9 Tempat Saya Share Artikel Blog

Pada workshop Fun Blogging 7 di Surabaya bertajuk Dari Hobi Menjadi Profesi hadir narasumber cantik-cantik yaitu Haya Aliya Zaki, Shinta Ries, dan Ani Berta. Mereka menjelaskan tentang blogging sesuai keahlian masing-masing. Haya Aliya Zaki menjelaskan tentang Writing Great Content, Shinta Ries membahas masalah Web Design, dan Ani Berta mengulas Monetize Blog. Ilmu ini tentu sangat bermanfaat bagi para blogger peserta workshop ini.

Dari berbagai topik tersebut ketiganya sama-sama berpesan agar para blogger membagikan artikelnya sehingga postingan tersebut segera diketahui lebih banyak orang. “Content is the King and promotion is Queen,” ujar Haya. Apa yang dikatakan oleh nara sumber tersebut ada benarnya. Setelah artikel diterbitkan lambat-laun memang akan dibaca orang dari hasil penelusurannya di search engine (mesin pencari) Namun demikian tentu akan lebih cepat jika artikel tersebut di share di media sosial dan tempat-tempat lainnya. Kurang sip donk jika artikel bagus tidak diketahui dan dibaca oleh orang lain.

.

“Share donk artikelnya,” pesan para suhu

.

Manusia di era informasi ini sudah semakin internet mindedness. Anak sekolah pun bisa mengerjakan tugas sekolahan dengan cepat jika memanfaatkan internet. Nama-nama presiden, mata uang, lagu kebangsaan, dan bendera negara-negara dapat dengan mudah didapatkan di internet. Tak usah membolak-balik buku lagi, cukup klik tombol maka apa yang dicari dapat diketemukan.

Kata ‘dosa’, selain ungkapan untuk menggambarkan perbuatan yang dilarang oleh agama juga bisa berarti nama makanan di India. Jika saya membuat artikel berjudul ‘Makan Dosa di India’ mungkin ada yang lantas berasosiasi bahwa saya melakukan perbuatan tak senonoh. Nehi ,nehi maharadj. Artikel itu tentang pengalaman saya ketika mengikuti pendidikan Army Staff College di DSSC, India.

Dalam blogosphere, promosi blog dapat dilakukan secara online dan offline. Sementara dilihat dari segi SEO (Search Engine Optimization) dikenal istilah Onpage dan Offpage SEO. Keduanya bermanfaat untuk meningkatkan trafik blog dan kedudukan blog pada SERP (Search Engine Results Page) Kegiatan promosi ini memang sebaiknya dilakukan oleh setiap blogger.

Ungkapan berbahasa Jawa berbunyi ‘Ilmu iku ketemu kanti laku’ (ilmu itu ketemunya dengan praktek) ada benarnya. Berbekal ilmu dari para nara sumber Fun Blogging 7 maka saya lebih meningkatkan kegiatan promosi blog. Salah satu kegiatan saya adalah share artikel di berbagai tempat yang saya anggap bisa mendongkrak popularitas blog.

Di bawah ini adalah daftar tempat saya membagikan artikel yang telah saya terbitkan di blog.

.

1.Facebook

Media sosial ini pengikutnya buanyak pwol. Selain blogger, di sini juga berkumpul aneka manusia dari berbagai jenis kelamin, umur, suku, agama, maupun profesinya. Isinya juga bukan hanya saling memberi informasi, bercanda, dan bergalau ria tetapi juga ajang untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman. Ada yang share artikel blog dan ada juga share pengalaman dan pengetahuan melalui status atau note. Selain di timeline saya juga membagikan artikel di beberapa grup antara lain Warung Blogger, Fun Blogging, BlogCamp Group.

Kegiatan share artikel di Facebook saya lakukan dengan dua cara. Yang pertama dengan menekan tombol share yang ada di bawah artikel. Cara yang kedua saya lakukan secara manual. Saya tidak hanya menebar link artikel tetapi biasanya saya dahulu dengan kalimat pengantar agar lebih menarik perhatian pengguna medsos ini. Di bawah ini contohnya.

.

.

2. Twitter

Idem ditto dengan Facebook. Di sini juga berkumpul jutaan manusia. Mungkin saat ini penggunanya sudah mencapai milyaran. Banyak yang menganggap media ini termasuk efektif. Pengguna tak harus mikir berapa jumlah kata yang akan ditulis. Singkat, padat, dan tak lebih dari 140 karakter. Itu ciri khas dari Twitter. Di media berlogo burung ini juga banyak petinggi dari berbagai belahan dunia yang ikut bersuara.

