Surat Terbuka: Selamat Tinggal Warung Blogger

Admin Grup Warung Blogger dan Sahabat tercinta,

Setelah bergabung di grup Warung Blogger selama 4 tahun lebih, Β saya merasa bahwa grup ini banyak memberikan manfaat kepada saya. Selain sahabat saya semakin banyak, ilmu pengetahuan pun semakin meningkat. Kehangatan dalam persahabatan dan persaudaraan yang kita bina selama ini telah menjadikan hidup saya semakin berwarna-warni.

Kini saya tak begitu khawatir jika akan atau sedang berada di sebuah kota yang jauh dari rumah saya. Begitu banyak kawan yang bisa saya jumpai di setiap kota yang saya datangi. Walaupun saya belum pernah bertemu secara fisik dengannya namun komunikasi yang cukup intens di dunia maya bisa menyamakan frekuensi kita. Untuk ngobrol gayeng atau tertawa ngakak kita tak perlu adaptasi terlalu lama karena sudah tune in.

Jika bisa disebutkan ada sebuah ganjalan sedikit itu hanyalah faktor tehnis semata. Misalnya, keinginan saya untuk ikut kopdar khusus Warung Blogger belum terwujud hingga sekarang. Kesibukan di dunia maya masing-masing anggota memang berbeda. Bahkan saya yang sudah pensiun ini pun kadang ada acara mendadak yang tak bisa saya elakkan.

.

Komandan Warung Blogger

Komandan Warung Blogger dan Komandan BlogCamp

.

Member Warung Blogger memang heterogen. Blogger berbagai usia, sukubangsa, agama, profesi, hobi, dan domisili berkumpul di sana. Pikiran, ucapan, sikap, dan tingkahlaku pun bermacam-macam. Harus diakui, mirip beras dalam tampah yang sedang ditampi. Selama kita bergaul kadang ada saja ketidaksamaan pendapat atau pandangan. Suara mereka ada yang keras sekali, keras, setengah keras, kurang keras, dan tidak keras. Demikian pula yang menanggapi, idem dito. Namun demikian perbedaan-perbedaan itu tak sampai menimbulkan friksi, debat kusir, apalagi sampai kontak fisik.

Kekompakan, saling memberitahu, dan saling bantu sungguh sangat bermanfaat bagi kehidupan anggotanya. Saya memang pernah mengalaminya. Ketika foto saya dicomot oleh orang lain dan dipajang sebagai profil picturenya maka serentak para sahabat membela. Kita laporkan orang yang tak tahu malu itu. Bahkan secara ekstrim saya katakan bahwa orang itu kita jadikan ‘musuh bersama.’

Dengan sistim ‘getok tular’ jika ada member yang mengalami musibah kita doakan mereka, bahkan ada yang mengulurkan bantuan seperlunya. Demikian pula jika ada sahabat yang berulangtahun, melangsungkan pernikahan, lulus ujian, dan kebahagiaan-kebahagiaan lain kita pun ikut menyambutnya dengan gembira. Jika ada member yang menyelenggarakan lomba blog atau giveaway member yang lain beramai-ramai mengikutinya, kecuali yang tidak sempat. Bahkan ada yang mengajukan diri sebagai sponsor dengan memberikan tali asih atau hadiah sesuai kemampuannya.

Sayangnya saya tak bisa berlama-lama di grup ini lagi. Kata bijak berbunyi β€˜tak ada pesta yang tak berakhir’ ternyata akan segera saya alami. Kesibukan di dunia nyata yang akan segera saya hadapi tak memungkinkan lagi saya berlama-lama berada di Warung Blogger. Ini juga terkait dengan peraturan yang cukup ketat di tempat saya bekerja. Belum lagi urusan rumahtangga dan keluarga yang akan banyak menyita waktu. Saya juga tidak tahu apakah saya masih bisa melanjutkan kegiatan ngeblog atau tidak.

Untuk itulah pada kesempatan yang baik ini saya mohon pamit kepada Admin dan para sahabat semuanya. Mohon maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan saya selama ini. Terima kasih atas persahabatan yang hangat dan kebaikan-kebaikan Admin dan para sahabat.

