Cara Membangun Relasi Antar Blogger

Artikel cara membangun relasi antar blogger ini saya susun berdasarkan pengalaman dan hasil pengamatan saya sendiri. Maksud tulisan ini adalah menjelaskan langkah yang dapat dilakukan untuk memelihara dan meningkatkan hubungan antara blogger yang satu dengan yang lain. Tujuannya agar hubungan antar blogger bisa harmonis, sejuk namun hangat yang dilandasi prinsip saling mengerti, menghormati, dan menghargai.

Terus terang saya tidak tahu berapa jumlah blogger di seluruh Indonesia. Member komunitas Warung Blogger di Facebook saja tercatat 4728 orang. Belum lagi member di komunitas lainnya.

Blogger bukan makhluk super. Mereka adalah manusia biasa yang tak pernah sepi dari salah dan lupa. Dalam berhubungan satu sama lain, di dunia maya maupun dunia nyata bisa terjadi gesekan. Mulai dari gesekan secara halus dan tersamar sampai kepada yang agak keras dan terbuka.

Akibat yang mungkin juga bisa dirasakan oleh beberapa orang atau sebagian besar blogger. Dua blogger yang biasanya tampak akrab, gemar bertegur sapa, dan bercanda tiba-tiba menjadi menjaga jarak, bahkan ada yang menyenyapkan diri dari dunia blogging. Kesalahfahaman seperti ini sebaiknya segera diclearkan, saling memaafkan, dan selanjutnya persahabatan dibina lagi.

.

.

Pembangun relasi antar blogger dapat dilakukan dengan beberapa cara.

1. Secara Online (di dunia maya/internet)

Hubungan antar blogger dilakukan saat mereka sedang terhubung dengan internet. Hubungan ini biasanya dilaksanakan secara tertulis.Bentuk kegiatannya juga beraneka ragam.

a. Blogwalking. Ini adalah kegiatan mengunjungi blog blogger lain. Selain membaca artikelnya juga bisa menuliskan komentarnya. Perlu dijaga agar dalam menulis komentar tetap memperhatikan etika. Blogger pengunjung bisa saja tidak setuju atas artikel yang ditulis oleh blogger lain.Jika hal itu terjadi nyatakan dengan cara yang baik. Saya pernah menulis komentar seperti ini:” Saya agak berseberangan dengan pendapat Diajeng. Menurut pendapat saya, media sosial merupakan tempat yang bagus untuk mempromosikan bisnis kita.”

Menulis komentar bersifat menghujat, memaki, memvonis, dan lain sebagainya bisa mengakibatkan penulis komentar dianggap tidak cerdas dan tidak mengetahui tata krama.

b. Bergabung dengan komunitas. Warung Blogger adalah sebuah grup di Facebook yang anggotanya terdiri dari para blogger. Dengan bergabung di sini maka kita bisa mengenal blogger lain. Dari perkenalan itu bisandilanjutkan dengan saling mengunjungi blog untuk menyerap dan berbagi ilmu yang bermanfaat.

Komunitas biasanya dibentuk berdasarkan kedaerahan misalnya Komunitas Blogger Surabaya, Blogger Bandung, Blogger Bojonegoro, Blogger Madura, dan lain sebagainya. Blogger wanita juga ada loh misalnya: Kumpulan Emak Blogger (KEB), Blogger Muslimah. Ada juga komunitas berdasarkan hobi misalnya: Kumpulan Blogger Penulis Fiksi, Fotografi, Traveler, dan lain-lain.

c. Mengikuti lomba blog atau giveway yang diselenggarakan oleh blogger lain. Kegiatan ini juga sangat bermanfaat untuk memperkenalkan diri kita dan blog. Selain untuk menjalin komunikasi dan silaturahmi, juga untuk berbagi ilmu. Jika dapat hadiah karena kita menjadi salah pemenang itu adalah bonusnya. Saat ini saya juga sedang mengikuti beberapa giveaway yaituΒ Piknik Itu Penting yang diselenggarakan oleh Jeng Arin dan Cerita di Balik Blog yang digelar oleh Jeng Uniek.

d. Menyelenggarakan lomba blog atau giveaway. Tak ada salahnya jika sekali waktu sahabat juga mengadakan lomba blog. Misalnya dalam rangka merayakan ulang tahun blog. Hadiah tak harus mewah, yang penting ramainya.

e. Mengikuti event online misalnya kursus menulis fiksi, kursus marketing, dan aneka kegiatan online lainnya.

f. Saling kontak melalui Twitter atau Email.

g. Share artikel di media sosial, social bookmark, blog directory, dan tempat-tempat lainnya.

