Cara Memanjakan Pengunjung Blog dan Mesin Pencari

Cara memasang widget blog

Blog memang milik pribadi blogger yang bersangkutan. Dia juga berhak melakukan apa saja atas blognya, baik wadah maupun isinya. Namun demikian orang lain yang berkunjung dan membaca artikel akan terlibat di dalamnya, langsung atau tidak langsung. Sikap mereka juga akan berbeda-beda, ada yang suka dan ada yang kurang suka. Ada yang memuji dan mungkin ada pula yang mencaci atas tampilan dan konten blog. Oleh karena itu seorang blogger sebaiknya juga memerhatikan hal tersebut sehingga kenyamanan kedua belah pihak terjaga dengan baik.

Harus diingat pula bahwa Google berperan besar di dunia maya. Dia bisa menaikkan pamor dan peringkat blog tetapi sebaliknya bisa juga membanned atau memblokir blog. Kebaikannya adalah, Google juga tak segan-segan memberi kesempatan kepada pemilik blog untuk memperbaiki kesalahan dan merehabilitasinya.

Berkenaan dengan hal tersebut berikut disampaikan hal-hal yang sebaiknya dilakukan oleh seorang blogger dan yang selayaknya dihindarinya. Tujuannya adalah untuk memanjakan pengunjung blog dan mesin pencari (search engine)

.

Hal-hal Yang Sebaiknya Dilakukan

1.  Buat tampilan blog yang sederhana tanpa mengurangi keindahan dan kerapian. Selain pemiliknya nyaman dan mudah mengoperasikan juga membuat pengunjung betah dan gampang menemukan artikel yang dibutuhkan.

2.  Jika ingin memasang gambar pada header pilih gambar yang sesuai dengan topik blog. Kurang pas jika blog bertopik kuliner lalu gambarnya aneka senjata api atau senjata tajam.

3. Pada halaman statis yang terletak pada tab di bawah header sebaiknya ada halaman About dan Sitemap. Daftar Peserta Giveaway juga bisa dipasang pada tab sehingga peserta GA dapat melihat apakah namanya sudah tercantum sebagai peserta. Jika blogger memiliki produk yang ingin dijual bisa juga dipasang pada tab. Misalnya buku karya blogger.

4.  Isi halaman About dengan informasi yang cukup tentang jati diri blogger. Selain nama terang, profesi, juga layak disebutkan domisili secara umum (kota kabupaten cukup) Ada yang mengatakan, membaca blog tanpa diketahui identitas pemiliknya sama dengan membaca koran.

4.  Pada sidebar sebaiknya dipasang gadget/widget yang penting misalnya Artikel Terkini (Recent Posts), Arsip, Label/kategori, Search/Pencarian, dan Subscription (berlangganan artikel)

5.   Gunakan warna cerah pada bodi blog tempat artikel berada dengan font artikel warna hitam. Ini lebih nyaman daripada background warna gelap dengan font warna merah atau warna lain yang menyilaukan dan melelahkan mata.

5.   Jika menggunakan ukuran normal untuk font sebaiknya memakai font jenis Verdana atau Tahoma agar tampilan artikel tidak terlalu kecil.

6.   Memasang gadget/widget lagu tak masalah. Pilih lagu yang lembut agar enak didengarkan sambil membaca artikel.

7.  Artikel yang panjang lebar sebaiknya diselipi gambar untuk mengistirahatkan dan menyegarkan mata pengunjung.

8.  Pastikan Anda telah membubuhkan atribut yang benar pada gambar utamanya jika meminjam gambar orang lain. Ini berkaitan dengan hak cipta dan etika.

9.  Gunakan font dengan jenis, ukuran, dan warna yang sama pada artikel kecuali judul artikel bisa memakai font yang agak besar.

10.  Code captcha gunanya untuk membatasi komentar spam. Jika secara tehnis memungkinkan gunakan kode captcha yang tidak terlalu sulit.

11. Lakukan moderasi secara bijak. Pengunjung kadang tidak sabar jika pemilik blogger terlalu ketat dalam memoderasi komentar.

12. Jika artikel blog berbahasa Indonesia sebaiknya judul gadget/widget dan lain-lain juga menggunakan bahasa yang sama.

13.  Atur sidebar agar tidak menjadi terlalu panjang dengan cara:

a. Membatasi jumlah gadget/widget

b. Gunakan model widget/gadget dropdown

c. Pada gadget arsip cukup menggunakan jumlah artikel. Jika ingin lebih batasi saja sampai judul artikel. Menampilkan potongan artikel pada widget akan membuat sidebar menjadi panjang.

d. Membuang banner yang sudah kedaluwarsa dan kurang penting.

e. Meletakkan banner komunitas pada halaman statis di tab.