Jika sahabat sedang berada atau melintas di kota Jombang, Jawa Timur silakan kontak saya. Sahabat masih menyimpan nomor ponsel saya, bukan. Saya akan senang sekali jika kita bisa ngobrol sambil menikmati kalamari goreng dan minum kopi.

Kepada para sahabat yang menjabat sebagai Admin saya berharap agar grup ini tetap menjadi wadah yang hangat dan bermanfaat bagi membernya. Kegiatan menarik dan bermanfaat yang sudah berlangsung selama kiranya dapat diteruskan dan ditingkatkan. Mengelola sebuah grup yang anggotanya setara dengan 8 batalyon militer itu memang tidak mudah. Namun saya yakin bahwa dengan ketekunan, kesabaran, kreativitas, ketangguhan, dan kekompakan para Admin grup ini akan semakin maju jaya.

Sekali lagi terima kasih atas kebersamaannya.

Salam hangat dari saya

 

Abdul Cholik

@pakdecholik

 

NB. Surat di atas hanyalah sebuah Contoh Surat Terbuka Berpamitan. Bisa dimodifikasi sesuai keperluan. Bahasanya juga disesuaikan dengan lagak lagu masing-masing. Surat ini juga bisa kok dipakai untuk membuat surat pengunduran diri dari perusahaan atau komunitas lainnya.

Saya sendiri sih tak ada niat untuk mengundurkan diri dari grup Warung Blogger, wong terlanjur sayang kok.

Semoga contoh surat ini bermanfaat bagi yang membutuhkannya.




Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

72 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Ira guslina says:

    Hahaaa… Pak De… ada2 waee… shocking di pagi hari…

    Siap Pak De, bila sekali waktu mampir ke Jombang, ingin bertamu, bertemu, dan berguru dgn Pak De..

    Salam Dunia Biza
    πŸ™‚

    Wah, sudah jagoan ngeblog kok mau berguru kepada lansia

  2. @kakdidik13 says:

    Saya bacanya serius banget Pakdhe, eh akhirnya cuma sekedar contoh aja hehe πŸ™‚

    Mungkin ada yang memerlukannya

  3. Oalaah…Pakde, udah tegang aja bacanya. Sempat khawatir juga, kenapa Pakde mau mengundurkan diri. Lega juga akhirnya setelah baca di akhir tulisan…ini hanya contoh surat ya….hhhhh…tiwas deg-degan

    Kirain mau kerja di Afrika ya

  4. ish… pakde -_-
    kebiasaan baca artikel sampai habis baru komentar ya gini.
    Kena deh pas dikerjain -__-

    Biasanya langsung ke komen ya..ketahuaaan

    • Gak dong dhe..justru karena selalu baca komplit jadinya kan gini πŸ™
      Udah serius pwollll..
      eh malah template ternyata.

      Wkwkwwkk..
      Ayo kopdar akbar WB di Jombang dhee ^_^

      Ayo, kapan, saya tunggu

  5. Widya Herma says:

    wkwkwkwwk pakde, padahal widya udah shock dan bacanya serius banget. ternyata hanya contoh wkwkwkk πŸ˜€

    Kapan kopdar Bandung?

  6. Gandi says:

    Hahaha… Cuma postingan ini yang bikin saya tergelitik untuk komentar, dhe. Setelah sekian lama.. Salam :))

    Akhirnya..pecah telur

  7. Ophi Ziadah says:

    Pak de…..
    Bikin dag dug dug iiihhh….

    Dheeeer

  8. Ipeh Alena says:

    Sudah kadung mellow hampir mewek lah ya kok yaa…wakakakakak pakde…

    Sambil dengarin lagu dangdut Eliya Khadam
    Kau Pergi Tanpa Pesan

  9. Aryo Seno says:

    untungnya saya bacanya sampai habis hehee

    Nah itu yang bener
    Baca sampai habis
    Don’t jump to the comment form

  10. Ardiba says:

    Waaa..ketipuuuuu..sempat bertanya2, emang kerja apaan yak sampe gak sempet ngeblog? Ternyata CONTOH. hahaha!

    Pasti mengira saya mau kerja sebagai masinis kan

  11. Terharu bacanya saya Pak De, tanpa terasa webe sudah memberikan motivasi saya buat menulis.

    Iya, mari kita terus menulis

  12. Keke Naima says:

    Pakdeeee … Pagi-pagi, yaaa hahahha …

    Biar badan segar dan nggak kaku

  13. Lidha Maul says:

    Jebakan betmen di pagi hari yang bikin sedih kemudian senyum2 sendiri.
    Salam hangat dari Balikpapan pakde πŸ˜€

    Wah kapan saya bisa nostalgia ke Balikpapan ya?