3. Linkedin

Situs ini sedianya memang untuk kalangan yang lebih profesional dan para pelaku bisnis. Tak heran jika keanggotaannya juga dibagi beberapa level. Mereka bisa memiih akun biasa yang gratisan atau akun yang berbayar misalnya business, business plus, executive, dan Pro. Hubungan antar anggota berbeda dengan di Facebook atau Twitter yang hanya berdasarkan pertemanan. Linkedin lebih condong ke hubungan dalam perbisnisan atau profesionalitas.

4. Google+

Social network ini memang tak seramai media sosial namun penggunanya juga beraneka ragam. Mereka datang dari berbagai penjuru dunia termasuk para blogger. Tak heran jika isinya juga bermacam-macam. Ada yang sharing artikel blog, foto, informasi, bahkan menawarkan produk dan jasa. Jika blogger berkunjung ke blog dan memberikan komentar dengan memakai Google account maka jika diklik akan lari ke Google+1. Demikian pula bagi penggguna gadget/widget Profile bawaan blog berplatform Blogspot. Jika Profile yang ada di sidebar diklik maka kita akan di bawa ke Google+1 juga.

5. Google Webmaster Tools

Sebagai seorang blogger tentu kurang elok jika tidak mengenal situs ini. Selain untuk mendaftarkan dan memverifikasi kepemilikan blog situs ini juga bisa untuk memfetching artikel. Ini merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan oleh blogger agar artikel yang baru diterbitkan lebih cepat terindeks oleh search engine (mesin pencari). Ibarat kata, blogger yang menggunakan sarana ini seperti menekan tombol ajaib atau mengendarai mobil yang memakai oli nomor wahid. Jika blogger mau menggunakan Fetch maka artikel yang baru diterbitkan bisa lebih cepat menduduki peringkat yang bagus pada SERP (Search Engine Results Pages) Manfaat dan cara melakukan fetching dapat dibaca pada artikel saya berjudul Fetching Itu Penting.

6. Bing Webmaster Tools

Situs ini fungsinya hampir sama dengan Google Webmaster Tools. Di dalamnya juga ada alat fetching. Cara mendaftar dan memverifikasi blog juga tak jauh berbeda.

7. Pinterest

Situs ini pada hakekatnya hanya untuk share gambar atau foto. Namun demikian di dalamnya ada kolom untuk share url blog yang sesuai dengan gambar yang kita upload. Jika saya mengunggah foto buku yang baru saya terbitkan maka saya tumpangkan url artikel peluncuran buku tersebut. Share artikel di Pinterest termasuk jarang saya lakukan.

Inilah tampilan buku saya di Pinterest. Jika tombol Visit Site di tekan maka akan lari artikel saya berjudul Makeover Blog WordPress. Selain itu pada bagian kiri bawah gambar itu juga terdapat url artikel yang memuat buku tersebut.

.

.

8. Youtube 

Jika dalam artikel saya berisi video yang saya unggah di Youtube maka pada basic info video saya beri url artikelnya. Itulah sebabnya saya jarang share artikel di Youtube. Salah satu contohnya adalah artikel tentang reportase acara Workshop Fun Blogging 7 Surabaya seperti di bawah ini.

.

.

Pada bagian bawah saya pasang link menuju artikel Fun Blogging 7 sehingga pengunjung yang melihat video di atas bisa membaca reportase di blog ini.

.

9. Instagram

Situs ini juga jarang saya titipi link artikel. Maklum saya upload gambar di instagram memakai tab. Jari telunjuk suka nyentuh huruf lain di samping huruf yang saya inginkan. Selain itu link yang dipasang pada gambar juga tidak clickable. Di bawah ini contoh gambar neon box yang saya terbitkan di blog Jalan-Jalan dan Makan Sehat. Judul artikelnya adalah Sop Buntut Warung Rujak Cingure Asmuni.

.

.

Dengan share artikel di media sosial dan situs yang lain maka trafik blog menjadi meningkat. Ini bisa dilihat di data statistik, bukan pada jumlah pengunjung yang berkomentar. Jika promosi online ini diimbangi dengan kegiatan blogwalking maka pengunjung akan lebih meningkat. Maklum pemilik blog yang kita kunjungi biasanya membalas kunjungan.

