15 Ketrampilan Untuk Melepas Predikat Blogger Newbie

Maaf, Pakde saya masih newbie. Mohon bimbingan dan pengarahan agar saya bisa mengikuti jejak Pakde.”  Demikian komentar sahabat blogger yang masih merasa sebagai blogger pemula. Saya katakan kepada mereka bahwa semua orang pernah menjadi newbie dalam hidupnya. Termasuk diri saya, tentunya.

Menurut The Online Slang Dictionary, newbie is someone who is new to a particular group, activity, game, field of study, etc. Dari definisi ini sudah jelas bahwa seorang blogger yang baru mengenal dan membuat blog bisa disebut dan menyebut dirinya sebagai newbie. Demikian pula orang yang baru terjun ke dunia media sosial, politik, musik, dan lain sebagainya. Ada pula yang menyebut mereka sebagai newcomer alias pendatang baru.

Ketika saya masih berlabel newbie di blogosphere, terus terang saya masih meraba-raba dalam membangun dan mengoperasikan blog. Saya memang otodidak, learning by doing, membaca sambil mempraktekkan, langkah demi langkah. Tak heran jika pengetahuan dan ketrampilan saya masih minim sehingga tampilan dan konten blog apa adanya. Walaupun demikian sudah cukup bagi saya untuk mencoba eksis di dunia maya.

Blog pertama saya berplatform WordPress.com, karena memang jenis blog itu yang saya jumpai pertama kali. Aksesorisnya juga default, barang bawaan. Dari header, widget, dan halaman masih asli dari sananya. Saya belum bisa mengganti gambar dan tulisan yang ada di header. Demikian pula widget yang saya pasang di sidebar, masih asli. Hanya saja nama dalam bahasa asing saya ganti dengan bahasa Indonesia. Judul widget Recent Post saya ganti menjadi Artikel Terkini, Recent Comments saya ubah menjadi Komentar Terkini atau Komentar Sahabat, Categories saya ganti menjadi Kategori, dan seterusnya.

Bagaimana dengan isi blog? Belum terlintas dalam pikiran saya untuk mengisi blog dengan artikel topik tertentu. Apa yang ada dalam pikiran saya tumpahkan di sana. Tak heran jika isi blog saya campur-aduk, bak gado-gado atau capcay. Di blog saya ada artikel tentang traveling, humor, puisi, fiksi, artikel how to, dan lain sebagainya.

Begitu artikel saya terbitkan di blog saya langsung diam. Saya menunggu orang lain membaca dan memberikan komentar atas artikel saya.  Ternyata mereka tak kunjung datang. Hal ini sungguh mengherankan.  Mengapa artikel yang saya anggap “bagus” kok nggak ada yang menengok? Belakangan baru tahu bahwa banyak faktor yang menyebabkan ada dan tidak adanya pengunjung yang membaca dan berkomentar pada artikel yang ditulis oleh seorang blogger.

Blog yang dibangun oleh seorang newbie memang terkesan sederhana dan apa adanya. Namun demikian jangan underestimate kepada para newbie. Artikel mereka juga banyak yang bagus dan bermanfaat. Latar belakang pendidikan, pengalaman, hobi, dan pekerjaan memungkinkan mereka menerbitkan artikel yang ciamik dan jempolan. Mungkin mereka belum memahami atau memang belum terlalu mementingkan SEO (Search Engine Optimization), kaidah menulis artikel, dan segala pernak-pernik blogging. Tetapi secara umum, nilai untuk artikel yang bermanfaat sudah tercapai.

Seorang newbie mungkin juga belum mengetahui bahwa dalam dunia blogging ada yang kegiatan yag disebut blogwalking yaitu kegiatan mengunjungi blog orang lain dan berkomentar di sana. Dulu saya pun tak tahu bahwa ada lomba blog, kontes, dan atau giveaway. Saling memberi dan menerima award juga belum saya ketahui maksudnya. Namun saya bangga saat ada seorang blogger memberi award kepada saya.

