Ketika Blogger Mulai Monetizing Keahliannya

Khasanah perbloggingan menjadi semarak. Ini ditandai dengan semakin banyak blogger yang maju selangkah dua langkah. Kegiatan ngeblog bukan hanya sekedar untuk fun tetapi mulai ke fun and profit. Saya pun sudah lama menjalankannya. Namun itu tidak berarti bahwa blogger sudah kehilangan idealisnya. No. Kesadaran menerbitkan konten untuk berbagi ilmu dan pengalaman yang menarik dan bermanfaat masih terus dilakukan.

Monetizing blog sah-sah saja. Kegiatan ini jika dilakukan dengan ikhlas, baik, dan benar akan semakin menambah kegairahan ngeblog. Berbagi ilmu dan pengalaman sambil menjemput rezeki juga tak dilarang undang-undang. Dengan cara ini maka kebutuhan dunia dapat, insha Allah akhirat pun juga bisa kita dapatkan.

Namun harap diingat bahwa monetizing blog bukanlah pekerjaan yang mudah. Kerja keras, ketekunan, keuletan, dan kesabaran sangat diperlukan. Tanpa itu maka keinginan untuk mendapatkan uang atau barang dari blog hanyalah ilusi belaka. Blogger mancanegara yang berhasil mengumpulkan uang puluhan ribu dolar setiap bulan, misalnya, tidak hanya mempunyai satu blog. Ada yang sampai ratusan blog yang dikelolanya. Itu yang pernah saya baca. Jika satu blog menghasilan 1 $ perhari maka bisa dibayangkan berapa penghasilan mereka dalam satu bulan. Tak heran jika mereka sampai ada yang berani resign dari pekerjaan kantoran dan memilih mengelola blognya.

Kerja keras, tekun, ulet, dan sabar sesungguhnya juga saya alami. Untuk mendapatkan plafon 100$ saja sulitnya setengah mati. Plafon 100$ itu syarat minimal yang ditetapkan oleh Goole Adsense agar blogger dapat mencairkan bayarannya.Tampaknya pengunjung juga agak aras-arasen klik iklan yang terpasang di sidebar hahahaha.

Bagaimana sebuah kerja keras dalam monetizing blog itu dilakukan. Berikut tip dan trik yang saya lakukan.

.

.

1. Tampilan blog yang bagus

Saya fahami betul bahwa blog yang merupakan faktor wadah seyogyanya tampil menarik. Tidak terlalu ramai seperti pasar malam tetapi juga tak terlalu sepi mirip kuburan. “Yang sedang-sedang saja,” kata Veti Vera penyanyi dangdut asal Tasikmalaya. Jika pengunjung mengeklik url blog selain tampak headernya juga harus tampak sebagian isinya. Secara default, para desainer blog telah membuat ukuran header yang tidak terlalu tinggi. Itulah sebabnya jika blogger memasang gambar di header jangan terlalu tinggi sehingga menutupi homepage. Jangan karena ingin menampilkan potret diri yang ayu menik-menik langsung bernarsis ria di header. Hal ini juga dijelaskan oleh Mbak Shinta Ries, seorang web designer, pada Workshop Fun Blogger 7 di Surabaya yang baru lalu.

2. Kinerja blog

Salah satu ukuran kinerja blog yang bagus adalah kecepatan loading. Pengunjung blog hanya memiliki kesabaran beberapa detik untuk menunggu blog terbuka. Jika blog tidak segera terbuka pengunjung akan meninggalkannya dan beralih ke blog lain. Agar blog dapat diakses dengan cepat maka segala pernak-pernik yang tidak perlu sebaiknya dihilangkan. Untuk apa sih memasang widget yang sudah basi di blog? Widget berisi data pengunjung lengkap dengan bendera bangsa-bangsa dan asal-usul negaranya juga tak ada manfaatnya bagi pengunjung.