14. Cegah duplikasi widget/ gadget walau judulnya berlainan. Misalnya blogger sudah membuat halaman About di tab (di bawah header) maka gadget My Profile di sidebar sebaiknya ditiadakan.

15. Jika ingin memasang gadget Follower sebaiknya diletakkan di bawah sebelum Footer. Jika diletakkan di sidebar maka sidebar akan menjadi panjang dengan bertambahnya jumlah pengikut.

16. Gunakan kolom komentar yang mudah diketemukan oleh pengunjung. Kolom komentar yang melekat di bawah artikel (embeded) lebih disukai daripada menjadi halaman yang terpisah dari artikel.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya dilakukan oleh blogger agar nyaman dan menyenangkan pengunjung. Intinya: manjakan pengunjung agar mereka betah berlama-lama dan sesering mungkin mengunjungi blog Anda.

.

.

Hal-hal Yang Sebaiknya Dihindari

 .

Di atas telah dijelaskan hal-hal apa saja yang sebaiknya dilakukan oleh seorang blogger agar blognya menarik dan mudah dioperasikan. Apa saja yang sebaiknya dihindari oleh blogger tentu saja tinggal membalik poin-poin tersebut di atas. Secara khusus ada beberapa hal lainnya yang sebaiknya dihindari oleh blogger agar tidak mengecewakan pengunjung dan merepotkan pemilik blogger.

1.Hindari terlalu sering mengubah judul blog dan urlnya agar peringkat blog tetap baik.

2. Jangan mengubah kode HTML jika Anda belum memahami dengan baik. Sebelum mengubah kode HTML sebaiknya kode yang ada di copy dulu lalu disimpan di komputer. Dengan cara itu maka kelak Anda bisa paste lagi jika terjadi kesalahan dalam mengubah kode HTML.

3. Memasang widget yang tidak penting. Jangan sampai tampilan blog menjadi amburadul dan tidak rapi akibat keinginan untuk memasang aneka widget hanya karena Anda menyukainya.

4. Blog bukan hanya dikunjungi oleh orang dewasa. Hindari pemasangan gambar yang tidak senonoh, menjurus ke arah pornografi, sadisme, menyinggung SARA, dan perilaku negatif lainnya.

5. Jangan sembarangan melakukan eksperimen. Pelajari dengan seksama ketentuan, syarat, dan tips yang berlaku ketika akan melakukan pengubahan hal-hal yang belum difahami dengan baik. Misalnya melakukan import dan eksport artikel. Kesalahan yang Anda buat bisa menyebabkan artikel blog hilang atau terhapus.

6. Jangan membuat tampilan blog terlalu ramai seperti pasar malam dan jangan pula terlalu cuek bebek sehingga tampilan blog sepi seperti kuburan. Intinya: yang sedang-sedang saja.

7. Jangan mempersulit blogger lain jika Anda sedang mengadakan lomba blog atau giveaway. Dalam keadaan tertentu, memasang alat anti copy memang bagus. Namun harap diingat bahwa saat lomba berlangsung blogger peserta harus mengopy baner tersebut. Selain itu ada juga peserta yang mengocpy syarat yang ditetapkan jika Anda sedang mengadakan lomba blog atau giveaway.

8. Pasang iklan serapi mungkin agar pengunjung tetap mudah menemukan artikel yang dibutuhkan. Iklan melayang sehingga menutup artikel kurang disukai.

9. Pemasangan link keluar secara berlebihan sebaiknya dihindari karena merugikan. Jangan terjebak oleh permintaan penyelenggara lomba yang menggunakan kata “..jika menemukan kata pakaian wanita pasang link ke..” Ganti kata pakaian wanita dengan kata senada untuk menghindari pemasangan link.

10. Hindari penggunaan keyword secara berlebihan karena bisa dianggap melakukan keyword stuffing.

.

Mari kita jadikan blog ramah pengunjung. Itu akan membuat mereka senang dan betah berlama-lama di blog. Apalagi jika artikel yang tersedia menarik dan bermanfaat.

Jika ada tips tambahan silakan di share di kolom komentar agar bermanfaat bagi pengunjung yang lainnya.





Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

38 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. rahmiaziza says:

    Siap laksanaken Pakdhe…. catet samua tipsnya

    Terima kasih Jeng

  2. damarojat says:

    Pakde, kalau menurut Pakde icon sosmed itu sebaiknya diletakkan di sidebar atau di tiap akhir postingan? atau keduanya?