Google pagerank, Alexa traffic rank, SERP (Search Engine Result Pages), Domain Authority, dan istilah-istilah asing lainnya juga belum saya mengerti. Bagi saya menulis dan menerbitkan artikel itulah pekerjaan seorang blogger.

.

Cara mengetahui Domain Authority

Domain Authority Neo BlogCamp per 5 Oktober 2016

.

 Melepas Label Newbie

Label ‘Newbie’ seyogyanya jangan dipakai terlalu lama.  Dalam waktu paling lambat 6 bulan sejak membangun blog seorang blogger seharusnya sudah melepas label itu. Jika diasumsikan setiap minggu si newbie dapat menerbitkan 2 artikel maka blognya sudah terisi 48 artikel. Semakin sering mengupdate blog dengan berbagai artikel maka ketrampilan menulisnya akan semakin baik. Dia juga sudah menemukan gaya menulis yang menjadi ciri khasnya.

Blogger yang sudah berumur 6 bulan (umur ngeblog, maksud saya) diharapkan sudah mempunyai ketrampilan yang baik antara lain tentang hal-hal sebagai berikut.

  1. Memilih, mengganti template atau theme (tema) blog.
  2. Mengganti atau memasang gambar di header.
  3. Mengganti atau memasang gambar di sidebar.
  4. Memasang banner di sidebar atau dalam artikel.
  5. Mengganti warna header dan background blog.
  6. Memasang dan mengisi Halaman/Page blog
  7. Mengganti, menambah widget/gadget di sidebar.
  8. Mengganti jenis, ukuran, dan warna font artikel, widget, halaman.
  9. Memasang gambar dalam artikel beserta captionnya.
  10. Memasang link dalam artikel dengan anchor text yang tepat.
  11. Menampilkan beberapa potongan artikel di homepage dengan memanfaatkan fasilitas ‘Read more’ Ketrampilan ini perlu agar di Homepage blog tidak berjajar artikel-artikel utuh sehingga pengunjung harus scroll terlalu lama.
  12. Memadu-padankan antara warna bidang artikel dengan warna font. Jika warna bidang artikel hitam jangan memakai font berwarna merah. Ini akan membuat mata kita cepat lelah dan silau.
  13. Memasang banner bermodalkan script ke dalam artikel dan di sidebar.
  14. Mengisi halaman About dengan data yang menarik agar pengunjung mengetahui siapa pemilik blog. Minimal ada nama, kota domisili, status (misalnya..Ibu rumah tangga dengan dua orang anak) Bisa juga diisi data blog lain atau tata cara kontak dengan pemilik blog.
  15. Bisa membuat postingan terjadwal dan menempatkan artikel selalu berada di atas (sticky on top)

Itulah 15 ketrampilan untuk melepas predikat Blogger Newbie. Ketrampilan dasar tersebut sebaiknya sudah dimiliki oleh blogger yang usia ngeblognya sudah 6 bulan. Ketrampilan seperti itu bisa diperoleh dengan banyak belajar dan berlatih. Jika tidak maka dia akan tetap berkata: ”Saya masih newibie.” Membaca buku blogging dan membaca artikel tentang tips ngeblog di internet sangat bagus untuk meningkatkan pengetahuan. Sedangkan sering berlatih akan menjadikan seorang newbie trampil mengoperasikan blognya.

Dari pengalaman saya menyelenggarakan beberapa kontes ternyata masih ada peserta yang belum bisa memasang link dengan benar. Ada link yang rusak dan tidak mengarah ke artikel Neo BlogCamp ketika di klik, ada pula yang bukan memasang link tetapi hanya meletakkan url blog di bawah anchor text.

Selain meningkatkan kualitas pengetahuan dan ketrampilannya, blogger yang sudah ngeblog selama 6 bulan seyogyanya juga sudah mulai keluar dari kandangnya. Ini penting agar blogger tidak hanya berkutat dengan blog sendiri. Di luar sana ada hiruk pikuk kegiatan blogger lain.

.

