7 Topik Yang Dapat Ditulis Oleh Blogger Wanita

Blogger perempuan sungguh sangat beruntung karena cukup banyak topik yang bisa ditulisnya. Selain topik umum ada beberapa topik yang bersinggungan dengan pekerjaan atau kegiatan yang digeluti setiap hari. Berbekal pengalaman tersebut maka blogger perempuan dengan mudah menuangkan topik tersebut ke dalam tulisan di blognya. Berikut disampaikan topik menarik yang dapat dijadikan bahan tulisan.

1. Kuliner

Sesuai kodratnya kaum perempuan pada umumnya bisa memasak makanan. Memang ada sedikit dari mereka yang dengan malu-malu mengatakan bahwa dirinya tidak bisa memasak. “Saya memasak air saja bisa godong,” begitu candanya. Namun ketika sudah jauh dari ibunya mau tidak mau mereka akan belajar memasak. Paling tidak bisa memasak mi instan atau nasi goreng. Bukankah sekarang juga sudah banyak buku resep masakan yang dijual di toko buku. Di internet juga sudah banyak dijumpai artikel tentang cara memasak makanan. Ini juga termasuk cara membuat kue.

Saya bahkan sering mengatakan kepada mereka bahwa menulis resep masakan itu paling mudah karena polanya sudah baku. Artikel resep masakan biasanya terdiri dari bahan yang diperlukan, bumbu, cara memasak, dan diakhiri dengan cara menyajikannya. Supaya artikel menjadi semakin menarik maka diberi tambahan foto-foto pendukungnya.

Blogger perempuan yang kreatif bahkan bisa menulis resep masakan yang sederhana menjadi lebih bervariasi. Mereka bisa menambahkan bumbu, bahan, cara menyajikan, dan memberi nama yang unik-unik. Sayur lodeh tewel biasa semakin menambah rasa ingin tahu jika ditambah bahan lain dan diberi judul Lodeh Tewel Iga Sapi, bukan.

.

.

Nasi tumpeng

.

2. Kecantikan

Tak ada wanita yang ingin tampil tidak cantik. Sesederhana apapun mereka akan memoles wajahnya dengan bedak, walau tipis-tipis. Apalagi jika akan keluar untuk menghadiri suatu acara atau kegiatan. “Saya berdandan kan untuk suami. Malu kan kalau wajah saya kelihatan awut-awutan,” kata mereka.

Pengalaman berdandan inilah yang bisa ditulis menjadi artikel untuk diketahui dan dimanfaatkan oleh pembacanya. Mereka bisa bercerita tentang bedak atau lipstik yang dipakai. Tips tentang cara memakai eye shadow, blush on, eye liner, parfum, dan lain-lain bisa mereka bagikan kepada orang lain.

3. Fashion

Jika kaum laki-laki berpakaian cukup sederhana tidak demikian dengan kaum perempuan. Mereka memang dimanjakan oleh pemilik produk busana. Begitu banyak pakaian dan perlengkapan wanita yang menarik, dari kepala sampai ujung kaki. Termasuk di dalamnya aksesoris yang dikenakan oleh mereka. Tak heran jika kaum perempuan berdandan lebih lama daripada kaum laki-laki. Mereka bisa berlama-lama memilih sepatu atau tas agar selaras dan serasi dengan pakaian yang dikenakan.

Perkembangan busana wanita dan aksesorisnya menjadi topik yang menarik untuk dibahas di blog. Bukan hanya aneka jenisnya tetapi juga bisa dilengkapi tip dan trik memakainya. Pakaian yang bisa dibeli pada acara obral besar-besaran bisa disulap menjadi busana nan gaya setelah diotak-atik oleh perempuan yang kreatif.

4. Parenting

Parenting mempunyai cakupan yang sangat luas karena ini menyangkut kegiatan sejak wanita hamil hingga anak-anak dewasa. Kegiatan asih, asuh, dan asah ini tak ada habisnya sehingga bisa menjadi tulisan yang menarik. Ketika anak masih berusia balita blogger perempuan sudah bisa menulis apa yang dilakukannya.

