Blogger Tercepat di Dunia

Blogger tercepat di dunia adalah blogger yang membangun blog dengan cepat, menerbitkan artikel dengan cepat, cepat putus asa, dan menghentikan aktivitas ngeblog dengan cepat pula. Kok, memangnya ada? Yup, mungkin saja ada. Utamanya mereka yang sering menyebut dirinya sebagai blogger newbie.

Seminggu setelah artikel diterbitkannya ternyata tak ada satupun pengunjung yang datang dan menuliskan komentarnya. Demikian pula setelah blogger menerbitkan artikel kedua dan ketiga. Blognya masih sepi bak kuburan di malam hari. Merasa ngeblog itu pekerjaan sia-sia karena tak ada yang peduli dengan artikelnya  maka blogger tersebut putus asa, lalu dengan cepat menghapus blognya. “Ngeblog itu useless,” begitu pikirnya.

Blogger pemula seperti tersebut di atas mungkin belum mengetahui bahwa tugas seorang blogger bukan hanya membangun blog lalu menerbitkan artikelnya. Masih ada seabreg kegiatan yang harus dilakukannya. Hal ini disebabkan karena blogger newbie belum sempat mempelajari pernak-pernik dunia blogging.

.

Blogger tercepatdi dunia

Ngeblog harus serius tapi santai

.

Apa saja kegiatan yang sebaiknya dilakukan oleh blogger pemula setelah blog dibangun dan artikel diterbitkan? Berikut beberapa di antaranya.

1. Menyebarkan Artikel ke Media Sosial

Blogger seyogyanya mempunyai akun di Facebook dan Twitter. Dua tempat ini paling jos untuk memromosikan blog. Jika perlu buat halaman khusus semacam Fun Page. Lebih sip lagi jika blogger juga bergabung dalam aneka komunitas yang ada di media soal. Jika topik blognya tentang kuliner ya bergabung dengan komunitas kuliner. Jika blog isinya fiksi sebaiknya masuk ke komunitas penulis fiksi. Dengan cara itu maka blogger bisa share artikelnya sambil menyerap ilmu dari blogger lain yang ada dalam komunitas tersebut. Bergabung dengan blogger se-daerah juga tak dilarang kok.

Setiap menerbitkan artikel sebaiknya langsung share di media sosial agar segera diketahui oleh khalayak ramai. Setelah itu bagus juga jika blogger mempunyai akun di Google+1 dan Linkedin.com agar bisa share artikel di dua tempat ngetop tersebut. Kelak bisa juga share artikel di social bookmark, blog directory, dan lain sebagainya.

2. Membangun Relasi

Kegiatan ini juga penting. Walaupun mempunyai akun media sosial tetapi jika kurang berinteraksi dengan orang lain juga kurang bagus. Blogwalking adalah salah satu cara untuk membangun relasi dengan blogger lain. Mengunjungi blog dan menuliskan komentar yang relevan pada artikel yang diterbitkan oleh blogger akan membantu mempromosikan blog sendiri.

3. Mengikuti Lomba Blog

Kegiatan ini juga dapat mendongkrak popularitas blog. Kalah atau menang itu sudah biasa dalam sebuah lomba. Namun ada keuntungan lain yang diperoleh yaitu naikya trafik blog dan juga munculnya pengunjung di blog kita. Syokur jika bisa menjadi salah satu pemenang. Hadiah yang diterima dari penyelenggara lomba juga akan membuat blogger semakin semangat.

4. Menulis Artikel Berkualitas

Adagium berbunyi Content is the King masih relevan sampai kapanpun. Konten atau postingan yang menarik dan bermanfaat selalu dicari orang. Maklum, tak ada seorangpun di dunia ini yang tak pernah punya masalah. Untuk memecahkan atau menyelesaikan masalah tersebut orang bisa minta bantuan kepada orang lain, di dunia nyata maupun dunia maya. Bukan hanya masalah yang besar-besar atau serius. Malah sepele tetapi sangat diperlukan juga bisa dicari solusinya di internet.

Coba saja tulis artikel berjudul Cara Menulis Surat Cinta Kepada Senior. Para pelajar atau mahasiswa yang sedang mengikuti Ospek, Mapras, atau Mapram (jaman dulu disebut ploncoan dan aneka istilah lainnya) akan berburu artikel semacam itu di internet. Blog akan kebanjiran pengunjung.

