Cara Saya Mendapatkan Job Review

Dear Admin,
Perkenalkan saya Blablabla,Β 
Saya baru saja melihat blog andaΒ abdulcholik.com
Kami sangat suka dan tertarik untuk bekerja sama.
Apakah blog anda menerima sponsored post?
Kalimat di atas mampir di inbox email saya. Seperti biasanya, saya segera meresponnya. Diskusi pun segera berkembang sampai akhirnya menghasilkan kesepakatan kerjasama.

Terus terang saya tidak mengenal si pengajak kerjasama. Ada beberapa kemungkinan orang menemukan blog saya. Salah satu di antaranya tentu dari search engine (mesin pencari) Saya memang rajin membagikan artikel blog di Facebook, Twitter, Google+1, dan Linkedin. Agar artikel yang saya terbitkan segera dapat diindeks oleh mesin pencari maka artikel juga saya submit di Google Webmasters Tools dan Bing Webmasters Tools. Fetching, istilah populernya.

Kerjasama dengan pihak lain untuk menulis review produk dan jasa juga saya dapatkan dari sahabat blogger. Mereka mengajak atau menawari job review tentu bukan hanya karena hubungan pertemanan tetapi juga berdasarkan pertimbangan oke dan tidaknya sebuah blog. Jika jaman dulu Google Pagerank dan Alexa Traffic Rank menjadi persyaratannya maka kini Domain Authority ikut menjadi salah satu persyaratannya. “DA minimal 15 yaaaaa,” begitu tulis sahabat yang mengajak sahabatnya untuk nggarap job review.

.

Manfaat Domain Authority

.

Jika kualitas blog sudah memenuhi syarat apakah bisa mengikuti semua tawaran yang masuk? Belum tentu. Adakalanya si pemberi job mengatakan bahwa blog dengan niche tertentu saja yang diajak kerjasama. Jika pencari blogger bilang: “Bagi teman-teman yang memiliki blog traveling silakan pasang url blog masing-masing pada komentar di bawah ini.” Itu berarti pemilik blog berniche face and fashion tidak bisa mengikutinya. Nggak perlu tanya lagi:“Teh, blog saya tentang book review boleh enggak gabung?” Β Jika pertanyaan seperti itu tetap diajukan bisa menimbulkan kesan bahwa kita tidak nyemak (memperhatikan dengan seksama) persyaratan yang sudah ditentukan.

Menerima atau tidaknya sebuah tawaran kerjasama untuk menulis review produk dan jasa tergantung masing-masing blogger. Saya sendiri menentukan kriteria tertentu untuk menerima tawaran kerjasama dari pihak lain. Ini dia beberapa di antaranya.

1. Materinya tidak bertentangan dengan ajaran agama yang saya anut. Saya pernah menolak review yang menurut saya ada aroma taruhan.

2. Imbalan berupa uang dalam jumlah tertentu. Imbalan berupa link atau uang dalam jumlah yang saya anggap kurang layak tentu akan saya tolak dengan bijak dan tetap santun. “Mohon maaf blablabla…..” Ini bukan merupakan tanda-tanda saya matre tetapi untuk menunjukkan kepada pihak lain bahwa menulis artikel bukan hanya sekedar menyusun huruf dan karakter belaka. Ada proses berpikir di dalamnya. Tentu dalam soal jumlah ada proses negosiasinya.

3. Saya lebih suka menulis artikel yang saya sukai dan saya kuasai. Menulis review sebuah hotel tentu lebih mudah karena saya sering bermalam di hotel atau penginapan. Apapun modelnya, ulasan tentang hotel tentu banyak kesamaannya.

4. Untuk mencegah munculnya duplicated content maka saya usahakan tidak menulis review produk yang sama walaupun sudut pandangnya berbeda.

5. Saya menerima job review jika pemasangan link keluar tidak lebih dari 3. Jumlah link akan berpengaruh terhadap jumlah fee yang saya negosiasikan.

.

Cara menulis job review

.

