9 Kemampuan Minimal Yang Harus Dimiliki Blogger

Seorang blogger sebaiknya memiliki 9 kemampuan minimal yang diperlukan untuk mengoperasikan blognya. Kemampuan tersebut berupa ilmu pengetahuan dan ketrampilan. Tanpa memiliki kemampuan ini maka perjalanan ngeblognya akan tertatih-tatih. Jika masih ada kemampuan yang belum dimiliki maka blogger tersebut sebaiknya segera mempelajari dan melatihnya dengan sungguh-sungguh.

1. Mengganti Template

Pada awal membuat blog biasanya sudah tersedia template bawaan. Ada blogger yang sudah merasa puas dengan templatenya karena pas di lihat dan pas pula di hatinya. Namun tak sedikit yang merasa bahwa template bawaan tersebut kurang cocok. Apalagi jika blognya memiliki topik khusus. Tak elok jika blog tentang resep makanan templatenya bergambar otomotif. Itulah sebabnya blogger harus mempunyai kemampuan untuk mengganti template.

Penggantian template tidak terlalu sukar. Apalagi jika blogger memakai template gratis yang sudah disiapkan oleh platform yang bersangkutan. Jika blogger ingin memiliki template dengan desain khusus maka dia bisa minta tolong blogger lain yang menyediakan jasa mendesain template. Blogger yang rajin berlatih tentu dengan cepat bisa mengganti atau memodifikasi header blog dengan memasang logo dan potret dirinya.

.

2. Membuat Halaman Statis

Sebuah blog lazimnya berisi artikel yang secara berkala akan bertambah jumlahnya. Artikel terbaru akan menempati urutan di atas artikel yang diterbitkan sebelumnya. Selain itu blog juga mempunyai halaman (page) yang sifatnya statis. Salah satu menu dari halaman blog adalah halaman About. Halaman ini berisi profil singkat pemilik blog. Ada yang bilang bahwa membaca blog yang tidak diketahui pemiliknya sama halnya membaca koran.

Selain halaman About bisa juga ditambahkan halaman Peta Situs (Sitemap) Halaman ini bisa membantu mesin pencari melakukan perayapan blog. Dari hasil perayapan (crawl) ini maka mesin pencari akan melakukan penilaian dan selanjutnya menentukan indeksnya. Sitemap juga sekaligus berfungsi sebagai halaman arsip. Para pengunjung bisa memanfaatkan halaman ini untuk mencari dan menemukan artikel yang diperlukan.

Halaman statis ini bisa dipasang di tab yang ada dibawah header atau diletakkan di sidebar. Saya lebih suka memasang menu halaman statis di bawah header. Dengan cara ini maka begitu pengunjung menatap header blog maka akan tampak sederetan halaman statis, termasuk halaman Profil.

Yang harus dicegah adalah munculnya duplikasi halaman. Beberapa blog sahabat ada yang memasang halaman About di header dan juga ada gadget Profile yang dipasang di sidebar. Jika terhadi hal yang demikian maka gadget Profile di sidebar sebaiknya dihapus. Ini juga untuk menjaga agar sidebar tidak terlalu panjang.

.

Tab Halaman saya pasang di bawah header

.

3. Memasang Widget di Sidebar

Blogger harus bisa memasang widget atau gadget di sidebar. Ini merupakan perangkat navigasi bagi pengunjung untuk menemukan apa yang dicari dan dibutuhkan. Pada setiap platform blog sudah disiapkan aneka widget/gadget. Blogger tinggal memilih dan memasangnya sesuai selera kebutuhan. Jumlah dan jenisnya juga tergantung selera masing-masing.

Widget/ gadget yang sebaiknya ada pada blog minimal 3 buah yaitu: Recent Posts (Artikel Terkini), Archives (Arsip), Categories (Kategori) Bisa ditambah widget Search (Pencarian) dan Subscribe (Berlangganan) Jika blog berbahasa Indonesia maka judul widget/gadget sebaiknya juga menggunakan bahasa Indonesia agar serasi.

