Cara Memasang Baner di Sidebar Blog

Artikel saya berjudul 9 Kemampuan Minimal Yang Harus Dimiliki Blogger menarik perhatian pengunjung. Beberapa sahabat ada yang mengaku sudah memiliki semua kemampuan yang saya sebutkan. Lainnya ada yang mengatakan bahwa masih ada sebagian dari kemampuan tersebut yang belum dimilikinya. Salah satu kemampuan yang belum dikuasai adalah cara memasang baner di sidebar.

Dalam blogosphere ada beberapa jenis baner antara lain: baner lomba, baner komunitas, baner iklan, dan baner award. Sifat penempatannya ada yang wajib misalnya baner lomba dan baner iklan. Ada juga baner yang pemasangannya atas kehendak pemilik blog sendiri. Logo dan award biasanya dipasang atas inisiatif blogger yang bersangkutan.




.

Baner Lomba

Penyelenggara lomba blog atau giveaway ada yang mempersyaratkan peserta memasang baner lomba di sidebar blog. Selain agar mudah dikenal baner yang diberi link hidup ini juga untuk menjaring trafik dari blog peserta. Peserta yang tidak memasang baner mungkin akan terkena diskualifikasi.

Cara memasang baner lomba ada 2 macam.

1. Skrip/kode baner tidak disiapkan oleh penyelenggara lomba.

Pada artikel pengantarnya penyelenggara lomba hanya menyiapkan baner tanpa menyertakan skrip atau kodenya. Dalam syarat dan ketentuan penyelenggara lomba biasanya menyebutkan:”Pasang baner lomba di sidebar blog peserta.” Saya termasuk penyelenggara lomba yang tidak pernah mempersyaratkan peserta untuk memasang baner di blognya walaupun saya siapkan banernya.

.

Contoh baner giveaway saya

Pemasangannya tidak wajib

.

Baner di atas tidak bisa langsung dipasang di sidebar. Peserta harus menyalin/copy gambar lalu di buat postingan di blog. Setelah itu blogger pindah ke mode Text (untuk WordPress) atau mode HTML (untuk pengguna Blogspot) Gambar akan berubah menjadi kode html. Kode inilah yang dicopy dan selanjutnya di paste pada gadget/widget Text/HTML.

.

2. Skrip/kode baner sudah disiapkan oleh penyelenggara lomba.

Jika skrip/kode baner sudah disiapkan oleh penyelenggara lomba maka peserta tinggal menyalin/copy skrip tersebut dan paste di widget Text/ HTML blog. Bentuk skrip baner seperti gambar di bawah ini.

.

Skrip/kode baner lomba

.

Jika kode tersebut di pasang di sidebar atau dalam artikel) maka akan muncul gambar seperti di bawah ini.

.

Baner untuk dipasang di sidebar atau badan artikel

.

Secara rinci langkah pemasangan baner lomba blog di sidebar sebagai berikut.

.

Baner tanpa skrip

Jika penyelenggara lomba blog tidak menyiapkan skrip/kode baner maka sahabat harus menyalin/copy baner lalu simpan di file komputer. Jangan lupa memberi judul file agar mudah menemukan kembali misalnya: Baner lomba Dangdut On the Blog. Setelah itu ikuti langkah berikut ini sambil menyimak gambar peraga.

.

.

1. Masuk ke dashboard blog dan siap membuat draft postingan. Pada menu Post klik submenu Add New.

2. Terbuka halaman baru berjudul Add New Post. Klik tombol Add Media. Silakan memasukkan gambar baner dari file komputer.

3. Jika gambar sudah terpasang jangan lupa memasang link yang ditetapkan oleh penyelenggara lomba agar jika baner diklik langsung mengarah ke artikel lomba. Selanjutnya pada draft klik tombol Text untuk mengubah gambar menjadi skrip/kode.

.

.

4. Setelah tombol Text di klik maka gambar baner sudah berubah menjadi skrip/kode html. Silakan copy kode tersebut lalu simpan di file komputer. Langkah berikutnya adalah memasang baner di sidebar blog.

5. Pada menu Appearance/Tampilan klik submenu Widget (WordPress) Pengguna platform Blogspot klik menu Layout lanjutkan dengan klik Add Gadget. Pilih gadget HTML.

.

.

6. Pada himpunan bilah-bilah widget (Available Widgets) scroll ke bawah sampai menemukan widget Text. Geser Widget Text ke posisi jajaran Widget yang sedang digunakan di sidebar (blog WordPress)

.

.

7. Buka widget Text tersebut. Pada kolom Title Isi judulnya misalnya:Lomba Blog.

8. Pada kolom Content paste kode/skrip baner lomba yang sudah disimpan di file komputer.

9. Akhiri dengan klik tombol Save atau Simpan.

.

.

10. Jika langkahnya benar maka baner akan tampil di sidebar dan jika baner tersebut diklik akan lari menuju artikel lomba blog. Jika tidak, ulangi langkahnya sampai benar.

.

Jika langkahnya benar maka baner akan muncul di sidebar

.

Itulah cara memasang baner di sidebar. Cara di atas bisa digunakan untuk memasang baner lomba, baner komunitas, dan baner award. Semoga bermanfaat.




.

PR

Untuk latihan silakan pasang award di bawah ini di sidebar blog sahabat. Sertakan link hidup ke postingan ini. Jika sudah bisa dihapus. Terima kasih.

.

 

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

10 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Inayah says:

    Ini juga cara yang saya pakai untuk nempelin logo komunitas

    Praktis dan cepat

  2. Alhamdulillah…dapat ilmu lagi. ..

    Praktekkan ya

  3. willova says:

    Sangat membantu pak 🙂 Terimakasih

    Sama2

  4. Lidya says:

    saya juga sering menggunakan cara seprti ini, praktis dan cepat ya pakde

    Iya, mudah kan

  5. Saya juga sudah menggunakan cara seperti ini, mudah ya Pakdhe..

    Cara paling simpel

  6. Pakdhe request dong tutorial cara pasang adsense di tengah postingan gimana ya? 😀

    Insha Allah saya laksanakan

  7. Irly says:

    Sipp.. dulu saya suka bingung gimana caranya lho Pakdhe ^^

    Padahal gampang banget ya

  8. momtraveler says:

    Apa kabar dhe? Kangen mampir kemari dan baca2 tipsnya pakdhe. Menunggu tips dan tutorial berikutnya 🙂

    Silakan simak artikel saya terus

  9. oyong ilham says:

    Wah … Dapet ilmu ni.. Nnti lngsung di praktekkan. Mampir ke blog saya pakdhe..

    Insha Allah

  10. Itu untuk wordpress kali ya pakde?
    Kalau di blogspot ada mode Compose dan HTML di kolom POST.
    Nah, tulisa diganti mode HTML aja, nanti jadi script dan bisa dicas utk dipasang sebagai widget di sidebar.

    Betul sekali Jeng

Leave a comment