Apakah Blog Anda Sudah Mobile Friendly?

Jika hari sudah malam saya masuk kandang. Laptop saya tutup tanda kegiatan di meja kerja usai. Jika saya masih ingin melihat-lihat media sosial atau blog maka saya memakai tablet. Kegiatan ini saya lakukan sambil nonton televisi. Membaca artikel blog dan status sahabat di media sosial kadang mirip nonton stand up comedy. Banyak yang lucu.

Ketika saya melaksanakan kegiatan blogwalking (berkunjung ke blog sahabat) sering mata saya agak sepet. Tampilan blog dan artikelnya tampak kurang jelas di tablet saya. Tulisan kelihatan kecil-kecil sehingga keterbacaannya minus. Akhirnya saya terpaksa meninggalkan blog tersebut dan pindah ke blog lain. Blog yang kurang bagus keterbacaannya di tablet atau di mobile phone inilah yang lazim disebut blog yang tidak mobile friendly.

Syokurlah saat ini masih banyak blog yang bagus jika dilihat dari tab atau smartphone. Font tampak besar sehingga artikelnya mudah dibaca di tablet yang saya gunakan. Saya pun dengan senang hati menuliskan komentar tentang apa yang dibahas dalam postingan tersebut.

Blog yang mobile friendly sudah menjadi kebutuhan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya pengguna gadget. Ketika naik kereta api saya juga main gadget. Di ruang tunggu bandara, stasiun, pelabuhan, atau di rumah makan juga bergaget ria. Gadget terlihat di mana-mana, di kota maupun di desa. Jika tak sedang berada di depan komputer atau laptop maka blogwalking, mencari informasi apapun dilakukan dengan handphone, smartphone, atau tablet. Beruntunglah sahabat jika blog sudah mobile friendly.

.

Blog yang sudah mobile friendly

Nyaman di mata, nyaman di hati

.

.

Cara Menguji Blog

Untuk menguji blog apakah sudah mobile friendly atau belum cukup mudah. Google sahabat blogger sudah menyiapkan alat test. Bagi sahabat yang ingin menguji blognya silakan mengikuti langkah berikut ini. Simak juga gambar peraganya.

.

.

1. Masuklah ke Google Web Masters Tools Mobile Friendly.

2. Masukkan url artikel atau url blog ke dalam kolom yang tersedia. Dalam gambar peraga di atas saya contohkan dengan memasukkan url artikel http://www.abdulcholik.com/tips-blogging/cara-membuat-halaman-pada-blogspot

3. Tekan tombol Analyze. Tunggu sampai prosesnya selesai.

4. Dalam waktu yang tidak terlalu lama muncul hasilnya. Terdapat tulisan berwarna hijau berbunyi: Awesome! This page is mobile-friendly.     Juga ada tampilan gambar blog saya pada gadget.

.

.

Silakan sahabat menguji blog masing-masing. Saya juga sudah melakukan test ke blog saya yang lain yaitu Jalan-Jalan dan Makan Sehat dan blog Cak Cholik di BlogDetik. Kedua blog tersebut sudah mobile friendly. Ini dia ijazahnya.

.

.

Apakah semua blog saya sudah mobile friendly? Ternyata ada yang belum yaitu blog Bintang Satu yang berplatform WordPress. Ketika saya uji ternyata terdapat tulisan berwarna merah berbunyi: No mobile friendly. Ini dia tampilannya. Teks artikel blog tampak kecil sehingga memerlukan kaca pembesar untuk membacanya.

.

.

Pada hasil test disebutkan kekurangannya sehingga blog Bintang Satu dinyatakan tidak mobile friendly.

1.Teks terlalu kecil untuk dibaca (di gadget)

2. Link terlalu rapat

3. Viewport untuk mobile belum diset.

.

Bintang Satu memang bukan blog utama. Namun karena saya beri peran sebagai ‘dummy blog’ untuk membackup blog yang lain maka harus saya ubah agar mobile friendly.

.

Cara Mengubah Blog Agar Menjadi Blog Yang Mobile Friendly

Jika blog sahabat masih belum mobile friendly maka dianjurkan untuk segera membenahinya. Seperti saya uraikan di muka bahwa saat ini banyak blogger maupun non blogger yang gemar memanfaatkan gadget. Main di media sosial juga pakai gadget. Mengunjungi blog juga demikian. Bahkan ada di antara blogger yang suka menulis artikel dengan memanfaatkan smartphone atau tablet. Saya baru sekali melakukannya. Oleh karena itu blogger selayaknya juga memanjakan pengunjung agar blog dapat dibaca dengan menggunakan mobile phone.Ini tentu juga untuk keuntungan pemilik blog agar tak ditinggalkan oleh pengunjung.

Tip tentang cara melakukan pengubahan blog agar mobile friendly saya bagi menjadi 3 yaitu untuk pengguna Blogspot, pengguna WordPress.com, dan pengguna self hosted WordPress blog.

Silakan menyimak tip berikut ini.