Ada beberapa cara dalam menempatkan widget/gadget. Ini tergantung letak sidebarnya dan model templatenya. Ada sidebar kiri, kanan, bawah, atas, atau sidebar kiri-kanan (dua sidebar) Saat pemasangan widget agar diatur sedemikian rupa sehingga panjang widget lebih pendek atau sama dengan panjang bidang artikel. Kurang elok jika sidebar terlalu panjang karena terlalu banyak gadget yang dipasang.

Di bawah ini ada tampilan blog yang serasi dan kurang serasi dilihat dari panjang sidebarnya. Jika tampilan blog kurang serasi sebaiknya jumlah widget dikurangi atau jumlah potongan artikel ditambah.

.

Blog kurang serasi karena sidebarnya terlalu memanjang

.

4. Memotong Artikel

Tampilan artikel pada homepage ada dua macam. Tampilan satu artikel penuh dan tampilan beberapa potongan artikel. Saya lebih menyukai menampilkan potongan-potongan artikel agar pengunjung memiliki banyak pilihan artikel mana yang akan dibaca lebih dulu.

Seorang blogger tentu sudah harus bisa memotong artikel donk. Perangkat untuk memotong artikelnya juga sudah disiapkan tinggal klik pada ikon alatnya saja. Pada potongan artikel ada kata penyambung yang secara default berbunyi Read More. Pada blog berbahasa Indonesia kata penyambung ini sebaiknya diganti dengan padanannya dalam bahasa Indonesia misalnya : Baca selengkapnya, Artikel selengkapnya, Lanjutkan, dan lain sebagainya.

.

5. Memasang Gambar Pada Artikel

Gambar atau foto selain berfungsi untuk menambah kejelasan artikel juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi kelelahan mata pembaca. Tentu kurang mantap jika artikel tentang traveling, kuliner, dan fashion tidak dilengkapi dengan foto atau gambar. Demikian pula artikel tutorial yang bersifat tehnis. Gambar yang menunjukkan langkah demi langkah tentu bisa menambah kejelasan. Oleh karena itu blogger harus mampu memasang gambar dengan baik dan benar.

.

Artikel tutorial sebaiknya dilengkapi gambar peraga

.

Artikel kuliner sebaiknya dilengkapi gambar yang menggugah selera

.

6. Memasang Link Pada Anchor Text Tertentu

Jika dalam artikel yang kita tulis mereferensi ke artikel dalam blog sendiri atau blog/situs di luar blog sendiri sebaiknya diberi link. Dengan cara ini maka pembaca bisa dengan mudah merujuk ke artikel yang ditunjuk. Demikian pula jika kita mengutip kalimat dari sumber lain. Ini merupakan bagian dari tatakrama dan juga berkaitan dengan hak cipta. Ambil saja 2-3 kata sebagai anchor text lalu pasang url yang terkait dengan artikel tersebut. Kegiatan inilah yang lazim disebut dengan memasang link. Jika anchor text yang sudah dipasang url tersebut diklik maka pembaca akan dibawa ke artikel yang dimaksud.

Permintaan pemasangan link pada umumnya juga diminta oleh penyelenggara giveaway atau lomba blog. Kalimat yang lazim diminta adalah sebagai berikut. “Pada bagian akhir cantumkan kalimat ‘Artikel ini diikutsertakan pada Giveaway Kece: Stand Up Comedy On the Blog.’ Pada kalimat Giveaway Kece: Stand Up Comedy On the Blog pasang link hidup yang mengarah pada artikel ini.”

Blogger harus sudah bisa memasang link pada anchor text. Yang dimaksud dengan memasang link adalah menanamnya, bukan menyandingkan link dengan anchor textnya.

.

Contoh pemasangan link yang salah

Ini bukan menanam link tetapi menyandingkan link

.

7. Memasang Link Pada Gambar

Jika kita meminjam gambar dari pihak lain sebaiknya juga dipasang link yang mengarah pada situs/blog di mana gambar itu berasal. Penyelenggaranya giveaway atau lomba blog kadangkala juga minta agar peserta memasang gambar yang ditentukan disertai linknya.

Pemasangan link juga tidak sukar. Jika gambar yang sudah kita pasang di klik dan ditekan tombol edit maka akan tampak kolom untuk tempat pemasangan link. Cara yang lain adalah dengan klik gambar lalu menekan ikon Insert/Edit link. Jika tidak ingin repot sebaiknya memasang gambar koleksi sendiri.

