Teks

11 Plugin Yang Saya Pasang di Blog

Sudah menjadi suratan, blogger yang memakai platform WordPress self hosted diharuskan memasang aneka plugin di blognya. Software ini bermanfaat bagi blogger yang ingin memasang aneka fitur di blog sehingga memudahkan  atau meringankan tugasnya. Tersedia ribuan plugin di internet dengan fungsi yang berbeda-beda. Satu fungsi plugin pun jumlahnya cukup banyak yang dibuat oleh beberapa ahli. Blogger tinggal memilih plugin sesuai selera atau kebutuhan.

Plugin standart bisa di download secara gratis di WordPress.org sedangkan plugin pro harus dibeli di penyedia plugin. Selama ini saya memanfaatkan plugin gratisan saja.

Inilah plugin yang saya pakai di Neo BlogCamp.

1. Akismet

Plugin ini bertugas memeriksa dan menyaring komentar yang masuk blog. Komentar yang ditengarai spam akan dimasukkan ke kotak spam. Dengan cara ini blogger bisa langsung menghapusnya hanya dengan sekali klik. Namun demikian blogger sebaiknya melakukan pemeriksaan ulang agar komentar yang bukan spam bisa direhabilitasi dan dimasukkan ke dalam komentar non spam.

Pemeriksaan ulang ini menjadi keharusan manakala blogger sedang menyelenggarakan sebuah lomba blog. Adakalanya komentar berisi pendaftaran artikel tersaring dan dianggap sebagai komentar spam. Hal ini tentu akan merugikan peserta lomba.

.

Cara menangani Komentar spam

Komentar spam yang terjaring oleh Akismet

.

2. All In One SEO Pack

Saya memanfaatkan plugin ini untuk meringankan tugas saya dalam mengoptimasi artikel untuk Search Engine Optimization. Setelah plugin diset maka saya tinggal mengisi hal-hal penting misalnya judul artikel, deskripsi, dan keyword yang saya gunakan. Pastikan setting awal dilakukan dengan cermat dengan mengisi kolom yang tersedia.Setelah blog beroperasi blogger harus mengisi kolom-kolom yang terletak di bawah draft artikel. Tentunya disesuaikan dengan judul artikel, deskripsi tentang artikel yang sedang ditulis, dan keyword yang digunakan dalam artikel tersebut.

.

Setting Homepage pada All In One SEO Pack

Contoh settingan plugin untuk Homepage

.

3. Broken Link Checker

Tak dapat dipungkuri bahwa cukup banyak link yang tidak berfungsi dengan baik ketika diklik. Hal ini bisa terjadi karena kesembronoan saya atau blogger pengunjung menulis atau menyalin link. Broken link juga bisa terjadi karena link sudah dihapus, blog yang sudah tidak eksis lagi, dan lain sebagainya.

Dengan adanya plugin ini setiap hari saya akan diberitahu melalui dashboard apakah ada broken link atau tidak. Pemberitahuan tersebut berbunyi :

No broken links found.
No URLs in the work queue.
Detected 1756 unique URLs in 3805 links.

Jika diketahui ada broken link maka di bawah submenu Broken akan diisi beberapa link yang rusak dan tindakan yang dapat dilakukan oleh pemilik blog misalnya : unlink.

.

Broken Link Checker

.

4. Dagon Design Sitemap Generator

Situs yang menyediakan plugin ini sepertinya sudah tidak eksis lagi tetapi saya masih menyimpannya hasil mengunduh beberapa tahun yang lalu. Plugin ini membantu saya membuat halaman sitemap yang isinya adalah arsip postingan dan juga halaman-halaman (page) blog. Saya sengaja tidak memasang halaman Arsip tetapi judulnya saya ganti Peta Situs.

.

Peta situs blog

Peta Situs yang bisa berfungsi sebagai halaman arsip

.

5. Google Analytics Dashboard for WP

Saya bisa melacak data, laporan, beserta grafik tentang blog ini. Termasuk di dalamnya jumlah pengunjung, pageviews, dan lain sebagainya. Ini juga berguna jika ada pihak yang ingin bekerjasama minta data yang diperlukan.