Saya pernah protes keras kepada broker mancanegara yang menolak artikel yang sudah saya terbitkan dengan alasan pagerank blog saya tidak memenuhi syarat. Padahal dalam persyaratan pagerank tidak disebutkan. Beberapa hari yang lalu saya juga membaca di media sosial tentang adanya artikel review yang dibatalkan oleh pihak pemberi job. Ini tentu kurang fair dan merugikan blogger. Namanya saja kerjasama, tentu harus dilakukan secara baik sehingga tidak ada yang dirugikan.

Saya juga pernah ditanya oleh pemberi job karena artikel review saya hilang. Saya jelaskan bahwa blog saya di hack orang dan semua artikelnya lenyap sehingga saya membuat blog baru lagi dengan nama domain yang sama. Oleh karena itu dalam kerjasama saya tambahi penjelasan bahwa jika karena sesuatu hal di luar kemampuan saya blog saya rusak maka tidak ada tuntutan pengembalian fee yang sudah saya terima.

Dari uraian di atas dapat saya katakan bahwa job review bisa diperoleh dari siapa saja dan kapan saja. Oleh karena itu menulis artikel yang menarik dan bermanfaat perlu dikedepankan. Banyak cara memanjakan pengunjung blog dan mesin pencari. Soal PR, Alexa, DA, dan tetek-bengek lainnya biarlah para penentu yang mengaturnya. Blogger juga selayaknya tetap bijak untuk menerima atau tidak menerima sebuah tawaran kerjasama dari pihak lain.

Bagaimana cara sahabat mendapatkan job review? Silakan share agar diketahui oleh sahabat yang lainnya.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

36 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. @kakdidik13 says:

    Tipsnya sangat bermanfaat Pakdhe, terima kasih πŸ™‚ #sukabacanya & mohon ijin berbagi

    Monggo Mas Didik

  2. sulis says:

    Rajin nyimak info di komunitas pakdhe. Idealnya gitu. Tapi krn msh punya bocil, hape sering dibajak klo siang. Eh..begitu buka fb tulisannya..closed masih sangat pemula. Terimakasih infonya..

    Iya, semua juga pernah menjadi pemula kok

  3. Andhikamppp says:

    Meski ini bukan pertama kalinya saya berkunjung. Tapi ini menjadi komentar pertama saya di blognya Pak Cholid.

    Ada rasa iri sekaligus kagum terhadap konsistensi Bapak dalam ngeblog.

    Meski saya belum banyak menerima iob review, lebih kurang yang saya tekankan sama persis dengan yang Pak Cholid utarakan.

    Saya jelas akan menolak bidang atau konten yang tidak sejalan dengan pronsip saya.

    Ehehe saya pernah menolak tawaran review kartu kredit dengan alasan saya belum pernah punya

    Betul, jangan sampai kita menabrak kiri-kanan

  4. Rotun DF says:

    Kurang lebih sama, Pakdhe. Dan saya menghindari apa yang Pakdhe sebut kurang nyemak. Masih banyak saya temui yang kayak gitu. Misal ada tawaran tentang review produk kecantikan, syaratnya pernah menulis tentang review sejenis. Banyak juga yang komen, “Belum pernah review produk kecantikan sih, tapi nyoba daftar aja ya”.

    Walhasil sukses deh. Sukses ditolak, hahaha.

    hahahahaha…gambling ya

  5. suga tangguh says:

    salam blogger pak, inspiring πŸ™‚

    Salam hangat
    Terima kasih

  6. retno says:

    Usia Domain saya masih satu setengah bulan, saya sudah share kemana-mana tapi DA masih satu, wajar nopo mboten, Pakdhe?

    Wajar karena salah satu faktor yang ikut menentukan skore adalah Age (usia) blog

  7. Inayah says:

    Assekk..bermanfaat banget ini.

    Semoga makin berkah lancar jaya

    Jos, maju terus

  8. Mugniar says:

    Wiih baru tahu saya, Pakdhe kalau ada yang nolak padahal tulisan sudah dibikinkan. Mudah2an gak nemu orang kayak itu.