    Yang mudah dijangkau oleh pengunjung adalah ditiap-tiap artikel.
    Saya sendiri tidak memasang karena meragukan efektivitasnya

  3. Iskandar says:

    wah, saya juga suka melakukan banyak eksperimen pak de

    Biar pengunjung phuas

  4. Ryan Rudiansyah says:

    Mantap tips dan triknya.. Siap dipraktikkan pak Dhe.. (y)

    Monggo, semoga bermanfaat

  5. topik says:

    siap laksanakan pakde semoga saya sebagai blogger bisa memberi informasi dan memanjakan pengunjung

    Jos, begitu seharusnya

  6. evisrirezeki says:

    PakDe, aku masih belum disiplin nih poin —> 12. Jika artikel blog berbahasa Indonesia sebaiknya judul gadget/widget dan lain-lain juga menggunakan bahasa yang sama. #LangsungMikirLagi

    Makasih tipsnya, PakDe 🙂

    Ada yang bisa dialihbahasakan dan ada pula yang tidak bisa (defaultnya memang begitu)
    Rapopo

  7. rinasusanti says:

    noted tips nya pak de…memang tampilan blog itu ngaruh…bisa ill feel kalau pas buka blog tampilannya ga selera walaupun katanya don’t jugde book by the cover tp tetap ngaruh pandangan pertama itu

    Saya juga kurang senang jika blog berwarna hitam dengan tulisan putih atau kuning
    Melelahkan mata

  8. Wah lumayan nih pakde, ada beberapa point yang harus aku lakukan hihi

    *boleh pakde, nanti kita ngobrol-ngobrol.. Aku japri by email ya 😀

    Jos Mas

  9. makasih tipsnya pakdheee.. Bermanfaat bangeeet buat blogger amatiran kayak aku hehehe. Paling sebeeel memang kalau kena captcha ;). Tapi masih banyak yg pakai yaaa

    Blogspot umumnya pakai
    Ada yang sederhana dan banyak yang ribet

  10. komentarku sebelumnya masuk ngg pakdhe? Kok sering kena “duplicate comments are detected” padaha baru sekali tulis komennya.

    Makasih buat tipsnya ya pakdhe..

    Saya juga heran nich
    Padahal hanya komentator perdana yang saya moderasi..kok kena semuanya
    Maaf atas ketidak nyamanan ini

  11. jiah says:

    gadgetku msh buanyak hahahay

    Dirapikan lagi

  12. Mugniar says:

    Pakdhe, yang ini contohnya apa ya? –> Hindari penggunaan keyword secara berlebihan karena bisa dianggap melakukan keyword stuffing.

    Iya benar, sulit sekali kalo ada yang bikin GA sementara kita gak bisa copy bannernya. Terpaksa alt + prtsrc tapi kan gak semua orang tahu cara itu. Lagi pula masih harus diedit lagi gambarnya.

    Saya biasanya tak potret pakai HP kalau bloggernya ketat hahahah

  13. Catcilku says:

    Tipsnya keren Pakdhe, utamanya tampilan blog. Lah blog saya cuma templete bawaan WP aja yang sederhana banget 🙂

    TEmplate saya ini juga bawaan WP kok

  14. Rahmadani says:

    Notenya bermanfaat sekali buat pemula kayak saya, Pakde. Boleh gak Pakde komentarin blog sy ini—> tanpaaksara.blogspot.com
    Terima kasih sebelumnya Pakde 🙂

    Siap, segera ke TKP

  15. nur islah says:

    Pakde,warna blogku terlalu kalem ya?ada yg blg sebaiknya diganti pake wrna yg lebih cerah (modus spy dpt kunjungan balik hehehe)

    Ya kok nggak ada link blognya
    Nggak bisa ngecek deh

  16. prih says:

    Maturnuwun Pak Lik, tips yang sungguh berharga. Kepengin belajar memadukan kenyamanan pengunjung dan ramah mesin pencari. Setahap demi setahap saya laksanakan.
    Salam

    Sip, kenyamanan pengunjung diutamakan yak

  17. Keke Naima says:

    Siap laksanakan, Pakde 🙂

    Lanjutken

  18. bengkel says:

    langsung praktek ahh … biar blogku ramai pengunjung
    terimakasih pakdhe

    Sip Mas,semoga makin jaya

  19. Mechta says:

    Suwun tips2nya Pakde… Mudah2an tetamuku tak merasa repot…

    Sami2 Jeng

  20. Izzah Annisa says:

    Hmmm…. Kira2 blog saya sudah bikin Pakde dan pembaca lainnya nyaman belum, ya….

