel ini untuk menguji akibat yang mungkin timbul karena pemasangan banyak link keluar

  5. Agung Han says:

    Pakde memang kereeenn
    bisa detil membagi tips
    salam sehat dan sukses amin

    Terima masih Mas

  6. Okti Li says:

    Wah, baru tahu emang Mira Sahid member Fun Blogging ya? Angkatan berapa?

    Saya yg gaptek gak bisa membuat label dan tak bisa memasukan tulisan ke dalam label. Mungkin karena itu tulisan saya tidak ada yang dilirik (lagian apa perlunya tulisan curhat doang mah ya?)

    Minta link tutorial belajar buat label dan cara memasukannya biar mudah dicari oleh blogger serta mesin pencarian dong, Pak.

    Hatur nuhun.

    Maaf atas kesalahan data. Sudah saya perbaiki.Terima kasih
    Mbuat label tinggal add gadget Label

  7. Memang hebat teman-teman blogger ini…, postingannya selalu informatif dan membawa manfaat bagi umat…
    Saya masih harus belajar banyak biar bisa seperti mereka 😀

    Betul sekali.Makanya saya suka mengumpulkannya

  8. siiip Pak De… Coba digenapkan jadi 40 tips. Tambahin satu lagi : 9 Cara Bijak Menghadapi The Haters di Media Sosial, ada di website-ku 🙂

    Tiap topik saya kasih 3 artikel. Jadi 13×3=39 hahahaha

  9. Susindra says:

    Terima kasih sudah membantu mengumpulkan artikel keren, Pakde…

    Sama2

  10. Rosa says:

    kereennn banget pakdhe rangkumannya *acungin jempol*

    Terima kasih

  11. Woooow…lengkap banget pakdhe, makasih 🙂

    Hatur nuhun.

  12. Wahhh… seperti sebuah buku pintar ya Pakde. Semua ada.
    Enggak menyangka ada artikel saya juga di sini.
    Maturnuwun Pakde 🙂
    Salam hangat dari Bondowoso

    Tip Jeng Widy kan banyak dicari
    Sama2

  13. evrinasp says:

    Super kreatif deh pak dhe, bisa kepikiran yang nulis kumpulan tip, saluttt, mudanya pasti sangat cerdas

    Terima kasih
    Mudanya memang suka nylithis

  14. Artikel ini jadi seperti bank informasi yang keren.. Jadi gak perlu susah mencari. Tinggal lihat di sini aja.
    Makasih Pakde 🙂

    Sama2,lumayan komplit

  15. liza says:

    banyaknya tips pakde, bingung mau nerapin yang mana. kayaknya yang tidur dengan lampu dengan menyala terang yang harus aku tinggalkan nih dhe

    Lha itu sudah dapat
    Saya juga sudah menerapkannya

  16. rina susanti says:

    mantap idenya pakde….jadi gampang nih kalau mau bw

    Bagus2 lho tipnya

  17. Eko Nurhuda says:

    Wah, saya kena lagi nih karena blog belum dibuatin menu yang berisi labelisasi. Tapi sudah dipasang sitemap kok, juga di bawah tiap posting ada posting sebelum dan sesudah. Mudah-mudahan membantu teman-teman yang berkunjung.

    Salut untuk Pakde yang sudah merangkum 39 tips kece ini. Tinggal di-bookmark terus dikunjungi satu-satu, terutama yang food combining itu. Saya butuh informasinya.

    Yang penting ada navigasi yang memudahkan pengunjung menemukan artikel/topik yang dicari

  18. Wah keren nih idenya Pakdhe, bisa kepikiran mengumpulkan aneka tips seperti ini.
    Makasih Pakdhe, omelet mie ku ikutan nangkring di blog Neo BlogCamp. Patut di bookmark nih buat intip-intip aneka tips lainnya.

    Jadi kangen makan omelet di hotel hahahaha

  19. Ira guslina says:

    Luar biasa. Pak De memang gurunya. Suka idenya Pak De. Tiap bulan selalu saja ada cara dan inovasi untuk mengupgrade level dunia blogger…

    Waktu Pak De bikin GA stand up (meski saya tak ikut) menurut saya inti sebenarnya bukan ttg stand up. Tetapi Pak De mengingatkan saya dan (mungkin) blogger lain tentang upgrade, saatnya blogger bikin vlogger.

