Cara Membuat Halaman Pada Blogspot

Sebuah blog tidak hanya terdiri dari kumpulan artikel yang bisa diisi secara rutin dan berkala. Di dalamnya juga terdapat menu Halaman yang isinya bersifat statis. Isi Halaman/Page antara lain: About (Tentang), Sitemap, Kontak, Disclaimer, Galeri Foto, dan lain sebagainya. Menu ini bisa diletakkan pada sidebar atau di tab yang terletak di bawah header. Tetapi jangan dipasang ganda, di sidebar dan di tab.

Atas permintaan sorang sahabat berikut ini saya sampaikan tutorial cara membuat Halaman pada Blogspot.

.

1. Silakan masuk ke dashboard Blogspot dengan cara login menggunakan username dan password yang berlaku.Pada menu sebelah kiri  tekan tombol Pages. Jika blog berbahasa Indonesia tekan tombol Halaman.

.

.

2. Muncul halaman baru. Tekan tombol New Page.

.

.

3. Sahabat di bawa ke halaman baru lagi untuk mulai mengisi halaman. Misalnya sahabat akan membuat halaman Profil. Caranya seperti membuat artikel biasa saja.

Isi judul pada kolom yang tersedia misalnya: Profil atau Tentang Saya. Selanjutnya isikan narasi singkat tentang jati diri agar pembaca mengetahui siapa diri sahabat. Sebaiknya jangan terlalu menyembunyikan diri hanya dengan menulis:“Saya wanita biasa-biasa saja,orang tua saya juga orang biasa. Saya menikah dengan suami yang sederhana. Kami dikaruniai dua orang anak yang juga tak terlalu istimewa alias biasa-biasa saja.” Lebih bagus jika ditampilkan potret diri agar pembaca mengetahui apakah sahabat ini laki-laki atau perempuan. Nama Sandy, Andi, atau Erwin bisa dipakai oleh cowok dan cewek loch. Setelah diteliti ulang dan sudah oke silakan tekan tombol Publish.

.

.

Nah halaman Profil sudah siap. Sekarang bagaimana cara meletakkan halaman ini di blog? Bisa dipasang di sidebar dan juga bisa diletakkan di tab khusus di bawah header. Karena teman yang bertanya menunjukkan halaman yang terletak di bawah header maka silakan mengikuti langkah berikut ini.

4. Masuk ke dashboard lagi. Tekan tombol Layout. Muncul halaman layout blog. Tekan tombol Add a Gadget pada menu Cross Colomn di bawah kolom header

.

.

5. Sahabat di bawa ke halaman berisi daftar Basics Gadgets. Terdapat 28 gadget. Scroll ke bawah sampai menemukan gadget Pages. Tekan tombol + dalam kotak biru.

.

.

6. Muncul halaman baru. Di sana tedapat halaman default Home (bisa diubah menjadi Beranda) dan halaman baru berjudul Profil yang baru saja sahabat buat. Centang kotak bertuliskan Profil di sebelahnya agar halaman baru ini tampil di blog. Setelah itu tekan tombol Save untuk menyimpan perubahan.

.

.

.

7. Halaman Layout muncul lagi. Tekan tombol Save arrangement yang terletak di kanan atas untuk menyimpan layout. Jika langkahnya benar maka halaman Profil akan tampil di tab yang terletak di bawah header.

.

.

Dengan langkah yang sama sahabat bisa membuat aneka halaman dan diletakkan di bawah header. Ini contoh beberapa halaman blog saya yaitu Profil, Buku Karya Saya, Blog Saya yang Lain, Sitemap, dan Galeri Foto.

.

.

Semoga artikel ini bisa membantu sahabat.

Jika sahabat ingin melakukan beberapa pengubahan pada Blogspot silakan membaca di buku saya berjudul Permak Blog Seminggu Tanpa Pegal Linu. Datanya ada pada halaman Bukuku blog ini.

.

.

Bagaimana cara membuat halaman di blog WordPress? Nantikan artikel yang akan datang.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

9 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. opickaza says:

    pertamax, mungkin kita harus belajr bagaimana ngeblog pakai blogspot soalnya kebanyakan pakai wordpress

    Mayoritas blog saya pakai WordPress Mas

  2. Walidin says:

    Baik wp ataupun blogpost memang sudah seharusnya memiliki navigasi yang mudah, seperti contact,dll seperti yang dijelaskan di atas. Ini untuk memberikan user experience yang bagus kepada pembaca. Bukan begitu pak dhe?

    Betul, jangan menyulitkan pengunjung

  3. Walidin says:

    Ralat pak dhe, bukan blogpost tp blogspot.

  4. Waah terima kasih pakde.Kebetulan saya sedang cari tutorial ini. Soalnya ada rencana pindah dari wordpress ke blogspot. Dan saya benar-benar buta blogspot, jadi harus belajar dari awal. Saya bookmark ya tutorialnya. Ntar kalau pas mau pindahan bisa buat belajar.

    Silakan
    Saya sih sudah mantap ikut madzab WordPress

  5. ariefsigli says:

    ternyata membuat halaman lebih mudah dari pada menggunakan wordpress (salut)

    Saya punya Blogspot dan WordPress

  6. […] artikel terdahulu sudah saya jelaskan tentang cara membuat halaman pada Blogspot. Kini akan saya jelaskan hal yang sama untuk blog WordPress. Langkahnya tidak jauh berbeda hanya […]

  7. […] Cara Membuat Halaman Pada Blogspot […]

  8. Rita says:

    ahh liat muka anak2 itu pada seneng & sagnmat bgt ya. senyum2 polos yg bahagia. aku baru tau kl ada komunitas sahabat anak mangga dua. thanks for sharing kak Diana! 🙂

  9. […] still be happy after reading this. . Komentar senada seirama juga muncul pada artikel saya berjudul Cara Membuat Halaman Pada Blogspot. Pada saat artikel ini saya terbitkan jumlah komentar pada dua postingan tersebut tercatat 201. […]

Leave a comment