  14. Kutipu kau! Kata orang Medan, Pak Dhe πŸ™‚
    Adrenalin mendadak sontak membubung tinggi, saat membaca kata demi kata hingga tiba di tepi… aku terkekeh sendiri.
    Hihihi… sukses Pak Dhe ngerjai…

    Bah..untung saya pernah ke Medan juga

  15. mandor says:

    Pakkdeeeeeeee …… (evil face!)

    Sambil slow motion lari

  16. Ety Abdoel says:

    Haiyaaah, Pakde… Ada-ada saja.

    Biasa
    Blogger lansia lagi puasa

  17. Ria Rochma says:

    Haha.. Haishhh.. Pakdhe lhoo –”

    Jangan bersin di sini

  18. dey says:

    Hahaha … Pakde …

    Yuk kopdar Parompong

  19. Yulia says:

    Wakakakaka… bacanya udah serius banget, setengah syedih gitu.. tapi lagi lagi P’de emang deh guyonnya itu bikin geleng2 kepala

    Biar nggak lapar Jeng

  20. Rani R Tyas says:

    Haduhhh.. aku pun terkena jebakan batman -_-”

    Nggak gitu licin kok

  21. hani says:

    hampir nanya…sibuk di dunia nyata…mo kemana? hehe…semoga bisa tetap sehat dan sibuk pakDe…

    Amiin. You too, Honey

  22. Ya ampun, Pak De. Aku bacanya udah termehek-mehek aja. Ternyataaa

    Hahahaha..padahal belum pernah kopdar ya

  23. Pendar Bintang says:

    Aaahhhh Pakdhe..bikin deg-degan saja…huhu
    Kirain beneran lho..

    Takut kehilangan ya hahahaha GR

  24. eda says:

    wahahahahaha… pakdheeeee.. tiwas bacanya serius, trus penasaran knp tiba2 pamitan… wkwkwkwkwk

    ternyata pakdhe lagi terkena virus CONTOH :))

    Biar jreng…hahahaha

  25. Dwi Wahyudi says:

    Watawwwwwwww… Untung pas lagi puasa Pakdhe… :3

    Hayo mau apa
    Nyiwel pipi ya hahahaha

  26. Ratna Dewi says:

    Hahahahaha pakdeeee aku udah serius bacanya lho ih, udah sedih mengharu-biru gitu. Cukup lah dengan contoh surat pengunduran diri aja yang viral di bulan puasa, jangan ada yang nyontohin adzan magrib yang benar di siang bolong kalo ngga mau puasanya pada batal. Semoga sehat terus ya dhe, biar tetap semangat ngeblognya.

    Saya kadang kaget kalau mendengar suara adzan di tv
    Kadang iklan je
    Matur nuwun doanya
    Jeng juga sehat dan sejahtera selalu ya

  27. Eko Nurhuda says:

    Ealah, tiwas dibaca serius banget lha kok ada NB-nya. πŸ˜€

    Numpang Bobok

  28. weleh-weleh…
    kari serius dari awal bacanya pak de.
    dikira apa…
    ehhh nggeleteknya heeeee..

    Mak glodax

  29. Astri Damayanti says:

    Kalau ke Jakarta wajib ketemu saya berarti Pakde … hehhehehhehe

    Iya nih, sudah lama nggak nengok Jakarta

  30. Pak Deeeee! Jahil banget deh. Aku udah deg-degan, siapin tisyu, dan ember nih. Hehe

    Kalau saya mundur beneran pasti sudah minta sovenir dari teman2 donk ach
    (lansia matre}

  31. Nova Wijaya says:

    Pakde….aku bacanya udah deg”an sampe keringet dingin loh….jail bangett hahahaha

    Keringat dingin karena masuk angin khaaaan

  32. Susindra says:

    Pakde jahil deh… saya sudah sedih banget ketika ada kata mengundurkan diri. Setengah tak percaya alasan Pakde mau mundur dari dunia blogger lagi. @_@
    We love you so much pokoknya, Pakde β™‘_β™‘ kalau perlu kami kejar ke Jombang nanti.

