Blogger Kancil Banyak Akalnya

Blogger Kancil. Biyuh..biyuh, apa itu Pakde?

Istilah ini baru saja saya temukan. Supaya ide itu tidak menguap maka segera saya buka laptop dan menempanya menjadi postingan. Postingan sederhana juga untuk mengeksplorasi soft skill yang dimiliki seorang blogger yang berkaitan dengan EQ (Emotional Intelligence Quotient). Leadership, kepribadian, kebiasaan, etika, komunikasi, bahasa, kemampuan mendengarkan, dan pergaulan juga termasuk di dalamnya. Sementara hard skill berupa kemampuan menulis, membaca, dan mengotak-atik tampilan blog tentu sudah tidak diragukan lagi.

Memangnya Pakde nggak piknik atau rekreasi? Bukankah ada ungkapan berbunyi: All work and no play makes Jack a dull boy yang diakui kebenarannya. Kerja terus tanpa ada waktu untuk santai, relaks, atau istirahat bisa membuat orang bosan dan sekaligus membosankan, Pakde.

Ya inilah rekreasi gaya saya. Bukankah blogger itu banyak akalnya. Orang lain rekreasi dengan menikmati indahnya panorama ciptaan Tuhan atau makan-makan di luar rumah tetapi blogger bisa membuatnya lebih seru. Jika mereka makan di warung, rumah makan, atau restoran maka setelah berdoa si blogger memotret dulu hidangan yang tersaji. Bahkan sebelum itu mereka sudah mencatat daftar menu yang ada di rumah makan. Jika malas mencatat maka dia memotret daftar menunya. Semua dilakukan agar nanti bisa menjadi artikel yang menarik dan bermanfaat untuk update blognya.

Ketika seorang blogger rekreasi di luar rumah mereka pasti tidak lupa selfie atau wefie di sudut yang ada tulisannya. Jika papan nama tidak ada maka mereka akan mencari ikon atau landmarknya. Mengapa demikian? Yup, agar yang melihat foto itu tahu di mana pemotretan itu dilaksanakan. Jika foto di halaman sebuah hotel maka mereka akan memilih di sisi yang ada papan nama hotel tersebut. Lha kalau fotonya di dinding hotel kan sama saja dengan foto di dinding rumah sendiri.

.

Cara tempat yang ada papan namanya

.

Blogger Kancil banyak akalnya.

Jika pada hari Minggu atau hari libur mereka tidak keluar rumah maka mereka tetap bisa mengisi harinya dengan sesuatu yang tak kalah seru. Tujuannya sama yaitu agar esok hari tetap bisa menerbitkan artikel yang tak kalah heboh dengan mereka yang kluyuran dan rela bermacet ria. Blogger Kancil yang banyak akalnya itu bahkan bisa melakukan kegiatan atau pekerjaan yang mereka merasa ‘tidak bisa melakukannya.’

Contohnya apa, Pakde? Salah satu di antaranya adalah membuat video dengan pemeran utamanya adalah dirinya sendiri. Ada loch blogger yang belum pernah membuat ‘Video Post’ atau postingan berbentuk video. Walaupun mereka mempunyai handycam, kamera, atau handphone yang ada fitur pembuat video belum tentu mereka pernah menggunakannya. Namun demikian Blogger Kancil yang banyak akal itu akhirnya berani mencoba membuat video yang semula dia ‘merasa tidak bisa’ melakukannya.

.

“Suatu waktu, saya pernah kepikiran, pengin deh bikin video. Eh baca postingannya Pakde Cholik, jadi, spontan deh kemarin pulang sosialisasi langsung bikin video tanpa persiapan sama sekali, itulah kenapa hasilnya juga apa adanya. Cuma modal pakai kamera laptop dan masih amburadul tanpa proses editing sama sekali. Maklum masih newbie.Dan ternyata nggak lucu. Tapi nggak papa, satu langkah awal. Suatu saat videonya nggak begini, nanti kualitasnya bakal lebih bagus lagi” 

.

