Jalan Keluar

Setiap naik pesawat terbang pasti pramugari memberitahu penumpang letak pintu darurat. Pintu ini merupakan jalan keluar yang bisa digunakan penumpang selain pintu utama. Di antara penumpang ada yang mendengarkan dan memperhatikan dengan seksama penjelasan pramugari. Namun tak sedikit yang cuek-cebek, bahkan langsung tidur begitu pesawat lepas landas. Kartu petunjuk keselamatan yang terletak dalam kantong tempat duduk sering tak dibaca. Majalah tampaknya lebih disukai dan dibaca oleh para penumpang.

Sesuai namanya, pintu darurat hanya digunakan ketika dalam keadaan darurat. Oleh karena itu ada peringatan untuk tidak ngotak-atik pintu khusus ini. Penumpang yang duduk di dekat emergeny door ini diberitahu cara membukanya. Pada saat pesawat melakukan pendaratan darurat misalnya maka melalui pintu inilah para penumpang keluar dari pesawat.

Pernahkah sahabat memperhatikan letak pintu keluar masuk ketika berada di sebuah gedung? Jika belum maka sebaiknya membiasakan mengamati hal tersebut. Di gedung bioskop pada umumnya disiapkan pintu khusus. Biasanya diberi tanda berupa neon box bertuliskan Exit atau Keluar. Demikian juga di hotel. Selain lift juga disediakan jalan berupa tangga untuk naik dan turun dari kamar hotel.

Dalam peristiwa kebakaran biasanya terjadi kegaduhan. Termasuk kebakaran di sebuah bangunan. Penghuni atau mereka yang sedang berada dalam gedung yang terbakar akan lari ke sana ke mari untuk menemukan jalan keluar. Di sinilah biasanya terjadi penumpukan manusia. Mereka menuju lift atau tangga agar bisa segera meninggalkan tempat kejadian. Biasanya juga disertai teriakan histeris sehingga semakin menambah kegaduhan.

Bagaimana dengan rumah kita? Selain pintu depan sebaiknya juga ada pintu lain untuk keluar masuk rumah. Ini penting agar penghuni bisa segera keluar dari rumah melalui pintu mana saja ketika terjadi keadaan luar biasa. Jika rumah tersebut hanya memiliki satu pintu maka jendela bisa dijadikan jalan darurat untuk keluar masuk rumah.

Mari kita meningkatkan security awareness (sadar security) di manapun kita berada. Mengamati letak pintu darurat adalah salah satunya. Begitu kita duduk dalam gedung bioskop segera lakukan pengamatan letak pintu-pintunya. Itulah jalan keluar yang bisa digunakan untuk meninggalkan gedung ketika terjadi keadaan yang tidak kita inginkan.

Satu hal lagi yang tak kalah penting. Jangan lupa memperhatikan tempat kita memarkir mobil atau mobil ketika masuk mal. Utamanya yang tempat parkirnya bertingkat. Biasanya ada huruf dan nomor yang dipasang di pilar atau temboknya misalnya P3 atau B23. Kelupaan menghafal atau mencatat tempat parkir bisa menyebabkan kita mengalami kesulitan untuk menemukan kendaraan.

Apakah rumah sahabat memiliki pintu lain selain pintu depan?

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

5 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. damarojat says:

    setuju Pakde. kalo kata rewang saya dulu, rumah itu harus ada ‘sirah lab buntute’. ada pintu depan dan pintu belakang.

    kl rumah yg saya tempati skrg ini cuma ada pintu depan dan pintu garasi yg juga mengarah ke depan.

    Saya ada pintu sampingnya, dekat dapur

    • Ini masih mending. Developer-developer jaman sekarang dituntut pemerintah untuk lebih banyak menyediakan rumah untuk kelas ekonomi menengah ke bawah. Akibatnya booming pembangunan rumah-rumah kecil yang pintu keluarnya cuma satu, yaitu pintu di ruang tamu saja. Wah, kalau sampai kebakaran, tamat sudah.

      Lha itu dia, berderet-deret gitu memang suloit mbuat pintu belakang atau samping

  2. inda fitri says:

    Sy kadang deg2an kalau naik lift de, kalau ada apa2 bingung mau kayak gmn, gk ada cara lain lg selain pencet tombol

    Iya, takut kalau liftnya macet

  3. 21inchs says:

    utk gedung2 komersial sepertinya sdh ada ketentuan yg mengatur keselamatan para penggunanya, yaitu dgn sign lamp..

    Iya, itu yang harus kita amati letaknya

  4. HM Zwan says:

    Penting banget buat tahu pintu keluar atau pintu darurat saat di mall atau dimana saja, kalau di rumah saya ada pintu depan dan samping..

    Betul
    Sebaiknya ada pintu cadangan selain pintu depan

Leave a comment