    Ach..jadi terhanyut dan ikut mbrebes mili.
    Jangan kejar ke Jombang
    Saya saja yang dolan ke Jepara.

  33. Ajenangelina says:

    huahahahahha
    Oke Pak De postinganyaa

    Oke, thank you

  34. Kautsar Ab says:

    Tepuk tangan buat pakde, bikin saya narik napas cukup dalam tapi endingnya *eh….

    ini sekalian contoh tulisan yg antiklimaks ya pakde … hehe…

    Hahahaha..kayak novel saja ya

  35. Pakde kekinian nih. Hehehehehe.

    Ikut yang tua2 sih

  36. Arrghh pakde ini ada-ada saja. Walaupun kita gak terlalu kenal, pas baca awalan sampai tengah saya udah nyiapin komentar sinis. Gak ada alasan berhenti menulis!! Hahaha…

    Bukan sinis tapi mengompori

  37. Aih Pakdheeeeeee….! Minta digebukin nih. *ambil guling kecil.
    Kirain….. huuuuuft!

    Lari kenceng…..

  38. Nchie Hanie says:

    Hahahaaaa..huaahhahaa ngakak guling2
    Pakde minta diantemi yoo

    kirain seriuus ,
    aku bacanya ampe deg2an,
    ono opo karo pakdeku

    Hayuuuu Dheee, aku mau jadi pelopor kopdar webe tapi merakyat layaknya di warung, di parongpong yuuuuk !!
    Ato adain di Jombang yuk, aku pasti dateeng πŸ˜€

    Oke, saya juga mau ke Cimahi paska Lebaran

    • Susindra says:

      Nah, aku juga mikir mau kemah di Jombang agar pakde seneng. Hihihi…

      Cakep tuh, belakang rumah ada tempat kok untuk kemah sekalian mandi

  39. Dwi Puspita says:

    Wakakakkaka..tak pikir serius pakde ini..ternyata…hanya contoh saja….

    Hooh, siapa tahu ada yang bookmark

  40. momtraveler says:

    Ish…pakdhe nih tiwas aku mp mewek ditinggalin pakdhe ternyata…..
    Apa kata dunia klo perbloggingan indonesia tanpa adanya pakdhe.. jan ga kriuk tenan pokoke

    Hahahaha….kayak krupuk uyel ya

  41. Pa’De sudah mencuri simpati. Sudah tegang+sedih eh..di ujung surat ternyata… πŸ˜€

    Mau mencuri Xl atau Indosat nggak sempat sih

  42. Monda says:

    udah lama nggak posting lucu2an pak de

    Hooh, ada kerinduan yang mendalam

  43. Pakdheeee…sukses bikin kaget semua orang.. Hehehe..cerdas cerdik pandaiii..

    Dan mengikuti aliran

  44. ummi says:

    Contoh surat yang lagi kekinian..

    Banyak diminati

  45. Pakdheeee…tiwas saya sudah nyiapin tisu, jebulnya..wkwkwk πŸ˜€

    Paling ujung taplak meja

  46. jiah says:

    nyiahaha….
    kpn kita kopdar ya, Dhe

    Insya Allah suatu saat jika saya ke Yogya ya

  47. Waduh Pakdeeee aku udah deg-degan kiii. Gak tahunya. -___-

    Kirain nangis

  48. Uwien Budi says:

    Sudah saya duga Pakdhe. nggak kaget saya. lhawong akhir-akhir ini di chat-chat (grup wa dll) banyak yang bikin surat CONTOH.
    Hhihi

    Hooh, saya ikutan meramaikan

  49. ninda says:

    wah pakdheee… kirainn πŸ™

    Sakjane…

  50. Ibu jerapah says:

    Pak deeee.. Aku udah sedih ih.. Hehe..
    Salam hangat dari Bandung πŸ™‚

    Saya nggak tega sebenarnya hahahaha

  51. Hiks padahal udah sedih baca salan perpisahan. Tambah sedih ternyata diboongiiin … (^o^)

    Benar
    Saya juga bilang begitu kepada staf saya

  52. Tatit says:

    Hahahaha…kena virus contoh ya Dhe.