,

I. Pengguna Blogspot

1. Silakan masuk ke dashboard blog. Template yang sedang digunakan tampak di sebelah menu. Klik gambar roda gigi pada template yang ada tulisan Mobile di atasnya.

.

.

2. Muncul pop-up. Centang lingkaran kecil bertuliskan: Yes, show mobile template on mobile devices. Lanjutkan dengan menekan tombol Save untuk menyimpan perubahan yang baru saja sahabat lakukan.

.

.

3. Pengubahan Blosgpot menjadi blog yang mobile friendly selesai. Setelah sahabat istirahat sejenak sambil minum kopi dan menikmati pisang goreng silahkan menguji seperti langkah yang sudah saya jelaskan di atas. Jika langkah sahabat benar maka blog akan menjadi mobile friendly seperti Blog Eksersisi milik saya di bawah ini.

.

.

II. Pengguna Blog WordPress.com

Seperti sudah saya jelaskan di muka bahwa blog Bintang Satu yang berplatform WordPress belum mobile friendly. Akhirnya saya otak-atik sendiri. Bagi sahabat yang ingin mengikuti jejak saya silakan mengikuti langkah berikut ini sambil menyimak gambar peraga.

1. Masuk ke dashboard blog WordPress.com sahabat.

.

.

2. Tekan tombol Mobile pada menu Tampilan atau Appearance.

3. Centang bulan kecil dekat tulisan Enable mobile theme yang bertuliskan Ya atau Yes (tergantung bahasa yang sahabat gunakan saat membangun blog)

4. Tekan tombol Perbarui untuk menyimpan perubahan.

Selanjutnya kembali ke menu dashboard untuk setting beberapa poin.

.

.

5. Tekan tombol Tampilan. Setelah halaman baru terbuka terlihat beberapa menu yang harus di set. Centang lingkaran Yes atau Ya pada Enable mobile theme. Juga centang lingkaran kecil Ya untuk Always show post on front page. Akhiri dengan menekan tombol Perbarui untuk menyimpan perubahan.

Pengubahan blog WordPress. com agar mobile friendly selesai. Silakan diuji sesuai langkah terdahulu.

Jika langkahnya benar maka hasilnya seperti blog Bintang Satu yang sudah saya perbarui.

.

.

III. Pengguna self hosted WordPress

Bagi pengguna blog WordPress berbayar agak mudah jika akan membuatnya menjadi mobile friendly. Selain menggunakan theme/tema yang responsif juga bisa memasang plugin khusus. Tema blog yang mobile friendly dapat dicari di WordPress.org/extend/themes atau di Google.

Beberapa plugin yang mendukung mobile friendly antara lain Jetpack, WP Touch Mobile Plugin. Saya lebih senang menggunakan Jetpack plugin karena banyak fiturnya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadikan blog sahabat mobile friendly sehingga enak dibaca dan disukai pengunjung. Saya menyarankan agar sahabat langsung mempraktekkan tip ini. Gunakan dua jendela. Satu jendela adalah artikel ini dan jendela satunya adalah blog yang akan sahabat ubah menjadi mobile friendly. “Learning by doing,” kata Cak Ngaderi.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

29 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Ye… pakde, punya saya sudah mobile friendly. barusan saya cek ulang, ternyata sudah ok sejak kemarin hehe. Tutorialnya mantap pakde

    Sip Mas. Matur nuwun

  2. Makasih Pakde, alhamdulillah blogku udah friendly hehhee

    Sip Jeng
    Sama2

  3. vizon says:

    Alhamdulillah, blog saya juga sudah mobile friendly, Pakde..
    Terima kasih untuk tutotialnya ya.. 🙂

    Cakep, biar pengguna HP hepi

  4. Inayah says:

    yeah…mengagumkan kitu ceunah Pak dhe. asikk makin semangat ngeblog nih ah

    Punten, mangga atuh

  5. ilmunya bagus mas bisa nambah nambah wawasan buat yang pemula ,

    Iya, supaya makin getol ngeblognya

  6. Blogku juga sudah dapat ijazah dhe.
    Tapi ada teman yg komen kok tulisan blogpostku kecil2 kalo dibaca di hp ya?

    Mungkin HPnya mini Jeng

  7. Linda Leenk says:

    punyaku udah mobile friendly kayaknya

    Sudah di cek kan?

  8. Asik banget tutorialnya 🙂
    Jd mau ikutan ngetes hehe.
    Makasih y

    Sama2 Mas

  9. Belum pernah ngecek, nanti kalo di depan laptop bakal dicek. Kalo punyaku seringnya masalah hosting. Pihak yg sewain domain suka nitip link iklan. Jadi ada bbrp pengunjung blog mesti dua tiga kali klik baru masuk blog saya 🙂

    Kok ada penitipan iklan segala ya

  10. Ihwan says:

    Makasih tipsnya Pakdhe. Blog saya karena alasan khusus belum bisa mobile friendly tapi semoga PakDhe dan teman-teman tidak segan mampir ke blog saya 🙂

    Sip Mas

  11. sistalisius says:

    Trimakasih tutorialnya, saya sendiri suka gak nyaman kalo pas baca artikel terus blog nya gak mobile friendly, karena kebetulan punya mata minus. Jadi langsung cari blog lain yang bisa terbaca tulisannya 😀 :D. Terimakasih sudah share 😀 😀

    Apalagi saya yang sudah lansia nich

  12. lubena ali says:

    punyaku ternyata sudah mobie friendly pak de

    Sip, enak dibaca di HP

  13. kayaknya belum? mengapa? karena blogku yg self hosted kadang full dosis. ngga tau bagaimana harus mengembalikan. seperti database error sampai penghapusan file di FTP cpanel. aduh rumit nya…

    ditambah mau nyari template yang nyaman sesuai selera ku juga agak menyulitkan.

    pernah menggunakan pake plugin mobileprees agar ramah pengguna tapi malah error.

    pengalaman Blogging yang menyebalkan sekaligus memberikan informasi baru yang sebelumnya belum didapat kan.

    tapi posting di atas mau saya coba deh.. sip

    Silakan dijajal deh

    • Aiy Ayumna says:

      Aku sebelum bikin blog emang cari2 dulu theme yang mobile friendly 🙂
      Jadi aman deh
      Emang kalo ga mobile friendly gitu cukup mengganggu ya kalo baca2 dari hape..
      Masa iya kudu geser2 kanan kiri
      Melelahkan, apalagi jika teksnya kecil2

  14. Ira guslina says:

    Keren Pak De. dulusaya suka sepet juga liat tampilan dekstop di hape. Harus zoom2. Sekarang oke. Makasih tipsnya Pak De. Maknyus..

    Iya, sukar kalau lihat blog di HP

  15. Cheila says:

    blog q udah mobile friendly dhe…..

    Bagus

  16. musadun says:

    dengan berkembangnya pengguna smartphone, memilik website yang mobile friendly merupakan satu kemestian.
    Betul, sebagai bentuk pemanjaan kepada pengunjung blog yang memekai gadget

  17. Lusi says:

    Ini aku yang nggak ngerti. Pernah lomba cuma jadi nominasi karena kalah di mobile friendly. Kalau dicek dg tools ini sudah awesome. Tapi katanya unsur mobile friendly nggak cuma itu, aku disuruh mriksain blogku. Priksanya kemana ya? Nggak punya BPJS heheee

    Jika sudah enak dibaca di gadet berarti sudah mobile friendly
    Itu saja pedomannya

  18. Saya Alhamdulillah sudah Pakdhe, kayaknya heheee..terima kasih sudah diingatkan Pakdhe..

    Sip berarti sudah andil dalam memanjakan pengguna gadget

  19. Anne Adzkia says:

    Komen dulu ah sebelum ngecek. Ilmu baru nih buat saya. Makasih pakde sharingnya.

    Silakan di cek mumpung lagi sepi

  20. ahaaayy, makasih mba sharenya, baru ngeh saya kalo pembaca via gadget juga harus dimanjakan ya 🙂

    Kalau tulisannya lembut sulit dibaca Jeng

  21. Pakde rapi sekali memberikan tutorialnya. Sama dong pakde, kalau sudah malam dan ingin blogwalking, ya pakai smartphone. Nah, biasanya lebih nyaman berkunjung ke blog yang sudah mobile friendly ini ya. Kalau blognya belum MF, tulisannya kecil dan tidak muat di layar, apalagi smartphone 4 inci, kalau tblet masih lumayan. Eh, panjang kali komenku.

    Kan saya mantan guru militer Jeng

  22. Een Endah says:

    Saya juga sudah, karena setiap saya share di laptop, saya test di Mobile. Kalo tulisannya kecil….Saya aja pusing, apalagi yang lain. Makasih ilmunya.

    Betul. Padahal sekarang banyak blogger yang suka menggunakan gadget untuk melihat blog

  23. khusnul says:

    Alhamdulillah blog saya udah dapat ijazah. Terimakasih pakdhe 🙂

    Cakep. Sangat menyenangkan pengunjung

  24. Kalau aku langsung responsive aja

    Bisa juga tuh Mas

  25. Naya says:

    alhamdulillah blog saya bertuliskan awesome pak dhe 🙂 makasih tutorialnya pak dhe…

    Jos, sama2

  26. Maya Siswadi says:

    Waaahhh punyaku udah mobile friendly lom yaaa? Mau test ahhh, makasih tipsnya pakdhe 🙂

    Silakan dicoba

  27. […] Saat ini pengguna handphone dan smartphone sudah merajalela. Gadget ini bukan hanya untuk menelpon dan berkirim SMS saja. Mereka sudah memanfaatkan alat canggih ini untuk berinternet ria termasuk untuk blogging. Itu juga yang saya lalu lakukan. Jika saya sudah masuk kamar tidur maka saya menggunakan tab untuk mengakses blog sahabat. Oleh karena itu ada baiknya jika para blogger juga merekasaya agar blognya sudah mobile friendly. Bagaimana caranya? Silakan membaca artikel saya berjudul Apakah Blog Anda Sudah Mobile Friendly? […]

Leave a comment