.

Bermain dengan anak bagian dari parenting

.

Artikel parenting bisa terdiri dari beberapa sub topik misalnya tentang makanan, pakaian, kesehatan, alat permainan, dan lain sebagainya. Cara menyiapkan makanan bayi, jenis mainan yang aman bagi balita, dan cara menghadapi anak yang rewel bisa menjadi bahan ulasan yang menarik dan bermanfaat.Β Demikian pula setelah si buah hati memasuki bangku sekolah kegiatan semakin bertambah.

5. Traveling

Kaum perempuan yang masih single maupun yang sudah berkeluarga pada umumnya menyukai traveling, piknik, atau rekreasi. Kegiatan ini memang penting setelah mereka bekerja keras di rumah maupun di tempat pekerjaannya. Bukankah ada kata bijak berbunyi All work no play makes Jack a dull boy. Bekerja terus tanpa bermain menjadikan kita bosan dan membosankan.

Traveling memang bukan hanya untuk rekreasi tetapi bisa juga mengunjungi sahabat atau kerabat yang berdomisili di tempat lain. Kegiatan ini sekaligus memperkenalkan anak-anak kepada familinya sambil menikmati panorama, budaya, kuliner di tempat tujuan atau di sepanjang perjalanan yang dilalui.

Pengalaman melakukan traveling bisa menjadi artikel yang menarik dan bermanfaat. Apalagi jika didukung dengan gambar yang bagus. Selain berkisah tentang perjalanan yang dilakukan juga bisa ditambah tip dan trik traveling. Blogger yang menekuni blog traveling bahkan bisa jalan-jalan keluar negeri loch.

6. Hobi

Hobi yang ditekuni oleh blogger perempuan bisa juga diterbitkan di blognya. Blogger perempuan bisa berkisah tentang hobi membuat bonsai, handicraft, fotografi, melukis, gardening, dan lain sebagainya. Jika hobi itu ditekuni dan menjadi profesi kemungkinan akan dipelajari dan ditiru oleh pembaca blognya. Kisah sukses blogger yang hobi menulis fiksi lalu cerpennya di angkat ke layar kaca tentu sangat sangat menarik.

7. Fotografi

Memotret jaman sekarang lebih mudah. Dahulu kala hanya segelintir orang yang yang memiliki hobi ini. Kini hampir setiap orang bisa memotret apa saja yang dilihatnya. Maklum gadget yang dilengkapi kamera sudah bukan barang langka atau mewah lagi. Anak-anak pun sudah banyak yang memiliki handphone.

Selain itu cukup banyak situs yang menyediakan tempat bagi para penggemar fotografi. Sebut saja Instagram dan Pinterest. Para blogger pada umumnya juga memiliki dua akun tersebut. Tak jarang pula blogger atau non blogger yang menyelenggarakan lomba foto dengan hadiah yang menggiurkan. Artikel tentang fotografi juga disukai blogger perempuan karena bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan memotret.

.

Tingkah laku anak selalu menarik untuk diabadikan

.

Topik di atas menjadi incaran pengunjung. Blog berisi artikel tersebut di atas sering menduduki peringkat yang baik pada SERP (Search Engines Resut Pages) Selain kualitas artikel memang harus didukung oleh Onpage dan Offpage SEO.

Akan lebih bagus jika blogger perempuan membangun blog bertopik khusus (niche blog) Jika mereka memiliki aneka pengalaman dan pengetahuan di berbagai bidang mereka bisa membangun beberapa niche blog. Dengan cara itu maka blogger dapat lebih fokus dalam mengisi artikelnya. Namun juga tidak apa-apa jika blogger perempuan membangun satu blog dengan aneka topik.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

22 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. ade anita says:

    Di antara semua tema, kecantikan yg paling sulit menurutku.

