Cara Memasang Kode Google Adsense di Tengah Artikel

“Pakdhe request dong tutorial cara pasang adsense di tengah postingan gimana ya?” Permintaan ini disampaikan oleh Anggi Agistia pada artikel saya berjudul Cara Memasang Baner di Sidebar Blog. Sahabat saya ini tampaknya melihat dua baner iklan Google Adsense di artikel saya. Yang satu muncul di postingan bagian atas dan satu lagi di bagian bawah. Dengan pertanyaan itu pula saya berasumsi bahwa Anggi sudah memiliki akun Google Adsense sehingga sudah bisa membuat berbagai kanal iklan dan menyalin kodenya.

Munculnya baner iklan di tengah artikel memang saya sengaja. Selain ada gambar saya munculkan juga iklan dari Google Adsense. Namun demikian saya selalu mengatur agar munculnya iklan tidak semrawut yang bisa mengganggu kenyamanan pengunjung. Oleh karena itu letaknya saya pilih misalnya sebagai pembatas antara paragraf yang satu dengan yang lainnya. Sementara yang satu lagi saya tempatkan menjelang paragraf akhir dari postingan.




Iklan yang saya letakkan di tengah postingan selalu berbentuk baner tipis. Dulu saya pernah memasang iklan berbentuk rectangle atau square. Setelah saya perhatikan ternyata dua jenis iklan ini cukup besar sehingga memakan tempat. Kini saya lebih suka memasang baner berukuran width:320px;height:100px atau yang ukuranย width:468px;height:60px. Kadang saya pilih baner berformat auto sehingga menyesuaikan dengan kebutuhan.

Pemasangan baner saya lakukan secara manual agar bisa memilih tempat pemasangan yang pas. Cara ini dilakukan post per post artinya setiap menulis draft artikel baru saya pasang iklannya. Ini juga berbeda dengan penempatan kode iklan melalui menu Editor dengan mengedit template (misalnya mengedit single phpnya) Melalui editor template memang cukup sekali untuk seluruh postingan namun kurang bisa memilih tempat yang sip.

Jika Anggi Agistia dan sahabat ingin memasang kode iklan di tengah postingan secara manual silakan mengikuti langkah berikut ini.

1. Siapkan kode iklan yang akan dipasang. Sebaiknya iklan berbentuk baner tipis-memanjang. Ini dia contoh dua kode iklan berbentuk baner milik saya.

.

.

2. Buat draft postingan sampai selesai.

3. Pilih tempat di mana kode iklan akan dipasang. Misalnya: di bawah paragraf pertama atau kedua, dan menjelang paragraf terakhir dari postingan.

4. Ubah draft dari mode Visual ke mode Text dengan klik tombol Text yang ada di bagian kanan atas.

.

.

5. Copy kode-kode iklan yang sudah disiapkan lalu paste di tempat yang sudah direncanakan. Misalnya yang satu di bawah paragraf kedua dan yang satu menjelang paragraf akhir dari postingan.

.

Kode iklan yang saya pasang di bawah paragraf kedua

.

Kode iklan kedua saya pasang menjelang paragraf akhir artikel

.

6. Setelah artikel dilengkapi dengan Kategori dan Tag periksa ulang guna mengetahui kemungkinan ada salah ketik, salah data, salah eja, dan lain sebagainya. Setelah semuanya rapi jali silakan tekan tombol Publish atau Terbitkan.




Itulah cara memasang kode iklan di tengah artikel. Semakin sering kita melakukannya maka kita akan semakin trampil memasang kode iklan di mana saja yang sahabat inginkan. Yang harus diingat adalah dalam setiap halaman hanya diijinkan memasang satu jenis model iklan Google Adsense sebanyak 3 buah. Itulah sebabnya saya hanya memasang dua buah iklan di tengah postingan karena sayu iklan saya tempatkan di sidebar. Jika kita memasang 4 kode iklan sejenis maka yang satu pasti tidak akan muncul.

Semoga Anggi langsung mempraktikannya. Pemasangan iklan di tengah postingan melalui menu Editor akan saya jelaskan pada kali yang lain.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

17 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. bundasugi says:

    waah bagus pakde. Mau ijin nyimpen dulu. makasih

    Sama2

  2. Ety Abdoel says:

    Berarti ini harus dilakukan di tiap postingan ya, Pakde?. Diulang-ulang lagi nulis scriptnya?
    Nggak otomatis ada di setiap postingan yang dipublish.

    Otomatis juga bisa dengan cara paste kode iklan di single php atau main index pph melalui menu Editor theme

  3. Waaaah makasih, Pakdhe. Tapi tapi aku masih bingung hehe, itu jadi misalnya setting setiap mau posting ya? Duh harus banyak belajar lagi ini ๐Ÿ˜€

    Kalau dipandang begitu ya bingung jadi harus dipraktekkan langkah demi langkah
    Kelak akan jadi lancar jaya taksi

  4. Adsense di blog saya gak muncul2.. Perlu nyoba tutorial ini kayaknya.. Btw, saya kan daftar adsense melalui dashboard blog ketika belum dot.com. Sekarang blog saya sdh dot.com. Katanya kalo sdh beralih ke dot.com maka gak bisa dipasang adsense, benarkah itu Pakde? Saya jadi galau nih gara2 adsense gak muncul2 2 mingguan setelah saya pasang..

    Mungkin masih melalui review babak kedua

  5. ione says:

    yang untuk blogger, gak ada de?

    Coba baca dan praktekkan tips saya yang untuk Blogspot di sini
    http://blogeksersisi.blogspot.co.id/2016/03/cara-memasang-kode-google-adsense-di.html

  6. Saya sudah usaha utak-atik ikutin tutorial di atas tetapi masih gagal.. Ada apa dengan blogku ya Pakde? Apa karena aku gagal paham ya?

    Coba baca dan praktekkan tips saya yang untuk Blogspot di sini
    http://blogeksersisi.blogspot.co.id/2016/03/cara-memasang-kode-google-adsense-di.html

  7. Ranny says:

    Tutorial Pakde ini simpel banget dan mudah dimengerti. Jadi pengen daftar di adsense deh ^.^

    Saya tidak menganut faham:”Jika bisa dipersulit mengapa harus dipermudah.” hahahahaha

  8. lia lathifa says:

    selalu jd terpacu sm blogger yg sdh bisa adsense.. klo saya masih ditolak melulu ๐Ÿ™

    Coba lagi

  9. abdurrohman says:

    thanks ya gan tipsnya..
    kulit sehat

    Sama2

  10. Sapai skrng blm tau cara pasang adsense hehe. Coba nanti saya minta suami aja deh, baca2 blog Pakdhe, biar diaplikasikan ke blog saya :))
    TFS

    Pasangnya sih gampang
    Mbuat kodenya agak rumit tapi nggak sulit

  11. Lidya says:

    terima kasih tuotrialnya pakde, saya sudah mulai pakai wordpress lagi nih, jadi berguna banget infonya

    Saya juga enakan main di WordPress

  12. tutorialnya bermanfaat bangeet pakdheee..mau coba praktikkan aah

    Memang harus dipraketikkan
    Matur nuwun

  13. aduh aku pusing nek bikin adsense gini. gaptek

  14. Jadi caranya tinggal dimasukin aja script nya di html postingan ya pakdhe. Kapan-kapan mau nyobain ah. Adsense aku cuma pasang satu aja selama ini, di sidebar blog ๐Ÿ™‚

  15. Wah, ini yang saya cari-cari mas. Thansk yaaa ๐Ÿ™‚

    Sama2

Leave a comment