5. Perbaiki Tampilan Blog

Walaupun konten itu menjadi primadona namun tampilan blog juga layak diperhatikan. Blog yang mudah diakses dan tersedia menu yang memudahkan pengunjung menemukan apa yang dibutuhkan sangat disukai oleh pengunjung. Mudahkanlah pengunjung membaca artikel dan menuliskan komentarnya.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh blogger pemula. Jika dipraktekkan maka para newbie tak akan mendapat label baru sebagai Blogger Tercepat di Dunia.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

18 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Seya Arf says:

    Hahaha, saya banget itu, mas !..
    cuma bedanya ngga nyampe dihapus blognya. hehe
    Terimakasih, mas ! Postingannya cocok buat saya terapkantuh…
    Monggo mas salam kenal..

    Jangan donk, artikel itu aset bermanfaat loch

  2. Izzah Annisa says:

    Mudah-mudahan saya nggak termasuk kategori blogger teecepat versi Pakde 😀

    Jangan donk, eman artikelnya

  3. Hai Pakde, hampir salah kira. Kok postingannya baru 2? Setelah baca artikel yang GA atau artikel pakde yang sebelumnya ternyata data-data yang lama tersuspend huhuhu
    Aku setuju dengan 5 point yang diatas 😀

    Iya nih. Saya lalai mengurus hosting

    • Wah ada apa tuh pak de kok sampek lalai mengurus hosting?

      Hosting saya pakai untuk 2 blog. Ketika blog yang satu saya akhiri sewa hosting saya lupa bahwa Neo BlogCamp ada di dalamnya

  4. eda says:

    setujuuuu… akuh masih pemulaaa…

    sedihnya, blognya mati lagi 🙁

    Yaaaa…cantik2 kok blognya maniok

  5. inda fitri says:

    hehe, dulu kulo ngge ngoten de, alhamdulillah skrg mboten, insyaAllah

    Sip, semoga ngeblognya konsisten

  6. susanti dewi says:

    Iya setuju Pakde…
    Semoga saya terus bersemangat dalam ngeblog kayak Pakde 🙂

    Sip.Blog bagus jangan lama dianggurin

  7. vizon says:

    Kalau saya blogger terlama… Terlama nggak update-nya, hahaha… 😀

    Jangan mendzolimi blog ach

  8. misbach says:

    Alhamdulillah, saya sudah membangun blog dengan cara point nomer 3, alhasil blog saya lebih banyak GA nya daripada tulisan2 saya sendiri.
    Semoga saya menjadi blogger tercepat untuk versi saya sendiri.
    Salam dari Malang Pakdhe, semoga tetap silaturahmi ke njenengan.

    Semoga ngeblognya konsisten ya Mas

  9. waaah dapat pelajaran berharga dari pak de nih mudah mudahan jadi pelajaran buat saya, kalau menurut pak de kira kira blog yang banyak pengunjung yang bagaimana yah ?

    Banyak faktor yang ikut andil. Selain konten menarik dan dicari orang juga ada peran SEO di dalamnya

  10. Rahmah Usman says:

    Masih berjuang bagi waktu utk rutin ngisi blog personal… karena ada blog lain yg juga harus diurusi…

    Yang penting jangan ditelantarkan

  11. nova novili says:

    hmmmmm..adakah itu saya..hahahahaha…

    Wah I’m not pointing my finger to anyone

  12. Bams says:

    semoga saya tidak termasuk kedalam blogger tercepat didunia 😀

    Harapan kita semua Mas

  13. Hmm, sulit memang kalo ngeblog sekadar sambilan. Nulis artikel sekali, absennya berkali2. Tapi nyari ide untuk rutin menulis juga enggak mudah.

    Betul, kalau ikut lomba blog harus serius

  14. awen says:

    Woow saya kira cepet gimana gitu 😀
    Diperlukan komitmen dan semangat yang tinggi untuk menjadi seorang blogger.
    membangun rellasi memang kebutuhan yang tak kalah penting, apalagi kalau berkunjung kesini sangat penting sekali pastinya.heu
    Slam BW Pakde 🙂

    267 (relasi) memang penting apalagi jika kita berbisnis

  15. yanti says:

    Salam kenal …

    Artikel yang sangat bermanfaaat, saya newbie…jadi perlu banyak berguru nih sama pakdhe he.he.. #jadi ikutan manggil pakdhe
    Dan salut banget sama pakdhe , dengan predikat Brigjend, masih sempat nulis buku, ngeblog, dsb.
    jadi malu nih 🙂

    Keep blogging and writing
    Dobrak rasa malu.
    Terima kasih kunjungannya

  16. ndop says:

    Rasane gak posting dan gak blogwalking sak wulan punjul kui kuuuwangen pak dhe.

    Dunia blogging itu sangat menyenangkaaaan..

    Kapan balik dari Eropa Mas

  17. Herbi says:

    wkwkwkw.. sangar men…
    Sangat cepat di semua lini.

    Mantap sekali

Leave a comment