    Oh, iya, Pakde. Yang poin 10, tentang keyword berlebihan maksudnya gimana ya, Pakde. Belum begitu paham.

    Kalau postingan hanya 500 kata keyword yang dipasang cukup 2 buah saya
    Pada paragraf awal dan paragraf akhir
    Keyword misalnya :
    Busana Muslim Wanita

    • Izzah Annisa says:

      Ooo… *manggut2, walo sebenernya belum tau cara mbedain mana keyword mana bukan* Nanti tak gugling, Pakde.

      Keyword itu blogger sendiri yang menciptakan
      Urutan berpikirnya begini. Jika saya akan mencari informasi tentang makanan yang menjadi ciri kkas kota Surabaya itu apa saja maka saya akan mengetik di browser kata begini :”Makanan Khas Surabaya”
      Nah kata “Makanan Khas Surabaya” itulah yang disebut kata kunci atau keyword.

      Kata kunci sebaiknya terdiri dari 2 kata. Jika lebih dari 2 kata bisa disebut long tail Keyword
      Busana Wanita (2 kata), Busana Wanita Hamil (3 kata), Busana Muslim Wanita Hamil(4 kata)

  21. Pakde tips bloggingnya oke banget… dan selama ini aku kurang sukses mengoptimalkan blog yang aku punya… apalagi sekarang sudah jarang ngeblog hehehe

    Sayang kalau blog bagus disia-siakan

  22. nova says:

    lengkap sekali pak de….
    liat2 blog lagi nih…
    kali pengunjung ..ad yg ga betah..he2

    Cek ulang

  23. Terimakasih informasinya Pakde. Sangat bermanfaat.Langsung saya buru-buru nengok blog sendiri. He..he… masih ada banyak yang perlu saya perbaiki.

    Salam hangat

    Pelan2 dicek, Jeng

  24. Jiah says:

    Klo blogku sdh keliatan rapi blm, Dhe?

    Sudah, hanya perlu dirapikan lagi dengan menghilangkan hal2 yang kurang perlu

  25. budiono says:

    wah tipsnya banyak dan bagus-bagus pakde. dulu saya buang search engine itu, ternyata kok dibutuhkan ya? yasudah saya pasang lagi deh..

    Emangnya punya search engine?

  26. genksukasuka says:

    mkasih pakde, infonya boleh nih buat pemula

    Sudah 5 tahun ngeblog kok masih ngaku pemula

  27. Saya belum pasang sidemap pakde.

    Sitemap penting bagi search engine

  28. Terimakasih sudah kembali diingatkan 🙂

    Sama2 Mas

  29. ndop says:

    Kayaknya sudah aku lakukan semua. Di sidebarku ada sekelumit profil yg ada link menuju profil lebih lengkap berupa biografi ahhahaha… Gak popo wis.

    Rapopo Mas

  30. kania says:

    thanks share nya pakde. kadang pengen dibegini begituin jadinya malah rame ga karuan blognya. bebenah tiap saat…

    Ingin dipasang semua ya

  31. Fahmi says:

    jangan sampai kebanyakan widget memang betul! kebanyakan bisa bikin blog menjadi lambat dan nggak ramah sama bot google jadinya 😀

    Juga bikin berat loading blog

  32. roni says:

    wajib di bookmark nih. terapin satu persatu tips-tipsnya

    Sip Mas

  33. […] mengisi sisanya. Misalnya artikel yang akan disubmit dan difetch di Google Webmaster Tool berjudul Cara Memanjakan Pengunjung Blog dan Mesin Pencari. Url lengkap artikelnya […]

  34. sumberilmu says:

    bagus nih ilmunya. Selama ini web trefiknya segitu2 aja. Mungkin ini bisa jadi solusi untuk meningkatkan trefik dan pengunjung juga bisa betah d web saya. makasih gan

    Semoga bermanfaat
    Sama2

  35. […] disebut sebagai artikel “how-to” atau “daftar.” Artikel saya berjudul Cara Memanjakan Pengunjung Blog dan Mesin Pencari bisa disebut sebagai artikel pilar. Artikel ini panjangnya lebih dari 1000 kata. Isinya memberi […]

  36. Prananingrum says:

    Artikel nya keren pakdhe mantap

  37. […] 6. Cara Memanjakan Pengunjung Blog dan Mesin Pencari […]

Leave a comment