    Harus banyak mencoba aneka bahan dan peralatan face and fashion

  2. Dewi Ratih says:

    Setuju bgt Pakde, yg simpel2 aja berkaitan sm keseharian wanita udah byk topik yaa…jgn bingung2 mw nulis apa

    Nggak usah nulis MEA jika tak suka dan tak menguasai masalahnya

  3. Blogku kayak nasi rames, nyampur gitu Pakdhe, hehehe. Tapi aku juga punya blog satu lagi yg bahas buku, masak dan film. Hlooo nyampur juga ya.. Mesti dirombak nih blog yg satu itu.

    Traveling itu aku banget, mnegunjungi famili dan teman. Bahkan tetangga yg pindah sampai Blitar pun kami sambangi πŸ™‚

    Buat niche blog traveling donk

  4. Kopiah Putih says:

    Pas banget emang pak Dhe.. Hanya hobi saja yang sudah pernah saya tulis. Yang lain belum pernah. Bukan wanita sih.. Hehehe

    Salam hangat dari Bondowoso..

    Nulis resep masakan juga boleh kok walau laki-laki

  5. Helena says:

    Kalau blogger wanita bahas otomotif, ada Pakde?

  6. inda fitri says:

    kulo patenting mawon pak de, parenting ala ala πŸ™‚

  7. Okti Li says:

    Kalo saya perempuan yang bahas semua… termasuk otomotif dan naik gunung

  8. Ria Rochma says:

    Perempuan memang bahan nulisnya banyak. Tapi godaannya juga banyak. Haha..

  9. Susindra says:

    Yang paling mudah dan ada di sekitar kita ya Pakde.
    kelihatannya parenting harus jadi urutan pertama Pakde

    (bedanya urutan blogger wanita & laki-laki, hihihihi)

  10. Saya suka 3 topik saja Pakdhe, parenting, travelling dan kuliner..he..he..
    Yang lainnya patut dicobain, deh. πŸ™‚

  11. Hairi Yanti says:

    Wah iya, banyak topik yang bisa dibahas oleh perempuan. Mungkin yang agak sulit dibahas laki-laki di bidang kecantikan aja ya, Pakde. Kalau fashion, pengamat fashion di TV, laki-laki juga banyak πŸ˜€

  12. Aku lebih sering yang point 1 pakdhe, masakan yang sederhana pun bisa jadi tulisan di blog ya. Sesekali nulis traveling, hobi dan parenting. Kecantikan pernah 2 postingan hehe.
    Kalo fashion dan fotografi belum pernah, susaahh πŸ˜€

  13. Rosa says:

    Kalo saya bahas apa yaa… pilih yg mana yaa… masih bingung pakdhe, jadi semua-mua ditulis… masih mencari jati diri πŸ˜€

  14. Blog ku campur aduk deh rasanya, Pakdhe. Walaupun lebih didominasi cerita traveling πŸ˜€

  15. Tapi blog ku yg berniche jarang banget dapat job Dhe πŸ™

  16. masih bingung dg arah dan tujuan blog ku πŸ™

  17. Inayah says:

    Kalau blogger pria gimana pak Dhe? Bakal unik deh kalau bahas fashion sama kemachoan..masih jarang kan di Indonesia

    Blogger laki-laki bisa kok mbahas kemacoan atau fashion

  18. Iman says:

    Tentang diet juga bisa pak dhe…

    Betul sekali

  19. Gurukecil says:

    Kalau guru kecil itu lebih ke pendidikan dan gaya ngajar deh eh gaya hidup juga kalj ya.wkwkwkwk

    Motivasi dan pengembangan diri juga bagus ditulis

  20. Vivera says:

    Makasih, mencerahkan sekali dan memberi ide menulis.

    Sama2 Jeng

  21. Yati Rachmat says:

    Waah3x postingan gado-gado gak laku, ya, Pakde, gak termasuk topik yang bisa dipilih untuk tulisan para perempuan, hiks…

    Mana ada postingan gado-gado? Kalau blog gado-gado sih ada dan laku juga.
    Blog saya ini kan gado-gado.

  22. Alvi says:

    Ternyata banyak juga ya pak dhe, saya kira cuma fashion saja, hehehe…

Leave a comment