3 Pintu Untuk Menemukan Artikel Blog

Pada hari ke-12 Mbak Ani Berta memberikan kebebasan kepada peserta One Day One Post untuk menurunkan artikel apa saja. Tema atau topiknya tidak ditentukan. Ini saya lihat sejak awal pada jadwal kegiatan yang saya download. Seperti biasanya, pada setiap topik saya memasang judul-judul sementara artikel agar tidak lupa. Pada hari H-3 (tanggal 5 April 2016) saya sudah memasang judul sementara untuk artikel ke-12 dengan kata Tip. Yup, saya ingin menulis himpunan aneka tip yang ditulis oleh member Fun Blogging.

Di sela-sela menulis artikel sesuai topik harian maka saya mulai berburu artikel tip di blog sahabat. Saya mulai klik url blog yang terdapat pada menu Files Grup Fun Blogging. Terus terang saya tidak memilih blog apa milik siapa. Seketemunya saja asal saya bisa mendapatkan artikel ‘how to’ di berbagai bidang.

Untuk mendapatkan artikel yang saya inginkan maka saya mencarinya melalui 3 pintu.

1. Widget Kategori

Widget ini dipasang di sidebar blog berplatform WordPress. Di widget inilah para blogger mengklasifikasikan artikelnya dalam berbagai kategori. Ada Kategori parenting, traveling, kuliner, fotografi, motivasi, fiksi, dan lain sebagainya. Pemasangan widget kategori ada yang berbentuk hierarchie dan ada yang model dropdown. Saya sendiri memasang model dropdown untuk menghemat tempat. Jika kata ‘Select Category’ di klik maka akan muncul aneka kategori tulisan beserta jumlah artikelnya.

Pemasangan widget Kategori sangat mudah. Tinggal menggeser Widget Kategori ke sisi bilah Widget di dashboard blog.

Widgt kategori blog Wordpreess

.

2. Gadget Label

Terdapat pada blog berplatform Blogspot. Gadget ini pada umumnya juga di pasang di sidebar. Namun ada juga yang memasangnya di bagian bawah blog. Isinya juga mirip dengan widget Kategori.

Gadget Label di BlogSpot

Gadget label yang dipasang di bagian bawah blog Myra Anastasia

Label artikel di sidebar Blogspot

Label artikel di sidebar Blogspot milik Zata

.

Pemasangan Label sangat mudah. Tinggal klik Add Gadget di Layout blog lalu memilih gadget Label. Gadget ini akan terisi Label-label secara otomatis setiap blogger menambah judul label saat menulis artikelnya.

.

3. Sitemap atau Peta Situs

Menu ini biasanya dipasang di tab yang terletak di bawah header. Isinya adalah kumpulan link dari artikel yang sudah diterbitkan dan isi halaman statis. Menu Sitemap hanya bisa dipasang dengan menggunakan plugin Sitemap dan sitemap generator pada self hosted blog WordPress. Sedangkan pada Blogspot menu sitemap bisa dipasang di blog berbayar maupun yang yang tak berbayar. Sitemap ini mirip dan dapat difungsikan sebagai halaman Daftar Isi

.

Sitemap atau Peta Situs

Sitemap Neo BlogCamp

.

Pemasangan Sitemap atau Peta Situs juga mudah. Blogger tinggal memasang Halaman/Page di tab bawah header. Lalu pasang scriptnya. Isi sitemap akan otomatis muncul setiap artikel baru diterbitkan.

Dari 3 pintu itu tentu saja yang paling banyak saya klik adalah widget atau gadget ‘Tip.” Jika saya belum mendapatkan yang saya perlukan maka saya tekan widget/gadget yang lainnya. Selanjutnya saya mengelompokkan aneka tip tersebut sesuai topiknya. Untuk artikel perdana itu tiap topik saya isi 3 artikel dari 3 blogger yang berbeda. Dengan demikian ada 39 artikel tulisan 39 blogger.

Hasil melakukan perburuan artikel melalui 3 pintu itu itulah saya bisa menerbitkan artikel berjudul 39 Tip Dari Member Fun Blogging. Sebetulnya masih ada satu pintu lagi yang bisa saya gunakan yaitu Widget Search/Pencarian. Namun cara ini tidak saya manfaatkan karena memakan waktu cukup lama.

Bagi sahabat yang belum menyediakan pintu tersebut sebaiknya segera memasangnya. Ini merupakan salah satu cara untuk membantu pengunjung blog menemukan artikel yang dicarinya dengan mudah dan cepat. Jika tidak ada alat bantu maka pengunjung harus menelusuri satu persatu artikel yang ada.




Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

12 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Ety Abdoel says:

    Kalau saya pakai widget kategori pakde.
    Mudah masangnya.

    Blog saya ada widget Kategori dan Halaman Sitemap

  2. Kadang jadi bingung kalau ke blog yang nggak ada katagorinya. Ha..ha.. tersesat. TFS pakde.

    Iya, nyari artikel satu-persatu memakan waktu

  3. Lidya says:

    kotak seacrh juga kadang berguna ya pakde

    Iya. Saya memanfaatkan jika ingin cari buku di online store hehehehe

  4. nice info ni pakde, hehehe…
    bisa buat modal ngeblog nih, maklum saya baru 2 bulan main blog…
    salam kenal dan terima kasih\

    Thank you

  5. Nchie Hanie says:

    ahhh..langsung mlipir sama blog sendiri, yang terabaikan kategorinya ,
    siyap ubek2 ahhh…

    Nggak punya pintu kan

  6. Inayah says:

    Alhamdulillah. Tinggal sitemap yang belum terpasang

    Sebaiknya dipasang agar dicrawl robot search engine

  7. Hamacaan says:

    makasih infonya, jadi tambah semangat mau nulis nih 🙂

    Mari terus semangat ngeblog dan nulis

  8. Eko Nurhuda says:

    Saya belum pasang, Pakde.
    Alasannya, sejak kembali aktif ngeblog saya ingin isi blog saya nggak asal tulis alias sekedar nulis apa aja yang penting update. Saya mau membuat isi blog lebih berguna bagi pembaca, memberi inspirasi atau setidaknya hiburan. Ini yang masih saya timbang-timbang, kira-kira saya mau membuat konten-konten seperti apa dan sepanjang apa napas saya dalam menggarap konten-konten tsb. Sudah ada gambaran sih, nanti kalau sudah mantep saya pasang kategorisasinya di menu bawah header.

    Salam hangat-hangat kuku dari Pemalang.

    Pasang sekarang agar saya bisa dengan cepat menemukan artikelnya

  9. Bintang Bola says:

    Terimkasih sudah berbagi, ini artikel yang bermanfaat khususnya bagi pemula..pemasangan widget kategori dan sitemap saya pikir menjadi yang terpenting untuk menemukan seluruh artikel dalam blog dengan mudah.

    Iya, untuk memudahkan pengunjung mari dan menemukan artikel

  10. Bibit Kefir says:

    Motivasi banget jadi makin semangat ngeblog nih…

    Sip, mari kita terus ngeblog untuk berbagi ilmu dan pengalaman yang bermanfaat

  11. ooww gitu toh caranya mas, ternyata ada yah widget menu2 sperti itu. Baru tau saya (norak banget yak).
    Makasih banyak mas infonya, semoga berkah dan manfaat

    Terima kasih

  12. ternyata seperti itu ya, coba saya instal di blog saya mas
    terimakasih infonya.

    Silakan

Leave a comment