3. Mobile Friendly

Saat ini pengguna handphone dan smartphone sudah merajalela. Gadget ini bukan hanya untuk menelpon dan berkirim SMS saja. Mereka sudah memanfaatkan alat canggih ini untuk berinternet ria termasuk untuk blogging. Itu juga yang saya lalu lakukan. Jika saya sudah masuk kamar tidur maka saya menggunakan tab untuk mengakses blog sahabat. Oleh karena itu ada baiknya jika para blogger juga merekasaya agar blognya sudah mobile friendly. Bagaimana caranya? Silakan membaca artikel saya berjudul Apakah Blog Anda Sudah Mobile Friendly?

.

Blog yang mudah dibaca di gadget

.

4. Konten yang menarik dan bermanfaat

Jika sudah bertekad untuk monetize blog maka konten galau-galau, mendayu-dayu, dan geje jangan terlalu sering diterbitkan. Bolehlah satu dua konten model begituan sebagai selingan. Google paling suka jika blog berisi konten ‘how to’ yaitu artikel yang memberitahu tentang cara melakukan sesuatu yang bermanfaat. Jangan salah persepsi. Konten how to tak selalu artikel yang rumit-rumit. Resep masakan, cara menyemir sepatu, tips mengajari balita menggunakan kloset, cara mencuci pakaian berbahan batik juga oke kok.

Konten yang menarik juga perlu didukung dengan pemberian judul dan paragraf pertama yang menarik pula. Ini untuk memikat pembaca. Tentu saja kejujuran harus tetap diperhatikan. Jangan memasang judul menarik hanya sebagai jebakan. Ini akan mengakibatkan pengunjung merasa dikadalin (ditipu)

5. Mainkan SEO (Search Engine Optimization)

Jangan shock dan alergi dulu donk membaca kata SEO. Saya tidak menganjurkan sahabat menerapkan SEO yang rumit-rumit. Paling tidak dalam postingan sudah ada unsur SEOnya. Pada judul artikel, paragraf pertama, dan paragraf terakhir sudah ada kata kunci (keyword) Jika dalam artikel ada gambar maka tanamkan keyword tersebut pada kolom Alt Text.

Kelak jika akan membangun blog baru sebaiknya nama domain juga mengandung keyword. Misalnya : resepmasakantradisional.com

SEO onpage dan offpage lanjutan bisa dipelajari kemudian.

6. Promosi blog

“Content is the King and promotion is Queen,” tutur Mbak Haya Zaki. Itu juga yang saya lakukan. Artikel yang saya terbitkan selalu saya promosikan agar segera diketahui oleh pengguna internet. Paling tidak ada 9 Tempat Saya Share Artikel Blog. Dengan cara itu maka trafik blog akan meningkat. Trafik yang bagus akan mengundang publisher untuk menawarkan kerjasama. Hal ini tentu akan menguntungkan bagi siapa saja yang sedang monetize blog. Kegiatan ini memang melelahkan tetapi memang sebaknya dilakukan jika ingin blog kita laris manis.

Promosi blog tidak hanya share artikel di berbagai situs. Pada email juga bisa berpromosi ria. Tanam saja url blog di bagian blok tandatangan. Ketika sahabat mengirimkan email maka penerima email akan mengetahui url blog. Saya juga melakukannya loch.

Selain itu kita bisa mempromosikan blog secara offline, tanpa memanfaatkan internet. Pada kartu nama, kartu ucapan selamat, topi, tshirt bisa dicantumkan url blog. Sahabat mungkin juga pernah melihat ada mobil yang mencantumkan url situsnya sehingga yang berkepentingan bisa mencatatnya.

.

Jika sahabat mengirim kue kepada saya

jangan lupa sertakan kartu berisi url blog ya

.

7.Daftarkan blog pada situs pemberi job review

Saya mempunyai akun di Bogvertise.com. Sayangnya aturan pemberian payout sudah berubah. Dulu situs ini langsung mengirimkan dolar ke Paypal begitu artikel tulisan saya disetujui. Kini fee baru akan ditransfer jika sudah mencapai 50$ sehingga saya nggak rajin lagi menulis job review untuk situs ini. Jika sahabat mempunyai blog berbahasa Inggris jangan segan-segan mendaftarkan diri ke situs pemberi job review. Sahabat bisa memilah dan memilih situs tersebut di hellboundbloggers.com

Selain menerima job review blogger juga bisa menjadi publisher iklan misalnya dengan mengikuti Google Adsense. Cara lain adalah menjadi afiliasi sebuah situs yang menawarkan produk dan jasa. Amazon.com adalah salah satu situs yang memberi kesempatan kepada blogger untuk ikut memasarkan produknya. Syaratnya adalah blog harus berbahasa Inggris. Tugasnya menulis artikel yang berkaitan dengan produknya. Saya pernah menjadi afiliasi dari amazon.com.

