Cara Membuat Halaman di Blog WordPress

Pada artikel terdahulu sudah saya jelaskan tentang cara membuat halaman pada Blogspot. Kini akan saya jelaskan hal yang sama untuk blog WordPress. Langkahnya tidak jauh berbeda hanya lebih sederhana. Di blog WordPress bahkan bisa dibuat halaman berjenjang dengan model dropdown sehingga menghemat tempat.

Silakan mengikuti langkah berikut ini sambil menyimak gambar peraga.

1. Masuk ke dashboard lalu sentuhkan kursor pada tombol Pages pada menu dashboard. Lanjutkan dengan menekan tombol Add New. Halaman baru terbuka.

.

 

2. Tugas sahabat selanjutnya adalah mengisi halaman tersebut seperti membuat postingan biasa. isi judulnya misalnya Bukuku, tulis artikel berupa identitas buku secara lengkap, pasang gambarnya.

Setelah penulisan data buku selesai lihatlah pada sisi kanan. Di situ ada kolom yang harus diisi yaitu Order. Isi kotak kecil ini dengan angka, misalnya angka 2. Ini berarti halaman Bukuku akan tampil pada urutan ke-2. Urutan pertama biasanya diisi Profil.

3. Setelah selesai dan sudah diteliti kebenarannya maka tekan tombol Publish.

.

.

Dengan cara yang sama sahabat bisa membuat halaman-halaman lainnya misalnya Sitemap, Galeri Foto, Kontak, dan lain sebagainya.

Di bawah ini contoh halaman di blog ini.

.

.

.

Cara membuat halaman berjenjang

Selain halaman tunggal kita juga bisa membuat halaman berjenjang dengan menu model dropdown (tarik ulur)  Halaman model ini bisa dilihat di situs toko online. Misalnya halaman tentang pakaian. Halaman ini bisa diberi anak halaman berupa halaman pakaian pria, pakaian wanita, pakaian anak-anak, dan aksesoris.

Untuk membuat halaman berjenjang silakan mengikuti langkah berikut. Saya akan membuat halaman tentang perkakas/tools yang bisa dimanfaatkan oleh blogger. Halaman induk (parent) saya beri judul Perkakas.

.

1. Masuk ke dashboard. Sentuhkan kursor ke menu Pages. Muncul submenu All Pages dan Add New. Tekan tombol Add New.

.

.

2. Muncul halaman baru berjudul Add New Page (Tambahkan Halaman Baru) Isi kolom judul misalnya Perkakas. Uraikan isi halaman sesuai selera. Isi kolom Order di sisi kanan dengan angka misalnya 5. Angka ini menunjukkan urutan tampil halaman di tab. Angka 1 biasanya untuk halaman Profil. Setelah diteliti dan sudah oke silakan tekan tombol Publish.

.

.

3. Sekarang kita akan membuat anak-anak halaman. Misalnya anak pertama halaman tentang perkakas untuk mengecek tampilan dan kinerja blog. Langkah sama dengan di atas. Yang membedakan adalah pengisian atribut halaman (Page Atributes) Harap diingat bahwa induk dari anak halaman ini adalah Perkakas.

a. Masuk ke dashboard. Sentuhkan kursor ke menu Pages. Muncul submenu All Pages dan Add New. Tekan tombol Add New.

.

.

b. Halaman baru terbuka seperti untuk membuat postingan biasa. Isi kolom judul, masukkan nama situs, dan beri link agar bisa akses pengunjung. Ingat bahwa anak halaman ini berinduk kepada halaman Perkakas yang tadi sudah dibuat. Oleh karena itu pada atribut Parents munculkan Perkakas. Kolom Order isi dengan angka, misalnya 1. Anak halaman ini akan berada pada urutan pertama.

.

.

c. Dengan cara yang sama sahabat bisa membuat anak halaman yang lain. Mari kita membuat anak halaman Menulis. Langkahnya sama. Page Atributes juga sama kecuali Order yang berbeda.

.

.

Hasil kerja di atas dapat dilihat pada halaman Perkakas yang terletak di bawah header blog saya. Halaman berjenjang masih bisa diedit kapan saja jika ingin menambahkan anak halaman yang lain.

.

.

.Jika sahabat ingin melakukan pengubahan atau menambah pernak-pernik blog WordPress silakan membaca buku saya berjudul Makeover Blog WordPress. Klik gambar di bawah ini untuk mengetahui jati diri buku murah namun isinya wah ini.

.

.

Semoga artikel ini bermanfaat

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

4 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Uhura says:

    makasih pakdhe untuk tipsnya, untuk halaman kontak yang ada kolomnya gimana pakde?

    Saya pakai plugin Contact Form7

  2. baru inget kalau WordPress aku lama terbengkalai dan tidak diperhatikan dengan baik..Duuuh >_<

    Update seminggu sudah bagus untuk membackup blogspotnya

  3. […] dan saya kuasai maka rasanya enteng dan mudah banget. Ketika saya menulis draft artikel berjudul Cara Membuat Halaman Pada Blog WordPress itu sangat mudah bagi saya. Itu terjadi karena sebagian blog saya memang berplatform WordPress. […]

  4. tudung says:

    Terima kasih diatas tips ini… bermanfaat

    Sama2 Mas

Leave a comment