Cara Membuat Mesin Kocok Untuk Berbagai Keperluan

Setiap kali saya menggelar Kuis Tebak Nama Model untuk menentukan pemenangnya saya adakan undian. Nama peserta yang menjawab dengan benar dan lengkap saya tulis di secarik kertas kecil lalu saya gulung dan masukkan ke dalam gelas. Gulungan kertas ini lalu saya kocok dan satu persatu saya tuangkan dari gelas. Nama-nama yang keluar dari gelas itulah yang menjadi pemenangnya. Biasanya saya ambil 3 nama saja.

Suatu saat Pak Marsudiyanto memberitahu saya tentang widget undian yang disiapkan oleh RANDOM.ORG. Widget ini bisa dipasang di sidebar blog. Jika mengadakan kuis maka widget ini bisa digunakan untuk mengundi pemenangnya. Dengan cara ini maka saya tidak perlu lagi menulis nama peserta pada secarik kertas, menggulung, dan mengundinya. Lebih praktis dan lebih menggunakan tool ini.

Pada kuis tebak model yang baru lalu saya juga memanfaatkan mesin kocok yang saya pasang di sidebar.

.

Integer Widget Wizard

.

Jika sahabat ingin memasang widget undian (atau saya sebut mesin kocok) untuk berbagai keperluan silakan mengikuti langkah demi langkah berikut ini. Saya sertakan gambar peraga agar mudah diikuti

.

Silahkan menuju ke atau klik halaman Integer Widget Wizard pada situs RANDOM.ORG.

1. Ada beberapa langkah untuk membuat widget. Kita mulai dengan langkah pertama yaitu membuat tampilan umum kotaknya. Lihat gambar di bawah ini.

.

Cara membuat widget mesin undian

Pada langkah pertama ini terdapat kolom yang harus diisi yaitu judul, tombol aksi, ukuran lebar dan ukuran tinggi widget.

– Judul bisa disesuaikan dengan acara yang diselenggarakan misalnya Kuis Tebak Nama Model, Kuis Tebak Gambar, Arisan Warung Blogger, dan lain sebagainya. Sesuaikan dengan keperluan sahabat. Untuk acara arisan di dunia nyata juga bisa memanfaatkan widget ini loch.

– Tombol aksi, judul aslinya adalah Generate. Sahabat bisa mengganti dengan kata dalam bahasa Indonesia misalnya Undi atau Kocok.

– Isi ukuran lebar widget. Saya mengisi lebar widget 200 pixel sesuai lebar sidebar blog.

– Isi tinggi widget, bisa disamakan dengan lebar widget atau lebih kecil. Saya pilih 175 pixel untuk tinggi widget.

– Jika widget ingin diberi batas maka centang bulatan kecil bertuliskan “Yes, put a border around the widget.” Jika ingin tanpa kotak pembatas maka centang bulatan bertuliskan :” No, leave the widget without border.”

(lihat gambar peraga di atas)

2. Langkah kedua adalah mengatur warna widget yang meliputi warna teks, latar belakang, dan warna area. Ini terserah selera sahabat. Bisa disesuaikan dengan warna blog atau berbeda. Lakukan uji coba beberapa kali sampai menemukan warna yang pas di blog dan pas di hati sahabat.

.

Cara membuat widget mesin undian blog

.

3. Langkah ketiga adalah mengatur konfigurasi angka minimal dan maksimal. Kolom-kolon yang tersedia bisa dikosongkan untuk diisi nanti jika sudah diketahui angka maksimalnya (misalnya peserta yang jawabannya benar dan lengkap). Jika peserta kuis yang jawabannya benar sebanyak 25 maka angka maksimal diisi 25 sedangkan angka minimalnya diisi 1. Demikian pula jika peserta arisan yang belum narik jumlahnya 20 maka kolom maksimal diisi 20.

.

Cara memasang widget undian

.

4. Langkah keempat adalah melihat hasil pekerjaan kita. Pada halaman ini akan terlihat bentuk widget dan juga sudah disertakan kodenya.

.

Cara membuat widget undian

.

Inilah tampilan mesin kocok bawaan (default) Jika ingin mengubahnya klik tombol Go Back and Change Setting. Jika ingin memakainya silakan copy kodenya dan simpan di laptop/komputer.

.

Cara membuat mesin kocok

.

Di bawah ini salah satu tampilan mesin kocok hasil modifikasi beserta kodenya. Warna bisa diatur sesuai keinginan dan selera sahabat.

.

Cara mengambil kode mesin kocok

.

Cara Memasang Widget Mesin Kocok di Blog WordPress

Saya praanggapkan bahwa sahabat sudah setting mesin kocok sesuai selera dan kode sudah dicopy serta menyimpannya di komputer.

1.  Silakan masuk ke dashboard blog WordPress.

2. Klik dan geser widget Text ke bilah Widget.

3. Beri judul widget misalnya : Mesin Kocok.

4. Pasang kode yang sudah dicopy di kolom yang tersedia. Jika ingin posisinya di tengah tambahkan kode <center> di awal dan di akhir kode.

5. Tekan tombol Save.

.

Widget Mesin undian di blog WordPress

.

5. Jika langkahnya benar maka widget akan tampil manis di sidebar blog seperti di blog saya ini.

.