    Terima kasih sharing-nya ya Pakdhe, moga sehat selalu ^_^

    Hooh, sadis banget itu

  9. Terima kasih Pak De tips-nya. Hmmm, iya juga sih Pak De, kalau menolak bukan matre yak. Bayangin minta link do follow 3, artikel bikin sendiri, fee y di bawah 100? Kayaknya kok ngenes juga yak. Maksdunya kalo link do follow, kemungkinan kita kena banned juga ada, krn kt y google minta sponsored post itu no follow. Ah, berat banget yak…hehe.

    Betul, kalau di bawah 100 kayaknya gimana gitzuuu ya

  10. Risa says:

    Belum terpikir, Pakdhe. Saat ini baru hendak kembali aktif ngeblog, jadi memilih untuk lebih banyak belajar lagi dulu. Dan membaca uraian Pakdhe, memang saya harus banyak belajar lagi. *DA, apa pula itu?* πŸ˜€

    DA singkatan dari Domain Authority yang merupakan skor atau nilai sebuah domain dibandingkan dengan domain lain dalam pandangan mesin pencari (search engine) Beberapa faktor yang mempengaruhi skor domain antara lain umur dan popularitasnya.

  11. inda chakim says:

    matur nuwun pak de, mmbntu njawab kegelisahan kulo pak de, gelisah krn da tak kunjung naek jg

    Isi artikel terus dan sebarkan di medsos

  12. Makasih shharingnya ya Pakde… Memang utk mendapatkan job review harus punya rik salah satunya adalah meningkat performa blog melalui DA dan PA yang tinggi..

    Iya Mbak
    Update terus blognya

  13. trip jalan jalan says:

    terima kasih tipsnya untuk mendapatkan jobs riview, tapi blog kecil ini maih labil pengunjungnya semoga ke depan bisa seperti blok om pkade ini.

    Besarkan dengan lebih sering mengisi artikelnya

  14. Ratna Dewi says:

    Makasih sharingnya, Pakde. Jadi punya pandangan lain lagi soal job review dan fee dari sudut pandang blogger lain. Penasaran nih, kalau sponsored post yang imbalannya voucher gimana buat Pakde? Diterima atau ditolak?

    Kalau vouchernya bagus dan tidak ada syarat :“..belanja minimal……” bisa dipertimbangkan.

  15. Keven says:

    Tipsnya sangat bermanfaat, Pakde. Terima kasih banyak sudah share. Oya Pakde, saya ingin bertanya :
    1. Untuk bisa mendapatkan Job Review, apakah harus bergunakan blog berdomain sendiri? Bagaimana jika blog saya masih menggunakan platform Blogspot?
    2. Apakah ada komunitas atau page facebook di mana saya bisa mendapatkan info-info soal job review dll?

    Terima kasih untuk informasinya, Pakde

    1. Tidak harus tetapi pemberi job lebih suka jika blog kita menggunakan TDL.
    2. Banyak Mas. Anggota Warung Blogger juga sering menginfokan JR

  16. goiq says:

    Tips yang sangat berguna sekali Pakde

    Terima kasih

  17. Belajar lagi, bagaimana mendapatkan job review. Saya terkadang menjaga dan menjalin komunikasi, biar dapat job lagi hahaha

    Iya, komunikasi memang tak bisa dianggap remeh

  18. Saya mendapatkan job review karena pemberi jobnya menghubungi saya. Mungkin karena saya selalu berusaha bersikap ramah kepada siapa saja.

    Bagus. Ramah tamah, sopan, dan santun juga menentukan

  19. Keke Naima says:

    Jadi blogger pun harus punya prinsip ya, Pakde. Berarti jangan sembarangan terima JR

    Betul, walau judulnya balap anjing, mungkin di sana ada unsur taruhannya

  20. rinasusanti says:

    prinsip penting ya pak de…jangan sampai gara-gara uang tak seberapa menggadaikan prinsip utama seperti keyakinan

    Iyalah, mosok gara-gara 10 $ kita goyah

  21. Nunung Yuni says:

    Waah…menyimak penjelasan pakde biar bisa nego keren kayak pakdhe..