Hasil analisis Google ini juga ditampilkan di dashboard sehingga setiap hari saya bisa mengetahui perkembangan kinerja blog ini. Data bisa harian, mingguan, bulanan, dan tahunan.

.

Google analytics sebulan

.

6. Google XML Sitemaps

Mesin pencari (Google, Bing, Yahoo, dan lain-lain) akan menggerayangi blog saya melalui sitemap. Dari hasil klayapan dan penggerayangan tersebut selanjutnya melakukan penilaian untuk mengindex artikel yang saya terbitkan.

7. Simple Subscribe

Plugin ini untuk memasang widget berlangganan artikel blog. Ini termasuk salah satu cara mempromosikan blog secara online.

.

Tombol sharing media sosial plus.

8. Social Media Feather

Setiap artikel yang telah saya terbitkan pada umumnya saya share (bagikan) ke Facebook, Twitter, Google+1, dan Linkedin. Dengan memanfaatkan plugin ini maka tombol sharing berisi tumbnail media sosial dan lain-lainnya bisa saya pasang di bawah artikel. Saya dan pengunjung tinggal menekan tombol-tombol tersebut dan artikel saya bisa tersebar dengan mudah dan cepat.

.

Tombol sharing artikel

.

9. WP Statistics

Plugin ini memberitahu saya melalui dashboard tentang jumlah pengunjung dan kunjungan hari ini, kemarin, dalam 7 hari terakhir, sebulan terakhir, dan setahun terakhir. Dilengkapi pula dengan grafiknya.

.

Quick Stat blog

.

Grafic Hit

.

10. WP-PageNavi

Plugin ini untuk menggantikan fungsi petunjuk lama berbunyi Older posts | Newer posts. Dengan plugin ini memudahkan pengunjung mengetahui dan membaca sebanyak 5 artikel dalam halaman tertentu.

.

Page navigation

.

11. WPtouch Mobile Plugin

Tak dapat disangkal bahwa banyak pengunjung blog yang memanfaatkan handphone atau tablet untuk membaca artikel. Dengan plugin ini blog akan tampak jelas dan mudah dibaca.

.

Mobile friendly Blog

Neo BlogCamp sudah mobile friendly

.

Bagi sahabat yang baru saja membangun blog WordPress self hosted disarankan segera memasang plugin sesuai kebutuhan. Akismet, SEO, dan lain-lain yang dapat meningkatkan kinerja blog dan memanjakan pengunjung. WordPress.org telah menyediakan ribuan plugin. Sahabat tinggal mengunduh, mengaktifkan, dan menyetelnya. Namun demikian disarankan agar plugin yang dipasang yang perlu saja. Pemasangan plugin yang terlalu banyak bisa memperberat loading blog. Adakalanya penyedia hosting memberikan aba-aba jika blog sahabat memakan terlalu banyak bandwitdh.

Plugin apa saja yang sahabat pasang di blog?

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

19 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Ida Tahmidah says:

    Wah ayik nih kayaknya klo pake wp selfhosting…jd ngeprof beneran. Sayangnya sy nulisnya blm bisa ngeprof masih pke jurus moody 🙂
    Terima kasih infonya ya PaKde 🙂

    Moody kan cara nulisnya

  2. Ade anita says:

    Pakde lengkap. Ada beberapa yg aku tertarik tapi…. Gak ada tutorial cara masangnya. Aku kan blogger manja pakde, ajarin dong step by stepnya

    Plugin mana yang mau dipasang? Nanti saya buatkan tutorialnya.

  3. Itu bounce ratenya kecil..keren ih. 56% an …
    Tapi ini untuk wp yak Pak De, ngga ada yang buat blogspot gitu…
    Masih bingung dgn GA, apa salah pasang kode apa gimana gitu.. blogspot dashboard sama GA pageview bisa 7:1 ya Pak De.