.

Blogger harus bisa memasang gambar dengan baik dan benar

.

8. Memasang Baner di Sidebar

Jika blogger mengikuti lomba blog atau giveaway adakalanya diminta oleh penyelenggara lomba untuk memasang baner lomba di sidebar. Script atau kode baner ada yang disiapkan dan ada pula yang tidak. Jika kode baner tidak disiapkan maka peserta blog harus copy baner tersebut lalu dibuat postingan. Baner kemudian diambil kodenya dengan mengubah gambar menjadi kode html. Mode HTML atau Text harus dipakai agar gambar berubah menjadi kode. Kode ini dicopy lalu dipaste di gadget/widget Text.

Hal yang sama juga dilakukan jika blogger ingin memasang baner komunitas.

.

Baner Komunitas Fun Blogging ada di sidebar

.

9. Bermain di Dashboard

Blogger harus bisa bermain dengan trampil di dashboardnya. Di bagian belakang inilah seorang blogger mengoperasikan blognya. Mau mengganti template blog juga harus melalui dashboard. Ingin menulis draft postingan dan mempublikasikannya juga di sini. Demikian pula jika ingin menentukan berapa artikel yang harus tampil di homepage, judul blog, tagline, moderasi komentar, mengatur ukuran gambar, memasang plugin, memasang gadget, otak-atik kode CSS dan Php, dan lain sebagainya.

Dashboard merupakan dapurnya blog. Blogger harus trampil bermain di dashboard untuk mengatur tampilan dan konten blog.

.

Blogger harus trampil bermain di dashboard

.

Itulah 9 kemampuan minimal yang wajib dimiliki oleh seorang blogger.

Bagian manakah di antara 9 kemampuan di atas yang kurang sahabat kuasai dengan baik?

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

27 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. 21inchs says:

    kalau melihat list daftar kemampuan dasar blogger versi pakdhe, bahkan kemampuan dasar blog-pun saya masih belum memenuhi syarat pak dhe..
    tapi tak apa, yg penting blog saya jadikan ajang utk tulis menulis dulu..

    Bukan versi saya
    Itu versi umum kok

  2. Elsa says:

    lha kok ada beberapa yang aku belom bisa pakde….
    berarti aku bukan blogger sejati
    hiks

    Masa?
    Blognya yahud gitu kok

  3. Gitu ya pakde.. Huwaa..masih harus banyak belajar nih.. Saya pernah ganti template, tapi akhirnya balik lagi ke template awal, hehehe..

    Kalau sering berlatih lama kan bisa

  4. inda fitri says:

    masih blm bs yg ganti template pak de, sering eror hiks

    Tinggal dua kali klik saja kok

  5. Lidya says:

    Mudah-mudahan saya lulus waktu di tes nanti nih pakde 🙂 Allhamdulilah sudah bisa semua dari 9 point ini, kalau belum bisa ya harus belajar dong

    Boleh buka buku kok

  6. Windah says:

    sekarang ditambahin pakdhe, harus pinter bikin gambar opo niku jenenge yaa, hmmm, yg bikin statistik gitu lohh. oalah jadi lupa aku

    Info grafis?

  7. lubena ali says:

    Alhamdulillah, meski enggak sempurna tapi ke 9 kemampuan diatas sudah saya terapkan.

    Tak perlu mengejar kesempurnaan Jeng

  8. Susindra says:

    Alhamdulillah sudah bisa semua. Berarti lulus tahap 1 ya Pakde?

    Tinggal test kesehatan saja

  9. monda says:

    sy lagi belajar merubah font judul blog pak de
    bosan dengan font yang sekarang

    Manfaatkan submenu Editor pada menu Appearance yang ada di dashboard.

  10. sudah cukup familiar pak Dhe, palingan yg terakhir aja perlu belajar lagi

    Iya, ilmu katon kan bisa dipelajari

  11. Bisa semua nih, ehe semoga gue makin mangat ngeblog :3

    Sip Mas

  12. Resep Enak says:

    Puji syukur, meskipun belum mahir, tetapi sepertinya saya sudah bisa 9 kemampuan minimal di atas 🙂
    Salam hangat Pakdhe.