8. Jeli dalam memilih jenis monetize blog

Tidak semua situs mengijinkan satu blog berisi aneka bentuk iklan.Google Adsense yang sangat populer itu mungkin akan membatalkan akun Google Adsense blogger jika pada blog yang sama diisi iklan dari situs lain. Oleh karena itu blogger sebaiknya membaca keharusan dan larangan yang telah ditetapkan olehnya.

Selain itu ada platform blog yang melarang blogger melakukan segala bentuk monetize blog, misalnya Wordpres.com. Pelanggaran terhadap ketentuan tersebut bisa menyebabkan blog diban, sementara atau seterusnya.

9. Membangun lebih banyak blog

Jika sahabat benar-benar ingin melakukan monetize blog sebaiknya membangun lebih banyak blog. Jika hanya satu blog sih tidak apa-apa tetapi mempunyai lebih dari satu blog tentu tambah sip.

Saat ini sahabat sudah memiliki satu blog yang isinya campur aduk, aneka topik seperti blog saya ini. Maka saya anjurkan mempunyai blog lain yang topiknya lebih spesifik misalnya tentang traveling, parenting, kuliner, resep makanan, atau fashion. Pilih topik yang banyak dicari orang. Namun demikian topik tersebut harus benar-benar sahabat sukai dan kuasai agar tidak menjadikan sahabat tersiksa karena kesulitan mencari ide.

Bagaimana jika sahabat kurang memiliki waktu atau waktu banyak tetapi agak aras-arasen menulis artikel. Mudah saja, buatlah blog mini yang isinya sekitar 30-50 artikel saja. Kontennya harus benar-benar oke dan layak jual. Agar tidak basi maka buatlah artikel yang tidak lekang oleh panas dan tidak lapuk oleh hujan. Istilahnya adalah evergreen article. Salah satu contoh artikel yang abadi adalah Resep Masakan. Dengan cara ini maka sahabat tak harus update artikel setiap hari. Untuk mengetahui lebih dalam tentang blog mini silakan membaca buku saya berjudul Blog Mini Penghasilan Maksimal.

.

10. Jangan kalap

Rezeki memang harus dijemput. Untuk menjemput rezeki maka diperlukan kemampuan. Ilmu dan ketrampilan merupakan bentuk kemampuan seseorang. Namun demikian jangan sampai kita kalap dan membabi buta. Tak elok jika blog hanya diisi iklan dan job review belaka. Google pun akan meradang terhadap blog yang isinya hanya promosi produk dan jasa. Pengunjung yang ingin mendapatkan artikel sesuai kebutuhan juga akan jengah jika ternyata blog kita banjir iklan lalu mereka akan hengkang dari blog kita. Oleh karena itu sebagian besar artikel blog harus yang bersifat non promo.

11. Sikap blogger

Advertiser juga manusia. Oleh karena itu kita juga harus menjalin kerjasama yang baik dengan orang lain utamanya yang memberi job review atau mereka yang mengajak kerjasama. Hal ini juga ditekankan oleh Mbak Ani Berta nara sumber Monetize Blog pada Workshop Fun Blogging.

Karena kemampuan pemberi job review tidak sama maka fee yang ditawarkan juga berbeda. Adakalanya imbalan yang ditawarkan di luar harapan kita. Jika krang cocok dan kita menolaknya maka utarakan dengan bahasa yang baik. Negosiasi itu penting. Dengan ungkapan yang elegan mungkin pemberi job review akan mempertimbangkan lagi fee yang ditawarkan.

Selain itu blogger selayaknya tahu diri. Jika blog masih baru, Pagerank, Alexa traffic rank, dan Domain Authority masih unyu sebaiknya jangan mematok harga yang berlebihan. Alih-alih negosiasi, calon pemberi job mungkin tak akan menghubungi kita lagi.