    Blogspot nggak pakai plugin

  4. Sebagian besar plugin kita sama nih pakdhe 🙂
    iya dong yaa..kan sama-sama pecinta anandhi. Bwahahahahha

    hahahaha…cocok

  5. Ooh gitu y pakde. Saya pakenya blogspot skrg, dan blm tau banyak soal plugin gini hehe

    makasih infonya pakde

    Blogspot kayaknya tidak memakai plugin

  6. Yati Rachmat says:

    Aduduuu…kalo udah ngeliat GA itu yang kebayang bukan GiveAway tapi Google Analytic, rasanya gimanaaa…gitu. Koq susah ya, tapi alhamdulillah sudah bisa memunculkan page view di blog, tapi jangan ditanya lagi step-stepnya apa aja, hehe…

    Nggak susah kok Mbak

  7. Timo says:

    Wah kayaknya broken link checker perlu nih ya 🙂

    Iya Mas agar tahu seberapa banyak broken link di blog kita

  8. Archa bella says:

    Ternyata Google jg jago gerayang2 ya pakde.
    Ini artikel bnr2 bermanfaat.
    Mksh pakde..tak pahami dgn pelan2…

    Iya, mereka melakukan crawl untuk dianalisis lalu menentukan indexnya

  9. Pakde, pernah bandingin yang WP Stat dengan GA gak?
    Kmrn smpt lihat ada yang pakai wp stat tapi jauh banget bedanya dengan GA. Dalam contoh di atas, 7 hari terakhir visit di blog pakde 60rban di WP Stat, GA 4rban PV. Apa ini karena periode yang beda atau gimana ya?

    Iya, saya tampilkan dengan periode yang berbeda

  10. evrinasp says:

    wah ada yang sudah dan ada yang belum dipasang di wp saya pak dhe, tapi ini di blog udah lumayan banyak pluginnya, katanya gak boleh banyak2 ya, kalau SEO saya pakai YOAST SEO pak dhe

    Saya juga pernahp asayang Yoast

  11. Inayah says:

    Aduh sebagai blogspoters aku ga bisa bayangin. Repot nda pa dhe?

    Enggak, sudah biasa

  12. yudy ananda says:

    wah pantesan blognya lumayan ringan 🙂 pilihan yang baik.

    eniwey plugin contact form nya ga jalan ya pak de? di halaman kontak cuma shortcode yang nongol

    Iya, sedang saya matikan

  13. TheGold.Asia says:

    Mungkin satu lagi ada plugin powerful yaitu jetpack.

    Fitur photon bisa mempercepat proses load gambar karena CDN dari wordpress.

    Satu lagi yoast juga bagus menurut saya. Hehe.

    Terima kasih ya pakde buat tulisannya. 🙂

    Saya juga pernah memakainya Mas

  14. Waah banyak juga ya pakdhe, tapi aku ga pake wordpress, itu bisa ga di Blogspot juga?

    Blogspot tak pakai plugin kayaknya

  15. Hartono says:

    Terimakasih untuk artikelnya tapi saya pakai blogspot sih baru mau belajar worpress juga tp cukup bermanfaat thanks kang

    Saya juga punya blogspot

  16. unggulcenter says:

    Pakde lama ga kesini saya ehehe.. ampe lupa.. mau nyoba ah pasang2 lagi itu. Makasih infonya

    Iya Mas, kita sudah nggak saling mengunjungi ya

  17. WordPress lengkap banget ya tools-nya. Blogspot mah kudu nyari sendiri d Google. Tapi, aku gaptek sama WordPress 🙁

    Iya, tapi kadang nyari sendiri atau ngintip blog teman biar cepat

  18. asi bunda says:

    Thanks banget atas informasi pluginnya gan…

    Sama2 mbakbro

  19. Nchie Hanie says:

    Aku hanya pake 8 plugin dari 11 itu Dhe..
    Makin seneng deh kalo di Wp banyak plugin yang sekiranya ada yang kurang untuk mempercantik blog

    Good, semoga nyusss

Leave a comment