    Kalau nggak ikut trending tipuan entar dikira nggak update

  53. Hadewww ketipu akyu..

    Rapopo biar seger

  54. Yati Rachmat says:

    Huuuuh…ZBL ZBL…Pakde ini paling bisa bikin sobat-sobatnya pada sedih, termasuk ini si tua renta yang udah lama berguru online dan ngerepotin dengan berbagai tanya (maklumlah NEWBIE koq ada akhirnya, hahahaha….), pakde jadi ZBL tuh. Ternyata, oh, ternyata hanya sebuah contoh surat sazzzaaa sodara-sodara!..Mari kita berikan standing applause buat pakde, hehe…

  55. rizka alyna says:

    Ih…Pakde gemesin banget sih..hahahaha.. Sudah kepo, ada masalah apa nih pakde tetiba mau hilang dari dunia blog, eh ternyata lagi kenapa virus ‘contoh’

    Katanya lansia nggak boleh ketinggalan jaman hahaha

  56. walah, saya kena πŸ˜€

    Kesandung…jepret

  57. Liza says:

    Yaelaah pakde, cuma contoh rupanya. Kirain pakde mau bekerja kemana gitu…

    Enakan ngeblog daripada kerja lagi

  58. Hahahaa wis takbedhek iki… isinya mencurigakan banget soalnya. Lha rak tenan, begitu skip lgs ke bawah ternyata tenanan kena virus Contoh πŸ˜€ Dihukum nih pakdhe mentraktir semua yg udah komen di postingan ini :))

    Beres, rencanakan saja Jeng

  59. Inayah says:

    Deikerjaiinnn

    Hooh

  60. felyina says:

    Ealah, Pakdhe… saya kira Pakdhe beneran mau mundur dari dunia per-blogger-an. Tadi saya baca sambil nyureng2 menebak-nebak, Pakdhe bentar lagi mau kerja di mana ya? Apa didapuk Pak Didik suruh jadi ketua RT di GBP. Hihihihihi…. Pakdhe sekarang di Jombang yak? sudah nggak di GBP lagi?

    Iya, nunggu Emak yang sudah sepuh
    Wira-wiri GBP

  61. fajar rois says:

    Lak enek ae pakde cholik iki…untung moco lengkap… sempet terharu diawal… eh lakok pas diakhir kyok ngunu..wkwkwk

    Endingnya njeglong

  62. Kirain bener mau mundur dari dunia bloger, ternyata cuma . . .

    Khayalan belaka

  63. Mechta says:

    Pakdeeeee….selalu ngangeni.. πŸ™‚

    Hooh
    Sejak SD

  64. DoNurdians says:

    hahahahaha…bisa bisa pak de..

    salam kenal

    Sip

  65. opickaza says:

    tak kiro pak de mau off dari dunia online, gaya bahasanya bikin kaget aja pakde nih semoga aja tetap di warung blogger yah pakde , menjalin silaturahim antar anggotanya

    Insya Allah terus maju Mas

  66. Wah bisa ajah nih pak de, tapi pas awal baca saya jadi ragu, masak sih tiba-tiba mundur gitu ajah. Hehehe eh ternyata dugaan saya benar. πŸ˜€

    Saya bukan terduga kan?

  67. bunda asraf says:

    wadooohh… udh kadung serius bacanya, eh ternyata cuma contoh surat aja
    btw.. postingan begini kyknya sedang trend ya.

    Tend sesaat

  68. Ririe Khayan says:

    Singgah disini dan menemukan postingan pamitan dr Pakdhe,
    langsung menukik dan membacanya dengan seksama dan sebaik-baiknya…
    pas tiba di bagian note (terakhir), *tarik napas dulu*….sukses deh pakdhe bikin shocking postnya.

    Selamat menjalankan ibadah puasa dan ibadah lainnya di B7ulan Ramadhan ya Pakdhe.

    Salam hangat dari Yogya

    Hahahaha….sekedar contoh kalau mau pensiun

  69. hehehehe Pakdheee..untung hanya contoh yaaa. Aku udah sedih tadi bacanya

    Aku juga, walau yang nulis

  70. Catcilku says:

    Hahaha… bacanya dari atas dah serius banget dan penasaran, kirain ada masalah apa gitu… ternyata Pakdhe lagi ikutan tren contoh surat πŸ™‚

    Biar kekinian katanya

Leave a comment