Pentingnya Kopdar Blogger

Blogger perlu ke luar kandang

.

Untuk apa ke luar kandang dan apa  yang dilakukan di luar sana?  Banyak donk. Berikut beberapa di antaranya.

  1. Blogwalking, yaitu mengunjungi blog sahabat untuk membaca dan memberikan komentar tentang artikel yang diterbitkan. Pastikan Anda menyampaikan komentar sesuai topik yang dibahas dengan bahasa yang baik. Blogwalking juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan dan silaturahmi. Jika komentar kita baik maka blogger lain juga akan melirik dan tertarik untuk mengunjungi blog kita.
  1. Membuat akun di Facebook, Twitter, Google+1, dan social bookmark untuk mempromosikan blog. Semakin banyak orang yang mengetahui dan mengunjungi blog akan semakin baik trafik blog kita.
  1. Mengikuti kontes, lomba, dan atau giveaway yang diselenggarakan blogger lain atau perusahaan/instansi. Dengan cara ini maka blog kita juga akan semakin dikenal oleh blogger lain. Selain itu, kita bisa juga mendapatkan hadiah dari penyelenggaranya.
  1. Jangan segan-segan mengikuti kegiatan offline yang dilakukan oleh blogger maupun non blogger. Kopdar (kopi darat) merupakan acara yang paling sering digelar oleh blogger, baik secara pribadi maupun oleh komunitas.

Acara temu wajah dan temu hati seperti ini sering diumumkan di media sosial media. “Saya mau ke Surabaya nich.  Mana blogger Surabaya. Yuk kopdar!”  Nah, jika punya waktu luang dan sehat tak ada salahnya Anda ikut acara fun seperti ini.

  1. Perlu juga Anda mencoba menyelenggarakan giveaway secara sederhana untuk memperkenalkan blog dan diri Anda. Tak perlu pusing memikirkan hadiah. Jika belum punya dana ya kasih saja award atau handicraft kreasi sendiri. Jika ada dana sedikit bisa memberikan hadiah pulsa Rp.10.000. Agar peserta cukup banyak jangan lupa mempublikasikannya di media sosial.

Jika berbagai langkah di atas sudah dilaksanakan maka blogger newbie sebaiknya sudah melepaskan label ke newbieannya.

Namun demikian jangan cepat berpuas diri. Kegiatan belajar dan berlatih sebaiknya diteruskan di sela-sela menulis artikel. Itu juga yang saya lakukan sampai sekarang guna meningkatkan kualitas ngeblog.

Di atas segala-galanya, artikel yang menarik dan bermanfaat tetap menjadi incaran para pengunjung.  Oleh karena seorang blogger selayaknya meningkatkan kualitas artikel blognya.

 

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

19 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. nur rochma says:

    Salam kenal pak dhe. Saya blogger newbie…uhuk! Ngeblog sudah lama tapi mati suri. Mulai tahun lalu belajar lagi. Semoga bisa konsisten. Karena ngeblog itu asyik.

    Bisa untuk nambah isi dompet juga
    Terima kasih kunjungannya

  2. indri says:

    membuat giveaway ternyata bisa melangsingkan alexa karena saya sudah mencoba, nice tips pakdhe….semangattt

    Betul sekali
    Kita juga bisa jadi terkenal

  3. Nchie Hanie says:

    Pagiii Pakde..

    Ahh seneng baca tulisannya mengingatkan aku sewaktu newbie dan berkenalan di Blogcamp, kenalan keluar kandang berdasarkan yang komen di sana.
    Sampe menang lomba blog, ya ini blog TLD ampe sekarang kurawat Dhee *ora lumutan yo eeaa

    MAkasih Pakde bersahabat denganmu menambah warna warni kehidupan eeeaa

    Pagi sayang
    Iya, kita sudah jauh dari masa lalu ya
    Terima kasih kita berkesempatan kopdar beberapa kali

  4. Pagiii Pakdee.. Blog saya sudah 3 tahun lebih, tapi belum ada postingan yang terjadwal. Tampaknya mulai perlu dipikirkan..supaya gado-gadonya makin sedap dipandang.