    Nego kenceng saja tetapi tetap santun

  22. Ririe Khayan says:

    Point jika blog rusak atau hal lainnya diluar kemampuan kita sehingga link hilang dr mesin pencarian google, maka tidak akan ada tuntutan utk pengembalian fee, —-> ini belum pernah saya deklarasikan pada pihak pemberi job.

    Terima kasih pencerahannya Pakdhe

    Iya supaya nggak nuntut dikira kita nggak melaksanakan job

  23. Frida says:

    Wah…tips- tips yg bermanfaat pakde, bagi newbiiiiii kyk sy ini, salam kenal nggeh pakde…:)

    Terima kasih
    Salam kenal

  24. Uci says:

    Iyah pakde, hampir sama..kali ngga sreg atau ngga sesuai Tema, saya bilang apa adanya, ngga bisa terima. Lalu ganti produk, alhamdulillah bisa πŸ˜€
    DA PA masih nol pakde, apa bisa dlm waktu 3 bln naik ya pakde? Baru sebulan pindah domain

    3 bulan bisa naik asal rajin menulis dan mempromosikan artikelnya

  25. Sri Wahyuni says:

    Terimakasih tipsnya mendapatkan job review Pakde… Tadinya saya bertanya2 gimana ya supaya dapat job review, akhirnya saya gabung dengan grup Konten Kece dan BP Partnership supaya dapat job review…. Alhamdulillah dapat juga…. Saya ijin share tulisan Pakde boleh?

    Alhamdulillah
    Silakan Mbak

  26. Nchie Hanie says:

    Hmm, caranya mendapatkan job ripyu kebanyakan dapet by email juga Dhe, aku ambil kalo tema nya cocok plus harganya deal sesuai dengan nilai blog akika.
    Atau kadang dari komunitas juga suka dapet, tapi tetep sama pilih2 sesuai dengan sregnya hati eeeaa

    Tips pakde kece banget dah πŸ˜€

    Saya juga berperilaku demikian say
    Thank you Honey

  27. Dirumahku says:

    Terima kasih sudah berbagi cerita pakde, caranya mungkin bisa saya coba untuk mendapatkan job,,

    Sama2

  28. mantep banget pakde tips dan prinsipnya, bisa buat tambah pengalaman bagi newbie sprti saya nih, terima kasih dan salam kenal

    Matur nuwun Mas

  29. Pak dheeee, aku pengen bs dapet jobreview \^_^/, *berguru ke pakdhe

  30. indri says:

    kemarin sudah bahagia karena ada email penawaran job review, tapi gara-gara email selip (konon katanya) sang pengirim email, batal deh, hiks jadi sedih saya πŸ™

  31. Tentang daya tawar/negosiasi ini, Pa Dhe, saya masih suka sungkan. Tapi baca tulisannya, bener juga ya, ada proses berfikir dalam menuliskannya. Terima kasih, ya Pa Dhe πŸ˜‰

    Nggak usah sungkan
    Mereka nggak sungkan2 nawar rendah
    Kita jangan sungkan2 nawar tinggi

  32. […] Job review.Β Dua kata ini bak sejumput gula. Banyak semut yang bertandang, mengerumuni, dan mencicipi manisnya. Termasuk saya tentunya. Monetizing blog sudah saya lakukan sejak Kang Yayat Sudrajat memperkenalkan Google Adsense beberapa tahun yang silam. Menyewakan sidebar untuk ditanami baner iklan dan link pun pernah saya jalani. […]

  33. tejo says:

    makasih bos infonya dan semoga bermanfaat

    Sama2 mas bro

  34. topik says:

    biasanya komunitas yang ngasih info kalau ada content placment kalau rata-rata pakde dapet jobreview brpa yah

    Betul, ada yang langsung ada yang via komunitas

  35. Azi Rahmat says:

    Untuk content placement 1 artikel dan 1 link, biasanya perusahaan membayar berapa pada kita?

Leave a comment