    Nah sekarang Pak De menunjukkan “cara manis” untuk berbagi yang di mata saya tak sebatas berbagi tips. Ini cara manis berbagi link..

    Thank Pak De atas ilmu mengayomi yang tak menggurui ini. Semoga suatu saat salah satu artikel di blog saya layak nyelip di blog Pak De. ( eh yYlg terakhir mohon abaikan.:-) )

    Doa untuk Pak De sekeluarga di Jombang… 🙂

    Terima kasih apresiasinya
    Blogger memang jangan selalu nikmat berada dalam zona aman dan nyaman
    Buat trobosan2 agar nggak jenuh

  20. Tatit Ujiani says:

    Jos Gandhos Dhe. Pakdhe kalau banyak link dipasang di konten gini bisa ya ternyata. Ak pikir backlink itu dibatasi.Suwun Pakdhe tipsnya satu-satu sudah saya baca.
    Ladalah ada namaku juga. 🙂

    Saya lagi monitor barangkali ada dampaknya

  21. Hamacaan says:

    keren2 nih idenya, bookmark bisa nih wkwk

    Silakan dimanfaatkan

  22. woowww, ilmu semua ini mah, makasih sharingnya, Pak De, ditandain dulu, biar bisa dibaca satu-satu.

    Iya, terima kasih
    Saya juga suka tip mereka

  23. devi kumala says:

    oooo gitu ya Pak dhe….. Salam dari Bali

    Hooh
    Salam dari Jombang

  24. Dani says:

    Mantabh sekali pakDhe… Keren pilihan artikelnya! 🙂

    Matur nuwun Mas Dani

  25. ada baiknya dikasih link rujukan pakde.. misalnya yang pertama yang menyebutkan mbak haya aliya zaki itu malah bagus.. siapa tau.. pengunjung yang belum tau siapa mbak aliya jadi tau..

    sip.. mampir yang ke berapa ya aku?

    Tiap judul artikel sudah ada linknya Mas. Silakan di klik.

  26. Nchie Hanie says:

    Waaah pakdeku emang top markotop makin hari..
    Tularkan virus semangatnya Dhe…
    Hmm, salut, tepat banget tujuan blogger dengan bagiannya pas..

    Hayu ahh bergaul cantik di medsos eeaa
    Makasih yo Pakdeku 😉

    Saya yang berterima kasih padamu say

  27. @kakdidik13 says:

    Pak Dhe emang top banget, nambahi Pakdhe tips ngeblog memajukan potensi desa hehehe

    Bisa juga

  28. Idenya keren, Pakde. Lebih lagi, artikel yang dipilih bermanfaat semua.

    Memang saya pilih yang bermanfaat

  29. Ida Tahmidah says:

    Ya Allah… keren Pakde..kok kepikiran sih dan rajin juga mengumpulkan yang seperti ini… 🙂

    Pikiran saya kan suka mengembara

  30. Nunu Halimi says:

    Pakde memang kreatif, beberapa ada yang saya butuhkan itu artikelnya, makasih yaaa…

    Sama2

  31. Gurukecil says:

    Isyoooo ae ngrekap gtu.hahaha..kok eike ga nyempil ya??? Wekekekek

    Ngrekap hasil perburuan

  32. Rotun DF says:

    Top markotop niki, Pakdhe. Langsung bookmark. Harus banyak belajar dari blogger senior macem Pakdhe ini, agar bisa jadi blogger yg nggak gitu-gitu aja. Tapi terus berinovasi dan mengupgrade diri. Matur sembah suwun, Pakdhe 🙂

    Ide kadang muncul begitu saja

  33. Elang W says:

    Wah, Pakde telaten banget ngumpulin satu persatu.. 😀

    Sudah sepuh biasanya makin tlaten hahahaha

  34. kakaakin says:

    Kumplit nih, klik di sini aja. Tipsnya banyak banget, pas juga buat sangu di kehidupan sehari-hari 😀

    Mau nulis ada, mau masak juga tersedia

  35. archa bella says:

    Wah..genius mmg pakde!
    Makasih ya pakde,td malam bikin nugget sampai jam 12, ga sia2 diganjar link dipostingan pakde.
    Sangat betmanfaat nih…

    Bagus tuh nuggetnya

  36. wylvera says:

    Masya Allah, Pakde. *menjura banget*
    Ini pasti bermanfaat banget buat yang pengin nyari informasi tentang apa saja.
    Duuuh … luar biasanyaaa. *angkat jempol tinggi-tinggi untuk Pakde. ^_^

    JUga bermanfaat bagi saya
    Bisa dipraktekkan

  37. Ardiba says:

    Wah. Komplit banget Pakde. Kayaknya bakal berlama2 buka page ini. Wehehehehe

    Tip teman yahud2

  38. Liswanti says:

    Kalau baca tulisan Pakdhe saya selalu suka, apalagi yang ini neh. Keren pakdhe.

    Terima kasih

  39. mira says:

    Waahh.. Terima kasih PakDhe untuk artikel dan kumpulan linknya. Menarik dan bermanfaat banget. 🙂

    Sama2

  40. Wah, pakde memberikan inspirasi untuk membuat hal yang sama ni. Keren pakde! Senangnya silaturahmi 2 minggu di challenge ODOP, semoga bertemu lagi di lain kesempatan njih pakde. Salam dari jogja.

  41. Arina says:

    Wah, bagus sekali Pakdhe, bermanfaat 🙂

    Nggak saya cubit ko Pakdhe, malah berterimakasih sekali ada nama saya 🙂

    Saya takut kalau dipithes hidung saya

  42. windah says:

    Aduh pakdhe senang sekali bisa nangkring diblog blogger sepuh nan produktif. Hihihi. Makasih banyak yaa

    Mumpung masih muda hahahaha

  43. Ririe Khayan says:

    Ajib tenan idenya Pakdhe.

    Terima kasiiiiihhhhhhh…..*speechless*

    Mudah menulisnya tapi agak lama berburunya

  44. Keke Naima says:

    asiikk ada nama saya. Jaid makin semangat menulis. Terima kasih, Pakde. Yuk, traveling 🙂

    Yuk….traveling bersama keluarga memang asyik

  45. Hanan M says:

    Keren bgt pakde. Ini ku bookmark ya soalnya artikelnya bgt keren2 bgt biar gampang kalo pingin baca artikel terkait tinggal kunjungin blog pakde.

    Iya, ada beberapa yang saya incar untuk dipraktekkan

  46. Ratns says:

    Subhanallah, ide postingan yang keren pisan Pak Dhe. Ngga terlintas euy. Hatur nuhun, ide saya ada yang nyantol di tulisannya Pak Dhe 🙂

    Hasil perburuan selama 3 hari nich

  47. Febriyan says:

    Wahhh. Keren pakde ide kompilasinya. Makasih banyak Pakde dah masukkan nama saya di sini.

    Terima kasih juga Mas

  48. ophi ziadah says:

    Tulisan dgn ide yang super pakde…
    Cool…

    Terima kasih

  49. […] melakukan perburuan artikel melalui 3 pintu itu itulah saya bisa menerbitkan artikel berjudul 39 Tip Dari Member Fun Blogging. Sebetulnya masih ada satu pintu lagi yang bisa saya gunakan yaitu Widget Search/Pencarian. Namun […]

  50. Makasih, Pakde. Aku padamuuu! :*

    Aku juga

  51. kania says:

    makasih tipsnya pakde

    Sama2

  52. Lengkap tenan, Pak Dhe. Kayak gado gado. Kenyang saya!

    Eh ada nama saya juga. Matur nuwun sanget, Pak Dhe 🙂

    Saya yang terima kasih, Jeng.

  53. wah, wajib dibintangi ni, pakdhe.

    Bookmark

  54. Noe says:

    Makasih pakde audak di backlink… Banyak tips buat dibaca, baca aah biar makin cihuy!

    Iya, biar satu paket

  55. Maya Siswadi says:

    Wuiiiihhh lengkap bangeett Pakdhe, rajin bangeettt kumpulinnya

    Mumpung saya masih muda ya harus rajin

  56. tejo says:

    terimakasih bos infonya dan salam sukses selalu

    sama2 masbro

Leave a comment