Kerja keras seorang blogger juga harus ditunjukkan kepada pemberi job review. Begitu job sudah diterima maka blogger harus menyelesaikan tugas sesuai waktu yang telah ditentukan. Saya pernah ditegur karena lalai dalam melaksanakan tugas yang diberikan oleh pemberi job dari situs mancanegara. Ini bukan karena saya malas tetapi karena kelupaan memperhatikan email yang masuk.

Konsistensi ngeblog sebauknya dipelihara jika sahabat sedang monetize blog. Jika blog sahabat isinya hanya 5 buah mana ada pengunjung, publisher, atau pemberi job review yang akan melirik. Oleh karena itu sahabat seyogyanyaΒ Melawan Inkonsistensi Ngeblog.

.

Ingin mendapat rezeki tanpa konsistensi hanyalah mimpi

.

Last but not least, seorang blogger tugasnya bukan hanya menulis tetapi juga mau mengupgrade diri dengan banyak belajar dan berlatih. Blogosphere berkembang dengan pesat. Dengan banyak membaca dan melatih diri mengoperasikan blog maka wawasan dan ketrampilan ngeblog juga akan semakin meningkat. Jika sudah 3 bulan ngeblog ada yang belum bisa memasang link pada artikel dan gambar maka itu merupakan indikasi bahwa blogger tersebut kurang membaca dan melatih diri.

.

Itulah beberapa tip dan trik tentang monetize blog.

Apakah seorang blogger hanya bisa mendulang uang dengan menulis review atau memasang iklan belaka? Tidak sodara-sodara. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan oleh blogger untuk menambah koceknya antara lain sebagai berikut.

1. Menjual e-book.

2. Menerima pesanan artikel dari pihak lain, blogger atau instansi tertentu.

3. Menerima pesanan desain blog.

4. Menyelenggarakan kursus online.

5. Menyelenggarakan workshop, seminar.

6. Membuka toko online, dan lain sebagainya.

Bahkan di luar kegiatan ngeblog ada juga loch yang bisa main film dan menjadi bintang iklan.

 

Tentang kesabaran itu perlu digarisbawahi lagi. Jika setelah 3 bulan di kolom payment Google Adsense masih tertera angka 3$ maka jangan lantas menyerah. Maju terus agar pendapatan semakin meningkat. Demikian pula jika tawaran job review tak kunjung datang jua jangan mengibarkan bendera putih. Pasang telinga, rajin menyimak status kawan, dan perbanyak silaturahmi dengan blogger lain. Bisik-bisik tetangga akan datang juga.

Kesabaran itu juga termasuk membaca artikel ini sampai tuntas agar sahabat mendapatkan manfaatnya.

Apakah sahabat juga sedang monetize blog? Silakan share di sini agar bermanfaat bagi pengunjung lainnya.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

20 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Ila Rizky says:

    Yang wordpressku belum tahu cara masang iklan yang mobile friendly, pakdhe. yang sekarang hanya bisa muncul iklan kalau dibuka di laptop. πŸ™

  2. salam kenal dari jogja, terima kasih tipsnya dan semoga blogger for fun bisa menjadi profesi yang juga fun, berawal dari berbagi yang kemudian bisa dihargai secara monetize, sepertinya berkah yang dihasilkan dari proses yang panjang dan siap update upgrade..

    Sip, semoga berhasil

  3. semangaaaat..itu kan intinya pakdhe hehehe. The king and the queen of blogs penting juga tuuh..memang harus selalu belajar dan belajar lagi πŸ™‚

    Iya, niat, sehat ,dan semangat harus nyawiji,manunggal

  4. Inayah says:

    wah padet banget nih tips nya. manggut-manggut si blogger ber DA masih mungil ini.

    monetize juga bisa berupa kesempatan baru, misalnya saya yang sekarang gabung di editorial majalah perusahaan. double job heheh

    Iya, banyak cara kok

  5. Lidya says:

    monetize sedikir-2, sambil bealjar dari artikel2 seperti yag pakde buat

    Job review banyak tho hehehe

  6. Anne Adzkia says:

    Saya punya dua blog, dan utk dua ini aja rasanya kurang maksimal. Masih harus banyak belajar lah intinya.