    Postingan terjadwal penting untuk menghadapi keadaan darurat misalnya kita bepergian di tempat yang sinyalnya dangdutan atau mengikuti Tantangan ODOP.
    Saam hangat dari Jombang

  5. Sugeng enjang, Pakdhe. Saya baru benar-benar serius ngeblog dan bener-bener pengen jadi bloger beneran baru setahun ini. Banyak belajar dari komunitas, dari para senior maupun otodidak soal perbloggingan (haish, bener nggak ni Dhe). Ternyata banyak manfaatnya. makin banyak rezekinya (rezeki teman baik, ilmu, materi). Semoga bisa sekeren Pakdhe nantinya.
    Sungkem dari Semarang 🙂

    Aamiin
    Kalau saya nggak ngeblog takut kalau pikiran ke mana-mana
    Apalagi ada Jodha Akbar segala hahahaha

  6. Nia Haryanto says:

    Keren artikelnya. Ada beberapa hal yang belum saya lakukan. Misalnya posting rutin dan terjadwal. Aku masih blogger newbie gak, ya? Hihihi…

    Bolak-balik juara lomba kok ngaku newbie
    Jithak

  7. Mantap Pak De. Salah satu blogger panutan nih. Semangatnya selalu membara. Jadi suka malu saya kalau lihat postingan Pak De.
    Bener Pak De, tips-tips di atas. Hehe. Makasih udah mengingatkan kembali.

    Ngeblog memang perlu semangat, tekun, dan sabar
    Terima kasih

  8. Aku pun masih newbie dari tulisan yang sekedar nulis hingga akhirnya sekrang bisa sematin dan bikin ilustrasi sendiri semuanya ada prosesnya semoga aku konsisten dan bisa melepaskan gelar newbie jadi profesional kayak Pakde. Salam hangat dari Cimahi ^^

    Iya, semua berproses mengikuti bentangan waktu
    Cimahi di mana?
    Saya juga sering ke Cimahi menengok mertua

  9. Pakde kereeen. No 15 belum bisa pakde kudu belajar lebih giat nih

    Gampang kok

  10. Agung Rangga says:

    Baca ini, saya jadi ingat pas awal-awal ngeblog di tahun 2010-an.
    Karena tidak tahu mau nulis apa, ujung-ujungnya blog saya cuma berisi artikel copy-paste dari situs-situs lain… :’))

    Dikira nggak ketahuan ya Mas hahahaha

  11. monda says:

    saya masih merasa newbie terus pakde,
    ilmu blog itu selalu saja ada yang baru, dulu cuma ada PR sekarang ada DA, PA .., jadi pengen kan ngikutin jejak PAnya pak de yang luar biasa

    Keinginan mesin pencari juga semakin jos

  12. Ida Tahmidah says:

    Sebagai blogger newbie saya belajar banyak dari Pakde 😀

    Sayapun terus belajar dan berlatih

  13. Mantep banget nih pakde, terima kasih yah atas saran daan ilmunya, bener-bener bermanfaat buat newbie seperti saya

  14. WakaWakaSports says:

    Terima kasih tipsnya Pakde, saya juga masih sangat newbie,,

  15. Indah nuria says:

    Semoga aku sudah lepas dari predikat ini ya pakdhe hehehe.. Kadang ingin sekali lakukan ini dan itu, tapi belum punya waktu yang cukup

    Nggak apa-apa, utamakan hal yang lebih penting

  16. ade anita says:

    pakdeee… yang nomor 15 tetep aja aku gagal terus ngelakuinnya… kenapa ya… kebangetan banget ini gaptekku.

  17. thanks blogwalking

  18. berkah98 says:

    waw keren.. sebentar lgi kayaknya ane harus melepas gelar newbee gua.. haaa

    sip

  19. Angela Pearce says:

    Salam kenal blogger dr ponorogo om 😀

    Terima kasih kunjungannya

Leave a comment