    Good, jika sering dilakukan maka akan mahir

  13. Hastira says:

    wah lengkap banget, kayaknya aku belum jadi blogger sejati deh

    Itu baru kemampuan dasar kok

  14. Sally Fauzi says:

    Yah banyak yang belum aku bisa nih pakdhe…belajar lagi deh.

    Masa sih, nggak percaya ach

  15. Maya Siswadi says:

    ada bbp hal yg masih males saya kerjakan pakdhe, kalau utak atik header aja sih udah, tapi ngerapihin page statisnya masih belum. Ganti read more juga blom, hahaha

    Kalau ada waktu senggang bisa dicoba Jeng

  16. nh18 says:

    Utak utik dash board …
    nah itulah yang saya lakukan pada 6 bulan pertama saya punya blog …
    hhaha
    mencoba semuanya …
    ubah lihat … ubah lihat … tambah lihat … ubah lagi … begitu seterusnya … ganti template … lihat … ganti lagi … lihat lagi … ubah lagi … begitu seterusnya …
    masih norak soale … hahaha

    salam saya

    Saya dulu juga seneng banget gonta-ganti template

  17. Evi says:

    Kalau bagi pemula kelihatannya ribet ya Pakde..Tapi kalau sudah biasa mah..Sembilan langkah ini terkuasai dengan sendirinya kalau kita sering-sering update blog 🙂

    Seperti naik mobil
    Awalnya serba kagok dan kaku
    Lama2 trampil juga

  18. Ratna Dewi says:

    Aku bagian mengganti template nih. Bukan karena nggak bisa, tapi nggak telaten, Dhe. Aku yang milih template tapi males ngerapihinnya. Kalo udah begini biasanya yg beresin Pak Suami, hihi

    Memang perlu kesabaran dan ketekunan
    Kalau sering melakukan lama-lama akan trampil

  19. Inna Riana says:

    aduh saya belum trampil main di dashbord, pakde

    Kalau senggang silakan berlatih Jeng

  20. Ade anita says:

    Aku sampe sekarang gak ngerti cara motong artikel, bikin sitemap, pasang banner komunitas. Itu yg di blogku dipasangin pungky …
    Nggak ngerti aku pakde

    Hlo hlo hlo….masa?
    Kalau ada Giveaway yang harus masang baner di sidebar piye?
    Yo wis tak buatkan tutorialnya satu persatu

  21. susanti dewi says:

    saya kalo ganti2 template masih blm berani sendiri pakde, khwatri acak2an nanti jadinya 🙁

    Maka dari itu saya membuat Blog Eksersisi untuk latihan ini itu

  22. Yang otak-atik template dan dashboard masih harus sering latihan lagi 🙂

    Lama-lama kan trampil

  23. dee ann rose says:

    Terima kasih ya, Pakdhe. Beneran. Daku sambil ngeblog, sambil belajar terus tentang blog. Artikel yang satu ini bener2 bisa jadi rujukan, khususnya terkait hal-hal dasar yang kadang malah terlupakan.

    Kemampuan ngeblog sebaiknya semakin hari semakin meningkat

  24. Aku merasa masih harus banyak belajar lagi, terutama untuk tampilan blog, mudah-mudahan bisa nemu tutorial pakde yang lain, hehehe

    Tutorial yang lain bisa diihat di halaman Tip Ngeblog

  25. Blog saya menggunakan Bahasa Indonesia, tapi widgetnya campur dengan Bahasa Inggris..hi..hi..
    Makasih sharingnya Pakde…***meluncur ganti bahasa widget 🙂

    Sebaiknya bahasa senada ya

  26. Sepertinya ini berkenaan dengan offpage website, mengenai pengaturannya.

    Onpage juga kayaknya

  27. Rotun DF says:

    Kumplit banget Pakde, alhamdulillah saya udah bisa semuanya, walau belum canggih-canggih amat, ehehehe..suwun sharingnya nggih, Pakde 🙂

    Ya pelan2, lama2 kan fasih

Leave a comment