Itulah pengakuan Marfa Umi yang akhirnya bisa mendaftarkan videonya dalam Giveaway Kece : Stand Up Comedy on the Blog. Video berdurasi sekitar 4 menit itu diberi judul Berani Malu (BENALU)

Hal yang sama juga terjadi pada diri Susan. Blogger yang mengaku jomblo ini justeru menjadi pandu udara, sebuah istilah yang saya pinjam dari kalangan militer. Pandu udara adalah personil yang pertama kali diterjunkan di daerah pertempuran dengan tugas utama menyiapkan segala sesuatunya sebelum seluruh pasukan terjun. Susan membuka pintu untuk para sahabatnya dengan video karyanya berjudul Chating Online.

.

Susan dan Marfa Umi bukanlah seorang pelawak dan mungkin belum pernah tampil dalam acara Stand Up Comedy.  Giveaway Kece: Stand Up Comedy on the Blog memang tidak mempersyaratkan pesertanya harus pelawak atau komedian. Blogger jenis apapun boleh ikut sepanjang memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan. Pagelaran ini juga memberikan wadah bagi blogger yang ingin melakukan sesuatu yang mereka merasa ‘tidak mampu melakukannya.’ Juga mengajak para blogger untuk mendobrak rasa malu, tidak pede, takut tidak bagus, takut tidak lucu, dan ketakutan-ketakutan lainnya. Naik gunung saja berani masa membuat video saja ragu-ragu atau tidak berani.

.

Courtesy: Susan dan Marfa Umi

.

Seorang blogger berani selfie di tengah jalan, di tengah taman sambil tiduran, atau sedang memanjat pohon. Saya percaya mereka tentu juga berani donk membuat video. Blogger Kancil kan banyak akalnya.

Dengan ulasan di atas sudah beranikah sahabat blogger mempublish video posting?

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

10 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Tatit Ujiani says:

    Untuk video tetep belum berani Pakdhe 🙁

    Iya nggak apa-apa kok

  2. Haduuh, mak jleb bener nih pakdhe 😀

    Pengin lihat Jeng Lianny ngomedi jleb

  3. Wah… dua Blogger kancil dah daftar GA stand-up comedy ya.. Btw, menjadi blogger memang harus jeli memanfaatkan momen.. Aku kan suka jalan2 ya…trus di tas gak pernah luput membawa kamera atau handphon berkamera.. Tujuannya bukan hanya buat selfie semata.. Dgn memotret momen2 selama perjalanan…bisa sebagai bahan utk membuat artikel selanjutnya di blog..

    Iya, kalau nggak gitu momen camtik jadi lenyap

  4. nh18 says:

    Ayo … Ayo …
    Yang belum … yang belum …
    sepertinya kawan-kawan penganut deadliner garis keras semua nih pak de

    Salam saya

    Iya Om
    Pasti akan memunculkan video cadasnya hahahaha

  5. Sari Novita says:

    Setuju, manusia diberikan akal
    .Blogger pun banyak akalnya. Sy juga lagi belajar bikin video. Lg mencari akal gimana bikin yg oke dgn fasilitas seadanya. Thanks Pak De

    Pakai HP saja atau kamera di laptop

  6. opickaza says:

    belum berani saya pakde di depan kamera untuk buat video mash ragu kayknya ikutan ganya karena harus buat video stand up comedy heheh

    Kalau nggak mbuat video ya harus berdiri di depan saya dan juri
    Malah mahal biayanya kan

  7. Evi says:

    Aku gak berani menjawab tantangan Pakde..Takut kelihatan garis tua dan ubannya … Kancil penakut..wkwkwkw…

    Kelihatan matang. Malah bagus

  8. inayah says:

    Ahh punyaku ga lucu tapiii

    Tapiiii harus ikut

  9. Marfa says:

    Eh, blogger kancil. Hehehe, ada2 aja Pak Dhe, kan jadi tambah malu. Ini mungkin yang lucu-lucu pada mepet deadline

    Mungkin juga
    Banyak yang ingin ikut juga soalnya

  10. […] atau tersirat tujuan penyelenggaraan lomba blog adalah untuk berpromosi. Maklum blogger itu ibarat kancil yang banyak akalnya. Blogger bukan hanya menguasai dunia maya tetapi juga banyak berkiprah di dunia nyata. Tak heran […]

Leave a comment