Mesin kocok online

Mesin kocok Neo BlogCamp

.

Cara Memasang Widget Mesin Kocok di Blogspot

Langkahnya hampir mirip dengan pemasangan di blog WordPress. Hanya beda istilah saja.

1. Masuk ke dashboard Blogspot sahabat.

2. Klik menu Layout.

3. Pada Layout klik tombol Add Gadget pada Sidebar.

4. Tambahkan Gadget HTML/JavaScript.

5. Tulis judul pada kolom yang tersedia misalnya Mesin Kocok

6. Paste kode gadget yang sudah dicopy sebelumnya

7. Tekan tombol Save.

.

Cara pasang mesin kocok di Blogspot

.

8. Jika langkahnya benar maka gadget Mesin Kocok akan tampil manis seperti di Blogspot saya.

.

Cara memasang gadget msein kocok di Blogspot

.

Cara Mengoperasikan Mesin Kocok

Setelah mesin kocok siap maka kita dapat mengoperasikan jika kita sedang menggear acara kuis misalnya. Untuk itu data harus tersedia dalam bentuk angka. Mari kita simulasikan.

.

Cara membuat mesin kocok

.

1. Jika peserta yang menjawab benar dan lengkap sudah diketahui maka nama-namanya langsung diberi nomor undian, mulai angka 1 sampai sejumlah penjawab yang benar. Misalnya : Amin 1, Yuni 2, Yuli 3, Raymoe 15, dan seterusnya sampai seluruh penjawab benar mendapatkan nomor undian.

2. Misalnya penjawab yang benar jumlahnya 25 maka angka 25 dimasukkan ke dalam kolom bertuliskan Max, dan angka 1 dimasukkan ke kolom bertuliskan Min.

3. Sebaiknya tombol Kocok ditekan berulang kali dulu agar angkanya bercampur.

4.  Kini sahabat bisa memulai mengundinya. Tekan tombol Kocok, tunggu prosesnya sampai putaran berhenti dan menghasilkan angka. Misalnya kocokan pertama muncul angka 14 pada tulisan Result. Catat nomor dan lihat siapa pemiliknya.

5. Lanjutkan dengan menekan tombol Kocok lagi sampai muncul angka baru. Jika yang keluar angka 14 lagi maka ulangi lagi karena angka tersebut sudah keluar pada kocokan pertama.

6. Demikian kocok-mengocok dilakukan sampai jumlah pemenang sudah terkumpul. Jika jumlah pemenang ditentukan 10 orang maka sahabat harus mengocok sampai 10 kali.

.

Oh iya, Mesin Kocok tidak harus ditempatkan di Sidebar Blog. Sahabat bisa memasangnya sebagai Page atau Halaman di bawah Header. Penempatannya juga tak harus permanen. Jika undian sudah selesai maka widget tersebut dapat di hapus atau disimpan di bilah inactive widget (WordPress)

Cara membuat mesin kocok untuk berbagai keperluan ini sangat bermanfaat. Bayangkan jika sahabat ingin mengundi semua peserta lomba yang jumlahnya 238 orang. Capek kan jika harus membuat gulungan kertas berisi nomor untuk diundi. Dengan cara ini sahabat cukup membuat satu widget saja dan hanya mengisi angka 1 dan angka 238. Joss.

Selamat mencoba.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

10 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Abdul Cholik says:

    Agar mudah mempraktikkan tip ini sebaiknya sahabat membuka tiga jendela yaitu jendela blog ini, blog sahabat, dan situs Random.org.
    Jika hanya dibaca apalagi dipenthelengi saja memang sulit, jadi harus langsung dipraktekkan.
    Ngaten nggih

  2. rita dewi says:

    Oo.. jadi kocokannya lbh modern nggih Pakde. Seperti acara kuis yg di tipi2 itu.

    Iya, lebih mudah juga

  3. Inayah says:

    Aha! Bisa dicobaaa…

    Bisa…bisa

  4. Marsudiyanto says:

    Mesin ini cocok untuk Juragan Kuiz spt PakDe Cholik.
    Salam untuk semua warga Surabaya dan nJombang

    Iya Mas
    Matur nuwun ilmunya

  5. yudy ananda says:

    tadi pas buka dari beranda saya berasumsi ini mesin kocok buat kue, atau semacam mixer 😀 ternyata oh ternyata kocokan digital

    Kalau mesin kocok buat kue tinggal beli di toko Mas
    Kalau mbuat sendiri ribet

  6. Felyina says:

    Kalo saya (sebagai peserta) kok lebih seneng liat proses kocok2 yang cara konvensional gitu ya, Dhe. Kalo kuisnya online, biasanya penyelenggara undian mem-video proses kocokannya. Berasa tegang dan excited gitu liatnya dibanding mesin kocok digital begini. Hiihihhihii..

    Ribet ach mbuat videonya

  7. nh18 says:

    Hahaha
    Mesin kocok ini memang sangat berguna
    Membantu kita untuk me random pemenang

    salam saya Pak De

    Iya Om
    Nggak perlu nggulungi kertas

  8. Suami Bijak says:

    Canggih juga, ternyata ini yang sering dipake Mas Yanto, ya pak dhe?

    Iya Mas

  9. Indah nuria says:

    Aku juga suka pakai random.org

    Mudah ya

Leave a comment