    ya pelan2 tapi pasti
    Nanti kan sampai juga

  7. Choirul Huda says:

    foto yang terakhir bikin ngakak, pakde πŸ™‚

    yang Mobile Friendly itu baru saya terapin juga, biasanya blog saya berattttt pake banget kalo dibuka via ponsel pake operamini, tapi sekarang udah lumayan
    untuk monetize blog, sekarang ini saya masih meraba-raba lebih lanjut, masih belom paham sih

    Sekarang kan banyak advertiser yang ngajak kerjasama kepada pemilik blog atau melalui komunitas

  8. Choirul Huda says:

    foto yang terakhir bikin ngakak, pakde πŸ™‚

    yang Mobile Friendly itu baru saya terapin juga, biasanya blog saya berattttt pake banget kalo dibuka via ponsel pake operamini, tapi sekarang udah lumayan
    untuk monetize blog, sekarang ini saya masih meraba-raba lebih lanjut, masih belom paham sih

    makasiiih infonya pakde

  9. momtraveler says:

    Nambah blog belum sanggup dhe.. sebiji aja udah susah payah menghidupkannya
    (Gitu kok penwgen jd profeaional blogger) πŸ™

    Banyak kegiatan ya
    Ngajar dan ngasuh

  10. Ione says:

    Hmm, padet berisi postingannya pakde… baru sanggup mengelola 2 blog…itupun masih keteteran

    Nggak apa-apa kok
    Maju terus

  11. Rini Uzegan says:

    Saya baru mo ngeblog lagi Pakdhe πŸ˜€

    Sip, lanjutken

  12. Mew da Vinci says:

    Waaaaahhhh…

    Pakde, saya sudah dari jaman lumut ngeblog sampai jaman semut ikutan ngeblog tpi GA saya tetap 12$ huhuhu…

  13. Mew da Vinci says:

    Waaaaahhhh…

    Pakde, saya sudah dari jaman lumut ngeblog sampai jaman semut ikutan ngeblog tapi GA saya masih 12$ huhuhu…

  14. inda fitri says:

    manteb pak de…
    harus lebih smangat lg nih
    matur nuwun pak de

  15. Iskandar says:

    saya juga lagi mengembangkan sayap Pak Dhe
    nambah blog lagi πŸ™‚

    Sip Mas

  16. Pakde, saya ingin tanya tentang sikap Pakde terhadap Blogvertise.
    Kenapa Pakde segan menulis untuk Blogvertise jika mereka baru mau membayar minimum 50 dolar, Pak? Apakah Pakde kesulitan menulis sampai sebanyak itu?

    Bolehkah saya melihat contoh artikel review yang Pakde tulis untuk para makelar review ini? Saya sering baca artikel review di blog-blog tapi saya jarang menemukan review yang mengundang engagement pembacanya.

    1. Tawaran datang belum tentu datang sebulan sekali
    2. Artikel review saya yang lalu musnah karena blog rusak sehingga 2000 artikel lebih juga ikut. Untung sebagian sudah saya bukukan

  17. bengkel says:

    pakdhe, saya ga ngeblog tapi mengelola lapak online

  18. Mbribik says:

    kalo saya sih lebih sering buka jasa nulis, sama jasa seo pakde. tapi akhir-akhir ini lagi agak males, butuh semangat baru

  19. ndop says:

    Kabeh pekerjaan memang perlu kerja keras. Sama kayak ngeblog yg jadi duit, semua gak ada yg instan. Memang sih orang lain ngelihat pekerjaan ngeblog is santai, duduk doang, dapat duik. Mereka lupa kalau kerjo kantoran khan yo podo wae lungguh tok kerjone? haha.

    So, pekerjaan apapun itu pilihan kita. Yang penting halalan toyyiban dan bermanfaat.

    Blogku murni vectoran tok saiki. No iklan. No paid review (kecuali harganya cocok HAHAHA).

  20. Susan says:

    Baru baca yang ini pakdhe..

    Bermanfaat sekali tips nya..terima kasih.

    Sama2 Mbak

Leave a comment