.

Relationship building

Membangun relasi secara online

.

2. Secara Offline (di dunia nyata)

Pembangunan relasi antar blogger juga dilakukan di dunia nyata atau saat kita tidak terhubungan dengan internet. Bentuknya juga beraneka ragam.

a. Kopi darat. Saya mengenal istilah ini sekitar tahun 1980an saat saya aktif menjadi anggota Orari. Selain cuap-cuap di udara melalui radio juga sering mengadakan acara kopi darat. Tentu saya acara ini lebih asyik karena anggota bisa mengenal satu sama lain secara fisik.

Kopi darat blogger bisa dilaksanakan dalam bentuk pribadi-pribadi atau dalam hubungan komunitas. Ketika saya jalan-jalan ke Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Medan, Semarang, Jember, dan kota-kota lain saya juga mengadakan acara kopi darat dengan sahabat blogger dari kota itu. Sebaliknya jika ada blogger yang datang ke Surabaya dan mengajak kopi darat juga saya ikuti.

Kopi darat berskala besar yang pernah saya ikuti adalah Kopdar Blogger Nusantara di Yogyakarta. Pada acara itu saya bisa bertemu dengan blogger dari berbagai daerah dan komunitas. Asyik banget.

Saya juga beberapa kali mengadakan acara kopi darat di rumah atau tempat lain.

b. Temu blogger pada event lain. Banyak event yang digelar di lapangan misalnya: Fun Blogging, Sunday Sharing, Srikandi Blogger, Kegiatan Sosial-Kemanusiaan, dan lain-lainnya. Mengikuti acara semacam ini juga merupakan langkah yang baik untuk membangun relasi.

.

.

Pembangunan relasi antar blogger sebaiknya juga dilakukan oleh blogger yang menjalankan bisnis. Semakin banyak relasinya maka kemungkinan untuk memasarkan produk dan atau jasanya juga akan semakin besar. Sekali lagi hubungan antar blogger sebaiknya dilandasi prinsip saling mengerti,menghormati, dan menghargai.

Bagaimana sahabat membangun relasi dengan blogger lain? Silakan share agar bermanfaat bagi sahabat yang lain.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

12 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Alhamdulilah ..sudah membangun relasi πŸ™‚

    Sip, semoga tambah sukses

  2. Sepertinya ngga asing dengan komentar utk diajeng di atas, xixixi…
    Terima kasih untuk ilmunya, pakde.. πŸ™‚

    Heheheh…komentar boleh berseberangan pendapat tetapi tetap santun
    Sama2

  3. Rahmah says:

    Alhamdulillah sudah membangun relasi dengan Pakde ^_^

    Sip, kapan2 ketemu lagi

  4. nova novili says:

    masih kurang… ;(
    Tambah lagi

  5. Sudah beberapa dilakukan, pakde.
    Tertarik sekali dengan kopi darat, tapi masih terkendala biaya.
    maklum, domisili di Bengkulu. Sedangkan acara blogger biasanya digelar di kota besar πŸ™

    Kopdar di Bengkulu saja

  6. wah pakde holik blogger senior nih, punya banyak temen bloggsss πŸ™‚

    Blogger lansia Mas

  7. fiu says:

    wiiiih ,,, kapan yah sy bisa kumpul bareng blogger2 yg dijkt ,,,hehehe

    Sering tuh ada acara kumpul2

  8. Pakde emang top banget :))
    Asik ya bisa foto bareng-bareng, kepengen ikutan selfie sama pakde πŸ˜€

    Yuk kita ketemuan

  9. ndop says:

    Bener kabeh pak dhe. Kebetulan wis tau tak coba kabeh. Dan bersyukur dadi tambah bolo. Gak wedi kesasar saiki. Boloku menyebar sak endonesia hahaha..

    Hooh, di mana-mana ada blogger

  10. Fahmi says:

    blog walking, lalu gathering πŸ˜€ biasanya gitu sih cara buat bangun relasi sesama blogger πŸ™‚

    Betul Mas

  11. opickaza says:

    pak de tuh setiap acara pasti ikut hehehe….

    Belum tentu, jangan nuduh donk

Leave a comment