Di mana saja sahabat share artikel blog? Silakan berbagi pengalaman agar bermanfaat bagi pengunjung yang lainnya.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

19 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Yati Rachmat says:

    Pakde, bunda hanya melakukan 1, 2, 4 dan 5 doank, plus yang lain ke friends dan komunitas yang bunda sebagai membernya. Makasih sharingnya yang sangat manfaat.

    Iya Mbak. Yang penting ada upaya untuk sharing agar artikel juga bisa dinikmati pembaca.
    Sama2 Mbak.

  2. Tatit Ujiani says:

    Pakdhe saya hanya share di FB dan Twitter serta gogle plus

    Itu sudah bagus karena situs penting

  3. Yeye says:

    Klo aku share nya ke FB, Twitter dan kadang Instagram juga..

    Makasih sharing nya yah Pakde..

    Sip, sudah ada langkah promosi
    Sama2

  4. Lidya says:

    mau ikutan pakde juga ah share di 9 tempat

    Sip, biar laris job reviewnya

  5. Inayah says:

    belum ngerti yang share di webmaster. baru verifikasi aja nih…

    Bisa dibaca di sini
    http://www.abdulcholik.com/tips-blogging/fetching-itu-penting

  6. terimakasih untuk sharing artikelnya pakdhe sangat bermanfaat, saya juga share di tempat tempat tsb tapi gak semuanya hehe
    Yang penting sudah promosi Mas
    Sama2

  7. Waduuuh, sharingnya ke banyak medsos ya pakde, hehehe. Dalem mboten sanggup deeh.
    Sharingnya bagus banget, menyemangati saya untuk lebih mengoptimalkan blog.
    maturnuwun pakde

    Semampunya saja yang penting ada langkah promosi
    Sami2

  8. Iya, Pakde…
    Saya juga milih hampir semua share place di atas
    Pakde belum follow nih IG saya *upppsss

    Belum ya?Entar tak follow deh

  9. susanti dewi says:

    saya seringnya nge-share link itu di google+ sama facebook aja pakde, kalo twitter jarang buka. berarti promosi artikelnya kurang ya pakde…

    Twitter justeru yang joss

  10. cputriarty says:

    ternyata semakin banyak sharing di beragam sosmed akan semakin berdampak baik pula untuk postingan artikel yang baru dipublish 🙂 maturnuwun atas info kerennya ini pakde caem 🙂

    Itu hukum alam
    Semakin sering nemampakkan diri akan semakin dikenal
    Sama Jeng ayu

  11. Biasa share di FB, twitter, linkedln dan g plus, instagram dan pinterest kadnag-kadang. Nah yang webmaster itu masih nggak nemu cari dimananya, jadi masih belum bisa masukin kodenya.

    Baca ini Bu supaya bisa daftar, verifikasi, dan fetching
    http://www.abdulcholik.com/tips-blogging/fetching-itu-penting

  12. Lyliana Thia says:

    Pakde apa kabar..? Semoga sehat selalu…

    Saya baru share artikel nggak sampe setengahnya dari Pakde nih, terima kasih tips-nya Pakde, semoga selalu membawa kebaikan untuk sesama.. ^_^

    Kabar baik. Semoga bu dokter juga adem ayem
    Nggak apa-apa, yang penting sudah ada langkah promosi

  13. Kultwit says:

    yang webmaster google dan google itu untuk share atau untuk indexing ya mas maksudnya…..

    Sharing agar diindexkan

  14. Ophi Ziadah says:

    Makasih sharenya pakde..sy baru share di medsos2 saya aja..klo yg pake tool2 gitu blom ngerti..
    tutorialnya dung pak de…
    *emakgaptek*

    Baca di sini Jeng
    http://www.abdulcholik.com/tips-blogging/fetching-itu-penting

  15. Sukul says:

    wah kalo saya belum kepikiran ngeshare gitu pakde. maklum masih baru ngeblog. salam kenal ya pakde

    Ya dimulailah biar ngeblognya tampak asyik
    Terima kunjungannya

  16. […] terbitkan selalu saya promosikan agar segera diketahui oleh pengguna internet. Paling tidak ada 9 Tempat Saya Share Artikel Blog. Dengan cara itu maka trafik blog akan meningkat. Trafik yang bagus akan mengundang publisher untuk […]

  17. Una says:

    Belum pernah pakai Pinterest… cuma punya akunnya doang, coba ah…

    sip

  18. albana says:

    trimakasih atas info yang diberikan, sangat membantu saya

    Sama2

  19. saya paling di fb aja mas, sama di web master tools. itu udah cukup belum ya?share di fb juga sedikit banget yang klik atau mungkin ga ada jadi bingung.

Leave a comment